CBR

Komparasi Singkat Yamaha NMax Non ABS vs New Honda PCX Dari Sudut Pandang Wanita

Yamaha NMax vs New PCX

Kobayogas.com – Salam geber lads, meski tidak semua wanita pandai menilai dengan detail hal yang berbau otomotif, namun tidak ada salahnya kita mengetahui pendapat awamnya akan komparasi dari Yamaha NMax Non ABS vs New Honda PCX kali ini…

Yamaha NMax non ABS yang ada di garasi memang sudah KBY gunakan beberapa hari sebelum mudik, nah yang punya, Nyonya malah belum hehe. Kebetulan kembali ke Jakarta hari masih cukup siang, jadi dirinya langsung ke garasi guna melihat si Frozen.

Sekalian saja KBY minta tes singkat keduanya, karena ada pelataran sekitar 100 meter di luar pagar. Yang paling banyak KBY minta adalah mencoba si Yamaha NMax non ABS, agar feelingnya dapat, sementara si New PCX hanya sekedar sesi foto-foto saja. Kesempatan terjauh Nyonya mencoba si NMax sudah dilakukan ketika mengantar si sulung sekolah dengan jarak Β± 2 km.

Lads tentu sudah membaca baik KEKURANGAN YAMAHA NMAX Non ABS maupun KELEBIHAN/ KEUNGGULAN YAMAHA NMAX Non ABS versi Kobayogas.com di artikel lampau..

Jadi, apa kata wanita tentang perbedaan antara Yamaha NMax seharga Rp. 23.5 juta vs New Honda PCX seharga Rp. 39.8 juta (semua harga per 2015) ? Mana yang lebih dipilihnya? Apa alasannya?

Yamaha NMax Non ABS

DESAIN

Menurut Nyonya, Yamaha NMax terlihat ramping, efek motor/ skutik gedenya kurang dapat. Besar di belakang mengecil di depan. Sementara New Honda PCX dari depan ke belakang porsinya merata. Efek skutik maxi nya secara visual juga dapat.

Singkatnya, Nyonya menyimpulkan kalau New Honda PCX sosok mewah dan elegannya dapat dibandingkan Yamaha NMax non ABS.

PERFORMA

Nyonya merasa performa keduanya sama saja.. lah? Tapi ketika ditanya tarikan awal, dirinya memilih lebih responsif Yamaha NMax dibanding New Honda PCX. Tapi kalau sudah jalan katanya sih sama saja wkwkwkw..

Sementara ketika ditanya pengereman, lagi lagi dia bingung jawabanya, ah perasaan sama aja..jawabnya wkwkwkwk.. Tapi setelah berpikir beberapa saat, dirinya menjawab, kayaknya Yamaha NMax deh πŸ˜€

HANDLING

Menurut Nyonya, bicara ringan dari sisi belak belok, putar balik motor dan parkir, Yamaha NMax lebih ringan alias lebih enteng dibandingkan New Honda PCX. Tapi kata dia setangnya NMax terlalu ringan, tidak semantap New PCX. Goleang goleong katanya, alias kayak yang melayang..

Harap dimaklumi karena dirinya terbiasa bawa PCX yang memang bobot setanya lebih ‘berisi’ ditambah ban depan kan juga naik ukurannya jadi 100 hehe..

KENYAMANAN dan ERGONOMI

Bicara kenyamanan, Nyonya dengan yakin menjawab New Honda PCX pemenangnya. Dia bilang, Yamaha NMax non ABS suspensinya keras.. Loh, padahal si New PCX juga kurang lebih sama, kan sudah pakai shock YSS G Euro. Ya pokoknya kerasa mentul-mentulnya katanya.

Posisi duduk alias ergonomi juga Nyonya memilih New Honda PCX, dia bilang kontur/ lekukan joknya pas, sementara si Yamaha NMax agak kepanjangan di depan. Namun bicara keempukan busa, Nyonya menjawab keduanya sama empuknya.

Ketika harus menurunkan kedua kaki, baik berhenti atau mundur, atau putar balik, Nyonya merasa kurang nyaman dengan desain sisi bodi Yamaha NMax yang menonjol dan menurutnya mengganggu dan mengganjal kedua paha. Dia harus maju sedikit agar pahanya tidak terganggu tonjolan tersebut.

Sementara ketinggiannya, Nyonya merasa lebih tinggi Yamaha NMax non ABS, memang secara spesifikasi seat height NMax lebih tinggi dari New Honda PCX, tapi dari sisi itu Nyonya merasa tidak terlalu signifikan, yang terasa katanya karena si NMax lebih lebar, jadi kaki pun dipaksa terbuka lebih lebar, efeknya lebih jinjit..tuturnya.

Nmax sedikit lebih tinggi dari PCX
Nmax sedikit lebih tinggi dari PCX

Nyonya juga merasa lebih nyaman membawa New Honda PCX karena karakternya yang tenang dan hening, sementara Yamaha NMax karakternya memang kasar, seperti orang yang tidak sabaran hehe..

Sebagai boncenger, Nyonya merasa keempukan busa jok dan posisi duduknya sama saja, tapi dari sisi kaki, lebih nyaman New Honda PCX dibandingkan Yamaha NMax non ABS ini karena si PCX foot stepnya lebih lebar plus ada dudukan belakang untuk tumit, sementara NMax lebih ramping.

foot step Yamaha NMax Non ABS
bentuknya mungil dan ramping

Kok gada fitur Yamaha NMax non ABS vs New Honda PCX yang dibahas kang? Lahh cewe mah gak mikir gituan, KBY juga tidak mau membebani dengan pertanyaan yang teknikal. Yang umum saja, secara visual, secara kenyamanan dan secara performa.. cukup hehe.

baca juga: Komparasi Yamaha NMax vs Honda PCX Part I dan Part II

THE VERDICT

Jadi mana yang dipilih oleh wanita dalam hal ini Nyonya? Dia bilang, tukeran yah say, aku pake New Honda PCX, Papi pake Yamaha NMax non ABS aja.. Well…Sepertinya kalimat tersebut sudah sangat menjawab yah? Hehe..

Tentu ini adalah pendapat dari satu wanita, yang kebetulan sudah mencoba keduanya, so tidak bisa digeneralisasikan sih.. ke depannya rencana mau kumpulin beberapa rider wanita, teman kantor, untuk membandingkan secara singkat feeling dari Yamaha NMax non ABS vs New Honda PCX.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3297 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

109 Comments

  1. karna saya gak punya motor keduanya jadi saya hanya bisa bilang “eeehhhmmm…” πŸ˜€

  2. entah kenapa meskipun nmax bagus looknya, tapi seneng tetep ke pcx. elegannya gak bisa dikalahin nmax euy

    • @anggiwirza:
      nah, ane sependapat sama ente gan…

      Nmax emang sporty, namun untuk kelas skutik ane lebih demen yang elegan..

      secara desain emang PCX lebih ‘wah’ menurut ane…
      Nmax menang di value serta performa , dan itu yang merupakan nilai jualnya πŸ˜€

  3. Ini mah ibarat nanyain boncenger lebih nyaman dibonceng R15 atau CBR150R, sudah jelas jawabannya.

    Dan kalau yg ditanya ridernya, jawabannya akan terbalik. hahaha.

    • Komparasi yang tidak sebanding, terutama di soal waktu dan kebiasaan.

      Nyonya sudah pakai PCX beberapa bulan dan nganter anak segala. NMAX cuma dadakan dicoba di halaman saat itu. Jelas bakalan terasa lebih enak di kendaraan yang sudah terbiasa.

      Kalau mau fair, nyonya disuruh dulu bawa NMAX juga beberapa bulan. Baru akan ketahuan kalau soal mesin, rem, dan keseimbangan saat melaju jauh lebih unggul dari PCX. Apalagi harganya. πŸ˜€

  4. ABS tuh biar lebih oke dibanding CBS fitur overkill gak kepake begitu juga soal mesin mending suspensi dan handling yg bagus lebih kepake sama bagasi gede….

  5. Ane mah tetep nmax aje dah. Hwehwehwe.
    Wong harga cuma separoh, plus minus juga tergantung orang.
    Yang satu elegannya european style, yang satu asian style. Point2 yang lain juga bisa berubah kalo kesentuh modifikasi. Hwehwehwe.

  6. Kok di bagian boncenger beda yah om sama temen-temenku kalo aku bonceng. Katanya capek lah, ngangkang lah, wahahahaha. Tapi kalo dilihat posisi footstep belakang PCX kejauhan, kalo NMax buat kaki pendek okelah πŸ˜€

  7. Jangan terlalu banyak komparasi pcx dgan nmax om ntar kebaca divisi pabrikan sebelah langsung d ckd kan
    πŸ˜€

  8. pinter si nyonyah, lebih tinggi gengsinya naek pcx. udah nyaman trus langka gak sebanyak nmax di jalan hahaha . di sini udah hampir jadi motor seribu umat. tapi memang sih, pernah ketemu punya tetangga sama di pom bensin, nggak sehening pcx.

  9. saya sih dukung pcx…soalnya udah punya…klo nmax pikir2 lagi buat beli…bukan selera ane..xixixi

  10. Ya jelas smua akan bilang mantab pcx krn memang nyatanya bgtu, pcx moge look dapat, fitur asesoris juga dapat.

  11. Mau cerita dikit.. Ane juga pengen nmax cm kemungkinan besar prososal ke cwe ane di tolak karena cewe ane termasuk fans honda.

    Cwe ane (insya allah bentar lg jadi istri) d tunjukin nmax pas ketemu d jalan
    * Jawaban pertama: engga lah kegedean ga cocok buat cewe.. Hmm bener prediksi awal ane ybs langsung menolak
    * Beberapa hari kemudian nemu lg nmax dan ane nanya lg.. Jawaban: engga ah rawan takut kena begal. Gagal maning
    * setelah beberapa lama mungkin ybs terus perhatiin nmax.. Dan pas kebetulan ada ibu2 pake nmax d lampu merah.. Ane bilang, tuh ibu2 pake nmax.. Ybs jawab bagus yah, ya udh jual jual beat kamu (beat saya) sama jual vario aku (vario dia) buat depe.. Tp ntar kalo udah nikah.
    Yesss berhasil, jadi ane bisa minjem wkwkw..

  12. Karena punyanya nmax ya ga bisa bandingin.
    Om Kobay, kalo tanjakan apa memang berat ya.
    Kok punya saya begitu,apa karena masih under 1000km.
    eheheh.
    Klo datar sih ga kerasa, tahu2 sudah 90km/jam.

    • om…. udah cobain dibonceng blom pake nmax? enak banget loh apalagi udah ganti shockbreaker hahaha… memang bener om nmax tuh diciptakan kayanya buat geber2an Hahahahaha tenaganya gede dan nyentak… apalagi kalo VVA nya aktid beuhh gila ada terossss tenaganya ga abis2

      • udah, tapi itu akan saya bahas di bagian saya, ini kan bagian Nyonya wkwkwkkw…
        Nahh betul, sepertinya kata yang tepat adalah nyentak, bukan kasar … sipppp

  13. wanita lebih mikir ke perasaan.

    secara bawa motor,

    wanita lebih tua ,lebih sreg ke gaya honda yg adem ayem bawaanya, makanya lebih banyak pake honda

    tunggu forza 125 ala ahm dilokalken aja ,

  14. karakter handling & kenyamanan motor komparasi dr pemakaian motor merek sayap kepak, geng ijo, garputala suzuki blom pnah punya,..sayap kepak faham betul ttg segitiga ergonomi dr letak footstep,tinggi setang dan ktinggian jok. tuk eropa ama asia..lanjut k geng ijo, ergonomi rada nunduk tp ga bikin cape kala dpake lama. garputala urutan k3 dalam urusan ergonomi, pake bentar apalagi lama, badan lsg tepar..

  15. Wajar pilihan pcx kang secara wanita sesuatu yg membuat nyaman…dan honda adalah kenyamanan yamaha adalah kecepatan hahah

  16. kesimpulannya pcx menang dari segala sisi. kecuali harga.. parah… nih yamaha,,,

    mesin vva? boleh lah tapi hilangin dulu getaran yg menyebar ke stang

  17. sayang seribu sayang harga pcx blom di lokalin,,
    tapi the hell with that,, yg penting cbr 250 2 silinder dan new ninja 250

  18. Nyonya masih muda ya Om jiwanya….pas difoto miying2 gayanya πŸ˜€
    masih unggul PCX berarti ya?

  19. “ke depannya rencana mau kumpulin beberapa rider wanita, teman kantor”
    terdengar seperti modus.wkwkwkwk…

  20. ndoro pada 28/07/2015 pukul 19:47
    Komparasi yang tidak sebanding, terutama di soal waktu dan kebiasaan.

    Nyonya sudah pakai PCX beberapa bulan dan nganter anak segala. NMAX cuma dadakan dicoba di halaman saat itu. Jelas bakalan terasa lebih enak di kendaraan yang sudah terbiasa.

    Kalau mau fair, nyonya disuruh dulu bawa NMAX juga beberapa bulan. Baru akan ketahuan kalau soal mesin, rem, dan keseimbangan saat melaju jauh lebih unggul dari PCX. Apalagi harganya. πŸ˜€

    Setuju dengan pndapat ente bro. Hal ini berlaku ketika kakak ipar saya sdh punya beat fi dan sdh digunakannya setiap hari, kemudian dia membelikan mio m3 untk anaknya kesekolah. Kesan pertama, kakk ipar sy yang sdh lama bawa beat, mngatakan lbh enak bawa beat kmn2, yaituh dia krn sdh terbiasa. Tetapi ketika dia mulai sering mnggunakan beat anaknya, dia mulai brpaling dan mgatakan, kok lama2 enakan mnggunakan Mio m3 ya. Maaf ini bkn mngada2, tapi knyataan… heheeehe

  21. Saya dan istri udah test ride NMax ABS punya tetangga sebelah rumah seharian.
    Istri langsung suka, tapi katanya Vario ISS-nya jangan dijual, krn lebih enak belanja pake Vario yg deknya rata.

    Saya juga heran stabilitasnya di 80 km/h masih bagus, padahal kalo pake Vario punya istri, saya cuma berani 70 km/h (krn udah goyang). Dan akselerasi si NMax ini woww.

    Cuma suspensinya si NMax ini keras, nanti kalo beli saya ganti shock absorber belakangnya, lagi cari2 review shock yg paling cocok.

    Sebenernya lebih sreg PCX yg lebih smooth, tapi sayang buat ngeluarin budgetnya.

  22. kalo cwek mah sukanya motor yg ringan, lincah, gesit, nyaman, empuk..
    kalo anu yg besar, keras, tapi rnak dan nyaman jg wkwkwkwkkw

  23. no offense ya om.. beberapa kali liat nmax dijalan.. muka wagu, buritan lucu.. ga ada kesan mewah sama sekali.. beda sama di foto..
    entah kenapa kalo pcx kesannya selalu matic mahal mewah, keren pokoknya.. sy melongo kalo liat pcx dijalan..

    • Gak lah om, kalau desain mah selera meski mmg harus saya akui kalau desain NMax padu padannya masih agak kurang, krn depan sudah sporty tp belakang malah dibuat elegan ala selera eropa.

      Tp buat saya sih msh bisa diterima lah hehe…

  24. gimana yak mang, tiap kali dijalan liat Nmax lewat ga se “wah” PCX yang lewat. Waktu ke Plaza Toyota juga ada yang parkir Nmax dan PCX rendengan, tapi tetep lebih ngelirik ke PCX.

  25. 49. hurt – 30/07/2015
    no offense ya om.. beberapa kali liat nmax dijalan.. muka wagu, buritan lucu.. ga ada kesan mewah sama sekali.. beda sama di foto..
    entah kenapa kalo pcx kesannya selalu matic mahal mewah, keren pokoknya.. sy melongo kalo liat pcx dijalan..
    —————————————–

    pcx memang terlihat lebih gede terutama di moncong dpn,, jadi ketika kita berpas pas an,, terlihat, wah..
    material pcx lebih superior. begitu pula laju nya smooth nyaman ala mercy kata sales nya,,
    tapi walau begitu, desain pcx kurang proposional dan terkesan aneh,,,,
    disiisi lain desain nmax terlihat kompact tapi tetap sporty terutama bagian dpn nya,..
    material n max bagian handle bar memang bikin aku geleng2 chinese quality bgt.., itu semua terobati dgn kemewahan headlam dan led nya,,,suspensi super keras, dan stang getar menjadi fitur utama n max,
    vva itulah senjata n max dan tentu nya harga nya.
    laju nya bagaikan kuda liar yg siap melaju ketika kita pecut…
    seolah olah tidak ada kondisi laju idle,,, mengingatkan ku pada 200 ns yg selalu meraung raung dan minta di cambuk utk mengaum2

  26. soal body, iya, lebih prefer ke pcx, tapi soal fitur2, kaki2, rem, engine, price? kayaknya ga usah di jelasin lagi πŸ™‚

  27. Kalo PCX bonceng anak didepan gimana kakinya dibawah atau dinaikin ketengah bang? sempit apa enggak? enakan posisi nya nmax atau pcx kalo bonceng depan? thanks

    • dia duduk di dek kalau pcx karena si bungsu merasa enak daripada NMax. Naek NMax dia ga mau di bawah, duduknya di jok, gak enak kerendahan katanya..

      Kakinya di bawah jadi kadang gw yang naek ke atas kwkwkwk

  28. Wkkwkwkkw gw mah nmax aja aksesorisnya lebih nyahoy sidebox, spion r25,spion mobil,wsnya,saklar vixion/pulsar ada kenangannya tersendiri emang…

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. Apa Komentar Para Wanita Ini Tentang Yamaha NMax.. [Photo Gallery] | KobaYogas.COM
  2. Yamaha NMax Non ABS 155 VVA versus Honda New PCX 150 eSP.. Which One Is Better? | KobaYogas.COM
  3. New Honda PCX Di Mata Para Wanita..Kompak Berkata Lebih Elegan dan Mewah | KobaYogas.COM
  4. New Honda PCX 2016, Warna Baru dan Fitur Baru Smart Key System Bikin Ngiler.. | KobaYogas.COM
  5. Perbedaan Lampu Sein Yamaha NMax Smoke vs New Honda PCX Standar | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..