banner

new pcx 150

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Ini adalah review hasil modifikasi All New Honda PCX 150 yang sudah mengganti bagian CVT-nya seperti kanvas kopling dan per sentri…Pada artikel sebelumnya (baca: Tips Menghilangkan Getaran Tarikan Awal Pada Honda PCX) KBY mengeluhkan cepat kotornya CVT milik New Honda PCX sehingga membuat getaran yang mengganggu pada tarikan/akselerasi awal (beberapa mengatakan istilah angkatan awal). Meski setelah berjalan si getaran hilang tak berbekas, namun jika kita dihadapkan pada situasi stop n go, getaran tersebut nyebelin banget kalau hadir..

Ada beberapa tips menghilangkan getaran awal yang katanya tak hanya terjadi di New Honda PCX ini, tapi juga di Vario 150.. Cekibrot

  1. Ganti per sentri dengan menggunakan milik Zoomer X
  2. Ganti kanvas dengan kanvas relining (pantek)
  3. Jika poin 2 yang dipilih, maka per sentri gunakan milik Vario karbu (jika ingin sekalian)
  4. Ganti rumah pulley pake merk sps v2 , roller bebas selera
  5. per koplingnya dibalik, ngurangin getaran di vario 150
  6. ganti roler dan per cvtnya
  7. kampas kopling Vario 125 Techno ganti pake punya Mio 125

KBY memilih opsi nomor 2, pemasangan sudah kelar dilakukan di bengkel rekomendasi teman teman  PCX Club yaitu di Lentera Jaya Penggilingan Jakarta Timur pada tanggal 21 Maret 2016 kemarin.. Sudah hampir sebulan dan hampir tiap hari KBY menggunakannya.. Kecuali saat All New CB500F dan Honda Vultus NM4 datang jadi anak kos 😀

So, KBY rasa sudah cukup waktunya untuk melakukan review akan modifikasi terhadap kanvas kopling pantekan (relining) dan per CVT milik Vario Karbu. Sebagai informasi tambahan koplingnya (sepatu kanvas) sendiri diambil dari original part Honda, hanya kanvasnya custom, lebih panjang dari yang orisinil.

yang kanan kanvas relining
yang kanan kanvas relining

Satu modifikasi lagi, kali ini on the spot, sang montir Lentera Motor, punya trik tersendiri, yaitu mengganjal pulley dengan ring custom made in dewek alias buatan sendiri.. Katanya kalau mau murah meriah, cukup pakai ini.. Menghilangkan getaran plus tenaga di bawah lebih responsif..

harga kanvas kopling pantekan: Rp. 380 ribu, harga per sentri Honda Vario Karbu: Rp. 50 ribu. Biaya bongkar pasang plus ring pulley: Rp. 50 ribu.

pembuatan ring untuk ganjal pulley
pembuatan ring untuk ganjal pulley

Bagaimana hasil modifikasi cvt dan pulley Honda PCX 150 ini? Wah bikin KBY tersenyum yang jelas lads.. Belum juga jalan, si Sniego PCX bawaannya udah mau nyundul nyundul aja.. Betot gas dikit, sang motor kayak mau loncat.. Wow butuh adaptasi sekejap! Itu bicara tenaga dan akselerasi awal.. Bagaimana dengan tenaga di pertengahan hingga atas?

Sama saja responsifnya..! KBY tidak bicara ada penambahan tenaga loh ya, karena secara teori tenaga atau power itu naik kalau ada ubahan pada sektor pengapian dan debit bbm (setelan ECU) atau I/H/E – intake, header dan exhaust. Dan atau bore up.. Mungkin lebih tepatnya seperti mengganti kopling dan ratio gigi kali ya? Bedanya jika ratio gigi terbatas, pulley tidak karena mengembang dan mengecil..

Jika sebelumnya tenaga atas atas agak terkebiri akibat penggantian ban yang lebih lebar (baca: Mengganti Ban New Honda PCX Dengan Yang Lebih Lebar), kini powernya seperti mengimbangi.. Tenaga di tengah pun tidak terasa ngos ngosan apabila harus melakukan pengereman dan kemudian berakselerasi lagi..

konsumsi bbm honda pcx

Konsumsi BBM pun ternyata tetap hemat, bermain di angka 1:46 padahal kalau kosong ya gas pol! Bahkan bisa dikatakan lebih hemat dari sebelumnya yang bermain di angka 1:42-44. Intinya, KBY puas banget hehehe.. Sekarang lebih sering pake Honda PCX ke kantor, udah tombol lebih mewah karena ganti pakai punya Pulsar 135, tenaga lebih enak, konsumsi bbm irit, dan yang pasti, jarang banget ketemu yang sama di jalan..! WKwkwkw..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

52 KOMENTAR

  1. Varioku pake pantekan, pulley depan pake old V125. Udah cukup buat ngelibas Vixion standart jarak 100m drag. Udah tak.pakai 15rb km tanpa keluhan. Tp skrg getar lagi gegara v belt ma roller waktunya ganti qkqk

  2. joossss…bos asuransi!!!

    tp kok msh pake motor???
    harusnya biar elegan pake boil minimal hrv….!!! hehe… kan fbh tulen!!!
    wkwkkkkkkkkkkk……..

  3. kang, kl untuk nmax tips menghilangkan getaran diganti apa aja ya ? (krn nmax getarannya tidak hanya pada saat awal, tp selama perjalanan dan cukup terasa getarannya ke tangan). thx kang

  4. Dah bosen ane maen cvt.
    Dulu dah maen kerok pully, roller kurangin 2 gram, pantek kampas, bolongin mangkok, dll.
    Ujung ujungnya balik ke ori lagi. Zonk zonk.

  5. Bisa diaplikasikan buat Vario ISS punya istri saya gak yaa?
    Soale “gregel” (banget) waktu start awal.
    Dulu kepikiran mau ganti pake kopling sentrifugal punya PCX, tapi ternyata dapat cerita di sini bhw PCX gregel juga, jadinya rencana batal.

    • Kalo gregel cobak bersihin dulu daleman cvt.
      Cek seal sealnya dah diganti blom.
      Cek roller udah peyang atau belum.
      Terakhir ukur kampas kopling, dah kurang banyak atau enggak. Kalo dah kurang ya pantek atau beli kampas baru.
      Kalo ane pernah gregel di beat. Ane ganti seal, belt (emang dah getas), roller (peyang), sama kampas. Semua ori hgp dan gregel ilang.

  6. bagaimana dengan top speednya kang? Apakah menurun? Soalnya kalau di ganjel ring begitu kan logikanya sama seperti kecilin sprocket depan (kalau masih pakai sistem rantai), yg mana bikin top speed turun..

    Btw emang nmax stangnya getar gimana? Sama r25 mirip getarnya?

  7. Usul kang yogas,,untuk ring nya itu saya sdh lama aplikasinya,cuma bikinya pakai uang koin seribuan yg lama,yg tengahnya kuning,getok aja yg bagian kuningnya pakai palu nnti dia lepas sdh jadi ringnya.tp saya masangnya di antara boss pully samah plat roller..

  8. setelah di pake sebulan coba bongkar lagi lagi….rata gak itu kampas kena mangkoknya……pake lama gosong,mangkok oval…dll ngahngahngah

  9. Harga per sentri Honda Vario Karbu: Rp. 50 ribu???
    ciyus mang???
    3-4 thnan yll cuma 2 rb perak sebiji di beres honda. klopun naik ga sampe segitu kali.

  10. Mangkok koplingnya dibolong bolongin, mang kobay. Biar kotoran kampas bisa langsung hilang. Per sentri vario karbu sebenarnya harga aslinya cuma rp 3500 pee biji klo dapet si ahass yg sparepartnya lumayan lengkap

  11. Punten kang, numpang nanya…kebetulan pcx ane juga ngalamin hal yg sama dan kebetulan deket sama bengkel lentera yg di penggilingan itu…itu spare partnya beli di bengkelnya semua atau bawa sendiri?
    *maklum lady rider agak2 gaptek soal motor,bengkel dan spare part*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini