burgman 200 lokal putih
burgman 200 lokal putih

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber, untuk mendapatkan harga yang masuk akal serta terjangkau oleh konsumen, cara paling jitu adalah melokalkan suatu produk..

Ya, karena yang namanya barang lokal itu sudah tidak ada yang namanya pajak bea masuk, atau paling tidak pajak bea masuknya hanya segelintir misal hanya 5-10% parts saja yang masih harus diimpor karena di negara pembuat belum ada.. Atau paling tidak paitnya bisa dilakukan CKD (Completely Knock Down), alias diimpor secara terurai kemudian dirakit disini.

Nah seperti yang mungkin lads sudah ketahui, selain Honda PCX, Suzuki Burgman juga masih berstatus produk CBU (Completely Built Up) alias diimpor utuh dari negara pembuat. Akibatnya, meski angka pada TPT tempo hari hanya Rp 14.7 juta namun ternyata harga jual Suzuki Burgman melebihi angka Rp. 50 juta!! Jiaahh mana tahaaann..

baca juga: TPT dan NJKB Suzuki Burgman hanya Rp 14.7 juta, akan dijual berapa ya?

Jauh banget kan dari angka NJKB awal yang Rp. 14.7 juta tiba tiba dijual Rp. 54 juta? (saat ini sekitar Rp. 58 jutaan). Nah sejatinya sih untuk mengakomodir harga jual unit yang lebih masuk akal dimana tujuannya agar unit Suzuki Burgman bisa lebih laris lagi dibeli konsumen, maka pelokalan produk menjadi tuntutan. Seperti halnya kabar Honda Forza 150 lads..

Pada artikel spy shot Suzuki Burgman lokal tempo hari memang terlihat 2 unit Suzuki Burgman 200 berwarna putih dan hitam sedang melaju di daerah Bogor. Keduanya terjepret kamera oleh masbro Dimaz Fa.. Nah inilah awal indikasi kuat kalau Suzuki akan membuat Burgman 200 lokal! ..

Indikasi ke arah pembuatan Suzuki burgman 200 lokal memang lebih ke arah penampakan para ridernya yang menggunakan wear pack test ride, karena jika itu merupakan milik perorangan, sepertinya niat banget kalau turing pakai “baju tempur” selengkap itu ya gak lads?

Baca juga: First Ride Suzuki Burgman 200, Skutik Berkarakter Overbore!

ini burgman lokal warna hitam
ini burgman lokal warna hitam

BURGMAN 200 LOKAL HANYA TEBAKAN?

Namun lads, ada satu yang membuat KBY ragu bahwa Suzuki akan memproduksi Suzuki Burgman 200 lokal. Mengapa? Well karena satu penampakan ini lads.. Ketika berkunjung ke bengkelnya bro Ihsan Motoshop di daerah Pd Kopi Jakarta Timur, ada satu sosok Suzuki Burgman 200 nangkring di garasi bengkel.

Suzuki Burgman nya sih biasa, yaaaa seperti yang mungkin sudah pernah lads lihat di jalanan. Warnanya hitam dengan desain bongsor khas. Tapi yang unik adalah nomor polisinya lads, plat putih dengan belakang SXZ! Nah loh.. Ini kah calon Burgman 200 lokal?

suzuki burgman lokal 2 Suzuki Burgman lokal

Ah ternyata, Suzuki Burgman 200 tersebut milik perseorangan lads.. Kok bisa pakai plat nomor putih? Well menurut info yang didapat sih nomor tersebut dipinjamkan oleh dealer karena sudah 3 bulan lebih sang STNK tidak kelar kelar sementara sang skutik diperlukan untuk dipakai..

Melihat hal itu KBY jadi berpikir, jangan jangan Burgman 200 yang dilihat kawan kawan itu ya salah satunya motor ini, karena sering sliweran dengan menggunakan pelat uji coba SXZ.. Ini yang mengindikasikan bahwa tidak akan pernah ada Suzuki burgman lokal lads.. Hanya satu yang masih jadi patokan, foto spy shot dengan rider ber- wear pack!!

Menurut lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

35 COMMENTS

  1. Biaya produksinya mahal om. Setelah diitung2 dilokalin ttp mahal. SIS gak berani produksi banyak buat neken harga, takut gak laku.
    Inget kasus Satria young star? Krn cuma diproduksi sedikit, akhirnya ongkos produksi mbengkak, dan harga jadi mahal. Intinya sih SIS gak mau gambling, kalo cm untung dikit, mendingan gak ush jual, itupun kalo untungnya, kalo gak laku yg ada cuma nombokin ongkos produksi doang.

  2. dicocokin saja nopol nya…

    btw jok nmax dan pcx kalo di kasih nilai 1-10 berapa? tambahin absolute revo di penilaian (sebagai parameter ane)

    *direview donk oli transmisi buat motor metik..

    • oli transmisi? oli gardan?
      joknya 11-12 sebenernya. kalau busa empukan NMax, kalau ergonomi enakan PCX – subyektif.
      PCX ada lumbar support, tapi buat yang tinggi malah terasa dibatasi jarak duduknya.
      Kualitas bungkus jok NMax kalah.

      • oli transmisi ya seharusnya, kan motor matic seperti nmax dan pcx tidak ada gardan…hehehe..ituloh yang tutup olinya di deket cvt..

        lihat yamalube punya sae 20w-40, kalau dimasukin oli ATF gimana?

  3. hmmm…. mungkin 2 unit berplat putih yang ketemu di cibubur juga punya perorangan ya… atau jangan2 bukan burgman? jengjeng…
    #lahdalah mio modifikasi sampe ke platnya

  4. saya heran kalo baca komentar atau artikel Blog yg mengatakan NMax laris manis.coba pantengin data AISI 80rb an unit/th.atau 7000an unit/bln.bukan Brand dan Valuenya yg salah tapi kelihatannya Skutik Gambot kurang disenangi.mungkin kebanyakan Skutik diGangbang rame2 gantian pake atau suka yg Imut supaya enak meliuk2 dikemacetan dan jalan sempit(gang).atau ndak punya garasi cuma rumah sepetak.buktinya Vario 5;5kali lipat lebih pasarnya.jadi Forza dan Burgman menahan diri.

    • utk motor ‘cuma metik’ dengan harga setinggi itu, NMAX trmasuk laris, om..
      ane di jogja tiap hari lihat nmax dijalan, pdhl sehari cuma muter2 jogja 10km..

      tapi kalo ada duit sih, ane lbh prefer vario125, valuenya lbh tggi utk cuma komuter

    • mksdnya Laris manis di kelas matic model bgtu om, nmax,pcx,brugman,viar juga ada apa gitu namanya… nmax lbh laris krn hrga yg lbh terjangkau… sport juga gitu, ada kelasnya, naked,sport,150cc,250cc… ninja 250 itu laris, tapi jangan di bandingin sm cbr150 yg sama2 motor sport fairing.
      Awal tahun 2000 matic juga marketnya jauh di banding bebek, tapi skr beda…. siapa tau nnt kelas matic yg di gemari geser ke matic bongsor model bgtu.. jadi ga ada salahnya suzuki masuk sebelum honda, tapi mmg brugman terlalu bongsor klo buat ane.

  5. jadi penasaran sama kapasitas pabrik Suzuki sepeda motor, sebenarnya line produksi buat motor apa aja sih? jangan2 banyak yang nganggur gak kepakai

Yuk Tinggalin Jejak Lads..