banner

Street Triple 675 R 1

Kobayogas.com – Hola lads, tak kenal maka tak sayang.. Pada kesempatan ini, KBY akan mengulas seputar motor asal Inggris (Brit Bikes) yaitu Triumph Street Triple 675.. Kayak apa sih sosok moge 675cc asli Inggris yang mungkin sangat jarang kita lihat di jalan raya ini.. Bagaimana performanya? Ergonominya, panas mesin serta wow effect di jalan raya saat bertemu dengan pengendara lain? Yuk geber dulu lads.. 

Brit bikes atau Brit rides merupakan kata slang untuk motor buatan negara Inggris (England – Great Britain – United Kingdom).. Triumph, merek motor (awas kecele lads kekkeke) yang dibangun oleh John Bloor pada tahun 1984 dengan nama Triumph Motorcycles Ltd ini merupakan lanjutan dari Triumph Engineering yang berdiri sejak tahun 1902.

Triumph Street Triple 675 disebut sebut sebagai scale down alias penurunan skala dari Triumph Speed Triple 1050 (baca juga: Test Ride Triumph Speed Triple 1050) dan itu tidaklah salah, juga tidak buruk. Street Triple 675 memang lebih kecil, lebih ramping, lebih pendek namun sekaligus lebih baik dari sisi pengendalian lads..

Dibuat sejak tahun 2007, Triumph Street Triple 675 sejauh ini hanya memiliki dua varian, Street Triple standar dan R. Dimana sejak pembuatannya di 2007, basis mesin, kompresi serta bore x strokenya tidak berubah.. Yang mengalami perubahan hanya pada sektor Fuel Injection, Ouput tenaga, suspensi depan dengan adjustment, besaran disc brake, travel suspension, dimensi serta penanaman ABS pada sektor rem.

DESAIN

Jika lads bertanya kepada KBY, lebih enak mana untuk dilihat, Speed Triple R 1050 atau Street Triple R 675 Indonesia ini? KBY akan menjawab dengan yakin, Street Triple lah jawabannya.. Karena secara keseluruhan desain, si Street ini somehow terlihat lebih pas, lebih ganteng dan lebih gagah.

Dua mata melotot sekaligus menyipit di sisi memang menunjukkan ciri khas Triumph Speed dan Street Triple yang terbaru, setelah pada era lama berbentuk bulat yang digunakan oleh Tom Cruise pada film Mission Impossible I. Namun pada Street Triple R 675, lampu ini lebih terlihat cocok dengan desainnya.

Area engine bay alias mesin Street Triple juga terlihat lebih padat dibanding Speed Triple yang masih terlihat ada kekosongan hehee.. Dipadupadankan dengan belulang wesi alias sasis trellis yang terlihat kokoh membuat sosoknya terlihat tangguh.

Suspensi depan Street Triple R 675 terbaru yang upside down dari Kayaba preload adjustable 41 mm khas moge menghiasi bagian depan. Begitu pula di bagian belakang,  mono shock dari merek yang sama, juga dapat disetel ketinggian dan reboundnya.

Swing armnya Street Triple R memang masih double, unlike MV Agusta Brutale ataupun sang kakak Speed Triple 1050 yang mono arm, namun hal itu tidak memangkas kegagahannya. Posisi muffler yang berada di pinggir agak ke kolong (KBY nyebutnya semi under belly kekeke) lebih mirip dengan kepunyaan Honda CBR 1000 RR SP dan itu hal yang bagus dibanding under tail seperti milik Speed Triple.

Beberapa hari KBY membawa Street Triple 675 R ini ke kantor, dan desainnya sungguh membuat penasaran yang melihatnya.. entah bagaimana, tidak ada yang ngeh dengan tulisan Triumph pada tangki, namun tak ada juga yang berani menebak si Street adalah Ducati hehehe…

“Ganti-ganti motor mulu bossss..” kata para Satpam kantor ketika KBY sedang memarkirkan Street Triple 675 R ini. Ya KBY sih ogah ngaku-ngaku, bilang aja jujur “saya mah tester doang pak” toh bukan milik KBY juga hahaha… Rata-rata menebaknya kalau tidak Honda ya Yamaha. Honda apa ini mas? Ini Yamaha ya? 😀

Namun intinya, secara desain, Triumph Street Triple 675 R ini berhasil memikat mereka yang melihatnya.. tak jarang ada yang membelai, foto-foto sambil numpak di atas joknya hehe…

Street Triple 675 R 2

nah kalau ini kakaknya
nah kalau ini kakaknya

SPESIFIKASI

Triumph Street Triple R 675 yang berada di tangan KBY ini merupakan buatan tahun 2015. So spesifikasi singkat dari si Street ini adalah sbb:

Engine and Transmission

  • type: Liquid-cooled, 12 valve, DOHC, in-line 3-cylinder
  • capacity: 675 cc
  • bore: 74.0mm
  • stroke: 52.3mm
  • system: Multipoint sequential electronic fuel injection with SAI
  • exhaust: Stainless steel 3 into 1 exhaust system low single sided stainless steel silencer
  • final drive: O ring chain
  • clutch: Wet, multi-plate.
  • gearbox: 6-speed, close ratio
  • oil capacity: 3.4L
  • max power: 106PS @ 11850
  • max torque: 68NM @ 9750

Chassis Running Gear and Displays

  • frameFront – Aluminium beam twin spar. Rear – 2 piece high pressure die cast
  • Front Tyres: Pirelli Diablo 120/70 ZR 17
  • Rear Tyres: Pirelli Diablo 180/55 ZR 17
  • Front Suspension: Kayaba 41mm upside down forks with adjustable preload, rebound and compression damping, 115mm travel
  • Rear Suspension: Kayaba monoshock with piggy back reservoir adjustable for rebound and compression damping, 135mm rear wheel travel
  • brakes front: Twin 310mm floating discs. Nissin 4-piston radial calipers.(Switchable ABS model available)
  • brakes rear: Single 220mm disc, Brembo single piston caliper. (Switchable ABS model available)
  • instrument display and functions LCD multi-functional instrument pack with digital speedometer, fuel gauge, trip computer, analogue tachometer, lap timer, gear position indicator, programmable gear change lights, clock, TPMS ready and switchable ABS.

Nah lads, itu lah sekelumit perkenalan tentang salah satu legenda roda dua di dunia yang berasal dari kerajaan pangeran Charles ini.. Triumph Street Triple 675 R.. Artikel selanjutnya KBY akan membahas impresi berkendara selama digunakan harian dari rumah ke kantor. Stay tune only at Kobayogas.com ya…

Triumph Street Triple 675 R

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

65 KOMENTAR

  1. mau jajal triumph temen .. eeh malah diketawain main ceplosin kunci aje di depan stang ..
    lupa kalo lobangnya di samping sbelah kiri ..

  2. sudah kuduga kalau yg buat dp tu triumph tp blum tau kalau speed triple
    kok kyak motornya kamen rider ya malahan..hehehehe

  3. Becandaan ama temen “klo lampunya pecah gampang ya, tinggal ganti pake vario punya”, kemarin ini temen jual taun 2012 150jt, sayang amat..

  4. Om….

    Test drive BN600 dunkz…, klo gak salah harga juga beradu ya om…, khan kmrn cmn moto moto aja…

  5. kalo cbr sempak bercahaya ini kutang bercahaya. hehehehe. ini motor learners approved loh. kalo disana sim nya baru biasanya cuma boleh pake 250, tapi boleh pake ini juga. sunat hp tentunya.

  6. kang kobay,mana nih review penggunaan oli fastron gold di pcx,coz ane mau beli buat vario 125 ane..

    makasih

  7. om tolonh review yg komplit juga yaaa, diantaranya:
    1. gimana “throttle respon”-nya, apakah abrupt atau smoth?
    2. gimana “clutching” & shiftingnya, mudah/empuk ato keras?
    3. seat height nya jg^^
    dah itu ajah om:))

  8. om tolong review yg komplit juga yaaa, diantaranya:
    1. gimana “throttle respon”-nya, apakah abrupt atau smoth?
    2. gimana “clutching” & shiftingnya, mudah/empuk ato keras?
    3. seat height nya jg^^
    dah itu ajah om:))

  9. Aselik, cantik nih motor, jauh lbh cantik drpd Speed Triple. Tapi itu pelat nomer depannya… adduuuuuuhhhhhhhhhh…

  10. Da akumah apa atuh, cuma tester… tapi justru eta nu gurih na, gonta ganti sagala motor di cobaan.. josss lah..

  11. aih si om, kmaren abis review mv agusta skrg triumph nih cakep ckck

    next bahas benelli cafe racer om biar pas bejejer dah trit italian bike 😀

    si om udah review ducati monster blom yak? blom pernah baca ane oldskuli bike itu di blog

    sukses om tambah lagi moge sekseh nya ya haha

  12. Motor impian ku iki kang. Ngenteni warisan bru sanggup belinya :D, apa daya gaji kuli gak cukup bayar cicilan e. Opo demo ae Y kaya buruh minta gaji naek. Wkwkwk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini