sonic 150

Kobayogas.com – Hola lads, Honda Sonic 150 sudah selesai dan dikembalikan ke habitatnya ๐Ÿ˜€ Kini tinggal residu reviewnya aja nih.. Apa kesan dan pesan bagi ayago dari Honda ini?

Kupas tuntas Honda Sonic 150 sudah pernah KBY bahas pada artikel sesi test ride bersama para sahabat blogger lainnya, dari mulai desain, performa, handling, pengereman hingga modifikasi (lads bisa klik link di bawah ini ya). Namun semua itu kan sesi singkat ya, hanya sekitar 5 kilometer, so reviewnya pun hasil dari impresi singkat tersebut.

Nah kini giliran review hariannya, karena kebanyakan rider itu kan menggunakan motornya untuk harian toh? Honda Sonic 150 pinjaman dari HC3 AHM hasil kerjasama dengan dealer Wahana Makmur Sejati ini akan KBY kupas tuntas versi hariannya setelah digunakan selama kurang lebih satu minggu..

ERGONOMI PEGAL JUGA

Mengapa pegal? Karena namanya ayago setangnya itu relatif rendah dan lean forward (merunduk), tak terkecuali Honda Sonic 150 ini… ketika melakukan pengereman dengan absennya tangki bensin di tengah – yang biasa kita jepit dengan kedua paha – maka semua beban akan tertumpu di tangan.. Cara mengatasi ala KBY adalah dengan menginjak agak kuat foot step, yah lumayan membantu bagi KBY sih..

Bicara ayunan suspensi, Honda Sonic 150 memang tak selembut Satria FU maupun MX King, menurut KBY sih pas, tidak sekeras NMax punya..hanya karena joknya tipis dan kurang empuk bisa bikin (maaf) bokong cepat kebas.. Cara KBY mengatasinya adalah dengan duduk ngepas pada ‘slope’ alias cekungan jok yang memang sengaja disediakan.. cobain deh.

Sementara, getaran yang dihasilkan akibat mesin konfigurasi overstroke berimbas kepada kenyamanan.. tidak terlalu besar, namun lama kelamaan cukup mengganggu (subyektif) terutama ketika RPM Honda Sonic 150 sedang menuju peak- nya.

Tapi memang salah jika kita mencari kenyamanan dengan membeli tipe ayago macam Honda Sonic 150 ini. wong bukan itu kan tujuannya dibuat hehehe… Masih banyak tipe lain yang sesuai untuk mendapatkan kenyamanan..

awal awal sih pegel juga
awal awal sih pegel juga

POWER MESIN DOHC OVERSTROKE

Apapun sebutan untuk mesin DOHC yang disematkan pada Honda Sonic 150 ini tetap saja tidak menutup kenyataan bahwa mesinnya adalah bertipe overstroke.. Ya dengan diamter x langkah sebesar 57,3 x 57,8ย  sudah jelas stroke-nya lebih panjang toh? hehe.. Sudah tau keunggulannya karakter ini? Kalau belum boleh lah pak cik ni tengok sikit ay punya tulis..

Apa yang KBY rasakan baik pada saat test ride maupun review harian Honda Sonic 150 ini ternyata sama saja.. ya, terasa padat dan bertenaga dia punya engine lads.. Akselerasi bisa dikatakan spontan, siap menerjang kapan pun dibutuhkan.. Tenaganya terussss mengisi hingga 10,500 RPM sebelum dia batuk-batuk terkena limiter.

Ya, meskipun redline pada speedometer Honda Sonic 150 ini ada di angka 9,500 namun pada prakteknya, sang mesin baru mencekik ketika garis RPM digital sudah menembus 10,500.. Sayangnya bentuk RPM macam gini bukanlah kesukaan KBY, kecil dan butuh konsentrasi lebih untuk memantaunya..

Untuk sisi ini (penggunaan harian), racikan DOHC near square alias overstroke milik Honda yang diterapkan pada Honda Sonic 150 dan New CB150 menurut KBY sudah sangat baik, dipadukan dengan transmisi yang smooth maka paketnya terasa sempurna.. Tapi mesin DOHC ini belum terbukti di ajang balap lads..

stiker 3D seakan menyambung dengan mesin
stiker 3D seakan menyambung dengan mesin

KONSUMSI BBM

Hasil perhitungan sebenarnya acak kadut nih jujur aja hahaha.. jarak tempuh asli sebenarnya sudah lebih dari 100 km sejak tangki diisi penuh, berhubung motor sempat berpindah tangan dan bbm diisi orang jadilah hitungan kilometernya ancur lebur. So sebagai patokan, KBY akan menggunakan hitungan dari bro Trias sebagai pemakai terakhir dan mengisi hingga penuh.

Konsumsi BBM Honda Sonic sesuai perhitungannya adalah, 641.5 – 592.0 = 49.5 km/ 1.04 liter = 1:47.59. Jika ada aritmetika eror ya anggap saja 1:44-45.. lumayan lah ya?

HANDLING

Ayunan suspensi yang firm tentu berimbas pada handlingnya.. zigzag, selap selip, berpindah jalur dengan cepat atau menikung kencang bersama Honda Sonic sangat menyenangkan.. stabil dan kokoh.. Tentu butuh adaptasi karena jenis ayago lebih mirip bebek gaya menikungnya..

PENGEREMAN

Meski hanya dibekali satu piston saja pada rem depan, ternyata performa pengereman Honda Sonic 150 ini diluar dugaan cukup memuaskan, memang bicara respon kepakeman, dua piston milik Satria FU terasa lebih gigit. Namun jika dibandingkan dengan milik MX King, milik Sonic terasa lebih baik..

LAMPU

Cahayanya sendiri terlihat terang jika dari depan, namun tak banyak yang bisa diharapkan dari reflektor sebesar headlamp milik Honda Sonic 150 ini.. Luas alias tebaran cahayanya tidak terlampau lebar.. Untuk berkendara dalam kota sih cukup, tapi luar kota? KBY akan bahas di artikel terpisah nanti.

UTILITY

Jangan kecewa jika Honda Sonic 150 nyaris tidak dapat membawa apa-apa di balik joknya.. karena hal tersebut juga ditemukan pada kompetitornya.. Jangan gelisah, karena untuk mengedepankan utilitas, lads memang harus memalingkan wajah dari Sonic dan memilih jenis motor lain..

Kekurangan Honda Sonic 150:

  • Setang menunduk lebih cepat pegal
  • Speedometer tidak ada shift light, jam digital, serta tripmeter
  • Shock depan terlalu lembut
  • Jok tipis dan agak keras
  • Getaran pada setang dan footstep saat RPM atas
  • Ndut-ndutan di gigi 1 atau 2 jika belum terbiasa
  • Minim bagasi/ ruang penyimpanan
  • Material plastik, kualitas pengecatan dan perakitan
  • Penyebaran sinar lampu

Kelebihan Honda Sonic 150:

  • Speedometer full digital
  • Model yang fresh dan sporty
  • Transmisi yang halus
  • Kopling yang ringan
  • rem depan yang mumpuni
  • Performa mesin
  • Lampu depan LED
  • Racikan shock belakang pas
  • Handling
  • Ergonomi nyaman (dibanding rival yang sama)
  • Konsumsi BBM irit

*kelebihan dan kekurangan Honda Sonic 150 di atas merupakan pendapat pribadi KBY

THE VERDICT

Honda Sonic 150 memiliki kekurangan yang relatif sama dengan saudaranya, New CB150, yakni isu kualitas material plastik body dan pengecatannya. Harga Rp. 20,9 juta menjadi agak tinggi jika bicara paket keseluruhan.. Kalau desain sih kembali ke selera masing masing saja lah, tidak dapat dipaksakan..

Mesin DOHC overstroke nya superior untuk keadaan standar, KBY anggap sebagai yang terbaik di kelasnya..pekerjaan rumah terbesar Honda adalah membuktikan di ajang adu kencang bahwa DOHC mereka memang bukan hanya gimmick dan added value semata melainkan juga hebat di ajang kecepatan.. Kalau tidak? SOHC 5 speed saja sudah cukup tuh ga perlu buat DOHC 6 speed toh? hehe

Baca juga artikel lainnya TENTANG HONDA SONIC 150 ya lads, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

90 COMMENTS

  1. jadi overall si sonic ini cukup worth it lah ya, meski kurang di plastik dan kualitas catnya….

  2. Mang kobay nunggang Sonic kegantengan naik 50%. padahal waktu pakai NMAX kecantikan turun 50%.

    • Aku bawa Vario jadi tambah cantik seksi bahenol banyak Pria melirikku. Makanya Mas Muniv cemburu terus.

  3. Untuk kualitas cat dan material body, serta keempukan jok, honda memang kalah sama yamaha,
    Semoga kedepannya bisa ditingkatkan lagi kualitas material body sama cat nya, dengan harga segitu, harusnya kita dpt lebih
    Tapi soal performa mesin, saya rasa udah cukup

    • Ada saat-saat ketika lagi stop n go, jalan macet, si gas ketika dibuka sedikit suka naik atau turun rpmnya tiba tiba, nah akibatnya suka nyentak2. Kudu maen kopling kalau dah gitu.

  4. banyak yg gak tau klo Honda dua langkah lebih maju. bisa menerapkan almost sequar dg DOHC yg punya keunggulan top apeed overbore dan torsi over stroke. yamaha yg riset doch 150 masih gagal. yamaha cuma ngandalin meain marelli yg honda sdh bisa melampauiny baik iritnya, powernya, dan torsinya.
    klo soal mesin honda selalu diatas yamaha.
    klo penilaian pd balap itu sdh gak obyektif. material mesin sdh diganti material yh mahal.
    klo standar pabrik, honda paling joss

    • mantap gan

      penggiringan opini aja terus ampe bego

      inget kasus pemilu kemaren yak

      kebanyakan penggiringan opini

      bro bro, semoga orang2 kyak lo cepat dipanggil YMK deh

      ckckckck

  5. nah lohh

    cuma om kobay lho yg bilang sonice itu pegal

    yg lain bilangnya nyaman bla bla bla

  6. Hmmm.makanya Cewek yg naik Ayago banyak diTaksir kaum Pria.soalnya setiap ngerem olahraga menjepit karena merunduk.jadi………………Ngoahahaha.beli Ayago 1 buat Istri ah.Ngoahahaha.

  7. pake pegal segala, tiru tiru yamaha zaza, desain pegal itu hak paten yamaha untuk meningkatkan keamanan berkendara, jadi mata melek terus. Ga kaya honda terlalu nyaman bikin ngantuk,,

  8. Ini baru bloger independen
    Klo yg papan atas alias penggiring opini kekeh near squer pdahal jelas overstruk
    Mkan tu dohc abal2 opersruk hasil copy pke malu2 ngaku overstruk

  9. Team swat ngahaem nih

    Produk jelek kok dibilang bagus

    Harusnya semua penilaian nya (-)

    Ngoahahhahahahahahahah

    #Bantuin BC biar fby seneng

  10. apa udah janjian yak.
    ahm mesin halus mulus. plastik, rangka, cat, awut awutan pating pecothot.
    yimm plastik, rangka, cat rapi jali. mesin banyak yg ngebul n lemah sahwat.

    suzuki yg paling pas.
    spek boleh di bawah ahm n yimm.
    tapi material paling oke

    • jangan lupa gan yamaha dan honda bengkel banyak sebanyak indomaret, suzuki bengkelnya malah jadi indomaret. kawasaki produk unggul semua tapi overprice dari Y H S. wkwkwkwk
      menurut ane ini semua adalah konspirasi besar besaran oleh wahyudi, kremason, dan mamarica buat membingunkan konsumen indonesia buat milih motor jepang karena semua ada kelebihan dan kekurangannya.
      tapi bagi kaum barisan sakit hati a.k.a Fans Boy a.k.a barisan gagal move on a.k.a panastak (pasukan nasi kotak) pabrikan sesembahannya gk ada cacatnya jadi produk sembahannya ituh sempurna, jadi kalo ada yg bilang punya kekurangan maka mereka gk bakal trima.
      skian teori ane yg bakal ane buat jadi buku berjudul “konspirasi pabrikan jepun” lanjut ngelem aibon lagi

  11. terus gini aja mang kobay, jelek bilang jelek, bagus bilang bagus.

    jangan kayak iwanbanalan dan tmcblong, semua motor nggak ada kekurangannya.

    ngoahahaha.

    • hehe, pasti ada kok kedua sahabat saya itu, hanya gayanya berbeda, kalau dibaca baik baik ada kok hehe…

      Saya juga awalnya dimasukkan ke dalam paragrap, tapi sepertinya banyak yang miss, jadi mending saya bikin list aja deh.. makasih masukannya ya anyway

      • menurut ane, keduanya terlalu sungkan2 sehingga menyamarkan perbedaan.

        seperti:
        1. performa mesin sonic yg unggul dari new satria f dikatakan ngga banyak padahal aslinya lumayan terasa bahkan menurut ay mayan telak.(poin plus sonic)
        2. material plastik dan kerapihan las-lasan sonic yg dikatakan kalah tipis/sedikit dari satria f padahal ngga perlu dicermati mendetail pun kita bisa melihat kalo built quality satria terlalu superior utk sonic. (poin minus sonic)

        ane ga bela salah satunya lho, itu semua kelebihan-kekurangan.

        btw thanks reviewnya mang. ane sepakat dah sama tulisan mang kobay. ane juga menghargai kedua blogger yg ane sebut tadi cz ane jg belum bisa nulis sebaik n semenarik beliau berdua, masih jauh, cm sekedar ngasih kritik aja. alhamdulillah udah nyoba dua duanya.
        dan menurut ane kedua duanya juga lebih worth it daripada ‘pesaing’ satunya yg nggak kereview, if you know what i mean hehe (udah nyobain juga)

  12. Biar gak endut2an abis turun gas di bleyer2 alias digeber2 dikit, biar rpm ga turun bgt. Ato bukaan kopling ma buka gasnya pake feel. Cbr jg gitu koq, cm ya ga separah sonic ma ncb sih kayaknya. Mungkin krn kabel speedo cbr msh diban depan kali ya.

  13. Teman saya ada yang baru minang sonic tuh mang. Memang betoel adanja, keluhan yang doski bilang ya getar, endut2an di RPM bawah, gak bisa jalan pelan dan lain sebagainya. Sepanjang saya ngobrolin motor ini yang paling ngeselin memang “getarr” nya itu mang..

  14. Bknnya mesin DOHC minim getaran ya om? Atau krn Overstroke? Klo dibanding kompetitor gmn om yg msh SOHC?

  15. mang kobay pasti pilih sohc laaaaggghhhh
    liat aja mobil sohc, motor 2 sohc, pompa aer juga pasti sohc neh
    oleh karena ituh ane nobatkan mang kobay jadi FBS (fans boy sohc)
    salam lem aibon campur autan

    btw bodohnya desain motor pabrikan jepang pasti salah satu desain headlamp jelek. contoh sonic 150 lampu blakang ancooer, nvl lampu depan endoet, suzuki address lampu depan bentuk segi sembarang, nmax lampu blakang kgk sinkron ama desain sporty, cs1 lampu depan enduro wannabe, athlete lampu depan alien, dll.
    sekedar opini, gak suka ngomong aja

  16. strategi review berubah atas perintah majikan ya kob.
    Setelah Trimomok nyentil maka agency AHM kojel kojel

  17. kalau kualitas plastik memang honda kalah dari yamaha.
    tapi untuk mesin di gen newcb150 dan sonic.memang beda banget.
    saya dah meminang newcb150 merasakan mesin yang sangat halus.beda dengan honda selama ini.w

  18. Malasih gan reviewnya, jadi pengen nih. Cuman lagi nunggu yang bisa masukin helm. Takutnya udah ngambil sonic nanti nongol bebek super honda helemin 150cc. Ane mo naek ke kelas 150cc tapi nunggu yang bisa masukin belanjaan di bawah jok nih. *curhat*

  19. Maaf gan ane mau tanya itu setangnya rada geter geter ga?
    Klo iya kapa ya gan ?
    Mohon bantuannyah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..