Z250SL

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kawasaki di Indonesia memiliki 2 berkode Z di kelas 250 cc, Z250FI 2 silinder dan Z250SL si silinder jomblo..

Cukup banyak email yang masuk meminta saran dalam memilih motor, dari yang gak jelas tujuannya beli motor itu apa yang dicari, hingga lengkap seperti Om Danang ini.. So, maaf kalau tidak semua email yang masuk dapat KBY jadikan artikel ya..

Salam kenal kang Kobay,

Saya Danang tinggal di Bekasi, dan kerja di Jakarta.

Saya berencana menganti motor harian dengan Z250. Tetapi harga Z250SL ABS baru dengan diskon yang lumayan menggoda iman saya hehe..

Saat ini saya menggunakan motor Kawasaki D’Tracker 150 hampir setahun. Sebelumnya memakai Honda Beat selama 3 tahun. Sewaktu jaman sekolahan menggunakan Yamaha RX-King, Suzuki TS dan Honda Tiger bareng-bareng dengan adik-adik saya.

Pengalaman memakai D’Tracker 150 saya puas dengan suspensi dan handlingnya, tetapi top speednya sama seperti Beat tidak bisa melebihi 100km/h kecuali jalannya menurun. Dan lebar stangnya menghambat untuk selap-selip diantara kendaraan di jalan. Kalau motor Beat, RX-King dan Tiger masih bisa di ajak selap-selip di jalan dengan efektif dalam kondisi macet apalagi lancar.

Jaman saya menggunakan RX-King saya puas dengan performanya dan sangat menikmati sensasi ridingnya. Sekarang saya ingin memiliki motor yang fun dengan performa yang memuaskan dalam bentuk motor 4tak 250cc.

Setahu saya Z250FI lebih powerful di RPM tinggi, sedangkan Z250SL lebih powerful di RPM rendah dan sedang.

Kang Kobay sebagai ex-owner Z250FI dan pernah test ride Z250SL mohon masukan dan sarannya motor 4tak 250cc mana yang paling fun dan memuaskan di gunakan harian? Z250 atau Z250SL?

Terimakasih dan Salam,

Danang

KBY beruntung pernah memiliki Kawasaki Z250FI selama setahun lebih, sehingga masih hapal karakternya.. Sementara untuk Kawasaki Z250SL, KBY sudah pernah melakukan test ride singkat milik Mang Eno Anderson.. Mana yang sesuai keinginan dari mang Danang ini? Fun dan memuaskan digunakan harian?

Z250 FI

Langsung saja ya mang Danang, bicara fun, Z250FI yang memiliki 2 silinder gada lawan, dapet semuanya, tenaga dan suara.. Bohong lah kalau gak mah hehehe.. Hanya kalau bicara tarikan alias respon untuk trek trek pendek alias akselerasi, Z250SL yang 1 silinder lebih responsif dan galak..

Bersama Kawasaki Z250SL tak perlu banyak puntir gas atau memainkan RPM untuk mendapatkan torsi di putaran rendah seperti yang harus dilakukan oleh Kawasaki Z250FI.. Dengan hanya memuntir gas sedikit, artinya kinerja tangan kanan pun lebih sedikit, singkat kata, gak gampang capek..

Z250SL

Kemudian soal kelincahan, tentu dengan bodi yang lebih ringkas dan bobot yang lebih ringan, Kawasaki Z250SL lebih lincah untuk meliak liuk di kepadatan lalu lintas dibandingkan sang kakak, Z250FI.

Namun ketika dibenturkan dari sisi desain alias penampilan, Z250SL lebih seperti motor custom alias modifikasian 😀 Headlamp single, tangki kecil, untungnya terbantu oleh sasis berwarna merah yang enak dilihat. Sementara sang kakak Z250FI moge look -nya lebih menonjol, apalagi headlampnya mirip dengan Z800.. Kualitas material dan cat pun lebih baik dari SL..

Z250

Lalu mana yang harus dipilih? Kalau dana cukup, KBY sih pilih Z250FI, soal kelincahan dan tenaga itu hanya masalah adaptasi dari rider saja, di jalan KBY seringkali lihat rider Ninja 250FI/ karbu tak kalah lincahnya dengan NMax/ PCX dalam mencari celah di kemacetan tuh hehee..

Hanya perlu diingat, nambah 1 silinder artinya nambah biaya perawatan, baik dari sisi jumlah pelumas hingga jumlah bbm… Semoga membantu..

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

56 COMMENTS

  1. z250 sl lah mantap, saya juga rencana mau beli, karena body nya simple enak dipakai harian, rpm rendah tenaga dapat, z250fi moge look tapi terlalu bongsor dan lampunya kurang sreg #opinisaya, saya waktu kuliah pake satria hiu 2 tak, fu150, tahun lalu vario 150 (masa larinya cuma 110km, padahal belinya mahal), sekarang karisma (lagy bangkrut om),, Insya Allah kalo tahun depan ada rezeki mau beli z250sl… amin

  2. Saya juga lagi galau nih dengan Honda Airblade 125 atau Yamaha Nouvo Elegance. Bukan galau milihnya, tapi kapan dijual di Indonesia? Tidak cukupkah kelarisan NMAX menandai selera konsumen Indonesia sudah berubah?

  3. Pilih Z250FI.. sensasi 2 silindernya tdk tergantikan, kalo mo upgrade ringan cukup main velg & ban plus knalpot udh dapet bgt moge looknya, perihal tambah biaya perawatan yaah so so laah.. namanya juga 2 silinder hehee…

  4. MT-25 tuh ganas, kan dulu pernah pake rx king dan tiger, bawahnya sedap atasnya ngeri, biar diatas angin dikit,. jgn sampe motor 250 kalah sama motor 150 apalagi jenisnya bebek injection, malu dooong, 😀

  5. Kl sya ya mt25..hrga lbih bersahabat n power lebih ok..walau modelnya pas pasan modif gnti lmpu depan bulat keren jg..

  6. 250fi donk bro ngapain ngambil 250cc sensasi tanggung kayak z250sl mirip2 motor 150cc auranya, kalo yg 250fi kan jelas suara ga bisa bohong merdu euyy 2 silender power bengis
    intinya kalo udah kelas 250cc jgn nanggung2 :v

  7. 250fi donk bro ngapain ngambil 250cc sensasi tanggung kayak z250sl mirip2 motor 150cc auranya, kalo yg 250fi kan jelas suara ga bisa bohong merdu euyy 2 silender power bengis
    intinya kalo udah kelas 250cc jgn nanggung2 :v

  8. Klo mau sensasi thumper beneran mah KTM duke lah.. Udah paling asik buat begajulan. Kalo perlu ganti pake stang jepit biar makin langsing selap selip

  9. Pilih z250fi tanpa sl
    Desain jelas, suara jelas, apalagi coba
    Kalo ada opsi merk lain MT25 lebih value ambil yg silver blue, josss

  10. om danang ada rencana ganti knalpot gak? kalo gak, mending yang sl. lebih ringan dan lebih lincah.

  11. Z250 SL lincah gesit powerful pas di kemacetan Jakarta, lagian katanya harga lagi diskon (VIN 2014) Rp 10 juta (cash),,, harga jadi lebih masuk akal Rp 37,5 juta,,, hmmmm menggiurkan sekali

  12. Enak make mt25 bro walau dikira bison, tapi sensasi suspensi nya itu lo… motor metic aja kalah enaknya, belum lagi tenaganya…. untuk ukuran motor 250 cc termasuk irit rata2 25 km/ltr, itu belum kalau di pake irit2 an… termasuk minim getaran di rpm rendah dll…

  13. Ygvkomen Ga moge look dmna?. Jelas2 mogelook…
    Komentar yg absrd..wkwkk..
    Udah prnah liat yg lansung disanding yg vxion/byson pakw headlamp modle z250? Jelas beda…
    Utk skrng yg bsa jd bhan komparasi mt25 aja.. yg suzuki gw250 bagus, tp desain lbih ke orang2 yg udah mapan (klo g mau disebut tua..wkk).
    Suara mt25 lebih keras tp sy pribadi ga suka, bass ga gtu kluar.
    Ngomong2 ane trmsuk yg kcewa ama mt25, udah ditunggu dr blan mei 2015 pngen beli..eh liat langsung desain g jd beli, pdahal mo upgrade dr vxion ane,, akhirny mlah pilih Z250 wrn hijau…. keren banget.
    Performa? Emang mau secepat/sehentak brapa sih klo dpake dijlan raya…
    Handling klo dah lma akan mnyesuaikan, lgian rencana panjang pngen upgrade ke moge bneran, stdidakny xr yg mirip2 moge aja handlingnya/alias yg agak susah..wkkk
    KTM jg prnah jd prtimbngan, tp klo dikota kcil bonyok aj klo ada mslah…wkkk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..