Yamaha Grand Filano
Yamaha Grand Filano

Kobayogas.com – Hola lads… Yamaha ternyata tertarik juga untuk memasukkan skutik bergaya retro selain Fino, Yamaha Grand Filano ke Indonesia masuk secara CBU.. melihat animo publik?

KBY pribadi sudah pernah melihat skutik bergaya retro ala Vespa Italiano tersebut ketika bertandang ke negeri Gajah Putih alias Thailand tahun lalu. Saat itu sang Yamaha Grand Filano sedang berada di parkiran, karena desainnya yang menarik, KBY abadikan meski harus kena tegur tukang parkir setempat wkwkwk…

Filano bergaya Italiano
Filano bergaya Italiano

Yamaha Grand Filano alias Nozza Grande yang KBY abadikan memang model lawas, bagian buritan terutama model lampunya ala tear drop seperti pada Honda Scoopy..sementara Yamaha Grand Filano yang terbaru, model stop lamp nya kini besar mengotak seperti milik Vespa LX namun dengan dimensi lebih besar plus berbekal lampu LED…

Perbedaan lainnya antara Yamaha Grand Filano lama dengan yang baru jika dilihat dari foto adalah, Yamaha Filano lama lampu sein depan agak ke bawah dan cenderung horisontal, sementara yang baru berada ditengah dengan posisi vertikal, kemudian lampu yang lama berbentuk bulat sedangkan yang baru berbentuk pentagonal atau bersudut 5 buah.. Spionnya pun kini melancip tidak bulat lagi.

Dari model dan desainnya sih KBY can not complain, terlihat rapi dan lux.. Yamaha Grand Filano yang memang jelas terinspirasi dari model desain antara Piaggio Liberty dan Vespa LX ini sepertinya layak menjadi alternatif bagi para pencinta desain klasik Piaggio Vespa sekaligus skutik retro..

SPEEDOMETER DIGITAL

Sementara yang lama speedometernya masih menganut analog, mirip dengan Vespa LX juga sih shape-nya, nah Yamaha Grand Filano yang baru ini jadi seperti Vespa Primavera dan Sprint, perpaduan antara analog dan digital.. Namun dari sisi fitur entah apa saja yang ada pada speedometer digital Filano, akankah selengkap MX King?

Saat ini Yamaha Grand Filano dikabarkan akan dimasukkan secara CBU terlebih dahulu, namun tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dibuat secara CKD maupun pure lokal, tentu jika sambutannya sangat baik terhadap skutik ini..

Yamaha mengatakan harga jual Yamaha Grand Filano tidak akan jauh dari Piaggio Liberty, ya kurang lebih ada diantara Rp. 18 juta hingga Rp. 22 juta, sepertinya Yamaha memang mengincar potential buyer dari Liberty nih mengingat ada kesamaan desain juga di sana…

Mereka yang suka dengan desain yang dimiliki Piaggio Vespa tapi masih berpikir akan hal-hal lain seperti biaya perawatan dan kemudahan servis nya, Yamaha Grand Filano dapat menjadi pilihan yang menarik.. Hmm oke juga nih kayaknya sebagai pengganti almarhum si Scoopy FI.. Kudu lihat langsung dulu ahhh…toh harganya juga belum diketahui persis hehe..

Grand Filano ya, hmm...
Grand Filano ya, hmm…

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

39 KOMENTAR

  1. keunggulan vespa adalah brand image

    keunggulan vilano, seperti motor jepang lainnya yaitu daya tahan mesin lebih bagus dari vespa, minim trouble, perawatan mudah…
    tapi naik vespa adalah passion…

    bener gak kang?

    ane mau tanya kang, selama miara primavera sama pcx, troubelnya banyakan yang mana diantara keduanya?

    primavera kan?

    • Hm… vespa memang menuntut penyempurnaan tp kalau sudah dapat loving it so much.
      LXV sy perlu di beresi kampas remnya (vietnam ga ada pakem2nya), shock depan keras shock belakang susah nyari setelan enaknya (keempukan mentok, kekerasan geal geol) akhirnya diberesi di ahli shock (bubut, ganti oli, per dalam dan luar), cvt dredet2 kl kecepatan di bawah 20kmh ganti dengan kampas cvt vespa 250 dan per.
      Setelah semua itu dilakukan ini motor paling nyaman yg pernah sy punya dan naiki. Karakternya tenang, tenaga ada di bawah (bawa penumpang bobot 180 kg krn anak ikut dan harus berhenti di tanjakan, begitu gas dibuka vespa jalan tanpa ngerung2 macam kucing mau kawin di matic jepang)
      Jok empuk lxv dipadu shock modif jalan PP depok – senen (3 jam lebih) ga kerasa panas b*kong.
      Diatas itu termasuk trouble atau tidak ya? Soalnya begitu tetangga nyoba dia beli LXV juga dan PCX nya dianggurin. Hehehehehe

    • iya Vespa adalah passion, sesuatu yang gak bisa kita dapatkan dari skutik jepang.. Vespa juga memiliki karakter khas tersendiri yang hanya yang sudah pernah memiliki saja yang tau.. karena susah dijelasin juga sih kwkwkwkwk…

      Wah Primavera mah manjanya minta ampun, baru sebulan punya juga udah ada ina inu nya wkkwkwkwk….maklum batch 1..
      PCX no trouble at all…and i meant it.

      • Yg agak menggelitik daya tahan mesin motor jepang lebih bagus dari vespa, ga tau juga nih mungkin tergantung perawatan, skywave saya masih tokcer loh tiap 2 tahun saya service besar (turun mesin, ganti klep dll) tapi body memang tidak tertolong what you expect from plastic reliability, plus beberapa kali ndlosor itu motor.
        Vespa ini juga akan diperlakukan sama, jadi mestinya awet2 saja mesinnya. Tapi kl ngomongin body ayolah body motor jepang 10-20 th lagi vs vespa yg bisa di ketok magic dan cat ulang bakal awet mana? Jawabannya sudah jelas….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini