Lanjutan dari halaman 1

MS: Menurut mang Saka mah, gak usah pake kehadiran New Toyota Sienta juga si Honda Freed mah bakal mati sendiri hahaha.. Sebenarnya Freed bukan produk yang buruk, hanya saja tanpa adanya added value yang lebih dari Honda ya wajar saja kalau pangsa pasarnya digerogoti adiknya sendiri yaitu Honda Mobilio.

Padahal dari sisi built quality mah Freed teh lebih baik, fiturnya juga ada yang tidak dimiliki sang adik, sebut saja pintu geser elektrik dengan remote, AC Digital Auto Climate Control, jok tengah captain seat dan speedometer cluster yang lebih mewah dengan bentuk open cafe serta kabin yang walk through.. Lah jadi ngomongin Freed ya, padahal lagi bahas New Toyota Sienta.. wkwkkww..

Oke, kembali ke New Toyota Sienta Indonesia, jadi menurut mang Saka, Toyota serius akan menghadirkan small MPV 7 seater tersebut di Indonesia, kemungkinan besar CKD, ada beberapa part lokal yang konon sudah disiapkan bagi pendatang baru tersebut.. Lalu apa saja kelebihannya?

Selain desain yang lebih segar dan aktraktif yang katanya terinspirasi dari sepatu “trekking”, dibandingkan kompetitor, interior New Toyota Sienta juga lebih modern, panel transmisi dan pengoperasian AC terinspirasi dari Toyota Nav 1. Cluster meternya juga lebih futuristis.. Namun kekurangannya memang kabin belum walk through ala Freed, jok tengahnya pun konvensional..

JOK LIPAT RATA LANTAI

Namun bicara akomodasi dan fleksibilitas kabin, New Toyota Sienta dapat membusungkan dada, jok belakangnya dapat dilipat rata dengan lantai belakang, artinya dari sisi angkut mengangkut barang, Toyota Sienta bisa lebih fleksibel lads… Bisa angkut barang lebih banyak dibanding kompetitor, sangat berguna terutama saat bepergian jauh..

Dengan pelipatan jok belakang yang menjadi tersembunyi di bawah jok tengah, membuat kapasitas tempat duduk New Toyota Sienta praktis menjadi 5 tempat duduk murni! Bagasi belakang pun menjadi lebih lapang lads.. keren juga nih..

utilitas kabin New Toyota Sienta

GROUND CLEARANCE

Nah seperti halnya Honda Freed dan juga Honda Jade, ground clearance milik New Toyota Sienta yang cukup rendah bisa jadi masalah nih bagi pencinta MPV yang rumahnya rawan banjir 😀 Selain itu, faktor fanatisme RWD bisa menjadi faktor non teknis yang mengganjal.. MPV Toyota kan sejauh ini identik dengan RWD, Avanza dan Innova contohnya..

Nah apakah dengan faktor penggerak roda depan alias FWD yang dianut oleh New Toyota Sienta akan menjadi masalah? Menurut KBY sih gak ya hehe..

PILIHAN MESIN

Pilihan mesin New Toyota Sienta kini mulai mengerucut, opini KBY, si Sienta ini akan menggunakan mesin 1NZ-FE yang legendaris, karena di Jepang pun ada pilihan mesin ini selain hybrid dan 2NR-FKE. 1NZ-FE milik Yaris/ Vios paling pas karena tenaga dan torsinya memadai dibandingkan 2NR-FKE. Selain itu dari sisi common parts pun bisa aman, cost reduction pun bisa di dapat.

FITUR, TIPE dan HARGA

Jika melihat spesifikasi New Toyota Sienta di Jepang, sepertinya tidak semua akan diboyong, misal Pre-Collission System dan Lane Departure Alert. Sementara Automatic Hi Beam mungkin tetap dipertahankan pada versi tertinggi.. Sementara fitur safety standar seperti Airbags (mungkin 2 atau 4), ABS + EBD, DRL, projector LED, LED Brake lamp akan hadir pada Sienta.

Jika melihat kebiasaan Toyota Indonesia, maka pilihan ada pada G, V dan Q dengan rentang harga yang seharusnya bisa kompetitif yaitu Rp. 230 – Rp. 290 juta..  Desainnya terutama depan memang bukan selera semua orang sih.. Tapi hey, ini Toyota loh.. kekekkee

Tertarik? Siap siap saja nabung dari sekarang lads… wkwkwkwkw..

Baca juga artikel artikel Hot Gossip lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Line: http://line.me/ti/p/%40ekr8886s

 

46 KOMENTAR

  1. Edun oom video Innovanya keren sayang ya lagi mendung. Tapi gambarnya “vivid” banget, yu no wat ai min lah ya…… top maneh

  2. Tapi balik lagi Kang, kayaknya blunder toyota ngeluarin Sienta ini kalo ground clearence (GC) nya nggak di benahi alias di tinggiin..

    Kompetitornya aja *baca honda* mulai sadar kalo 7 seater di indonesia kudu tinggi. Akhirnya terbukti kan, si Mobillio laris.. BRV laris..

    Bukan masalah FWD ato RWD, tp GCnya..

    MPV ‘roti tawar’ menengah dng GC tinggi? Kyknya penawaran yg menarik..

  3. Saya kira taxdnya buat gantiin posisi avanza yg udah gak lagi murah. Eh ternyata mau diposisikan buat freed killer. Freed nya aja mau mati sendiri kok..sebentar lagi distuntik mati kalo penjualannya ga memuaskan

  4. Mbantu-mbantu si mbah Yocar..

    Tentang Sienta ya…

    Hmmm….
    – Positioning antara Avanza Veloz dengan Innova.
    – Mesin 1,5 liter. Dual VVT-I. Basis mesin Identik Yaris/Vios.
    – Range harga antara 260 – 350 juta.
    – Penggerak roda depan

    Sebenarnya dasar Toyota keluarkan Sienta di sini tujuan utamanya bukan untuk membunuh yang sudah “tersiksa”.

    Tapi memang perencanaan dari Toyota yang sudah dipikirkan matang-matang untuk segmentasi kelas MPV. Sienta ini “jembatan” antara konsumen yang mau naik kelas dari Avanza tapi masih terlalu tinggi untuk Innova.

    Atau konsumen yang maunya MPV tapi gak “serendah” Avanza namun sulit pilih Innova karena keterbatasan ruang garasi atau kebutuhannya belum untuk Innova.

    Kalau ada pertanyaan:
    “Loh Freed aja gagal bertahan di situ kok Toyota malah nyemplung di situ???”

    Itulah bedanya grade kematangan pola pikir perancang dan market intelligent-nya merek tiga elips dengan logo H.

    Freed gak bertahan karena beberapa penyebab (analisa saya):

    – Masuk di range harga yang sama persis dengan Innova
    – Harga = Innova tapi utilitasnya jauh.
    – Karakter Indonesia, harga sama pilih yang lebih durable & besar
    – Diganggu oleh sodara-sodaranya: Mobilio (+ BR-V sekarang)

    Tipikal logo H memang menghalalkan kanibalisme antar tipe selama masih merek H itu sendiri. Sedangkan merek tiga elips kebalikannya, setiap tipe yang dikeluarkan diproyeksikan untuk meng-grab market baru atau kompetitor. Bukan kanibalisme antar tipe.

    Nah, Sienta bakal gimana nasibnya? Well…. I am not fortune teller (peramal). Tapi saya percaya sama Toyota selama ini. So far, forecast yang mereka planning di depan, selalu gak meleset jauh hasilnya. Malah bisa over dari forecast planningnya. Toyota forecast untuk Sienta sekitar 1.500/bulan atau 20.000/tahun. Terlalu optimis? Not from my opinion.

    • Dengan gimmick marketing yg baik, Sienta gakan gagal dari sisi penjualan.. Malah bisa sukses dan mgkin mengganggu avanza..
      Tp avanza akan selalu laris oleh fleet dan rental wkkwkwk

  5. kayanya toyota lagi nyasar customer jamu beras (Janda muda beranak satu)
    sama Mahmud Abbas (Mamah Muda Anak Satu)
    Kayanya teknologi maticnya pake CVT dah sienta ini
    toyota memperkuat mpvnya sebelum digempur rivalnya

  6. nyoba pasar,tapi sepertinya bakal seret kalau tidak mau dibilang gagal.alasannya: 1.ini Produk yg total baru bukan ganti model kaya Avanza dan Innova yg sudah mapan.2.Sienta cuma dilirik mereka yg Royal,bukan karena Boros atau Mahal.tapi nilai jual kembali bagusan Avanza dan Innova.anda Royal tidak menghitung nilai jual???ada apa beli Toyota/Honda.pilihan lain lebih banyak yg keren bagi yg Royal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini