CBR

Sharing: Review Pemakaian Oli Mobil Pada Skutik Setelah Ribuan Kilometer

New Honda PCX vs Yamaha NMax

Kobayogas.Com – Hola lads.. Setelah sempat sharing penggunaan oli mobil pada skutik, kini saatnya berbagi pengalaman setelah kendaraan menempuh ribuan kilometer

Kali ini KBY hanya akan membahas 2 skutik saja, sebenarnya ada 4 skutik yang KBY isikan pelumas mobil dari Shell dengan tipe Shell Helix Astra 10/30 tersebut. Yang paling pertama adalah Honda Scoopy, kemudian Honda New PCX, lalu Honda Vario gen awal dan terakhir Yamaha NMax..

Si Scoopy FI, mungkin sebagian besar pembaca sudah tau, ilang digondol maling, sementara Vario tidak KBY pantau di kilometer berapa saat itu karena yang ganti oli dan pakai harian si babeh.. Jadi tinggal New PCX dan NMax aja nih yang bisa KBY sharing..

Honda New PCX 150

Sebagai patokan, KBY akan quote dari artikel sebelumnya saat New PCX pertama kali menggunakan oli mobil Shell Astra dan artikel impresi ketika menyentuh 500 km awal..

“Ketika dimasukkan oli sesat tersebut, kilometer New PCX menunjuk pada angka 2,712 dan per hari ini kilometernya berada pada angka 2,801. Artinya PCX Sniego 150 ini sudah berjalan sejauh 89 km. Apa yang dirasakan sejauh itu? Catat, ini adalah impresi awal, KBY akan sharing pada 500 km setelah pengisian pertama.” (23/3/2015)

“KBY sangat menyesal baru menggunakan pelumas mobil belakangan ini terhadap motor berjenis skutik, andai saja dari dulu, pasti sudah lama merasakan nikmatnya performa pelumas divergent ini.. Parameter penilaian memang tidak ada yang ilmiah, semua dirasakan oleh sang pemilik sendiri, alias ya KBY dewekan hehehe..” (24/4/2015)

Saat ini odometer pada New PCX sudah menunjukkan sejauh 5,572 kilometer, jika dikurangi kilometer awal maka skutik ini sudah menempuh jarak sejauh 2,860 kilometer dalam 9 bulan wkwkkww.. lama yah? Iyalah wong dipakenya harian cuma 22 km. Itu juga gantian sama si NMax…

new pcx pake oli mobil

Lalu bagaimana hasilnya? Sejauh ini menggunakan oli mobil pada New PCX yang dirasakan masih halus, masih enak, masih cukup irit (1:42-45 di MID), masih kenceng.. Ya normal normal saja sih ya… KBY lupa berapa lama sih jadwal ganti oli si PCX ini, kalau gak salah setiap 4,000 km deh.. Besok di update deh liat buku service dulu..

Oia, satu catatan, getaran khas skutik saat start awal mulai kembali hadir nih di New PCX, salah satu tanda CVT nya sudah kotor, menurut KBY hadirnya cukup lama sejak melakukan servis terakhir sekitar bulan Juni 2015 lalu.. Servis berkala aja biar servis gratisnya gak hangus, gak pake ganti oli.

Yamaha NMax

Nah kalau si Frozen Yamaha NMax lebih enak diketahui jarak tempuh penggunaan olinya karena ada fitur “oil trip” pada speedometernya.. jadi gak perlu hitung hitungan lagi, tinggal lihat pilihan oil trip, langsung tahu sudah sejauh berapa km sejak oli mobil dimasukkan ke NMax..

Nmax pake oli mobil

Tuh di foto keliatan jarak tempuh sejak oli mobil Shell Helix Astra dicelupin ke Frozen Yamaha NMax, sudah menempuk jarak 1,554 kilometer lads dalam 4 bulan hehehe.. Sedikit juga ya? Lha wong makenya gantian sama Sniego New PCX.. Tapi si Frozen udah sampe jonggol loh, si Sniego mah paling jauh ke Senayan πŸ˜€

Apa yang dirasakan dalam jarak 1,500 km? Sama seperti New PCX, masih sama lah seperti baru, kenceng dengan getaran minim.. Konsumsi BBM juga ada di rentang1:34-38, gimana kondisi macet dan dibawa kebut..

“Apakah hasilnya dahsyat? Please deh, emangnya si NMax ini KBY installin turbo apa, hehe.. Yang jelas getaran sedikit menurun baik saat idle maupun awal ngegas, tambah jauh kilometer tambah kerasa minim getarannya. Tenaga di bawah juga terasa lebih padat, sebelumnya bukannya lemot, tapi terasa ada kekosongan…Yang bikin tersenyum justru tengah hingga atasnya, awalnya sudah baik kini terasa lebih nonjok lagi lads..” (27/8/2015)

Kelebihan mesin/ CVT Yamaha NMax ini menurut KBY adalah getaran parah pada CVT nya saat start awal bisa dibilang tidak ada (atau belum? mudah-mudahan memang gada). Bedanya kalau CVT New PCX yang sudah kotor akan berasa getar yang bikin sebel pada start awal kemudian hilang setelah berjalan, sementara si NMax getarannya sepanjang jalan..

THE VERDICT

Sejauh ini KBY tidak menemukan hal yang negatif dari penggunaan oli mobil pada skutik seperti yang ditakutkan para pemilik skutik lain.. Malah seperti pada artikel artikel sebelumnya, kelebihannya lebih banyak ditemukan..

Pengecekan pada deep stick juga baik, pada New PCX masih sedikit di atas garis tengah, sementara pada Yamaha NMax hanya sedikit di bawah garis maksimal.. Ada foto warna oli nih lads, menurut lads gimana dengan warna oli seperti itu setelah digunakan sejauh 2,800 dan 1,500 km?

Hasil dari penggunaan oli mobil pada skutik ini bisa bervariatif dan belum tentu sama.. artikel ini merupakan opini pribadi dan hasil pribadi, tidak mengajak ataupun menyarankan atas apa yang KBY lakukan..

Baca juga artikel artikel SHARING lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

Advertisements
About Kobayogas 3231 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

94 Comments

  1. podium? cekokin fastron diesel di nvl. sudah pemakain ke 3 tmbus 7000km. itu pun krn odo udah 30ribu km.sekalian service gnti oli.padhl masih enak.masih seprti baru keluar dari dealer kta temen2 yg minjem. juoozzz

  2. getaran di cvt yamaha itu mungkin karena roller atau belt nya
    banyak kasus gitu
    kalo getaran pas start awal honda itu karena kampas kopling nya kotor dan selip

  3. Amanlah Kang kalo skutik. Oli gearbox misah, kopling kering, CVT oil-less. Praktis oli mesin ya buat mesin doang. Jadi sebelas duabelas juga ama boil. Kalo mau modif, pasangin oil cooler Kang, trus dicatat perbedaannya… πŸ˜€

  4. punya motor banyak bener om, mending beli mobil 1 buat jalan2 keluarga kan enak πŸ˜›

    coba dibongkar mesin yg bersentuhan sama oli mesinnya om, pada baret atau aus. biar ilmiah gak pake feeling doang

  5. Ane pake amsoil signature series 0w 30 di v150 udah 7bln/46xx km masih halus. Kalo jalan 60 kpj yang kedengeran suara angin aja. Paling pas lagi idle gak sehalus dulu lagi. Apa terakhir service stasionernya dinaikin yak. So far puas pake oli ini, hemat banyak dengan performance jossss

  6. Oli Mesin”Mobil Bensin”pada prinsipnya sama dgn”Matic”.sama2 buat Mesin Bensin dan sama2 berKopling Kering.lain Motor Bebek/Sport yg”berkopling basah”.jadi teorinya sah2 aja”tukar pakai”.

  7. Ane pake amsoil signature series 0w 30 di v150 pemakaian udah 7bln/46xx km suaranya masih halus. Kalo dibawa di jalan sepi 60 kpj yang kedengeran suara angin aja. Paling pas idle suaranya gak sehalus dulu. Tp bisa jadi gara2 stasionernya dinaikin soalnya terakhir service keluhannya issnya ga jalan. So far puas pake oli ini, hemat banyak dengan performance jossss

  8. kalau Oli Diesel buat Mesin Bensin?bisa2 aja kalau terpaksa.cuma sebaiknya jangan.Oli Diesel buat mesin Diesel yg memiliki Jelaga banyak.jadi Detergen(pengikat kotoran)diperbanyak.menambah suatu Zat berarti mengurangi komposisi zat lain.karena Diesel berputar lebih lambat RPMnya.Zat pelicin dikurangi.Tapi saya pakai Oli diesel Fine2 aja???Hargai Pabrik Oli yg meriset.Percayalah sama ahli yg”lebih Pintar”dari Anda.Ngoahahaha.

      • @subaru : mesin turbocharged diesel, gak sedikit yang bermasalah di turbonya, rata-rata gara2 pelumasan yg buruk di shaftnya (sumber pengalaman pribadi di service dept. Caterpillar)..

        Saya mekanik trakindo, mesin turbodiesel makanan sehari-hari, bukan mesin “KECIL”, sekecil pengetahuan ente

        Nah, situ punya pengalaman apa?

      • @subaru : hmm, mesin turbo diesel gak sedikit yang bermasalah di turbonya, rata2 gara pelumasan yang buruk.. Get your facts right.. Malu bacanya, hmmm

        Saya mekanik caterpillar, mesin diesel turbo makanan sehari-hari, dan engine nya gak “KECIL”, gak kayak pengetahuan situ yang masih ren… ah sudahlah…

  9. Brarti durasi ekspired olinya lebih dr 2 bln ya? Coz ada rumor oli motor kl dah 2 bln udah gak bagus alias udah keset.

  10. Mang kobay ,ane lagi blunder nih mau ambil N-MAX baru apa Pcx 150 seken 8000km harga pcx diatas 30 juta.
    Minta saran dong

  11. mang kobay sy jd pengen coba oil sesat d nmax… btw mending shell astra yg sae 10W-30 atau yg 10W-40 ?? nuhun mang

  12. Om kobay numpang tanya nih milih mana ya pcx atau nmax. Trus kata temen ane abs di nmax katanya ada kaya getaran di rem yang bikin tangan kesemutan apa bener ya. Mohon pencerahan nya ya

  13. om kobay sya mo nanya sya pengguna motor metik tp baru biasanya beli motor bergigi terus…..skrang gara2 dah berkeluarga dan punya anak beralih dah ke metik…..mo nanya masalah oli mobil buat motor metik? emang beneran ga papa? kan rpm motor lebih tinggi? trus emang sya lg nyari info dan data apa bener oli mobil buat motormetik ga papa….sampe sya di forum kaskus nanya2 dan emang ga papa katanya……kloboleh tau nih kelemahan dan kelebihan oli mobil buat motor metik apa ya….sya dah beli amsoil 0w-30 pengen nyoba tp saya takut da dampak buruknya om….kemarin aja pas service k beres pas mo ganti di bilangin ma mekaniknya klo paki selain oli bawaan pabrik garansi mesin 3thn ilang…..minta penjelasan dong om kobay

    • Halo, penjelasan teknis sudah ada di kaskus atau silakan cek grup Facebook bisa HDEO atau LDIC.. Suhunya banyak disana, saya cuma salah satu yang udah baca baca dan ingin membuktikan kebenarannya..

      Sejauh ini sisi negatifnya adalah, tarikan lebih enteng, mesin lebih tenang/ halus, getaran minim, tenaga mantap.. Oli sudah 2000an masih enak.. Perubahan warnanya seperti pada foto..

      Kalau ganti oli mendingan merem aja di beres mah, masukkin, bawa pulang oli gratisnya..

      Tp kalau takut ya mendingan cari aman aja, alias jangan.. Tunggu warranty mesin abis setelah 3 tahun kekkekeeke

      • hahaha om kobay bisa aja…sya pengen tau aja dri yg biasa nulis atrikel tetnatng otomotif cuman om kobay yg dah pake makanya pengen tau revew nya setelah pake oli mobil….sya emang suka baca tentang otomotif seperti tmc iwb pertamx7 kom kobay dll.cuman om kobay aca yg terang2an di pos oli mobil…..hehehe….salut om
        amsoilnya mo di pake bulan depan om…sya juga penasaran banget neh…..
        klo boleh share lg donk nti klo dah 10000 pake olinya hehehe….
        maju terus om kobay….makasih banyak

      • Temen temen Blogger yg udah pake, ndeso edisi di skutik, Motor gokil di skutik sama batangan, rider alam di batangan, alki indorider di bebek dan batangan, deka78 di bebek.

  14. om kobay mo sering lg nih ya barusan dapat sms dri costumer care honda emang benar katanya klo motor honda olinya bukan AHM oil garansi 3 tahun hangus….maap ya om cuman sering doank…..(ga bisa ya masukan foto????)biar ada bukti hehehehe

  15. Mang kobay mau tanya nih,saya punya vario tekhno lawas dan pengen juga pakai oli mobil.
    Saya minta saran nih olinya merk apa dan speknya berapa selain yang bukan merk sheel.vario ane thun 2011 mang..matur suwun

  16. Mang mau tanya motor saya vario tekhno lawas thun 2011 juga pengen ganti oli mobil,yang sya tnyakan merk oli apa dan speknya berapa tapi yang bulan merk dari shell.
    Matur suwun kang

1 Trackback / Pingback

  1. Review Pelumas Pertamina Fastron Gold Di Honda New PCX 2014.. Icikiwirrr… | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..