image

Kobayogas.com – Hola lads…Honda pernah memiliki masa kejayaan luar biasa bersama mesin 2 tak ya, masih ingat kehebatan Honda NSR 500 besutan Mick Doohan dulu?

Tring.. FB messenger berbunyi jam 6 pagi, sayangnya KBY masih tidur wkwkwk..ternyata ada pesan berupa link dari bro Lutfi Armanto.. Wah suwun ya bro.. Apa sih link tersebut? Wahhh basi deh nih berita wkwkwkwkw.. Yasudahlah, yang penting pesannya sampe ke pengunjung blog.

Well..ternyata link tersebut berisi artikel milik morebikes.co.uk yang isinya mereka mendapatkan bocoran bahwa Honda terungkap sedang asik mengulik mesin 2 tak terbarunya..

Mesin 2 tak? Gak salah? Bukannya era mesin tersebut sudah dilupakan beramai-ramai oleh pabrikan dunia dan move on ke teknologi 4 tak yang lebih ramah lingkungan?

Dilupakan 100% sih tidak, buktinya Aprilia RS125 dan beberapa mesin jetski serta motorboat masih memproduksi dan memanfaatkan teknologi tersebut..

Nah, Morebikes menyebutkan kalau kembalinya mesin dua tak dari Honda adalah proyek rahasia Honda!! Morebikes.co.uk bahkan sampai menyertakan desain dari prototype mesin 2 tak baru yang lebih ramah lingkungan namun tetap powerful (mungkin ya karena KBY juga gak paham banget soal jeroan mesin).

Tapi intinya adalah, jika benar Honda sedang mengerjakan proyek yang disebut rahasia ini, ya sangat menarik.. Mesin 2 tak itu cenderung simple tapi outputnya dahsyat.. Soal emisi? Bisi diatur tapi memang gakan murah juga lads..

Menarik sih menanti apa gebrakan Honda terhadap perkembangan mesin 2 tak terkini ini.. Honda NSR 500 reborn? Bukan hal yang tidak mungkin lads…

mungkin gak ya nongol yang 250 cc nya lagi..
mungkin gak ya nongol yang 250 cc nya lagi..

Test Ride Honda NSR 250 MC28 – Jambakannya memang luar biadab!

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

33 KOMENTAR

  1. Lihat konstruksinya koq unik ya kang, kenapa pake klep di cylinder head kayak 4 tak, tapi ada jalur intake seperti reed valve di crankcase, bentuk crankshaft juga aneh, mesin apa ini?

    • mungkin ya (mungkin loh) itu klep gunanya untuk menutupi kelemahan 2 tak, yakni perlu back pressure dari exhaust system (dalam hal ini knalpot) yg mana bentuk tembolok knalpot 2tak SANGAT mempengaruhi performa/output mesin. Berbeda dengan 4tak yg sebenarnya tidak perlu back pressure (saya tdk tahu teori darimana yg (mayoritas mekanik indo) mengatakan 4tak butuh back pressure sehingga knalpot racing akan menghasilkan power jauh lebih baik daripada std (padahal power naik sedikit dan itu pun karena lebih free flow, bukan dari back pressure).

      jadi di sistem 2tak (IMHO) back pressure dibutuhkan supaya campuran bbm-udara yg baru tidak terbuang percuma (animasi bisa lihat di wikipedia). lain cerita kalau exhaustnya pakai katup seperti ini, tinggal set timingnya maka kemungkinan campuran bbm-udara baru tidak akan / minim yg terbuang.

      cmiiw, just my 2cent

  2. Itu paling cm proyek isengX honda az mas, sm ky kasus NSR 500-V2 sm Mobil Honda HSV 010-GT, yg ujung2 cm bakal masuk museum az tanpa prnh msuk jalur produksi n merasakan aspal jalan raya, apalagi dr dlu sejarahX honda paling benci sm mesin 2-tak wlwpn prnh juara diarena granprix pake jenis mesin trsebut

    • Bisa jadi juga kok proyek iseng, tp lsg dipatenkan krn biar gak dicuri pabrikan lain idenya…
      Kalau suatu saat ada perkembangan tinggal diteruskan..

  3. 2 tak generasi baru kalo jadi tu juga. Kalo mau lebih edan, bisa bangkitin lagi jaman mesin rotari.

  4. Dgn klep buang, kompresi bisa meningkat. Lubang buang bisa tertutup saat piston bergerak ke atas. Dan bahan bakar baru tdk terbilas ke pembuangan. Intinya efisiensi dan pengurangan emisi semakin baik.

    Hanya saja kalo mau lbh perfect, pake system Direct Injection, itu bener2 efisien, krn bensin disemprot saat semua lubang tertutup dan mendekati pengapian, emisi turun, knocking sangat terkontrol, kompresi bisa dinaikkan lagi.

    Lebih edan lagi tambahin supercharger. CC kecil, tenaga badak, efisiensi meningkat. Tapi daya tahan entahlah…

  5. Kurang satu nih, motor dengan rotary engine kapan?
    Bisa2 500cc bertenaga 160-170hp rpm sampai 20rb hehehehe

    • Kalau untuk kasus show off bisa sih, soalnya di mobil aja Mazda akhirnya nyerah akan perkembangannya rotari. Susah ngakalin emisi dan efisiensi bbmnya

  6. Sepertinya ingin mengembangkan mesin 2tak injeksi, lihat fig.1 no. 74.
    Mungkin bisa ramah lingkungan

  7. Valve pembuangan ambil dari diesel 2T, direct injection tapi pas sudah -/+ TMB (injeksinya di bawah), masih pake “supercharge” by crankase.

    klo diesel 2T, peran “charge” dari crankase di ganti ama supercharge atau turbocharge atau 2-2nya, jadi udara segar gak masuk crankase.

    Ducati sekarang pake “charge” dari tekanan balik gas buang, mungkin jika 2T DI tetap pake knalpot berperut.

    isu HONDA CR 2T DI : http://www.dirtrider.com/features/spy-guy-2015-honda-cr250r-direct-inject-two-stroke

  8. Apakah kembali ke rotary ? atau masih bertahan dengan reed valve ? patut ditunggu nih, padahal salah satu issue kenapa 2-tak udah mulai ditinggalin karena tidak ramah lingkungan 🙂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.