banner

Honda CBR600RR Tricolor

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber. Bertemu lagi dengan artikel moge yang sudah lama tidak dibahas di blog ini hehe. Kali ini sang moge hadir dari merek sayap kepak lads.. Moge yang mesinnya berkapasitas 600cc dengan 4 silinder dan sudah menjadi salah satu legenda Honda di dunia.. Ini dia test ride Honda CBR600RR 2009!!

Moge nya kalau gak MV Agusta, Ducati, Kawasaki sama Honda, Yamaha nya kapan kangggg? Loh jangan salahin KBY dong, sini kenalin sama yang punya moge Yamaha, KBY juga penasaran pengen banget ngetes Yamaha R6, MT series atau R1 kok kekeke.. Lah yang KBY kenal milih mogenya ya merek merek di atas semua, gimana dong? Jadi bagaimana cerita si Honda CBR600RR RWB ini? Ayo disimak bareng bareng

Honda CBR600RR adalah supersport yang bisa dibilang mainstream, alias banyak orang yang memilih, membeli dan menggunakannya. Padahal dari sisi desain sih gak heboh heboh amat, kekuatannya selain pada mereknya, ya pada totalitas Honda akan Total Control itu.. Intinya, sebuah motor sport tak hanya harus kencang, tapi enak dan mantap dikendalikan! Itu lah filosofinya..

handlingnya itu loh..ckckck
handlingnya itu loh..ckckck

Dan tajuk dari Honda akan CBR series yang harus memberikan kenikmatan berkendara pada ridernya yang terdiri akan kombinasi performa, kenyamanan dan kontrol menurut KBY memang dijewantahkan dengan sangat baik oleh Honda pada CBR series, dalam hal ini yang KBY tes adalah sebuah moge bernama Honda CBR600RR tricolor buatan tahun 2009.

Jika melihat dari foto, pasti teringat akan Honda CBR600RR Minolta version. Saat itu KBY cuma tesduk alias tes duduk doang di markas MV Agusta 😛 Dan sebenarnya ini adalah pertemuan ketiga kalinya dengan CBR600RR, yang pertama versi Minolta, yang kedua punyanya masbro Seno dan ini yang ketiga punyanya bro Irwan yang lagi dibawa oleh Vandra MMBlog.

jinjit euyyy
ini versi Minolta
ini punyanya masbro sentot
ini punyanya masbro sentot

Pertemuan dengan Honda CBR600RR 2009 punya Irwan ini juga sebenarnya yang kedua kali, dan sempat tes sebentar di area parkir Terrace ketika KBY hadir pada sesi test ride New Honda Sonic 150R beberapa waktu lalu.. Hanya kali ini pertemuan kedua lebih spesial.. Ya karena jarak yang ditempuh bersama sang CBR600RR ini lads..

 Honda CBR600RR Tricolor

Tujuan awal cabut dari rumah Sabtu 05 Maret lalu adalah mengunjungi sahabat blogger Jatimotoblog, lek Rio pemilik warung Motorio.com yang sedang ada di Depok. Nah pulang dari sana, Rider Big Size mang Rahmatullah Alki ngajak ketemuan sama si perut gentong yang akan menuntaskan masa jomblonya bulan depan, om Vandra MMBlog.

Karena tujuannya ke UI, sudah dekat lah ya dari GDC, melipirlah kita kesana, dimana MMBlog sudah nyampe duluan membawa Honda CBR600RR tricolor. Sambil mencari lokasi buat foto panning bersama CBR600, KBY bawa deh tuh si CBR keliling depok.. Nah disinilah impresi awal akan handling dan performa sang Cibier..

PERFORMA SMOOTH TAPI BERINGAS!

Lokasi di UI cukup untuk dapat impresi berkendara termasuk handling Honda CBR600RR ini, kalau tenaga sih sudahlah, gak usah ditanya dan gak perlu di buktikan di jalan raya. Ini moge pure sport yang bisa berkitir hingga 17 ribu RPM, bukan kelas 150 atau 250 cc lads.. Kalau masih meragukan tenaganya, sono gih tes sendiri aja wakakaka..

Yang jelas Honda memang membuat Honda CBR600RR 2009 ABS ini bersahabat bagi riders, bahkan untuk learner rider sekalipun menurut KBY! Ya tenaganya smooth dengan torsi pulen, gak usah kawatir bakal tersendat sendat bahkan saat berjalan pelan sekalipun. Aman lads.. Gak aneh kalau CBR600RR banyak yang make buat harian. Wong enak sih!

Tapi bagi para speed goers, silakan betot gas seberaninya! Mulai 5000-an RPM aja kepala kaya ditoyor ketika gas dipuntir lebih dalam. Menunjukan bahwa meski Honda CBR600RR ini jinak, tapi jangan main main sama tenaganya! Sekali betot, rider alay sok teu yang nyangka ini Minerva bisa bisa mewek bombay 😛

HANDLING SUPERB REM PAKEM!

Jalanan di kampus UI memiliki kelokan yang cukup panjang, lumayan untuk mengetahui handling Honda CBR600RR ini ketiku menikung cepat.. Hasilnya adalah luar biadab! Enak pake banget!! Tangki yang tinggi enak dipeluk atau dipakai sebagai sandaran lengan ketika berbelok, setang yang merunduk, riding position yang rebah, membuatnya sempurna.

Ternyata faktor ban ikut berpengaruh, Bridgestone S20 depan belakang bertipe medium compound baru dipasang oleh sang owner, pantes nempel kayak cicak lads.. Lebih dari cukup untuk harian bagi si Honda CBR600RR ini.

Yang gak nahan sih suaranya Honda CBR600RR ini, dengan muffler Two brothers, suara khas mesin 4 silinder yang menggeram langsung meledak jadi cressendo ketika gas dipuntir lebih dalam, nikmat banget deh, deep dan gak bising!! Suaranya cukup bikin orang minggir respect 😀

Rem depan Honda CBR600RR ABS ini juga mantap, positif dan responsif, bahkan sempet nungging gegara ada motor yang ngerem mendadak di depan, padahal lagi pelan. Jadi nariknya kudu smooth lads..

KENYAMANAN

Gak salah nih? kelas supersport mana ada nyamannya!! Benar sih lads 😀 Tapi pembahasan kenyamanan ini tentunya KBY komparasikan dengan moge yang setipe, yakni fairing. Dibandingkan dengan MV Agusta F3 675 atau Honda CBR1000RR SP si Honda CBR600RR ini lebih baik!

Meski sama merunduk dan rebah, Honda CBR600RR ini baik panas mesinnya maupun tuas koplingnya tidak sepanas maupun sekeras MV Agusta F3 675. Dari sisi seat height, CBR600RR ABS ini tidak setinggi CBR100RR SP, bobotnya pun cukup.Posisi foot step yang tidak terlalu ke belakang pun cukup membantu.

Selama KBY bawa dari UI menuju Pancoran di mana beberapa titik terkena macet, KBY masih merasa kuat dan tahan bermacet macetan bersama Honda CBR600RR ini dibandingkan kedua moge fairing yang pernah KBY tes harian tersebut. Pegel? Tentu, panas? Iya, Cape? Yoiii, tapi mendingan dari yang dua itu.

Kekurangannya adalah kopling Honda CBR600RR 2009 ABS tricolor ini keras lads, bahkan Honda CBR100RR SP saja sangat lembut. Katanya sih memang karakternya. Plus bobot khas moge yang berat, bikin susah mundur, radius putar yang besar juga menyulitkan putar balik.. Belum lagi setang yang under yoke, Yah khas moge lah, nyusahin! 😀

Tertarik? Well second nya Honda CBR600RR ini bermain di angka 140 juta ke atas, tahun 2007-2010.. Kalau duit lebih sih, asik juga punya satu, buat harian masih enak sih..

disclaimer: Kami mencari lokasi yang sepi, dengan pengawasan pada beberapa titik ketika melakukan foto panning dan di dalam kampus gak ada test kecepatan.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

59 KOMENTAR

  1. gada videonya ya? sempet ketemu ginian di setiabudi sama terowongan lingkar nagrek, emang maknyossss suaranyaaa…. menggelegar asikkk…

  2. Tapi dari motor sport 600cc sy pun lebih merasa nyaman dgn CBR 600 ..Krn riding position nya paling ajib drpd R6,ZX6,MV F3 .utk postur sprti sy (TB: 189CM) pake CBR 600 paling mantap dah om ?

  3. Nah eta karek cocok mang, moge asli ngarana, ngan sayang potona jalu kabehlah eweh poto cewek spg jang bonus poto akhir

  4. coba bilang aja Powernya Jinak,nurut gampang diatasi tidak galak dan brutal.maka bakal rame.yg punya warung ngak seru,ndak mau lempar umpan mancing ikan lapar.Ngoahahaha.

  5. Motor impian nih
    demen karena model untertail exhaustnya 😀
    ga mau 1000cc karena ga ada lahannya di Jakarta
    kalo di luar negeri mah, boleh lah yang 1000 cc. hehehe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini