Honda

Honda Jade Akan Hadir Di Indonesia Tahun 2016… Inikah "The Real Innova Killer"??

Honda Jade kobayogas

Kobayogas.com – Hola lads, mungkin ini bukan berita baru, namun hembusannya kembali terangkat, Honda Jade MPV akan muncul tahun 2016 di Indonesia?

HCGK

Tapi bukan itu sih yang akan KBY bahas, maksudnya bukan lebih ke arah itu, namun lebih kepada sebesar apa sih kemungkinan Honda Jade 1500 cc ini dapat sukses jika dirinya masuk atau dibuat di Indonesia tahun 2016 nanti? Yuk disimak..

DESAIN

Jika kita membahas dari sisi desain sih, Honda Jade itu bisa dibilang Honda banget, dari sisi manapun signature alias ciri khas Honda mudah sekali didapat.. terutama jika dilihat dari emblemnya, ya iya laaahh wkwkwkwk

Oke, serius ya.. Honda Jade turbo disebut sebut dibuat di atas platform Honda Stream terakhir.. pantas saja jika ada DNA sangat kental si Stream di sana.. Tidak berarti buruk, namun malah baik.. Honda dikenal memiliki sasis yang sangat mumpuni terutama dari sisi kepedulian terhadap handling, apapun jenis mobilnya..

Namun jika dikatakan Honda Jade RS memiliki desain gado gado antara Honda New City, New Jazz GK5, Stream bahkan Odyssey, ya gak salah juga wong satu pabrikan.. Yang jelas si Jade ini dibuat sebagai MPV dengan 7 tempat duduk alias 7 seater..!! Cocok deh buat di Indonesia yang kental nafas guyubnya..

Garis desain Honda Jade RS VTEC cenderung neat, sleek dan sophisticated.. tidak ada garis tajam yang edgy pada tubuhnya, lebih ke rounded alias membulat namun dengan baik tertutupi sehingga tidak terlihat chubby pada keseluruhan desainnya.. Berkelas dan kesan mewahnya dapet banget..

Honda_Jade-2

KEKURANGAN HONDA JADE

Memang masih sangat prematur berbicara kelemahan dari Honda Jade, namun kalau KBY boleh berkomentar, seperti halnya para saudaranya yang berjenis MPV, si Jade ini juga memiliki kelemahan yang sama, yaitu ground clearance alias ketinggian dari tanah ke bodi mobil..!!

Sudah menjadi rahasia umum jika jalanan Indonesia ini mulus banget (terbalik maksudnya hahaha)..makanya mobil mobil kelas perang seperti Xeniavanza, Innova, Fortuner, CRV, Pajero, RushTer cukup laris manis di pasaran, karena ya ground clearance yang tinggi dibandingkan dalam hal ini Honda Jade..

Selain jalanan yang buruk, konsistensi akan hadirnya banjir di musim penghujan juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan saat menebus mobil.. Kendaraan dengan jarak yang cukup tinggi dari tanah relatif aman ketika dihadang genangan air yang cukup tinggi.. Nah jadi pe-er nya Honda Jade kan?

PERFORMANCE-ORIENTED MPV..!!

Nah lads, sekarang kita menuju apa yang menjadi kekuatan Honda selama ini.. Yakni sektor performa alias mesin dan teknologi.. Apa saja yang ditawarkan oleh Honda Jade? Ini ada review singkat dari Paul Tan, blogger/ jurnalis senior asal Malaysia, KBY terjemahkan bebas ya…

Honda Jade RS yang sudah dijual di Jepang ditenagai oleh mesin baru, yaitu 1500 cc VTEC Turbo! (Paul Tan tak berkata apa apa soal i-VTEC). Oh ya, sebuah MPV Honda yang berorientasi pada performa.. begitulah paling tidak..

Honda bilang, mesin VTEC Turbo pada Honda Jade itu bertenaga, dengan akselerasi yang halus dan memiliki torsi yang kurang lebih sama dengan mobil bermesin 2400 cc.. Mesin turbo 1500 cc Jade RS ini menghasilkan tenaga sebesar 150 PS pada 5,500 RPM dengan torsi yang cukup raksasa untuk kelas 1500 cc yakni 203 Nm pada rentang 1,600 hingga 5,000 RPM, nendang lads!!

Mesin Turbo Direct Injection pada Honda Jade RS diklaim memiliki efisiensi bahan bakar sebesar 18 km/l. Hanya satu jenis transmisi yang ditawarkan untuk tipe ini yaitu otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) dengan mode paddle shift 7 kecepatan.. Transmisi CVT ini sudah disesuaikan untuk bersanding dengan mesin turbo.. Ajibb…

Selain mesin dan girbok baru, Honda juga memberikan settingan baru pada Honda Jade, yaitu settingan suspensi depan belakang yang lebih keras agar handlingnya bisa mengakomodir mesin turbo ini.. Depan diset 15% lebih keras sementara belakang kena 20%.. Hmm bakal jadi masalah gak nih di Indonesia hehe..

Selain itu, hadir pula fitur elektronic Agile Handling Assist (AHA) pada Honda Jade yang kinerjanya mirip dengan Vehicle Stability Assist.. membantu pengemudi memberikan tekanan rem pada ban yang membutuhkan ketika melibas tikungan dengan cepat.. Sasis Jade pun mendapat penguatan loh..

Bicara harga, jika dirupiahkan harga Honda Jade Indonesia akan berada pada rentang harga Rp. 234 juta lebih (RM 75.000, RM1 = 3.126). Kalau di Indonesia? Perkiraan KBY sih akan berada di atas harga Honda Freed, yakni mulai dari Rp. 295 juta (tipe manual standar) hingga Rp. 380 juta (RS AT Turbo).. Gimana masuk akal gak?. sumber – Paul Tan

tipe Mugen

tipe Mugen

TOYOTA NEW INNOVA KILLER?

Kalau menurut KBY pribadi sih, definisi killer mungkin lebih dimaksudkan pada sisi penjualannya, karena jika kita adu head to head, Toyota all New kijang Innova lebih merupakan mobil perang karena sasisnya masih menggunakan platform truck alias ladder (cmiiw) yang tangguh di segala medan namun memiliki bobot yang berat sehingga berimbas pada konsumsi bbm-nya..

Sementara, Honda terkenal dengan selalu mempertahankan penggerak roda depan dan sasis ‘sedan’ alias monocoque yang lebih ringan dan nyaman.. Begitu pula yang diterapkan pada Honda Jade, apalagi platformnya berasal dari Honda Stream..

Jadi The Real New Innova killer kah Honda Jade? KBY rasa tidak, keduanya akan berjalan sendiri-sendiri.. Tapi bisa jadi juga pangsa pasar Innova terganggu jika fitur vs harga alias value for money yang diberikan Jade dapat diterima oleh masyarakat Indonesia..

New Innova Killer?

New Innova Killer?

THE VERDICT

Jika ingin sukses, Honda harus mempertimbangkan dengan bijak seputar harga yang akan diberikan pada Honda Jade, mengingat dimensinya sepertinya tidak akan lebih besar dari Odyssey dan rival Toyota New Innova.. Jika pas, maka siap-siap booming seperti yang terjadi pada Mobilio dan HRV..

Sementara prediksi mesin VTEC Turbo menurut KBY akan too good to be true dibuat di Indonesia, soalnya akan terpentok harga jual..bisa saja sih Honda Jade RS Turbo disetting pada kelas ala Honda HRV 1.8, yaitu menciptakan kelas sendiri..

Ada kemungkinan Honda Jade hadir di Indonesia, namun jika menelisik kebiasaan masyarakat lokal, bisa jadi Honda Prospect Motor merasa kehadiran Honda BRV CUV 7 seater sudah cukup..

Baca juga artikel artikel New Product lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Honda, New Product and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

102 Responses to Honda Jade Akan Hadir Di Indonesia Tahun 2016… Inikah "The Real Innova Killer"??

  1. emir99 says:

    Mules saya kalo lihat ground clearance nya yg pendek.. Gasruk mode ON nih

  2. andhi_125 says:

    rendah banget ya om,kalo dibanding si kijang..
    cinta tanah air nih (baca:aspal)
    http://aselimalang.com/2015/11/18/ciput-ganti-aki-motobatt-tipe-mtz6s/

  3. Blank Canvas says:

    siap siap di pake taksi .. hahaha

  4. bdt says:

    si Jade ini juga memiliki kelemahan yang sama, yaitu ground clearance alias ketinggian dari tanah ke bodi mobil..!!
    =========

    nah ini saya ndak ngerti,

    honda jualan mobil di mareh, tau kondisi di mareh,

    tapi design ikutin thai ato negara laen yg jalannya mulus.

    dgn kata laen, mobil honda itu cuma didesign buat jln mulus.

    apa ikutin prinsip mogenya?

    lau syukur, ngak laku ngak apa-apa

    apa kalu ditinggiken ground clerence mempengaruhi handling ?

    • Kobayogas says:

      Handling jelas berpengaruh.. Ini semua balik ke filosofi pabrikan sih..
      Tp pd mobil mobilnya yg belakangan ini, Gc nya udah sedikit ditinggiin… Misal mobilio dan freed

    • capitalslock says:

      Mobil bwt yg anti mainstream,yg udah bosen liat apanja,ertigo,sama lipinah…sedan ceper mahal aja tetep laku kok,..hehe,…dan biasanya yg beli udah pny lebih dr 1 boil,.jd udah ga mikir gc/banjir…pembeli pemula pasti tetep apanjah/ceniah,cari aman+banyak temennya,…

  5. Arif Dadot says:

    wuih odyssey look deh 😀

  6. okey says:

    klo dilihat sekilas plg deket sih h2h ma grand livina…
    klo ma innova beda lah!!!
    sama2 7 seater tp bodi pendek persis livina!!
    klo innova mah…luas mantapp!!

    • Kobayogas says:

      livina kan udah ada mobil yo?

      • Mitsubishi Kuda Liar says:

        Pertama keluar dulu Livina juga digadang sbg Innova killer. nyatanya?
        Ertiga Mobilio sbg Avanza Killer dan HRV juga Ecosport digadang sbg Rush killer nyatanya?
        Mitsu Kuda juga sbg Kijang killer nyatanya? hiks

      • Kobayogas says:

        Wah si om kurang kekinian nih wkwkwkw… Definisi killer secara harfiah memang ‘membunuh’.. tapi arti lainnya juga bisa ‘mengganggu’..nah arti disini mengganggu penjualan.. Kan Xeniavanza udah gak terlalu meraja lagi dari sisi persentase, sudah terganggu oleh Ertiga, trus muncul Mobilio..
        Guru killer aja gak berarti harus membunuh kan kekekeke…

        RushTer, sudah terganggu kemapanannya oleh HRV.. Mitsu Kuda? Nasib dia mah, kepentok parts yang mahil kekekeke…

  7. GHOST says:

    ground clerence nya emang brapa om?

    kalo GC nya sama kyak honda odyssey 2008an haduh bakal gesrot mulu di aspal :v

    mobil pling nyusahin yg pernah ane coba tuh odyssey :v

  8. beno says:

    honda jazz dipanjangin… dah kaya motor aja, common partnya banyak sama produk lain

  9. bdt says:

    padahal kalu ditringgikan cgnya, kaya fortuner ato inova, alphard

    diliatnya lebih gagah,

    dan secara ergonomi ,

    penumpang ngak perlu nunduk buat msk kabin

  10. ardiantoyugo says:

    Ga bakal…

    Kenalan sama MRJ buatan Mitsubishi: http://wp.me/p1eQhG-1qE

  11. fifauzi says:

    Jangan pake nama jade, cari yg lain

  12. handoyo25 says:

    7 seater buat ngelawan innova?
    Bukannya Innova sudah masuk 8 seater? :p

  13. bejoselamet says:

    Untung kaca belakang nggk nyaplok brio :mrgreen:

  14. bdt says:

    design secara dimensi yg plg pas menurut saya cuma HR_V dan jazz.

    dibandingken design toyota, design toyota plg manusiawi,

    penumpang lanjut usia ngak perlu bonggok buat masuk kabin mobil

  15. andi halim says:

    Pengalaman bawa gran# Livin# dimana dengan ketinggian yang hampir sama dengan Jade, sering ngasruk jerawat di jalanan. Mungkin untuk dalam kota bakal laris seperti halnya Gran# Livin#

  16. rifz says:

    ini mah udah masuk station wagon
    lebih ke odyssey
    kalo odyssey itu accord wagon
    jade lebih cocok disebut civic wagon
    1500cc turbo kan platform mesin baru civic type r tahun depan

  17. Renhan says:

    Depan belakang sporty, dari samping terlihat terlalu feminim

  18. Elang Aldhitama says:

    Wiih torsinya diraih rpm 5000? Tinggi banget-_-. Hrv 1.5 yg torsinya diraih di rpm4500 aja lemot mang apalagi sampe 5000. Tapi ngga tau lagi ya kalo ada turbonya wkwk. Dan mpv butuh kenyamanan, jadi kemungkinan shock keras akan membuat masalah pasa masyarakat indo. IMHO

  19. subaru says:

    Paling mesin disunat ama jonpis.. Dikasi 1.8hrv ama 2.0 cipik. Ngasi turbo terlalu nekad untuk jonpis. Dikasi kompensasi chrome ama sunroof ntar… 😆
    Inget ye.. Selain warna merah harganya beda 😀

    Demen modelnya tapi pesimis bakalan laku apalagi mau lawan nonopah yang battle proven bertahun2. Paling yg beli penboys garis keras 😆

  20. maull says:

    Mudah2an gak jade dijual disini pusing jualan seret

  21. Farrel says:

    Keren desainnya makin rame aja nih kelas 7 seaters, apalagi BR-V juga bakal hadir tahun depan.

  22. ochimkediri says:

    waduh,bener jg..kalo jalanan banjir jd mengkhawatirkan. kudu d pertimbangkan lg mslh ground clearance ini sblm masuk indonesia.

  23. ini pasti fwd juga… bukan lawan kijang yang rwd :mrgreen:

  24. Teddy SS says:

    Uda punya license to kill ?
    Hati hati Innova punya “secret weapon”
    Hehehe

  25. myf says:

    Yang pada komen malah ngributin ground clearance semua, udahlah gk usah banyak omong…yg gk demen mobil ceper beli aja mobil yg lain, toh udah banyak pilihannya…mobil gini pasti ada pasarnya sendiri, ni mobil pas banget buat orang yg pengen stream tp dah gak dijual, pengen odyssey yg kemaren tp blm kuat beli, pengen new kia carens tp banyak sunatan fitur, pengen mobilio tp kurang mewah….ya kalo dikasih harga n fitur yg pas kayaknya laku mnurut gw, apalagi merk honda, kalo jenis mobil ginian mah gk usah diragukan…gk usah komen yg gk perlu, biar jadi nih mobil masuk kesini

  26. lovestreet says:

    sedang di garap kang iklannya..

  27. subaru says:

    Weitts gw baru sadar lampu belakangnya = jazz cmn dipindah reflektornya

  28. Marquezisasi says:

    6 seaters kayaknya om Kobay …
    Trus kata om Jonfis masuk akhir 2016 …
    Di Cina sudah banyak berkeliaran, pun Jepang.
    Scr keseluruhan sih oke om Kobay …
    Tinggal harganya aja …
    Rasanya seperti sedan, tapi muat banyak orang.
    Ini mobil “one for all, and all enough with one car”

  29. indoautoblog says:

    Kalau info om lovestreet di atas bener, sepertinya kecurigaan ane benar adanya. Monggo mampir ke tulisan saya soal jade awal bulan lalu: http://indoautoblog.com/2015/11/05/honda-indonesia-hpm-siap-masukin-jade/

  30. entahlah says:

    yang jelas 3snya toyota sulit untuk dipatahkan

    apa lagi nama besar kijang yang udah melegenda

    terlebih innova punya varian diesel yang pake common engine dari fortuner dan hilux

    IMHO

    • Robert says:

      Innova dan Kijang adalah dua segmen yang berbeda. menyatukan Innova dan Kijang hanya jurus marketing….

      *tak ada lagi Kijang sepeti yang dulu, lari ke xenia avanza tapi gak ada kijangnya

  31. Mitsubishi Kuda Liar says:

    Halah kiler killer opo toh?

    Dulu Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga dibilang Avanza killer lalu Honda HRV dan Ford Ecosport dibilang Rush killer. mana kok gga killer killer?

  32. Robert says:

    Kembalikan HONDA STREAMMM……!!!!!

    *keren soalnya…

  33. Robert says:

    Innova dan Kijang adalah dua segmen yang berbeda. menyatukan Innova dan Kijang hanya jurus marketing….

    *tak ada lagi Kijang sepeti yang dulu, lari ke xenia avanza tapi gak ada kijangnya

  34. endik says:

    Wanjeeng…jd ngiler liatnya.klau mobil sy lebih pilih honda,top dah…

  35. FBY ON says:

    Kaya N Vixiion Advan..

  36. otomotif says:

    mung iso nyawang, nanging hura iso nuku kang bayo

  37. Hobahobah says:

    sayang Honda gak punya basic truck utk dijadikan pesaing innova, produk honda diatas kertas unggul dan menjanjikan, tapi kalau dibawa kedaerah berbukit dengan jalan rusak pilihan yg baik masih mobil2 toyota.. sayang sekali..

  38. Pingback: Honda Jade 1500, Siapa Saja Yang Diincar? Siapa Yang Tertarik? | KobaYogas.COM

  39. Pingback: Honda HRV Banyak Trouble? Haruskah Ada Public Recall? | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..