Grand New Veloz

Kobayogas.com – Hola lads, Toyota Avanza adalah mobil yang paling fenomenal senusantara atau bahkan di dunia karena harga bekasnya bisa lebih mahal dari harga barunya. Kini dia telah bertransformasi menjadi Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz..

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 kemarin, KBY mendapati dua mobil baru ini berada di lapangan area test drive.. Ah penasaran nih sekalian saja test drive bersama Kia Sportage Diesel CRDi 2.0, Ford Fiesta Ecoboost 1.0 dan Isuzu MU-X 2.5…

Kenapa KBY penasaran sama New Grand Avanza? Karena ini mobil punya prestasi luar biadab, punya julukan mobil dua juta umat (karena sejuta saja gak cukup sekarang), ngalahin reputasi Kijang yang sampai kini tiada duanya (dari gigi satu langsung ke tiga hehe).

Sooo.. mumpung ada di depan mata, KBY penasaran ingin tahu sejauh mana lompatan perbedaannya dengan Toyota Avanza sebelumnya terutama gen awal dan facelift gen awal (yang lampu remnya belum mengkurva itu loh). Untuk test pertama KBY pilih New Avanza Veloz matik.. bagaimana impresinya?

Sebelumnya perlu diketahui, area tes tidak begitu luas, gak tau berapa tapi sepertinya ada 50 x 80 lah ya.. dibuat sedemikian rupa ada tanjakan dan polisi tidur, lalu kelokan dan trek lurus yang gak memadai buat lari 40 km/jam hehe.. Meski dari sisi driving kurang mengena, namun KBY dapat melakukan kupas tuntas dari sisi eksterior, interior dan driving position Grand New Veloz dan Grand New Avanza.. geber lads…

Grand New Avanza 1.5

DESAIN

Eksterior

Perbedaan mencolok dari depan antara Grand New Veloz dengan Grand New Avanza adalah lampu utama, dan bumpernya, pada New Veloz lampunya dua plus proyektor, grillnya terpisah dengan bumper. Bentuknya lebih ke arah elegan.

Sementara Grand New Avanza lampunya hanya satu dan memakai H4, grillnya menyatu dengan bumper dengan sirip-sirip besar dan motif sarang lebah (honey comb) di bawahnya. Lekukannya pun lebih tegas, arah desainnya memang ke sporty.

Tidak ada perbedaan khusus di bagian belakang kecuali emblem 1.5 Veloz dan Automatic menggantikan emblem 4 AT. Lampu remnya sama dan guess what? Liat langsung sih itu tambahan lampu horisontal di belakang yang gak penting, tidak terlalu buruk meski masih agak maksa πŸ˜€

Lampu rem belakang Grand New Avanza dan Grand New Veloz kini memiliki fin alias sirip di bagian sisi luar seperti pada Toyota Altis dan Vios baru.. mungkin biar bisa lebih kenceng, kan ngaruh ke down force πŸ˜€

Grand New Avanza 1.5

Interior

Selain tentunya tuas transmisi karena Grand New Veloz itu matik sementara Grand New Avanza itu manual, perbedaan lainnya ada pada corak jok.. New Veloz memiliki warna jok hitam dan abu sedangkan Grand Avanza memilih warna coklat titanium dimana justru menurut KBY, kesan mewah malah di dapat Grand Avanza.

Dashboard Grand New Veloz juga didominasi warna hitam dengan plastik black piano yang mewah di bagian tengah, sementara Grand New Avanza memiliki warna two tone padu padan hitam dan coklat, dengan plastik silver titanium di tengah.. Lagi lagi warna two tone menurut KBY lebih kena dari sisi kemewahan. Tapi tetap saja desain dashboardnya menjemukan..

Plastik materialnya mengalami peningkatan kualitas jika dibandingkan Avanza Gen awal, terlihat memang Toyota Astra ingin menaikkan kasta dari Grand New Veloz dan Grand New Avanza ini.. Sektor speedometer kini lebih lengkap, ada MID segala dengan warna dasar biru untuk New Veloz dan merah untuk Grand AvanzaΒ  tapi tetap saja belum cukup terlihat mewah.

FIRST DRIVE

Nah ini dia, driving position alias posisi mengemudinya jauh lebih baik! Grand New Veloz AT yang sudah baik kini lebih baik lagi, singkat kata pas lah bagi driver. Tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah seperti Avanza terdahulu. Dan yang patut di apresiasi, versi manualnya juga nyaris sama! Jangkauan pedal kopling kini lebih manusiawi dan gak bikin cepat pegal.

Setirnya masih seperti yang lama, Grand new Veloz maupun Grand New Avanza kemudinya sangat ringan diputar.. Asik sih buat dalam kota, tapi luar kota pasti feedback dari roda ke kemudi akan berkurang, melayang lah istilahnya, kecuali keduanya sudah menerapkan adaptive steering yang akan bertambah berat ketika dalam kecepatan tinggi.

Bagaimana dengan kenyamanan? Baik Grand New Veloz maupun Grand New Avanza kini sudah lebih nyaman, bantingannya cukup pas, namun ketika melewati polisi tidur buatan, jika perlahan masih lompat lompat meski tidak separah yang terdahulu. Justru ketika dilalui dengan cepat, bouncingnya malah lebih baik. Begitu pula dengan kesenyapan kabin, ada improvement.

Mesinnya? Spesifikasi New Avanza Dual VVT-i bertenaga 104 PS@6000 dan torsi 139 NM@4200 (1500 cc) tidak tereksplorasi dengan baik karena area tes yang minim, pada kondisi tersebut KBY sih merasa sama saja, namun gejala menyentak sama sekali sudah hilang blas. Pilihan mesin lainnya adalah 1300 cc dual VVT-i dengan tenaga 96.5@6000 dan torsi 123 Nm@4200.

THE VERDICT

Tak dapat dipungkiri, Toyota Astra berusaha keras memperbaiki kelemahan Avanza, dan menurut KBY cukup sukses, dari segala sisi Grand New Avanza dan Grand New Veloz ada peningkatan. Fitur ISOFIX pada bangku belakang ditambahkan (semua tipe), jok paling belakang (3rd row) sekarang split alias 50:50 (semua tipe), MID, eco indicator, immobilizer, seat belt tengah (semua tipe), rem ABS (semua tipe), pengingat seat belt penumpang depan dan dual airbags.

Harga New Avanza yang KBY tes adalah sbb: Grand New Veloz 1.5 Rp. 226.900.000 dan Grand New Avanza 1.5 MT Rp. 211.000.000.. sungguh bukan harga yang murah bagi sebuah nama Avanza yang dulu menjadi MPV merakyat ini.. Tertarik punya satu? Silakan hubungi dealer Toyota terdekat di kota lads…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

63 COMMENTS

  1. Ada selentingan kabar kalo sebelum versi ini, di antara duo astra itu xenia punya kenyamanan lebih baik dibanding Avanza. Dibandingin ama xenia, grand Avanza udah lebih nyaman, mang?

    Arif Rakhman Professional English-Indonesian Translator Contact: WhatsApp 082143168889 BBM 553AA755 E-Mail arifnrakhman@gmail.com

  2. kualitas plat bodynya dah ditest blm mang kobay? apa msh setebal kaleng krupuk atau malah justru lbh tifis lg??πŸ˜„

  3. Maksa banget. Modelnya mau dimirip2in sama innova tapi kagak nyampe. Malah lebih demen versi yang sebelumnya. Hwehwehwe.
    Kalo berbicara masalah desain sih udah jangan ngarep produk astra lah. Hwehwehwe.

  4. Saat krisis spt skrg nih om Kobay, muncul 2 mobil yg paling ditunggu (Avanza-Veloz dan BR-V) memang bikin pusing. Kata AutonetMagz dan Motomobi, Avanza-Veloz itu worthed. Belum tahu kata om Fitra Eri OtoDriver spt apa.

    Om Kobay kenal sama om Fitra Eri ya ?

  5. Terasa lebih lemot akselerasinya….ga nyentak pas awalnya kek dulu..mungkin biar ga banyak orang seruntulan make papanja lagi πŸ˜†
    Overall perbaikannya memang bagus dan kalo setelah diliat aslinya ga jelek2 amat.

    Nilai masih 7/10 kalo gw..

  6. kualitas jok ada peningkatan kah? kualitas bahan avanza 2012 bener2 payah hehe.. iklan ertiga bener2 nampol, baru beli langsung ganti mbtech πŸ˜€
    sudah saatnya avanza fokus dan serius benahin interior..

    • Ama mobilio dan ertiga juga livina?

      Nomor 1 ertiga menang tipis dr mobilio di posisi dua, ketiga avanza menang tipis dr livina yg buncit, tp livina saya blm liat lagi spek safetynya, kalau dia lengkap kaya ertiga dan mobilio (abs, ebd, airbags) maka naik ke posisi 3…

      Ini bicara sisi handling, kenyamanan dan fitur… Kalau bicara tahan banting dan mobil perang serta resale value, avanza bisa jadi Kesatu

  7. Kang, tu gambar mobil putih bawah yang cuma kliatan lampu belakang itu angkot jurusan mana, Mang ???

  8. bang, tanggung jawab, ane tersedak pas mbaca tiada duanya, dari Gear 1 langsung ke 3 πŸ™

  9. body belakangnya tetep gak asyik diliat….
    keinget zaman daihatsu espazz atau zebra kali yakk

  10. AT nya masih sama kyk yang lama tuh kayaknya…4AT, rasa manual dibikin matic.. gak ada halus2 nya…

  11. minta pendapatnya om…inopah diesel second vs grand veloz pilih mana ya…? selama ini cukup pake avanza 2008

  12. Wkwkwk, kalo sirip segitu pengaruhnya signifikan ke aerodinamis, itu grill yang menganga nyumbang drag berapa banyak?
    Trus kenapa jok baris kedua dipisah 50:50? Kalo yang kanan mau rebah tapi yang kiri mau tegak, yang tengah gimana?
    Ada-ada saja.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..