Nmax

Kobayogas.com – Hola lads, center stand alias standar tengah pada roda dua kadang dianggap sepele fungsinya.. Padahal pada satu kesempatan, perannya sangat vital lads..

Fungsi dari standar tengah itu berguna jika side stand alias standar samping tidak mumpuni lagi ketika sedang digunakan. Efeknya seperti yang KBY alami pada si Frozen alias Yamaha NMax ini lads..

Jadi ketika turing ke Villa di daeah puncak 2 bareng blogger D’Gujubar dan komentator pada hari Sabtu 16 Agustus lalu, rombongan kami yang menyusul agak siangan terpaksa harus beberapa kali berhenti untuk menanyakan arah dan alamat.

Pada satu titik, kami berhenti kembali untuk menanyakan alamat, nah si NMax KBY hentikan di jalan yang agak menurun dan menggunakan standar samping, usaha pertama kurang sukses karena si motor ternyata masih bergerak.

Bukannya langsung ngeh dan menggunakan standar tengah, KBY malah memperbaiki posisi si NMax, ah aman, udah gak gerak pikir KBY..eh belum juga semenit lagi asik ngobrol, tau-tau gubrak, prakkk..!! Waduuhh.. si Frozen ngeguprak lads!

Ternyata NMax bergerak sehingga standar sampingnya jadi terlepas.. bodi kiri atas Frozen menghajar pinggiran teras toko yang terbuat dari ubin, sehingga windshield bagian kiri langsung pecah dan membuat bodi atas pecah dan retak, nasiibbb…Memang standar samping milik NMax tidak terlalu panjang dan bagian bawahnya juga cenderung kecil.

NMax jatuh

Untungnya (masih untung aja) dudukan plat nomor depan yang dari besi mencegah spakbor depan ikut lecet, tapi si besinya jadi bengkok dikit.. dan foot step belakang yang sedang dalam posisi on juga mencegah bodi belakang kiri lecet..

Itulah lads, padahal pada thread modifikasi NMax sebelumnya KBY sempat menjawab pertanyaan komentator, kalau parkir di turunan atau tanjakan lebih baik usaha dikit pakai standar tengah, eeehh diri sendiri malah mengabaikannya .. Jangan abaikan fungsi standar tengah kalau tidak ingin motornya lecet yah lads… Sekarang lagi pesen sama lek aripitstop nih partnya..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

124 KOMENTAR

  1. ealah, jgn krn punya majikan nggak kurang duit, maen jatoh aja si frozen…
    mahal atuh..

    hayah…

  2. Pengalaman yg sama. Kebetulan motor di kosan r15, pas lg di standar samping ternyata blm “klik” pas udah turun dari motor gubrakk

    Untung spion r15 yg panjang kaya antena radio selain bisa buat nyari channel radio jg bisa punya fungsi lain sbg frame slider wkwk

    Alhasil body aman gak ada lecet maupun retak tp spion kiri patah wkwkwk

  3. Kata fby mah kualitas plastik yim jaguar tp kok PECAH/RENGAT cuman krn roboh doang?
    Pantas saja harga motornya murah sih berbanding lurus dg kualitas yg buruk.

    • Baca lagi artikelnya, motor jatuh dan kena pinggir teras toko yg tajam. Jelas aja plastik bisa pecah kena sudut tajam begini, apalagi bobot motor lumayan.

      Pelajaran dari kasus ini:
      1. Masih untung pakai Yamaha, parts murah dan cepat tersedia.
      Coba kalau honda PCX yg pecah, dalam enam bulan bisa pesan dan dapat parts penggantinya gak?
      2. Sama kayak dulu soal motor dan asuransi motor, mang Kobay ngalamin kejadian buruk dari apa yg dikatakan tapi tidak dilakukannya, kan?
      3. Kemarin komentar di blog arie nuduh YIMM membuat dua versi komponen, yg versi ekspor dan versi lokal. Prasangka tapi gak ada bukti bisa dikatakan fitnah. Mungkin ini teguran dari Yang Di Atas.

      Semoga ada hikmahnya buat semua. Terima kasih sudah berbagi dan menyadarkan pembaca agar lebih hati2.

      • Tq vroh…
        Btw kalau memang teguran, harusnya saya ngomong duluan baru kejadian, lha ini udah kejadian mas, gimana tuh itungannya? hehehe..

        Setiap kejadian/ musibah saya tidak menutup mata, mungkin ada kesalahan yang saya perbuat tapi saya cukup yakin gada korelasinya dengan parts YIMM :).

        Lalu, apakah saya menstate alias menyebutkan YIMM membuat dua versi parts/ komponen disana? Tidak, saya bilang beda kualitas, saya bilang beda QC.. makanya karena pada gak percaya saya ajak ketemuan sama orang QC yang biasa misah misahin parts untuk ekspor hehehe… biar orangnya yang cerita langsung, seeing is believing toh kekekeke…

      • Oia mumpung inget nambahin, sebenernya komen itu kebetulan aja judulnya ada ekspor, inti komen saya sbnrnya gak menunjuk ke Yamaha thok, tapi secara general, bisa gak kita beli produk untuk ekspor? Karena sbnrnya emang pengen beli yang kualitas ekspor kalau bisa dibeli. Sayangnya gak bisa.. udah itu thok…
        Sayangnya lagi, pada salah paham semua, melebar kemana mana.. kekekeke.
        Meski cuma ke Filipina, Honda Beat juga ikut diekspor, cuma ay emang gak tertarik beli Beat, makanya di artikel yang saya buat gak bilang tertarik buat beli/ pilih yang ekspor…

  4. Turut berduka Mang Kobay … si Frozen udeh minta jajan
    Btw : terlepas memang kejadian tsb adalah musibah, tapi itu part bisa sampai retak/ pecah begitu apakah memang keras benturan/ jatuhnya atau memang kualitas atawa kekuatan plastiknya yang ringkih yah … Mang Kobay pasti bisa investigasi

  5. Itulah untungnya jadi orang Indonesia…… walaupun kena musibah masih tetap ada kata2 ‘untungnya’….
    untungnya lagi yang jatuh si Frozen…. coba yang jatuh satunya lagi…… bisa nangis enam bulan bang Kobay ….. orang yang made in dalam negeri aja spare partnya banyak yang nggak ready….harus nunggu 3 bulan……

  6. gak pake rem parkir? klo motor si vario pas parkir kayak gitu pake rem parkir jadi gak pernah ndlosor

  7. Baru kemaren kita bahas soal parking brake lock, soal standar tengah……
    kagak taunya besoknya itu eN Mex terjun bebas…
    😯

  8. lagian bandel sihhhhh. kasusnya kayak mr. arantan dulu kayaknya. tapi dia cuma hampir jatuh. tanjakan is a no no for side stand. hahahaha. poles dah pake sanpoly. eh tapi retak yak. dempul dah….beneran dah pasti langsung nyonya gak terima lagi si frozen tuker sama pcx

  9. Fungsi standar Tengah banyak mang… Tambahin satu ya, buat warning kalau cornering nya sudah mendekati lean angle maksimum. ?

  10. eleeuuh projen geus ngagoler. cangkeul mereun kang 😀 tp jadi boga battle scar hehe.
    setang lurus keneh teu?
    #rejekimangari 😀

  11. btw sendal eh standar tengah juga buat isi bensin biar bisa full rata sampe bibir tutup tangki tp ngga tumpeh2

  12. ane punya ide buat pabrikan .. coba bikin fitur yang kalo motor jatuh, bisa bangun sendiri dia …
    dah gitu aja ..

  13. turut prihatin musibahnya Nmax, Pabrikan Motor perlu nya kwalitas Standar Samping harfus lebih kuat dan tidak gapang meleset bila di stadrkan, apa lagi N Max lebih berat jadi di standar samping akan mudah turun karena bebanya, Bung Kobar perlu juga rem depan dalam keadaan mengerem bila dsistandarkan untuk waktu berlama lama agar motor tertahan.

  14. motor gw kan gak ada standar tengah, motor kopling, kalo parkir turunan cuma masukin gigi 1, aman gak ya?

  15. Kutukan pcx tu om,rasaken aiahaia..btw dgn ukuran body segambot itu compare dgn pcx pas std tengah or samping mana yg lbh keliatan safety om?dsini blm prnh liat dri dkt nmaxnya.
    pgalman di mio j,itu std tengahnya trksn agak ringkih n pendek n agak susah kl mw tgakin std tgahnya.

  16. kalau diparkir standar samping turunan yaa gituu gak memandang merk
    itu namanya musibah

    positifnya kaca headlamp nmax kuatt yaa ..
    hhheheh

    gagal fokus any question bang kobay ????
    hhahaha

  17. Temen saya Nmax nya baru ambruk Gan.. sampe nyari di CCTV siapa pelakunya. Pas dicari-cari ternyata gada pelaku, alias Jatuh sendiri, malu deh dia jadinya.
    Saya sindir..nyadar body dong..mana cicilan belum lunas…hehehe
    Udah gitu saya googling betul ga sih standar samping Nmax rawan ambruk, ternyata bahasannya dari taun dulu udah banyak kasus ya..?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..