CBR

Diskusi: Dicegat Polisi Saat Razia, Kunci Kontak Maen Cabut, Sah Kah?

sonic 150

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber. Pernah kena razia? Di stop pak polisi di tengah jalan? Mungkin sebagian pernah.. Ada yang pernah mengalami kunci kontak dicabut di tengah jalan?

KBY pernah tuh lads, saat sedang review Honda Sonic 150 guna review harian. Saat itu KBY dan mang Sety (setiawan SS juragan blog traktordohc) sedang menuju arah Cibubur guna menyambangi dulur blogger Jawa Barat yang tergabung dalam agregator D’Gujubar.

Nah ketika sudah mendekati area Kelapa Dua (kalau gak salah sih, maklum gak suka ngapalin jalan wkwkwk), ada razia lalu lintas lads, dan saat itu mayoritas yang kena stop memang kendaraan roda dua.

KBY mahfun, si Honda Sonic 150 ini memakai plat nomor putih, pasti akan kena stop, ga masalah wong surat lengkap kok.. Nah KBY diberhentikan di tengah jalan karena posisi motor saat itu memang sedang berada di kanan jalan. Oke, siap siap menepi.. Tiba-tiba dengan cepatnya tangan pak pol mematikan kunci kontak dan mencabutnya!

Otomatis mesin langsung mati, gas yang sudah diputar untuk meminggirkan Sonic jadi percuma, wong mesine mati cuk! Alhasil klakson tak sabaran dari belakang langsung berbunyi tiinnn toottt.. diinnn.. Bahhh, Pe Er bener deh! Tanpa sempat menetralkan gigi, terpaksa tuas kopling ditarik dan mendorong Sonic ke tepi jalan.

Sonic 150

baca juga: Tes performa Honda Sonic 150, Bubarrrr ada patroli ๐Ÿ˜€

Begitu KBY serahkan SIM dan STCK, Pak Pol gak pake ngemeng langsung mengembalikan kunci motor, SIM dan STCK tersebut.. Lihat nama di STCK nya kali ya hahaha.. Well Cerita ini nongol setelah mendengar dari pengunjung blog, Ade Rahmadan kalau lek Ari Pispot juga mengalami hal serupa ketika sedang test review harian Yamaha Xabre 150.. Jadi keingetan dan ingin curhat ke pengunjung blog deh..

Oke, KBY paham tujuan dari Pak Pol tersebut sebenarnya adalah untuk mencegah kita ataupun pengendara yang dicegat dijalan untuk razia tersebut melarikan diri. Namun apabila dilakukan ditengah jalan apa gak bahaya ya? Menurut lads sendiri gimana? SOP nya sah gak kunci kontak maen cabut saat razia?

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

 

About Kobayogas 3425 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

116 Comments

  1. Kasus gitu mah, bukan rahasia umum mang, apalagi kalo motornya ban cacing dan kawan kawan, langsung dahhh tanpa ampun..
    Cuma kesannya jadi gak elegan aja kalo asal cabut kunci

  2. ane pernah om dicabut ditengah jalan ane turun aja dari motor suruh tu polisi yg minggirin motor ane,sampe macet panjang waktu itu hehe

  3. kalo blm sah diulang lagi ๐Ÿ˜€
    kalo kunci dicabut, suruh pakpolnya dorongin tuh motor dr belakang wkwkwkwk..

  4. kan Polisi…”MAKHLUK TUHAN PALING BENAR” jare mulan Jameela,,Eh paing Sexy ding…
    jangan main2 ama Polisi,,,, Polisi tidak akan pernah Salah
    sudah di tulis di langit ke 8
    bahwa Dialah makhluk TANPA KESALAHAN

  5. Padahalmah te di cabut konci oge moal kabur nya mang, itulah salah satu ke tidak sopanan petugas yang bikin kita kurang segan pada petugas kepolisian

  6. Ai sugan teh nu ngalaman kitu teh abdi wungkul, merenan salah satu jurus ampuh sesuai prosedur kituh, tapi da te enak kana hate asanateh

  7. Klo kyk gt biarin aja motornya d tengah jalan mang, biarin polkisnya ndiri yg minggirin tuh motor, toh klo bikin macet kn salahnya yg nyabut tuh kunci
    Wkwkwk
    Tinggal ngrokok d pinggir jalan ja, lagian mau tertip kok d susahin

  8. saat memberhentikan kendaraan Polisi sah2 aja menghalang Mobil dgn Motornya,mencabut kunci kontak apalagi dalam Operasi Resmi.biarpin tanpa surat Operasi Polisi tetap berHak bila mencurigai sebuah kendaraan.malah pemeriksaan Acak jauh lebih bagus.siapa tahu Motor Curian.jadi kira2 Polisi mencurigai Tampang 2Pria boncengan yg berTampang Kriminal.siapa tahu”Begal Motor”yg lagi ngider cari Mangsa.Ngoahahaha.

    • Sotoy ente bos. Dasar hukumnya darimana. Polisi ngga bisa sembarangan razia. Harus ada surat tugasnya dari atasan. Kecuali kita jelas2 mencurigakan or melanggar lalin polisi bisa melakukan “diskresi polisi”. Yaitu bertindak dlm penilaiannya sendiri.

  9. nah ini yang dibahas sama mang kobay kemaren, feel nya itu kayak kita langsung dituduh bersalah gitu, kalo yg motor matic ato bebek sih nggak apa apa, kalo motor sport kayak Ninja ato inazuma? mau putus mungkin itu kaki

  10. memang Orang Baik2 akan tersinggung diperlakukan seperti itu.kesannya Arogan.tapi bila pengendara yg diberhentikan itu Begal Motor tanpa surat2 disuruh minggir bakal kabur.langsung tembak salah,siapa tahu cuma ndak bawa SIM yg kabur.dikejar baru stater sudah jauh.jadi ambil langkah aman cabut kontak.itu Prosedur yg sah.seperti Petugas Bandara yg Scane Barangnya Jendral.mau ndak mau siJendral harus mau.takut dia lalai terbawa barang yg membahayakan Penerbangan.bukan mencurigai Bandar Narkoba.

  11. Pernah juga Kang dicabut kunci, kunci ada gantungan Keluarga Besar Paspampres dikasih adik, polisinya mau nyari-nyari kesalahan, trus saya bilangin udah Pak tahan aja motornya ntar biar di ambil adik saya,trus Polisinya tanya emang adik kamu siapa, trus tak jawab,tu pak coba diliat gantungan kuncinya yang bapak bawa,setelah baca tulisan di gantungan kunci,langsung dikasih lagi kunci trus suruh lanjut jalan. ngoahaha..

  12. razia gt katanya buat ngejaring begal ,motor curian atau dsb.
    tp kan ad kertas yg gambar nya soekarno, ttep aj d bebasin.

    sop polisi oknum = cabut kunci, minta surat , cari” kesalahan, rekening dompet lgsg nambah 50k :v

  13. Klo kita merasa benar & lengkap, bolehlah pake gantungan kunci rantai trus dicantolin ke stang, wes aman tuh mau asal cabut kan masih nyantol…tol .. Tol…

  14. seUmpama Tuhan menciptakan Manusia bila jahat wajahnya berwarna Merah,tambah jahat tambah merah tua dan yg suci berwarna Hijau tambah suci dan banyak pahalanya tambah Hijau tua.maka Saya berani nyumpahin Polisi bila memperlakukan orang yg Hijau Mukanya seperti itu.lagi membayangkan Wajah saya bakal kaya Kepiting Rebus Ngoahahaha.

  15. SAH….!! anda keberatan..? Anda punya bekingan apa..?? Saya polisi, dan saya berhak…inga inga… BERHAK..!!

  16. Bru kemarin boncengan sma tmn di tilang polisi gara2 plat no pake wadah mika, ktanya plat no gk boleh pake aksesoris. Akhirnya 50rb melayang hadeuuhhh…

  17. saya 2x ngalamin kang.. di cabut tengah jalan.. suruh dorong lewatin perempatan selebar gaban … buset dah.. sengaja itu dia.. klo kunci di pegang kita mah kicep nurut aja.. mau debat juga waktu itu petugasnya malah kabur berlawanan arah ninggalin saya yang di suruh kepospol entah maunya apa tuh orang .. kondisi emng sy nyerobot lampu merah ๐Ÿ˜€

  18. Barusan kena razia pas naik vespa matic dan posisi kunci kontak deket sama dengkul. pas pak polisinya mau nyabut kuncinya, ane halangin pake dengkul.
    ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

  19. Besok modif kunci kontaknya taruh selakangan ah,coba tu polisi berani nggak nyabut?kalo sampe salah cabut,kenain pasal pelecehan seksual,modyarr rak…

  20. Kalo ane ya kang .. Ane tepis tangannya .. Ane kunci stang baru ane kasih dia kuncinya ..
    Biasanya dia ngomel2 dikit ..
    Kadang ane kena pas lupa bawa surat2, kan disuruh ambil ke rumah .. Ane minta kunci nya..ane suruh tu polisi nungguin motor ane ..
    Polisi pasti gk mau .. Ajak debat dikit tetep suruh tungguin motor yg ud dikunci stang di pinggir jalan, kunci dibawa pulang.
    Dri smua polisi yg ane gituin gak ada yg mau nungguin motor ane di pinggir jalan, malah dsuruh lanjut smbil ngedumel ..

    Ane gituin karna jgn smpe barang ane jatuh smuanya ke tangan yg gk ane kenal (siapa tau plokis gadungan) ..biarpun dia kekeuh ngaku polisi beneran tetep aja ane suruh tungguin motornya ane kunci stang, ane bawa kuncinya ambil surat2 .. Atau klo dia ada pos polisi mending di titip situ .. Gembok juga tentunya

  21. Saya pernah om kena razia palsu
    Di uki di setop langsung mau cabut kunci
    Dan sayangnya saya ga pake kunci kontak starter langsung dari remot alarm ya udh dia jadi grepe grepe kontak motor ane kebingungan kuncinya ga ada ๐Ÿ˜‚.

  22. pernah pas pake toyota yaris temen…eh di berentiin polisi,ane di suruh keluar dari mobil…lalu pak pol membuka pintu mobil dan dia kaget….”lho nih mobil kok ngak ada lubang kuncinya” ane cuma nahan ketawa…masak iya pak pol ngak tau yang namanya keyles entry ๐Ÿ˜€

  23. Gw kl ada razia lewat mulu wkwwkwk ๐Ÿ˜‚ Pernah nya di cabut konci sama pamsus HI pas lg latian mereng” ๐Ÿ˜ท

      • Al azhar bro.. Dulu sih sering transera tp skrg bnyk mobil belajar jd ngeri ngeri sedep ๐Ÿ˜‚ Ane latian sm temen biasa rabu sore sm minggu sore..

      • Sebelah mananya tuh bro? Naaaah iya banyak yg belajar mobil, minggu lalu ane sama temen ane miring2 di transera, baru 3lap diudak pamsus wkwk. Wah boleh nih bro kapan2 ane sowan ke al azhar

      • Kalo di al azhar yang paling pojok aja aman sentosa deh ๐Ÿ˜‚ Sama waktu itu yg di cabut kunci pas di transera -.- Galak euy… wkwk

      • Bisa minta kontak line ga bro? Kirim via email aja, buat hubungin kalo ane mau ikut nimbrung hehehe. Wkwk pasti siang yak? Kalo malem sih selama ini ane ga pernah dirusuhin

      • Nih id line ane:renkyousha
        Males ngirim email wkwkwk.. kl pas ane sm temen sih ada komunitas mereng” nya temen.. ad rencana jg mau masuk situ ๐Ÿ˜‚

  24. sama aja kaya maling main rampas aja,, emangnya kita ngelanggar itu penjahat, kan ga semua pelanggar emang ga tau peraturan/rambu2 atau emang bener2 ngelanggar,

    intinya kalu ada plokis yg main cabut aja, teriakin “wey, maling.. maling.. !!!”

  25. gw gak tau, tp ada biker cikarang yg kunci kontaknya di buang di x malang depan unisma bekasi (smpn 2) di tilang polwan. malang nian nasib mu nak. harus pulang ke cikarang naek angkot untuk ngambil kunci cadangan.

    :v

  26. Masih mending om polisi yg ambil kunci kontak lah kalau bencong tengah malam yg ambil kek mana rasanya om?? Hihi

  27. sah pasti.. apa sih yang gak sah buat pak pol? main ciluk ba di tikungan aja sah-sah aja padahal kan bahaya wkwkwkwwk… :v

  28. la ane mala prna di tikung.ampek trun ke bahu jalan ma polisi.so tryta ane di kejar dr TL terminal (Bypass) mojokerto arah madiun.coy serem plangaran lampu spido pas modar #cuk de titip seket ewu

  29. di bypass mojokerto ane prna ditikung ampek trun ke bahu jln.so tryata ane di kejar. amal seket ewu. cukde

  30. Seumur” d cegat pas razia polisi.. aman” wae ga da adegan cabut kunci.. gerak-gerik or tampang mencurigakan kali.. makane polisi maen cabut kunci.. palingan kl pk helm fullface d suruh buka helm thok buat nyamain ma foto d SIM..

  31. tdk setuju.motor curian mah klo ada razia dri jauh jga udh berhenti mereka udh waspada.ngpain mreka melintas daerah razia???

  32. La ane ama temen pernah kenah razia, y gtu kontak langsung di cabut. Posisi motor pas di tengah jalan, mau dorong kepinggir ogah kang. ๐Ÿ˜€ ane standar samping aja di tengah jalan. ๐Ÿ˜€

  33. oknum polisi don’t have the brain. pantesan polantas they’re just having salary that poor very well

  34. Sumpah nyeri hate ku nu ngaranna pokis, terlepas oknum atau apalah namanya, tadi siang kena palak 150rb di mesuji lampung, bawa pick up panther muat ban crane 2 siki, dengan alasan melanggar pasal 265, pas di buka di google.. koppeeettt.. eweuh hubungan nana..

  35. diskresi sesuai Pasal 18 ayat (1) UU 2/2002 adalah untuk Pejabat Kepolisian Negara Indonesia, pertanyaanya apakah polisi yg melakukan razia adalah pejabat atau selalu pejabat atau semua pejabat? menurut artikata.com definisi pejabat adalah pegawai pemerintah yg memegang jabatan penting (unsur pimpinan)..jd apakah diskresi itu berlaku untuk semua baik itu polisi yg masih staf, atau pelaksana (apalagi tanpa surat tugas atau semacamnya). mohon pencerahannya bro-bro semua….

  36. Cabut kunci kontak saat sedang jalan jelas bahaya. Jelas melanggar SOP polri sendiri. Seharusnya mereka memberhentikan, mengarahkan ke pinggir baru ucap salam. Kalau asal cabut apa bedanya polisi dan begal. Trims

Yuk Tinggalin Jejak Lads..