iannone vs marquez vs rossi

Kobayogas.com – Hola lads, saat menonton balapan yang seru, kita hanya bisa berteriak dan kadang memaki ketika jagoan kita gagal.. Tahukah lads berat beban yang diterima para pembalap motogp?

Sebagai ilustrasi sederhana, Kobayogas.com pernah merasakan skill yang pas-pasan ini dicoba beradu tangkas di atas motor-motor level semi dewa di sirkuit Sentul bersama MVOCI, adalah MV Agusta F3 675, MV Agusta Brutale 675 dan Yamaha R6 Racing Spek saat itu..

Dari sekian banyak motor yang ada seperti BMW GS1200 milik mbah Dukun Satar, CBR600RR, MV Agusta Brutale 1090, MV Agusta Veloce and many more, KBY hanya sanggup nyoba 3 motor saja lads.. sisanya? boro boro mau nyoba, lelaaaahhh…

Yang dua, yakni MV Agusta F3 675 dan Brutale 675 dipilih karena KBY sudah cukup familiar, kalau Yamaha R6 racing spec, karena dibius halus sama Vandra..”enak om Kobay, gak nyobain rugi loh..!! ujarnya saat itu. Alhasil level stamina hanya sampai tahap si R6 saja, itupun bisa dianggap kurang maksimal karena lelaaahhh ladssss… fatigue dan exhausted dah badan..

Bersama Brutale 675, KBY bahkan sempat masuk gravel karena tidak ‘menghormati’ baik si motor maupun sirkuitnya.. Pokoke geberrrr, pengenalan karakter tar dulu..alhasil di tikungan horor yakni antara R3 dan R4, si Brutale sukses KBY bawa masuk ke gravel ngah ngah ngah.. 😀

Membawa motor dengan tenaga variatif antara 115 hp hingga lebih dari 125 hp memang melelahkan, benar-benar menguras stamina lads! Adrenalin terpacu begitu deras terutama ketika melihat jalur straight (lurus), sudah seperti kucing kelaparan melihat ikan asin.. Geber pollll.. Hingga akhirnya KBY merasakan kecepatan 248 km/jam di atas MV Agusta F3..

geber pollll
geber pollll

Apalagi KBY dapat disebut amatiran, gak pernah ‘work out’ alias olahraga menjaga stamina layaknya pembalap pro (baik lokal maupun internasional), bahkan mencoba geber motor di Sentul itu ya pertama kalinya lads!

Akhirnya bisa ditebak, setelah tiga motor tersebut, stamina dropnya bener-bener dah, apalagi keringat ga habis-habis mengucur bahkan ketika sudah sampai rumah dan leyeh leyeh!

Total laps dilumat kurang lebih 17 laps, itupun pakai acara leha-leha dulu balikin stamina, nah pembalap motogp? 25-28 laps digeber pol tanpa istirahat! Tekanan di tangan, leher, kepala, bahu, hingga paha yang menjepit kuat terutama saat melintasi straight memang butuh stamina khusus..

Marquez vs Lorenzo

Belum lagi menikung cepat, menyalip tipis, mengerem, buka gas, tarik kopling sepanjang putaran.. konsentrasi full sangat dibutuhkan disini.. Salah sedikit atau hilang fokus maupun konsentrasi ya alamat bubar sadayana.. boro boro podium, poin 1 saja susah kalau sampai ndlosor.. Belum lagi menabrak burung seperti kasus Iannone kemarin..

Memang, level rider motogp itu berada di dunia lain lads, skill mereka sudah bisa dianggap sebagai level dewa.. meskipun semuanya dibentuk karena latihan yang intens sejak usia dini, namun tetap saja, dibutuhkan bakat, stamina, konsentrasi serta skill istimewa untuk dapat sesukses mereka.. Luar biasa .. sojaaaaa

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

57 COMMENTS

  1. moto gp mah masih lumayan safety, kalo Isle of Man TT, salah dikit jadi tarikan gas yg terakhir ekekekekekeke

  2. Mereka dari kecil usia 10th sudah dilatih Fisik,Skill dan Mental untuk balapan.kaya olahragawan Profesional lainnya.kemampuan kita ndak ada separo mereka.makanya banyak Alay meniru mereka masuk Rumah Sakit.Ngoahahaha.

  3. tiap malem jumat bukannya “olah raga” om..? wkwkwkwk.. :mrgreen:

    kurangi konsumsi rokoknya lumayan pengaruh tuh pasti. 🙂

  4. karena mengendarai motor dengan berat dibawah 200kg, namun tenaga diatas 200dk, maka akselerasinya akan dahsyat, dan ketika pengereman pun, tubuh rider dipaksa menahan gaya gravitasi berlipat-lipat, yang tentunya menguras tenaga dan stamina.
    mirip latihan son goku, sebelum melawan freeza di planet namec.

  5. jadi kalaupun juara Isle of Man, ikutan di MotoGP, saya rasa belum bisa menempel ketat ke 6 alien MotoGP, sampai finish..
    karena tenaga motornya jauh berbeda.
    walaupun memang resiko berkendara nya lebih ekstrim race Isle of Man, bisa nyemplung jurang dan nabrak rumah orang.

  6. makanya belajar itu sedikit demi sedikit mang. belajar mengendalikan 1 tenaga kuda dulu. besok 2 tenaga kuda. karena satu delman setara 1 tenaga kuda maka mang kudu bisa mengendalikan 200 delman sekaligus 😆

    itu tips ampuh mang dijamin gila 99% :mrgreen:

  7. Coba kalau lebih rileks bawa nya apa lebih capek om?mulai dari tangan, badan atas, paha, betis, ankle sampe ujung kaki dicoba untuk lemas dan rileks.

    Pegang grip gas dan rem juga kyk megang anak ayam, ga terlalu kencang, tp cukup menggegam.

    Tips di atas supaya gak cepet capek lg performance riding.

    Kata materi2 di internet 🙂 ya, tapi bener kok..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..