Piaggio

ABS Yamaha NMax Bermasalah, Akhirnya Berubah Jadi Non ABS..

ABS nmax bermasalah

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Cerita ini adalah hasil sharing dari pemakai Yamaha NMax ABS, ini adalah email keduanya setelah kami sepakat untuk mengangkatnya menjadi artikel..

Sang pengirim email, mang Aji Rahadian sepakat dan tidak keberatan sharingnya melalui email dijadikan artikel, bukan untuk sebagai bahan Black Campaign, tapi demi kebaikan peningkatan dari sisi teknis Yamaha sendiri.. Seperti apa cerita Yamaha NMax ABS berubah menjadi Non ABS?

Hallo kang kobay. Saya sering baca2 artikel kang kobay. Kaleresan dan kebetulan sama2 pake enmek sya mau share pengalaman pake nmax.
Nmax sya keluaran awal pisan kang. Feb 2015 udah setaun dan setia pisan dibawa turing. Km skrang ampir 20rb. Langsung aja kang ke intina supados teu manjang teuing hehehe..
tanggal 7 april 2016 abs nmax tiba nyala indikator nya. Terus di cek rem mendadak langsung ga berfungsi. Karna sya harus keluar kota baru tgl 15 sya bsa ke bengkel resmi dan gatau penyebabnya.
Ahirna sya komplain via email ke yamaha center setelah motor sya bawa lg ke dds bandung dan belom terdeteksi kerusakan. Sampai hari senin tgl 18 saya bawa lagi tuh si nmax ke dds. Dan harus di opname katanya. Ya udah saya simpan si enmex di dds.. besok nya dapet angin surga nmax sya udah normal katanya permasalahan dari socket ecu abs setelah saya cek2 ternyata bner udah normal nih..
sayangnyaaa baru jalan 3km dr dds abs nya udah error lg. Besoknya saya balik lg dan di cek lgi dah tuh nmax. Berhubung sya ada keperluan nmax sya tinggal, sore nya sya di telpon kalo nmax sya bermasalah pada ecu nya.. waaaawww kageeet pisan kang kobay naha jadi kana ecu..
Hujan2 ge langsung meluncur ka dds. Ngbrol panjang sma kepala mekanikna. Dan katanya dari ecu udah di cek pake ecu nmax yg lain katanya jalan (meski sya ga liat prosesnya). Padahal yg saya tau nmax kalo ada kerusakan bisa ke cek di panel indikator. Tapi entahlah saya juga ga ngerti masalah teknisnya. Dan karena motor nmax sya udah ganti klakson dan saklar sya pake pulsar ( biar gaya caritana mah hurung2 gmana gitu) pihak beres yamaha ga bisa ngajuin klaim. Ya jawaban SOP kepada konsumen lah yah intinya kalo klaim hrus motor perawan tingting..
Akhirna mah motor sya bawa pulang aja kang kobay. Dan motor sya skarang jadi NMAX ex ABS.. mau bikin email ke contact center lg juga asa hoream kang kobay. Biarlah sya share bukan buat jatohin nmax. Tpi share aja kang..
Aduh punten panjang lebar kang.. ini mah asli aya buktina bilih peryogi keaslian cerita hehehe..
Hatur nuhun kang kobay.
ABS nmax bermasalah 2
Email kedua
Selamat siang yamaha indonesia..
Ini email kedua saya setelah email pertama mengenai abs nmax sya yg mati..oke Β to the point aja setelah ditangani oleh mekanik dari dds batununggal bandung pada tgl 18 april motor saya dinyatakan telah selesai diperbaiki dengan kesalahan di daerah socket ecu abs.
Namun setelah saya bawa pulang di perjalanan abs kembali menyala indikatornya. Dan permasalahan awal kembali muncul. Sampai esok hari nya saya kembali ke dds. Dan terima kasih sekali saya di beri motor pengganti untuk beraktivitas, pada sore harinya saya di beri kabar bahwa kerusakan sudah terdeteksi. Yaitu dibagian ecu abs. Kerusakan ecu menurut analisa mekanik setelah di coba mengkanibal dengan nmax lain ( meskipun saya tdk melihat proses perbaikan) dan di tarik kesimpulan ecu abs yg bermasalah.
Sayangnya setelah itu ternyata motor saya tidak dapat diklaim untuk garansi. Dikarenakan pemasangan klakson yg bukan standar. Saya mengerti akan konsekuensi ini namun ada beberapa hal yg saya tanyakan melalui email ini
1. Jika kerusakan tersebut berasal dari ecu. Yg saya tahu di motor nmax ada kode2 yg akan muncul jika terjadi kerusakan di kelistrikan (hal ini tidak muncul di panel)
2. Pemasangan klakson non standar dan mengganti saklar dapat menyebabkan kerusakan pada ecu abs. Tetapi saya mendapat kabar bahwa ada kejadian yg sama dengan saya bahwa abs nya tidak berfungsi padahal motor nya dalam keadaan standar pabrik.. apakah pemasangan klakson tersebut masih dapat dijadikan alasan penyebab rusaknya ecu?
3. Proses perbaikan pengecekan abs Β dengan menjumper ecu apa tidak akan merusak komponen ecu itu sendiri? Β Mengingat pada saat motor saya dinyatakan sudah normal mekanik mengatakan sudah mencoba berkali kali dan langsung mengabarkan bahwa motor saya bermasalah pada socket dan sudah tertangani dengan baik. Tetapi saat terjadi error lgi dinyatakan kerusakan pada ecu.
4. Dengan segala kekurangpahaman saya mengenai sejauh mana klaim garansi itu sendiri. Saya cukup tahu saja dari penjelasan yg sudah diberikan dengan baik oleh pihak dds bandung. Saya berterima kasih pada mekanik dds yg sudah bekerja maksimal mengatasi permasalahan pada nmax sya. Dan akhirnya nmax sya menjadi nmax abs yg berubah menjadi non abs. Umur yg sangat singkat dalam 1 tahun abs nya sudah bermasalah.
Saya sebagai konsumen yamaha yang sudah 3 kali berganti motor yamaha merasa puas dengan produk2 yamaha terutama nmax dan menunggu realese dari yamaha xmax yg katanya muncul tahun depan. Akan tetapi saya sedikit kecewa juga dengan permasalahan ini. Motor saya terdahulu jupiter mx 2005 dan yamaha vixion 2014 sya pasang klakson after market dan tidak terjadi masalah. Mudah2an kejadian ini hanya terjadi pada saya sendiri dan tidak terjadi pada rekan2 lain pengguna nmax apalagi harga ecu yg sangat mahal menurut saya.
Terima kasih yamaha Indonesia..
Aji rahadian salya

KBY tidak akan membahas mengenai penyebabnya, karena sama sama gak tau, hanya saja, yang perlu dijadikan catatan dari Yamaha NMax ABS berubah menjadi Non ABS ini adalah – mengingat ABS itu kaitannya erat dengan elektrikal, memang ada kemungkinan penggantian komponen elektrikal seperti klakson dan saklar akan berpengaruh, apalagi jika pemasangannya kurang benar..

Catatan lainnya, jika ingin masuk ke dalam garansi, hindari perubahan elektrikal seperti yang dialami oleh Mang Aji, karena SOP nya memang begitu sih, motor harus dalam keadaan standar jika garansi ingin tetap berlaku…

Menurut mang Aji, beberapa rekan di klub NMax Bandung juga mengalami hal yang serupa lads.. FYI harga ECU Yamaha NMax (dalam hal ini Nmax ABS) sesuai info Mang Aji adalah Rp. 8,2 juta. Tapi melihat katalog dari Yamaha, ECU nya hanya Rp. 612 ribu, sementara yang harganya Rp. 8,2 juta itu adalah Hydraulic Unit Assy..

Baca juga artikel lainnya ya lads.. Thanks sudah bantu sharing

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Sharing, Yamaha and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

72 Responses to ABS Yamaha NMax Bermasalah, Akhirnya Berubah Jadi Non ABS..

  1. sebarkan.org says:

    Hore gnti..

    curhat sedih perempuan tanpa vagina http://tinyurl.com/z38t3bl

  2. ardiantoyugo says:

    dol wae Pak Kaji… po kasih ke aku…

    Mobil Jepang VS mobil Eropa selalu menarik: http://wp.me/p1eQhG-1FQ

  3. supra 2002 ku awet rajet says:

    Cuma 7rb perak ini kan? Bli ndiri napa? Ato mau via mang kobay biar gretong?

  4. ardiologi says:

    ECUnya ngaco gegara saklar+klakson custom?

    dugaan yg wajar

  5. GHOST says:

    jangan main2 makanya sama kendaraan yg punya ECU

    anak mobil pasti tau dah

    mahal booo klo sampe rusak

  6. warungasep says:

    waduh bisa jadi giti ya, untung ABS saya gk ada Nmaxnya

  7. ndesoedisi says:

    bikin artikel gini dapat amplop ga mang ? πŸ˜€

  8. Orang biasa says:

    Share pengalaman kang,
    Kejadian yg sma jg saya alami.. indikator abs tb2 muncul.. kejadian sktr 3 minggu yang lalu.. sy bawa ke beres, sdh di bongkar, cek dll beres nyerah, dan disarankan klaim.. namun karena sy g bawa buku service, sy bawa pulang saja, sambil sesekali saya hard breaking utk pastikan abs fungsi… sampai rumah motor saya cuci… ajaib, indikator abs lngsng hilang dan sampai sekarang brfungsi normal….

    • fu177scd says:

      Sensor proximity abs nya kotor tu…klu dimobil saya biasanya gtu. Muncul indikator buka roda cuci ampe bersih…ilang indikator nya…

  9. yookee says:

    Kemaren kan baru bilang, selama masa garansi, motor setandar wae. Kalo kenapa2 susah klaim.

  10. mirzha says:

    saran buat om kobay kalo nulis artikel yg banyak bahasa daerahnya tolong di translate lagi. ada beberapa kata yg ane kaga paham
    terima gaji

  11. jombre says:

    judulnya memancing…

  12. siapa bukan sih says:

    bisa jadi sih karena masalah elektrikal ecu nya rusak, kelistrikan memang sensitif sih

  13. rizze01 says:

    Kapan Harga ECU bisa 300rb
    Kok ampe 8,2 jeti
    Jika memungkinkan Akan lebih baik saat pengecekan kita pantau
    Karena banyak beres yang tdk beres.

  14. Archiee says:

    Make sendal aja mang rem nya ..
    Eta geh ABS (Asal Berhenti Syukur)

  15. Rideralam says:

    Bermasalah mulu nih motor…

  16. URANG BOGOR says:

    harga ECU enmek 8jutaan 1/3 harga motor itu sendiri,,,mending beli DASTEKQ+ donk ahahaha

  17. hendro says:

    MODYAAARR PAKDE CILAKA LUWA WELAS KI, 8,2 juta melayang hanya gara2 klakson n saklar,, dyarr tenan motor cuma 1 tahun, rusak beli baru, beli mokas dah dpt matic 1 lg itu

  18. binunrider says:

    aneh.. saya pasang klakson, saklar pulsar, ECU malah dah dibantai pakai piggyback, alhamdulillah dan jangan sampai sih bermasalah.. dyno berulang2.. bantai rpm tinggi.. so far so good.. sepertinya ada kesalahan di pemasangan itu asesorisna..

  19. WP says:

    Produsen yang B.A.I.K harusnya melakukan Recall….

    • Kobayogas says:

      masalahnya, belum tentu masalah seperti ini persentasenya besar dari keseluruhan unit yang sudah terkirim..

      Kalau masih dibawah 5% kemungkinan hanya case by case saja

  20. serius tuh 8 juta? serius tuh 8 juta? 8 juta? 8? juta? juta?

  21. Speed man says:

    Soal modifikasi elektrikal, salah sedikit bisa fatal memang. Apalagi kalo kelistrikannya setelah selesai dibongkar belum dicek bener atau enggaknya, udah langsung main stater aja. Akibatnya bisa fatal. Boro” distater, kunci kontak di on-kan aja bisa fatal dan menganggu perangkat yg lain. Masih unutng kalau cuma sikringnya yg putus heheh. Tapi kadang nggak kerasa fatalnya di mana dan kapan mau kumatnya. Perangkat ABS kayanya masih cukup awam utk konsumen Indonesia ya. Apalagi di Avanza, tipe terendah aja udah pake (CMIIW). Rata” yg pake Avanza suka dimodif tuh, ada juga yg kurang care. Semoga menjadi pelajaran….. kalo saya sudah dapat pelajarannya sendiri, rada kapok πŸ˜€

  22. halamadrid says:

    jumper ecu sih harusnya ga masalah.. soanya pernah jumper di corolla 2012.. aman ko

  23. yukino says:

    dari dulu N-Max banyak masalah sih? yamaha harus perbaiki kulitas sebelum terkilas oleh honda. sekali tercoreng susah balik nama baiknya

  24. ulekuaci says:

    ane kasih trik nih buat ngibulin prosedur itu..
    1. kalo kmh ngambil dr roda depan, matikan aja jalur listriknya. lemah nya ya melaju berapapun tetap 0, tp buat klaim ini membantu.

    2. copot dulu semua assesoris yg berhubungan dengan listrik, insya Allah klaim ga bisa ngeles..

    cm dr kasus di atas jd ada 1 keyakinan bahwa ecu motor yamaha itu sensitif, selalu terganggu dengan perubahan elektrik.. buat orang awam mungkin ini sangat mengganggu.
    beda dengan ecu ahm, lu mau pasang apapun ecu ga akan keganggu, ga akan ada indikator” peringatan. sedang di indonesia hampir rata” pengen nambah kegantengan motor nya dengan penambahan berbagai asesoris.. walau ecu ahm berkesan ga canggih tp justru cocok dengan pola fikir indonesia yg mayoritas awam..

  25. hiswell says:

    Pernah tanya ma beres yamaha, kalo mo klaim bagian mesin motor yamaha apapun sebaiknya olienya yamalube. Soalnya olie ntr jg dikirim sbg sampel. Tapi belum pernah ngalamin jg c. Semoga g bakal ngalamin deh

  26. goozir says:

    owhh gitu ya…
    Pertamax Turbo… siapkan duitmu

  27. kodok says:

    makanya beli yang asli jangan yang KW.

  28. unyu2 says:

    Spacy fi sy untung msh aman2 aja, padahal dulu pernah modif saklar yg jalur kabelnya salah konek.

  29. Om jek says:

    Tak ada gading yg tak retak

  30. motor cool says:

    ada harga ada rupa mang .. haiya …

  31. Pawiroredjo says:

    Kayaknya ECU ABS jadi satu sama Hidraulic Unit Assy deh Om Kobay, setahu saya di mobil mah gitu

  32. Pingback: Intermezzo: Harga Yamaha NMax ABS Seharusnya Lebih Dari 30 Juta? | KobaYogas.COM

  33. gamabunta says:

    Iseng cari nemu trit ini, hehe. Nmax sy abs jg baru tempo hari dateng, dan tempo hari kena hard braking anehnya lampu abs di indikator ga nyala tpi kok rasanya ban nyeret sama pedal ga geter sama sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *