Vixion Advance MotoGP samping

Kobayogas.com – Hola lads.. Selamat..! Akhirnya secara resmi Yamaha New Vixion Advance (NVA) telah diperkenalkan kepada khalayak pada hari ini, apa saja sih sebenarnya yang baru?

Menurut info dari oto.detik terdapat 7 items baru yang menempel pada New Vixion Advance ini, apa saja kah? Catat ya..

  • desain lampu utama yang baru
  • rear fender lebih pendek
  • new gold cover crank case
  • standar emisi Euro3
  • cool under cowl
  • double layer air scoop
  • serta emblem New V-Ixion 3D.

Berita baiknya, semua 7 items baru yang menempel pada New Vixion Advance tersebut hanya dihargai lebih mahal Rp. 200,000 saja dari model yang lawas menjadi Rp. 24,250,000, sementara versi livery Movistar motoGP hanya lebih mahal Rp. 400,000 menjadi Rp. 24,650,000 saja… Cool no?

POWER TETAP DIMENSI BERUBAH

Kabar baik lainnya adalah meskipun sudah mengusung emisi euro 3 dan tambahan penyekat catalytic converter, dikabarkan power New Vixion Advance baru tetap tidak ada penurunan. Tenaganya yakni 12,2 kW (16,59 PS) pada 8000 rpm dan memiliki torsi 14,50 Nm pada 7500 rpm.

Namun ada sedikit perubahan pada dimensi New Vixion Advance ini, yaitu P x L x T (1925mm x 720mm x 1030mm) sedangkan New Vixion Lightning memiliki ukuran (2010mm x 720mm x 1030mm). Dengan panjang keseluruhan lebih pendek diharapkan dapat lebih lincah bermanuver dibanding versi lawasnya.

Konon revisi dilakukan berdasarkan masukan para konsumen yang menyukai handling lebih agresif. Sementara itu berat isi New Vixion Advance adalah 131 kg sementara New Vixion Lightning 129 kg. Perbedaan berat sebanyak 2 kg ini dikarenakan beberapa penambahan part seperti yang telah disebutkan di atas, a.l: undercowl dan catalytic converter yang lebih advance..

RAJA JALANAN SEJATI

Bagi Yamaha, New Vixion series termasuk si Advance yang fresh ini merupakan raja jalanan sejati.. mengapa demikian?

“Motor ini memang didesain sebagai motor untuk komuter maupun untuk penggemar perjalanan turing. Sehingga, performa mesin, daya tahan, hingga handlingnya sangat cocok untuk mereka yang menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari,” tutur Vice President Director Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti di sela peluncuran Yamaha New V-Ixion di Serpong, Tangerang, Rabu (20/5/2015).

Selain itu sejak peluncurannya pada tahun 2007 silam, penjualan Vixion telah tembus sebanyak 2,5 Juta Unit dalam 8 Tahun!! Catatan manis tersebut sekaligus mengukuhkan dominasinya sebagai motor sport standard dengan market share tertinggi 61 %. Bukti sahih juga telah diterima oleh sang Vixion series.. yakni Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA), Indonesia Best Brand Award (IBBA), Top Brand Award dan Otomotif Award.  Teranyar, New V-Ixion Lightning dianugerahi Otomotif Award sebagai Best High Sport Naked 150cc…..

PERSINGGAHAN SEBELUM DOHC?

Kabar munculnya Honda CB150 major change tentulah sudah terdengar hingga jejeran petinggi Yamaha, dan menurut KBY, Yamaha New Vixion Advance adalah jawabannya (sementara).. Dalam mengamankan dominasi serta hegemoni sang penguasa sport kelas 150 cc, kehadiran sang Advance memang sekedar memperkukuh tahta eksistensinya, sementara rencana terbesar dari klan tersukses Yamaha Indonesia ini pasti akan ada..

Skemanya kurang lebih seperti ini, ketika Honda CB150 Major Change nongol dan ternyata mendapatkan animo luar biasa, akan ada 2 hal yang dapat dilakukan pabrikan berlambang garpu tala ini.. Yang pertama, melihat sejauh mana sang nemesis menggerogoti kue New Vixion Advance..jika membahayakan maka Big Bang Idea yakni mesin DOHC 6 Speed sudah saatnya diperkenalkan..

Yang kedua, gak pake menunggu waktu lama..begitu Honda CB150 Major Change diperkenalkan, mungkin 1-2 minggu kemudian Yamaha segera memperkenalkan varian baru dari New Vixion Advance.. mesin DOHC 6 Speed!! Skema ini relatif aman terhadap reaksi konsumen jika Yamaha hanya memberikan varian baru dalam bentuk mesin.. tapi kalau sampai desainnya juga berubah..hmmm entah bagaimana reaksi pencintanya 🙂

cewe yamaha

Baca juga artikel lainnya lads…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com

80 KOMENTAR

    • “Skema ini relatif aman terhadap reaksi konsumen jika Yamaha hanya memberikan varian baru dalam bentuk mesin”

      sp bilang.. justru blunder
      pembeli motor batangan awarnessnya lebih gede lah dibanding matic. mereka gak cm beli desain, tp jg mesin
      belum 4 tahun, apalagi cm 1-2 minggu stlh cb facelift launch mesin diganti, mau diapakan konsumennya yg beli

    • Pelintir akh
      Inikan artikel penggiringan, biar orang nahan beli NVA,, 😀 BC terselubung kah??? Cuma kobayogas dan majikan yang tahu 😀

      • Wehehehe Mas Kobayogas jeli juga nih.
        Infonya hampir akurat sama bocoran yang saya punya. kalau Minor Change NVL yang ini cuma decoy buat ngelabuin Major Change CBSF, Yamaha lagi menunggu, begitu habis Lebaran Major Change CBSF diliris beberapa bulan kemudian digebuk balik pakai Major Change Vixion (All New).
        Perlu dicatat! Disegment sport Yamaha sangat lihai, serius dan berpengalaman, tentunya tdk main-main dikelas sport.
        Ingat-ingat gimana sewaktu launching old CBSF dikelabui oleh Vixion dan NVL, strategi Yamaha akan serupa dan kali ini lebih dasyat. Bisa dibayangkan Juli atau Agustus nanti Major Change CBSF dilaunching, saat peluru Honda sudah keluar dan beberapa bulan kemudian dibomm oleh Yamaha. #bookmark komentar saya hhehe

  1. belum om….
    kalo mo iye,…paling nunggu umur r15 2 tahun……
    jadi sekalian bareng…
    rasanya g mungkin kalo si naked doloan dohc ketimbang yg versi SF_nya…
    BTW…
    ane kok lebih ngarep ini si vixie tetep soch (secara ini naked komuter lho…) tapi mengadopsi VVA adiknya yg matic dari pada jadi doch….jargon irit bertenaga jadi tetep mengena (sekali lagi komuter, bukan mo balap)…

      • Setuju kang, vixie tetep spek sama, update vva aja, cukup buat komuter mah. Yg DOHC buat MT15 ma R15v3, menyasar ke life style.

      • Kemungkinan kearah situ ada benarnya, sementara Vixion tetap SOHC plus vva, namuan ada tipe terbaru sport 150 cc Yamaha lainnya.
        Ini yang harus diwaspadai disegment sport.
        Catat rivalitas sport Honda AHM dan Yamaha YIMM!
        Honda AHM bisa ngamuk dan Yamaha YIMM akan lebih memainkan “emosi” Honda, biarkan Honda ngamuk sejadinya, saat kalap malah akan semakin mudah dibomm oleh Yamaha.

  2. Utk Vixion engine DOHC kyknya msih 1 thn lg kang, paling cepet ya menjelang akhir thn 2015 ini ato sekitarn smester 1 thn 2016 nnti..

  3. terlalu cepat kalo yamaha memperkenalkan varian baru dari New Vixion Advance 1-2 minggu setelah mbrojolnya new CB150R, bisa blunder krn 1-2 minggu belom berasa efek dari kehadiran new CB150R.

    paling tidak yamaha harus menunggu 2-3 bulan, utk memastikan apakah VARIAN BARU dari new vixion advance perlu di EKSPOSE ke media (bocoran).

    karena efek ekspose kabar varian baru dari new vixion justru akan menahan potensial buyer new vixion advance itu sendiri.

    prediksi saya di akhir tahun 2015, honda akan melampaui atau menempel ketat market share untuk segmen sport yamaha.

  4. hadir wae lah
    mau SOCH,,DOCH,,TOCH atau bahkan QOCH sekalipun,skarepe Yamaha ae,,

    aku mung bisa nikmatin bonus e yg tumben gak OUCH OUCH
    😀

  5. Sekarang gantian, yamaha yang defense honda yang offense. Harapannya cuma 1. Nanti vixion DOHC rilis pake model MT125. Hwehwehwe.

  6. Sudah ada teknologi VVA di Nmax, apakah ini juga akan dipakai di motor sport 150 cc atau modif engine Nmax jadi engine motor batangan ? Sepertinya Yamaha lebih suka torsi gede, jadi lebih memungkinkan engine Nmax yang dijadikan pengembangan ke depan …

    • Bisa ya bisa gak, feeling ay akan lbh seperti eSP pada Honda yang memang lbh cocok digunakan pada skutik, begitu juga (mungkin) buat VVA pd Yamaha…

      • Bukannya esp sudah dilawan dg bluecore Bung? Masalah bagus yg mana,kl mnrt saya sich responsivenya ttp menang beat dibanding new mio 125.

      • Mksdnya teknologi esp dan bluecore bisa jadi hanya dikembangkan khusus mesin skutik aja, blm tentu cocok utk non skutik.. Walau tdk menutup kemungkinan ..

  7. saia kasih tau nih produsen motor indonesia semuanya pelit teknologi. cuma dikasih teknologi seujung kuku orang sudah senang hebat keren katanya. yamaha masih mending sudah pasang vva bahan forgen piston diasil sylnder honda esp ? apa itu? yamaha blue core? apa itu ? hanya itu saja? itu mainan kecil yamaha dan honda.. mana seamless gearnya?? mana dual cluth nya honda?? tidak perlu cungkil cungkil gear shift bejek kopling 1 detik lebih cepat. dieropa sudah dijual lah indonesia dikasihnya esp sama blue core. ya nasib ya nasib

    • Imo sih om, semuanya disesuaikan dgn harga, misal beat atau vario dikasih dohc, apa gak overkill? Harga jual juga jd ga masuk dan siapa yg mau beli nantinya? Hehhee.. Kalau apa itu ESP om baca2 dulu dah biar afdol…

      Nah kalau misalnya vixion, r15, cb150, verza dll dikasih DCT serta seamless mau dijual berapa dan siapa yg mau beli? Kekkeek.. Intinya sih gitu, jejalin teknologi sih mudah bagi mereka…tp intinya pengaplikasian yg tepat guna thd produk compare to price.. Imo sih gitu..

  8. sepertinya sh mungkin YIMM ngluarin dohc 6speed bakalan diawalin de r15.vixion bru mx king mang.mungkin..tp kemungkinan vixion duluan juga bisa,secara r15 udah kalah dr cbr150

  9. masalahnya mau dihargai berapa??? R25 yg DOHC aja pake rangka kandang ayam buat menekan harga, masa deltabox vixion mau didowngrade ke kandang ayam juga, apa kayak FBY???

  10. dohc emang bisa bikin klw mau bahkan kelas bengkel pun bisa apalagi pabrikan yimm, yg penting niat serius aja

  11. Yamaha itu idealis, nggak akan mau “meniru” atau “mengikuti” kompetitor (in some case tunggu konsumen “teriak” dulu).
    Malah saya pikir menguasai market share juga bukan gaya mereka.

    DOHC bukan hal aneh apalagi baru buat Yamaha, cuma mereka akan hitung2an dalam hal aplikasi di type mana yg tepat menurut mereka (bukan menurut market).

    Bahkan saat pasang “SSG” di motornya Rossi dan Lorenzo, Yamaha nggak mau sebut itu SSG, sebut saja “New Gearbox” !

    We’ll give you what you want, but let’s do it in Yamaha Way
    You like it, you buy it.

  12. Analisa saya , Nva tetap SOHC tapi dengan 6 speed serta perbaikan Ecu untuk menambah power dan part mesinya bisa pnp dengan Mx king yg nantinya juga 6 speed tapi tidak dengan R15 . Kenapa ? Karna R15 nantinya yg naik tahta ke Dohc untk versi fairingnya dan versi nakednya Mt15 .
    Sama seperti kasus R25 dan Mt25 !
    Hahaha cuma sekedar opini

  13. kalo vixion jd dohc trus nasib user R15 gmana apa masih tetep disuguhi SOHC, pridenya hilang donk masak fairing pake sohc yg naked dohc….

  14. sepertinya masih dalam pertimbangan kalo vixion dibikin dohc….
    mending nantinya vixion menggunakan radiator pump elektrik, dijamin torsi lebih besar krn kinerja mesin lebih ringan, apalagi jika menggunakan gear ratio yg pas…

  15. sudah saia bilang produsen ondah amahay ind pelit…medit teknologi dikasihnya teknologi yang seujung kuku nya saja

  16. selagi dikasih sohc msih laris jngn ngarep dh Dohc…paling2 yg di update cuma bentuk plastiknya saja wkwk

  17. wow 1-2 minggu kang?impossible nih mah mungkin setaon iya kali ya atau 6 bulan….itu pun yg pasti kena jedok R15 duluan

  18. piksen dohc? sport komuter dohc? karunya r15 atuh. aya badge R tapi sohc keneh. mt series aja abuskeun. cihuy !

  19. Harganya 11-12 sama Pulsar200NS. Pilih pulsar 200NS aja.
    Hanya saja di Indonesia kebanyakan masih merk minded 😀

  20. om ,,,apakah harus di tunda pembelian Vixion advance mumpung mau tunggu 2 bulan lagi,,mohon masukan nya om,

  21. kayaknya yang keluar DOHCnya bukan pake nama vixi tapi ada motor baru bernama MT-15 sekalian mempopulerkan nama MT series… eh tapi kan MT = master of torque…eh yang torqy kan sohc overstrokenya vixion… tapi ah sudahlah…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..