tanjakan? hayuuu

Kobayogas.com – Hola lads, pada kesempatan kali ini KBY akan membahas satu motor tangguh yang mungkin jarang dibahas di jagad blogsphere.. Honda Revo C100 2008.. Mengapa Revo yang ini laik bahas? Lanjut bacanya lads..

Karena menurut KBY Honda Revo lansiran 2008 berkapasitas 97cc (pembulatan 100 cc) memang spesial.. Tak hanya motornya yang spesial, rider alias pemiliknya juga loh.. Gak percaya? Lanjut deh bacanya

Honda Revo C100 lansiran 2008 ini adalah milik Alki, bujang asal Depok dengan body size ora umum 😀 Alki Rahmatullah adalah pemilik blog alkirahmatullah.com yang juga merupakan member dari Paguyuban Juragan Blogger Jawa Barat (D’Gujubar).Nah pada acara turing dan kopdar akbar D’Gujubar ke 1, mang Alki yang imut ini juga ikut turing bersama sang Revo yang dinamakan Evita.. aihhhh.. toooo twiiittt…

Honda Revo 2008

Nah disinilah KBY menyaksikan sendiri betapa spesial dan tangguhnya Honda Revo C100 ini lads..  Usia 5 tahun biasanya merupakan usia kritis dari sebuah kendaraan apalagi roda dua, si Revo yang diboyong dan diperawani oleh Alki sejak kinyis kinyis dan bau pabrik ini tentu usianya sudah 7 tahun dan tidak muda lagi..

Lalu apa istimewa dan tangguhnya Honda Revo C100 ini? Sudah KBY sebutkan pada artikel Tes Turing Yamaha NMax non ABS bahwa trek menuju Villa Bintang itu sangat membebani kinerja mesin motor, jalan yang tidak selalu mulus serta tanjakan yang mencapai kemiringan 45° dapat disebut sebagai kawah candradimuka-nya roda dua.. Disinilah letak keistimewaan dan ketangguhan sebuah Honda Revo lads..

Honda Revo C100 memiliki mesin legendaris turunan motor yang juga legendaris, Honda Astrea.. spesifikasi mesin singkatnya adalah kapasitas mesin tidak sampai 100 cc, tenaga ‘hanya’ 7.3 PS dengan torsi ‘hanya’ 7.4 Nm, 4 speed rotari, berpendingin udara, dan kompresinya 9.0:1. Di atas kertas, mesin ini akan ‘kepayahan’ dalam menghadapi jalanan menuju Villa Bintang… Benarkah demikian?

Salah total, don’t judge a bike from its appearance .. Rombongan kami terdiri dari 4 motor dan 6 orang, KBY dan Mang Asep warungasep.net (Yamaha NMax), Alki (Honda Revo), Mang Fery dan Arief (New Vario 125) serta bro Novan (Yamaha MT25). Secara usia dan spek, Honda Revo C100 milik Alki akan tercecer dari rombongan, teorinya. Apalagi Alki memiliki berat bersih dua digit..imut kan?

Tenyata, Honda Revo Evita milik Alki dengan tenangnya tetap dekat dengan rombongan kami, mau trek lurus, tanjakan apalagi turunan.. Tidak ada istilah si Revo Evita ini tercecer.. kadang kedua, kadang ketiga, kadang memimpin.. Intinya, motor lawas ini tetap aja ngintil! Malah ketika berbarengan menuju Villa Bintang, saat motor lain seperti Vario 125 lawas dan fogging piston Ninja S kepayahan menghadapi tanjakan yang curam.. Alki bersama Evita tetap saja ngacir.. 😀

Jadi apa rahasia keistimewaan mesin Honda Revo turunan Astrea yang konon masih berbau asli Jepang ini? Yang pertama adalah motornya, perawatan menurut Alki adalah kuncinya, apalagi belakangan si Evita dijejali oli sesat Meditran SX. Yang kedua, The Man behind the wheel.. Bersama-sama sejak 2008, Alki tentu sudah mengetahui karakter Honda Revo kesayangannya.. mengapa demikian?

Karena ketika KBY penasaran dan mencoba Honda Revo Evita di area Villa Bintang, KBY takjub karena Alki dengan kelihaiannya dapat menaklukkan serta mengeluarkan semua potensi yang dimiliki oleh Evita lads.. Bayangkan, mesin bergerung kencang ketika digeber, part bodi seakan-akan siap melompat dari dudukannya karena getaran yang luar biadab, suspensi belakang yang kaya batu karena pakai YSS dan terakhir, rem yang hiiiii ngeri, gada pakem-pakemnya menurut KBY mah 😀

Ya, Alki merawat dengan penuh perhatian Honda Revo kesayangannya, sehingga Evita pun seakan-akan menjelma menjadi Yamaha MT 25 di tangannya..Meski KBY masih tidak habis pikir akan skill Alki dan motornya, namun itulah, yang punya yang sudah biasa tahu karakter motor kesayangannya..

So, sudahkah lads merawat dan menyayangi kendaraan lads di rumah? Kalau belum, sana ke garasi atau ruang tengah, elus dengan kasih sayang seluruh badannya dan bisikan dengan perlahan ke wajahnya..”Terima kasih, kau telah setia menemaniku selama ini…”

Ayo goyang jigo, kita pake Revo, Honda Revo memang istimewa 😀

Evita Revo nempel terusss

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

79 COMMENTS

    • dari blkg sya kira sonic 150,
      eh, apa revo yg niru sonic? ato sonic yg niru?
      *ah sudahlah

  1. enginenya kompresi rendah stroke pendek, bikin mesin gak cepet panas dan tetep ngacir di putaran menengah atas. beda sama engine 5-TP Jupiter Z 2005 ane, power deliverynya cenderung abrupt, power paling enak di Mid-Range, Top-end agak kek ketahan kalo gak pas shifting gearnya. tapi klo buat tanjakan jagoan:))

    • betul gan kalo buat nanjak masih kenceng mesin 5tp jupiter.
      cz dirumah ada Nf100 supra fit 2006, & 5tp jupiterZ 2003.
      kalo buat nanjak berboncengan saya lebih percaya jupiter 5tp, jauh rasanya.
      termyata sepengalaman dengan saya mesin 5tp mesti pas ngopernya biar tenaga maksimal keluar.
      kalo Nf100 putaran mesinnya rata, hanya saja ketika nanjak meski sendirian tetap tersusul.

  2. Ini motor pertama saya waktu keluar gaji pertama langsung beli REVO c100 spoke wheel (jari2)..
    Memang sih tangguh, tapi gak ada gading yg tak retak… Disuhu ekstrem di maumere, motor ini gak kuat panas jika bermain lebih dari 1jam.. Mesti mati mendadak karna mesinnya kepanasan.. Dibiarkan kira2 30 menit, baru deh bs hidup lg..
    Please.. Ini bukan BC, hanya sharing pengalaman waktu dulu punya revo…

    Skrg, cukup megi-pro primus aja..spare-partnya itu lho yg sangat2 terjangkau

  3. Dasar blogger fbh, baru kemarin launching vega baru, sekarang bahas musuhnye. Pengalihan isu nih!

  4. jadi inget honda win yang konon mesinya juga jepang asli kenceng,irit,dan bandel banget itu motor walau ccnya kecil

  5. desain sporty agresif versi cup cc kecil honda, pertama liat desainnya dulu langsung jempol buat honda. sudut2 lancipnya kalah populer sama pesona yjmx gen 1 waktu itu.

  6. Didaerah sukamakmur ini, daerah ane bro…
    Tanjakannya sadiz…

    Lebih kepada pengenalan kepada putaran throtle gas.

    Ane sejak punya karisma, megapro sampai sekarang yg matik 150 custom cvt, lancar2 aja.
    Kecuali yg ane sebut terakhir, mesti custom dikit, soalnya gc-nya rendah dan agar makin mak nyuuut d tanjakan 40derajat….

  7. wow..
    daku pernah punya om kob kob..

    yg uenak itu setangnya pas dibadan
    jok empuk
    body nya juga presisi
    gak gampang kendor spt motor honda lainnya
    dan yg pualing enak itu suara kenalpotnya yg merduuu…
    jadi kangen sama si revi
    punya daku warnanya sama persis kya punya om Alki.. sama velg racing juga
    plek persis

  8. Percaya… sopir bokap gw jg pake revo ini sama taon 2008 jg uda jatoh 3 kali masih kuat ada tuh fotonya di IG gw kasi caption “otot kawat tulang besi” 😂😂

  9. kaze dirumah juga gak ada footstep depan sbelah kiri ama rem depan juga gak ada ..
    cuma gara2 motor pertama dari SMA yaa biasa aja ..

    sering dikatain kura2 gara2 ijo nya ..
    1 lagi untungnya .. kalo ada trouble di jalanan bisa di gletakin aje di pinggir jalan .. aye nya pulang dulu makan ..
    yg mw nyolong juga geli kayaknya ..

  10. jangan salah bro, ini motor penguasa lautan pasir di bromo semeru bersama dengan honda gl..
    vixion, cbi aja malah gak ada apa apanya wkwkwkwkwkwkw…

    ditanjakan kemiringan ekstrim yg cuma bisa pake jalan kaki sama naik kuda aja revo nekat dan sanggup wkwkwkwkkw

  11. Revo tenaganya gahar diptaran menengah keatas kang,palagi isi oktan 92..buat nanjak boncengan digas sampe pol jg masih sangat kejem..raunganya enak..cuma emang klo buat ndaki curam(jalan pelan)mesin emang gmpang overheat..dibanding xeon gt klo buat nanjak,sirevo loss powernya emang dikit,raungan dimesin laju seirama..tp jangan dianggep lebih kenceng ya..

  12. Walahhh si alki jadi kayak beruang naik sepeda family ni..
    #kidding
    Gan alki jangan baper yahhh nanti imutnya ilang loh :mrgreen:

  13. buat revo c100 emang udah perbaikan lebih dibanding supra c100. sayangnya ni motor telat lahir dan cepat dimatiin.

  14. Hehe motor kenangan saya nih om jaman sekolah tapi warnanya item merah,,bebek honda yang bentuknya paling bagus ya ini….paling di inget adalah motor ini lumayan boros bensin untuk itungan 100 cc…kenceng tapi buat nanjak memble 😀

  15. ditangan alki bisa menjelma jadi mt25. diranjang alki bisa berubah jadi cewek cantik ya 😆

  16. revo peninggalan ayah make oli deltalube yg ijo,yg lain ori tp masih bisa melaju 100km/jam tp dapetnya di gps 95 km/jam aja kang kyk g ane share di fb..
    gigi 3 aja masih sanggup lari 80qn km/jam..
    lain waktu ane kasih videonya.

  17. Itu belom apa2 bro,tmen ane jg sama,punya revo c100 2008 juga,sering tiap blm d buat boncengan sm bininya jadi total muatan 150an kiloan kepuncak,eces aja,g ada gejala ngejen mpe bol keluar,mslh selama ini cuma rante pernah putus 1kali sm shock belakang uda minta d ganti..

  18. Revo ini beda jeroan kampas kopling dengan C series seperti supra x dan legenda/ supra fit, revo ini punya 6 lembar kampas kopling, kalo tipe C lain hanya 5 lembar.. Absolute revo berapa? 3 lembar cuy..
    Makanya, dari semua C series, mesin revo ini paling beda, memang tarikan ga sepadat supra x 100,tapi ngisi terus tenaganya..
    Saya dulu pernah punya, saya pakai jakarta-jogja di pantura bejaban larinya sama Jupiter z, pertama karena jalan malam bisa gas pol, kedua kalo ketinggalan sesama ‘night rider’ ya serem euy.. Jadi mau gak mau betot gas terus Hehe..

  19. hahaha emg Rem depan revo 100 blum pakem, tpi ada perubahan di revo 110 rem depannya ajib,,,,

  20. gak beda sama vega R 102 cc punyaku dulu. dipakai sampe 9 taun masih nyaman. OS 0, kampas kopling asli. masih bisa lari 95 kpj.
    oiya, berat badan saya 70 kg.
    pernah boncengan dari bromo ke penanjakan yang tanjakannya sangat terjal. tetep bisa tuh.

    kuncinya di pemahaman karakter mesin.
    ——————————————————————
    artikel DIY analisa dan tutorial ganti bearing stang.
    https://touringonline.wordpress.com/2015/05/01/beberapa-gejala-kones-steering-race-kit-minta-ganti/

    • penjakan yg ke arah bromo dari mana gan??
      yg dari arah pasuruan atau probolinggo?

      kalo itu gampang aja, yg parah jalur dari malang ke bromo jalanan beton yg udah pada hancur sama lekukan lekukan tajam, paling menantang ya lewat malang itu buat motor..

      • bukan dari penanjakan ke bromo,
        tapi dari arah bromo (padang pasir) naik ke penanjakan. lewat jalan yg terjal di lereng tebing boncengan sama kawanku. itu vega bisa nanjak juga walau memang mesinnya ngeden banget dan jalan pelan banget. hahaha…

    • mesin bebek yamaha justru jagonya nanjak. bahkan vegaZR kalo belum haus olipun ditanjakkan lumayan handal.
      kalo bebek honda tanjakkan yg tidak curam justru terasa enteng, tpi kalau sudah curam mulai deh menurun daya mendakinya.

  21. masih punya nih di rumah. pake gigi 3 aja masih kuat buat nanjak. bentuk setangnya itu lho bagus. tapi sayang boros :v diameter lubang knalpotnya lebih gede daripada supra 125. entah kenapa absolute revo malah bentuknya aneh gitu.

  22. masa sih buatan jepang… emang tahun segitu ahm belum bikin or ngerakit sendiri??
    karisma ane th2004 bikinan mana dong

  23. Ini dia tipe laki-laki setia, motornya dah dianggep istrinya sendiri dan tak mau pindah ke motor bebek lain apalagi motor laki lain

  24. bener banget tangguh, motor pertama ane waktu smp sampe lulus kuliah , udah hampir 4 kali tabrakan kencang, masih kuat , dan masih normal semua , cuma tutup lampu depan aja yg retak , lainnya masih bagus, keren nih motor pokoknya wat dan tangguh banget 😀
    sering ane bawa semarang solo , berbagai motor bebek dilibasnya , kenceng 😀

    skrng si revo sudah diserahkan kembali ke bokap ,
    skrng pake SONIC150R tambah JOS 😀 hahahaha

  25. wah nih motor emang bgs gan bentuknya lampu belakanya keren ky roket coba sonic pakek buntut revo jd agak keren,emang agak ngos2an jg make ini motor klo di jalan protokol

Yuk Tinggalin Jejak Lads..