CBR

Moge Honda Ada Kesempatan Dilokalkan? Belum Feasible Katanya Tuh Lads..

komunitas Honda BigBike Indonesia
komunitas Honda BigBike Indonesia di HBD Pacitan

Kobayogas.com – Hola lads.. Pada satu kesempatan di perhelatan Honda Bikers Day 21 November lalu, KBY sempat tanya jawab singkat dengan Bp Margono Tanuwijaya dari Astra Honda Motor..

Bapak Margono Tanuwijaya adalah Direktur Marketing dari PT. Astra Honda Motor (AHM), salah satu perusahaan raksasa otomotif roda dua di Indonesia.. Nah apa saja sih yang diperbincangkan pada wawancara sersan – serius tapi santai tersebut dengan beliau?

SOAL MOGE HONDA DILOKALKAN

Trend roda dua belakangan ini adalah melokalkan produk global yang sudah punya nama di dunia atau paling tidak di belahan eropa dan asia, misalnya adalah Honda New CBR150 K45 yang menjadi versi lokal dari CBR 150 CBU asal Thailand dengan perbaikan sana sini juga jangan lupa Honda Sonic 150..

Nah berhubung Honda (AHM) juga belakangan ini menjual BigBike alias moge, adakah kira-kira kemungkinan line up moge Honda yang ada di Indonesia tersebut dibuat versi lokalnya agar tentunya memiliki harga yang lebih kompetitif? Simak tanya jawabnya ya lads..

Margono Tanuwijaya AHM

KBY (Kobayogas.com): Terima kasih Bapak, telah meluangkan waktunya. Saya Yogas dari Kobayogas.com..Boleh saya bertanya?

MT (Margono Tanuwijaya): Silakan Mas Yogas..

KBY: Begini pak, trend ke depannya sepertinya akan cukup banyak produk yang sudah memiliki nama dan reputasi di dunia untuk dibuat versi lokalnya. Honda pun sepertinya mengarah kesana. Apa ada rencana moge yang beredar di Indonesia nantinya masuk ke dalam schedule ‘dilokalkan’ pak? Misal versi kecil dulu seperti CB500X atau CB500F..

MT: Cb500 series akan dilokalkan? Kita semua tahu ya kalau pasar moge itu sifatnya niche alias ceruk pasarnya masih kecil serta daya belinya juga masih rendah. Kelas moge kan sangat terbatas, meski ada pasarnya namun tidak besar, lebih ke imej dan hobby. Meski demikian, kami sadar kalau moge dilokalkan tentu akan cukup signifikan selisihnya,  semuanya tentu tergantung demand market.. Pun begitu kami melihatnya belum feasible

KBY: Begitu ya pak, terima kasih atas waktu dan jawabannya

MT: Sama sama mas Yogas..

“kalau moge dilokalkan tentu akan cukup signifikan selisihnya (harga jualnya),  semuanya tentu tergantung demand market.. Pun begitu kami melihatnya belum feasible…”

KBY memiliki kesimpulan, meski Bapak Margono bilang belum feasible (memungkinkan -red) namun sepertinya hal itu dilihat pada kondisi saat ini.. Jika demand alias tuntutan konsumen atau market ternyata besar dan cukup tinggi maka bukan tidak mungkin line up moge Honda seperti CB500X dan CB500F bisa dibuat versi lokalnya..

Thus, moge honda akan dilokalkan? Belum feasible tapi tetap terbuka kemungkinannya lads..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

About Kobayogas 3305 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

47 Comments

  1. hadeuh pak margono ini pemikirannya gmn sih, dilokalkan buat pasar export kan bisa, tinggal ditingkatkan built qualitynya. selain itu orang yg mau beli moge disini dpt harga yg lebih terjangkau(ga opetpret). masak kita sebagai negara konsumen(pasar) terus, produsen itu lebih bagus. #ngopini mpribadi.. 🙂

  2. melayani pasar lokal yg ada aja AHM sudah ampun2,ditambah Honda punya Pabrik hampir disemua belahan dunia.ndak kaya Merk Sebelah yg Pabrik diEropa dan Amerika banyak yg tutup ditambah Pasarnya diIndonesia terus merosot,sedangkan Pabrik terlanjur besar kapasitasnya.Ngoahahaha.masalah kwalitas itu ada Harga ada Rupa.CB650 series jejerin aja dgn CBR600RR seperti itulah kira2.Ngoahahaha.

    • Justru kl patokannya pasar lokal AHM sdh sewajibnya pegang produk global. Emang pasar thai segede apa sih ampe bs pegang produk global? Dr bebek, matic ampe sport global thai bs produksi, emang sanggup jual 2jt beat staun? Kan enga.

    • MS & kapasitas produksi paling gede tapi tetep ga dapet kepercayaan untuk produksi produk global. Hwehwehwe.

      Artinya apa? AHM ga dipercaya honda pusat untuk produksi motor global karena secara kualitas masih dibawah rata2 alias cuma jadi sapi perah. Beda cerita donk sama tetangga. Komponen R1 aje made in pulogadung. MS export terbesar pula. Tandanya secara kualitas udah dipercaya untuk tembus pasar amerika & eropa. Hwehwehwe. Logis toh?

      • Kalau soal kepercayaan ay ga bisa jawab yg sahihnya apa.. Bisa jadi si om bener atau bisa jadi opini yg lain yg bener…

        Tp kalau buat yimm memang mereka punya prestasi bagus dari sisi penjualan.. Cmiiw terbesar di Asia atau Asia Tenggara.. Jadi kalau dpt lampu ijo adalah hal yg lumrah.. Udah penyumbang terbesar tp ga dpt hak eklusif sih ya terlalu aja hehehe..

      • yg kerja di ymh sama-sama org ina, part di buat di ina juga,

        jadi bukan masalah tdk bisa buat kualiats setara ymh,

        masalahnya ahm mu ngak kasih harga lebih ke supplier buat kualitas setara ymh atau kualitas ekspor?

        R & D honda juga ada di thai, itu juga alasannya.

        kenapa di thai, jawabannya dah umum.

        kenapa R & D ymh ada di ina, itu mau ngak mau,

        karena uang terbesar dari mareh,

        otomatis perlu support dari jepang langsung

  3. secara bisnis iyalah buat ahm,

    wong dah ada thai yg buat kok.

    kecuali thai bisa digeser ama ina, itu juga kebijaken pusat

      • Menurut saya sih, ahm pun bikin sekualitas AP thailand itu bisa aja lho, cuma harganya mesti bakal mahal kan, kayanya, kayanya lho, prinsipal yg nyuruh bikin dg kualitas kaya gitu

      • mahal itu apa sih? cbr 150 fi thai sama lokal kl dirupiahkan sgitu2 aja koq. cm krn pajak makanya cbr thai jadi mahal buangets pake S krn CKD itu.

      • Harga kalo dilokalkan memang sama, tapi coba ente bandingin CBR K45 lokal sama CBR thai secara kualitas. Jauh bos! Yang 1 plastik lumayan tebel, yang 1 lagi kualitas plastik ember lion star. Hwehwehwe. Kayak gini mau rakit moge? Udah lah maen dikelas motor kaum jongos aje. Hwehwehwe. Memang dari dulu kastanya disana kan.

  4. Wawancara apa ini,singkat amat..ketok pintu,jabat tangan,duduk,kasih satu prtanyaan..trs pulang…cuma dikobayogas.com

  5. Patokan feasible apa ya? Kalo ngejar MS nya beat ya wassalam. Lagian emang yakin prinsipal bakal mau? CBR 250 yg MS nya sdh terpetakan dgn baik msh tarik ulur.

  6. Itu video CBR, video review pertama ya oom. Sumpah keren, suara orangnya ternyata keren juga xi xi xi. Selain bocor suara tukang roti kerenlah semuanya. Resolusinya anglenya dll. Keep it up.

    • eikh baru denger knalpot akra cbr650 aja udah pengen nangis, apalagi yg 1000, bisa orgasme kayaknya. ciakakkaka…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..