CBR

Official Test Ride: Honda CBR 1000RR SP, Jinak Namun Dahsyat..! [Gallery]

CBR 1000RR SP 1

Kobayogas.com – Salam geber lads..Honda CBR 1000RR memang bukanlah motor sport terkencang yang pernah dikeluarkan Honda. Namun tetap saja, nama CBR, angka 1000 dan kode RR sudah terkenal kedahsyatannya…

Artikel ini merupakan yang terakhir dari artikel test ride Honda BigBike series, dengan test ride Honda CBR 1000RR SP sebagai penutup keseluruhan artikel moge Honda yang telah KBY test beberapa waktu lalu.. meskipun sangat terlambat πŸ˜€

KBY sempat mencoba Honda CBR 1000RR SP tricolor ini berkeliling di pelataran Hotel yang luas, yang dijadikan oleh para panitia menjadi arena test ride yang memadai. Ada trek lurus baik menurun juga sedikit menanjak, tikungan sedang hingga parabolik. Cukup untuk mendapatkan impresi berkendaranya lads..

DESAIN HONDA CBR 1000RR SP

Seperti signature alias ciri khas Honda, tidak ada kesan dramatis yang terlampau dahsyat dari desain Honda CBR1000RR ini.. Disebut kalah ganteng dari Kawasaki ZX-10 yaaa bisa dikatakan begitu, tapi tetap saja, dia tidak buruk!! Kesan dan aura sporty-nya tentu tidak bisa dipandang sebelah mata..

Kesan berotot Honda CBR 1000RR SP tricolor juga diperkuat dengan hadirnya piringan rem brembo dual cakram di depan, suspensi upside down, arm yang gemuk dan kokoh, serta suspensi belakang dari Ohlins TTX dengan warna khasnya, emas.

Sayang, dual keen eyesnya terlihat sangat familiar karena mirip dengan adik-adiknya yang lain.. hanya saja si CBR 1000RR SP Fire Blade ini sedikit lebih sipit saja lads, efeknya aura eklusifitasnya sedikit berkurang…

CBR 1000RR SP 8

ERGONOMI HONDA CBR 1000RR SP

Jinjit? Ah jelas, seat height milik Honda CBR 1000RR SP ini memang tinggi, membuat KBY jinjit cukup balet dibuatnya.. alasan ini juga yang membuat Kang Haji TMC ogah mencobanya di jalan raya meskipun sudah mendapatkan jatah hehe..

Begitu pula dengan setang alias kemudinya, merunduk lads.. Kedua tangan dipaksa menopang berat tubuh ke depan. Butuh trik untuk mengurangi rasa pegal pada kedua tangan ketika mengendarai Honda CBR 1000RR SP ini, misalnya dengan menahan tubuh menggunakan siku satu tangan yang disenderkan pada tangki..

SENSASI MESIN dan HANDLING HONDA CBR 1000RR SP

Saat mesinnya menyalak, KBY sudah tidak sabar untuk menghela si CBR 1000RR SP ini.. terutama karena tuas koplingnya yang super ringan untuk motor dengan spek seperti ini lads.. gak jauh beda dengan milik sport kelas 150 cc!!

Melaju pelan, ternyata si monster ini jinak, bermain hingga RPM 3000 dengan simulasi kecepatan harian, mesin dan transmisinya CBR 1000RR SP menurut saja tanpa ada hentakan atau ndut-ndutan yang berarti.. ya, untuk sisi ini, sang cibi bisa dikategorikan superbike yang nyaman..

baca juga: Review Honda CBR1000RR SP Fire Blade Saat Digunakan Harian

Nakal sedikit, gas CBR 1000RR SP KBY puntir setengah.. RPM dengan cepat melejit hingga 8000…yihaaaa bagaikan kuda yang dipecut, seketika CBR 1000RR SP ini berubah beringas!! Pelataran hotel yang pendek seakan akan menjadi blur dan berjalan mundur..

Sayangnya ketika melewati legokan di jalanan hotel, buritan sang CBR 1000RR SP ini mengayun dan sedikit membuang, sepertinya suspensi Ohlins TTX di belakang disetting paling lembut lads agar dapat nyaman ketika digunakan turing esok harinya.

Setangnya juga cenderung kaku ketika mencoba berbelok u turn, namun masih dapat dikendalikan dengan baik, mirip dengan Honda CBR 600.. Sepertinya tipikal setang under yoke ya begini ini yah lads..

sekebutnya 40 km/jam sahaje :D

THE VERDICT

Selesai sudah impresi berkendara singkat bersama CBR 1000RR SP Indonesia ini, lalu apa? Secara brand atau merek, Honda dengan CBR nya tidak akan pernah diragukan.. Satu hal yang pasti, di kelas ini CBR 1000RR SP tidak bermain sendirian lads..

Banyak rival dengan desain yang lebih ciamik, fitur setara dan tambahan paket dengan harga di bawah CBR 1000RR SP.. sang Fire Blade dijual AHM memang cenderung lebih tinggi bahkan dibandingkan dengan Yamaha R1 terbaru yang diperkenalkan YIMM baru baru saja.. yakni Rp. 575.000.000

Bahkan info dari sahabat nun jauh di Jepang sana – Mang Adi Purnama – menginfokan kalau Honda CBR 1000RR SP dijual seharga 2.191.400 Β₯ (1 yen = Β± Rp 110) atau seharga Rp. 241.054.000, sementara Yamaha R1 2015 harganya 2.200.000 Β₯ alias Rp. 242.000.000 dan R1M 2.800.000 Β₯ atau Rp. 308.000.000..

Mampukah Honda CBR 1000RR SP dengan segala kelengkapan full package plus keistimewaan servis menjadi magnet bagi para pencinta Moge di Indonesia khususnya para pencinta Honda? Hanya AHM yang tahu

CBR1000RR SP

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3361 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

67 Comments

  1. waduh ambil untungnya gede bingits di banding R1,padahal di jepun yg mahal R1…
    tanya kenapa???

  2. Mantaps kang kobay…eh kang mana nih perkembanganx si gixxer n si blade 150 cc ??….apa msih kaya blade 125? Ato kya blade 110 cc…??? Klo dimelarin kan dh cakep ntu bisa kaya si jupe….

  3. Lebih WTB H2 dehh
    Secara masih fresh, design futuristic anti mainstream eye catching, fitur lengkap, harga tipis lah buat kelas moge
    Tapi ya itu aftersalesnya gak usah di tanya lagi dah
    Udah rahasia umum kawasaki bwaahahah

  4. Percuma FBH juga ngak pada mampu beli,Alasan Klise FBh kalau ada yang mirip model diharga 30jtaan ngapaiin beli yang 575jt padahalmah kerekempess

  5. Ngiahahahaha
    Mbah Dukun sewot temennya beli Moge Yamaha R1. sampai dibilang kasta rendahan yang beli moge saban minggu juga banyak.
    orang yang beli moge tapi Mbah Dukun bloon yang reang kepanasan.

    • Ya begitulah kalau da fanatik ma 1 merek japan. Coba liat pas cbr1000sp launching ada gk sisatar bilang yg beli nih motor “iseng” atau menyentil sedikit aja tentang nih produk termasuk harga??? “Jawabnya gk ada” tp setelah r1 launching baru dia bilang nih motor overprice padahal sewaktu nih motor launching. Gw dah tau nih motor overprice teknologi jadul modal cm ohlins doank. Eh datang si satar bilang nih motor harga wajar karena di bekali ma ohlins terus shape yg timeless dengan nama besar honda. Wkakak preettttt bullshit lah kalau dengerin kata orang yg muji motor karena dia fanatik sama tuh motor intinya gk ada kredibilitasnya sebagai bloger pengamat motor pandangannya tertutup sama cinta tuh merek dan …… haha tau sendiri la apa itu. Makanya triatmono gencar kali nyerangnya hahaha.

  6. Ngiahahahaha
    Mbah Dukun sewot temennya beli Moge Yamaha R1. sampai dibilang kasta rendahan yang beli moge saban minggu juga banyak.
    orang yang beli moge tapi Mbah Dukun bloon yang reang kepanasan

  7. Pokoke FBH horang kayah yg pnya slip gaji beli motor beli mobil wajib Honda. jangan beli Yamaha kasta rendahan.
    ingat nama saya. yang iseng beli moge saban minggu juga banyak. bhuahahahaha

  8. jinak2 merpati do’i… kalo liat track record nya di atas sirkuit …yg muda2 aja masih bisa dijabanin..

    nunggu all new fireblade gimna bntuknya ..

  9. om udah nyobain R1 versi burung hantu belum? (sebelum all new)

    pengen tau klo yg review bloger indonesia

  10. mrs rempong: Beli moge R1 karena iseng ya cyiinn

    kolektor moge: Akh biasa saja.

    mrs rempong: itukan moge kasta rendahan cyiinn harganya paling murah loochh.

    kolektor moge: gw yang beli kenapa lu yang ribut sis?

    mrs rempong: Ngga ribut kok cyiinn, eke cuma meriang lihat kamyu beli moge iseng saban minggu.

    kolektor moge: suka suka gw lah mau beli karena iseng atau hobby saban minggu, apa urusannya sama lu sis?

    mrs rempong: kalok iseng kenapa juga ngga beli merek sebelah.

    kolektor moge: wah kalau merek sebelah dari moge sampai mocil designnya turun temurun sis, beli itu mah bukan karena hobby tapi bener bener iseng kurang kerjaan buang recehan dollar.

    mrs rempong: kamyu jahat hiks hiks

    kolektor moge: bhuahahahaha

  11. Beli r1m aja cuma buat iseng jadi kalau beli nih motor buat apa dong??? Buat “dibakar” wakakka satar2 kesombonganmu itu sampai berapa lama sih bisa bertahan?? Pengen liat aku sampai berapa lama dia bisa sombong terus.

  12. khan dah ada paten cbr 1000 baru,

    artinya design ini dah mau phk buat si cbr 1000,

    artinya bisa diturunken ke cbr lokal facelift,

    design cbr 600 juga dah mau phk, kurang laku di sono,

    trus diturunken ke vario sekarang

  13. CBR1000RR udah terlalu tua alias jadul untuk kelas superbike…
    kalaupun ada yang beli, mungkin emang FBH atau orang yang gak tau lagi nyimpen uang mau kemana :mrgreen:

    Superbike yang sangat2 ‘value for money’ untuk sekarang ini ya R1 πŸ˜€

  14. @ FBH cinta Honda selamanya :

    kok om yang sewot mbah dukun ngomong gitu?? :mrgreen:

    kalau om baca bener2 artikelnya si mbah, emang bener adanya R1 kasta rendah..inget ya ‘kasta rendah’ dengan tanda kutip alias kiasan..
    wong si mbah dukun bandinginnya sama Ducati Desmosedici RR dan MV agusta F4 RC, yang jelas populasi dan harganya jauh di atas Yamaha R1..

    kalau dibanding Superbike jepang lainnya, jelas R1 paling keren, paling modern dan paling value for money..
    yang lain mah lewat, apalagi CBR1000RR yang udah terkesan jadul -___-

  15. R1 or CBR ? It’s about the name of the legend. Kalo ada duit segitu, ane pilih CBR. Kalo Indennya lama msh prefer Hayabusa dr pd R1.

  16. Oke semua ingat yah kalian semua harus mengerti apapun tulisan bang_satar.
    harap maklum bang_satar ngga pernah salah.
    wkwkwkwkwk.

  17. dasar orang dengki taunya cuman coment doang padahal sampah .mau menjelek jelekan gimnapun tetep aja cbr itu ya cbr kalo bukan cbr berarti bukan cbr(iklan iphone :p) .nama cbr itu udah harum di negara eropa sono prestasi bnyak dan membanggakan salah satu nya liat aja ajang road race SUZUKA mau itu 4hours atau 8hours sapa yg sering di sebut menang ? nama cbr lek apalagi yg 8 hours 19 x berturut turut menang apa ga gendeng ? cuma tahun ini lagi beruntung aja tim lawan ,tim honda jatuh yg karna ada masalah itupun sebelum jatuh cbr mimpin ya ibaratnya pemenang tahun ini menang hoki ! ibarat nya kasih poin lah kasian dan satu lagi di setiap club motor di eropa sana asal motor mereka di foto maupun di video ga pernah yg gada cbr pasti ada pling minimal pasti ada yg make ntah 2 atau 1itu menandahkan laris nya motor ini Fakta. trmakasih πŸ™‚

10 Trackbacks / Pingbacks

  1. New CBR 500R 2016 – Lebih Sporty Tapi Masih Kurang Gahar.. | KobaYogas.COM
  2. Hadirnya New CBR 1000RR Fire Blade Yang [Akan] Semakin Garang | KobaYogas.COM
  3. Honda CBR 1000RR SP – Kita Bertemu Kembali Wahai Kawan, Kali Ini Akan Lebih Akrab.. | KobaYogas.COM
  4. Review Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Kehujanan Di Kemacetan, Terbukti Gak Nyusahin..!! | KobaYogas.COM
  5. Review Harian Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Moge 1000 cc Yang Rendah Hati..!! | KobaYogas.COM
  6. Video Review Honda CBR1000RR SP Fire Blade – Yuk Lihat Dan Dengar Dari Dekat.. | KobaYogas.COM
  7. Review Helm KYT V2R – Tes Langsung Turing AKAP, Pantes Jadi Best Seller.. | KobaYogas.COM
  8. Inspirasi Modif: Ini Dia Honda CB150 Street Fire Dimodif Jadi Versi Touring..!! | KobaYogas.COM
  9. New CBR250RR 2 Silinder Tricolor Warna Yang Wajib Hadir Nanti Nih… Keren! | KobaYogas.COM
  10. Penampakan Jelas New TVS Apache RTR200, Knalpotnya Unik Banget..! | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..