Test Ride: Yamaha SR400 Klasik Retro, Blarrr Blarrr -nya Yamaha Nih Lads…

Yamaha SR400

Yamaha SR400

Kobayogas.com – Hola lads.. diamonds are forever… begitu pula dengan hal-hal yang berbau retro/ klasik.. biasanya bentuknya akan abadi hingga kapanpun.. bagaimana dengan Yamaha SR400 ini?

KBY bukanlah penggemar motor retro, namun jika dilihatnya bagus ya KBY akan suka.. Sebagaimana halnya jika melihat Honda CB series lawas yang terawat begitu rapi, bersih dan orisinil, lalu Kawasaki Estrella yang pernah KBY bahas, motor baru namun berbentuk neo klasik.. Keduanya menarik untuk dilihat..

First impression, Kawasaki Estrella Bukan Motor Untuk Harian

Begitu pula dengan Yamaha SR400 buatan tahun 2005 ini.. Masih ingat ketika KBY harus terbang ke planet Ciputat guna mengejar yang namanya Yamaha NMax? Nah janjian dengan mang Aditya Agun yang memang berdomisili di seputaran sana, dirinya hadir dengan membawa motor retro milik kawan kantornya tersebut ke TKP..

First impression, Yamaha NMax 155, Dikejar hingga Ciputat

DESAIN

Tidak terlalu jauh dengan para kaum retro lainnya, alias mirip-mirip. Bagi yang tidak hapal pasti hanya akan mengandalkan emblem dari produsen pembuatnya, ya seperti KBY ini lah..hehehe.. Namun bentuknya Yamaha SR400 sendiri ini luwes, bulat-bulat khas desain retro.. plus tentunya dengan imbuhan chrome disana-sini khas motor jadul lah ya..

Meski sayangnya, sisi orisinalitas si SR400 ini sudah agak terkontiminasi, beberapa sudah gak ori, seperti velg yang aslinya chrome jadi warna doff.. Setang chrome menjadi black chrome, ban juga kalau gak salah sudah diganti dengan yang lebih lebar. Konon, sejak dirinya dibuat pada tahun 1978 hingga kini, tidak ada perubahan signifikan dari sisi model kecuali mesin yang sudah menganut injeksi agar dapat menurunkan kadar emisi.

Namun menatap sosok si Yamaha SR400 berlama-lama jadi ingat motor babeh dan kawan-kawannya jaman ay belum lahir, beberapa fotonya masih ada tuh, hehehe.. Serasa back to the sixties, modelnya immortal..

FITUR

Meski modelnya jadul, tapi Yamaha SR400 ini kelahiran tahun 2005 lads.. lalu menganggap fiturnya juga jadul? Huuu mimpi..!! Coba lihat tuas sebelah kanan, ada tombol engine cut off dan juga tombol hazard, sebelah kiri bahkan ada pass beam, motor yang ngaku sport saat ini saja ada lho yang belum punya ketiganya, bahkan dua fitur yang disebut di atas aja gak ada..

motor lawas aja ada engine cut off bahkan hazard loh

motor lawas aja ada engine cut off bahkan hazard loh

MESIN

Yamaha SR400 diselipin mesin 1 silinder berkubikasi 400 cc bertenaga sekitar 25-27 dk dan torsi sekitar 30 Nm, masih karbu, tak ada electric starter hanya dibekali kick starter thok.. nah loh.. bakal bikin betis segede talas Bogor nih bisa-bisa.. Tapi, thanks to tuas dekompresi yang ada di sisi kiri setang.. cukup 2-3 kali selah, mesinnya pun menyalak nyaring… bleb..bleb..blebbb.. Blarrrr!!! Saat digeber throttlenya ๐Ÿ˜€

Yamaha SR400

ERGONOMI

Sama sekali tak ada keluhan yang hadir dari sisi ergonomi Yamaha SR400 ini, sangat bersahabat bagi mereka yang bertubuh semampai.. kaki menapak aman ke bumi, bahkan sedikit nekuk.. Setangnya pun bersahabat meski agak lurus, membuat badan sedikit condong ke depan. Tapi overall membuat rileks sang pengendara..

PERFORMA

Setelah mesin menyala, Yamaha SR400 pun dijalankan di area jalan raya seputaran Ciputat.. Jalanan agak padat namun impresi akan tenaganya masih bisa didapatkan. Mesinnya memang torqy dibanding power, gigi satunya dapat membuat tangan mencengkram handle setang erat-erat.. Jambakannya lebih dari cukup!

Hanya sayang, sepertinya kondisi mesin Yamaha SR400 ini kurang sempurna, masih ditemui letupan dari knalpot ketika melakukan perpindahan gigi, mesinnya juga cenderung mbrebet saat RPM berputar menuju redline… Kecepatan 100 km/jam saja sih sangat mudah di raih, karena top speed saat itu di 80 km/jam saja tak terasa dicapai..

Tuas kopling yang cukup bersahabat juga tidak membuat cepat pegal, ditambah ergonomi yang santay, jaminan asik buat plesiran ke luar kota.. Tenaga yang sangat mumpuni juga membuat fun to ride nya bertambah..

Yamaha SR400 top speed 1

many thanks to: Aditya Agun untuk motor dan foto-fotonya, ahoyyy gebooyyy

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About these ads

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Test Ride, Yamaha and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Test Ride: Yamaha SR400 Klasik Retro, Blarrr Blarrr -nya Yamaha Nih Lads…

  1. gaplex says:

    mantap,retro gak ngebosenin

  2. teguhjudianto says:

    Mpertamaxi

  3. kudo78dk says:

    Sayangnya merk yamaha….. Ini pasti njiplak tetangga # sebagian fanboy pasti bilang gituh ๐Ÿ˜€
    http://78deka.com/2015/05/17/preview-motogp-le-mans-prancis-susah-diprediksi-lur/

  4. Yoyok says:

    Mirip thunder ยผ liter.
    Switchnya terlihat kayak barang KW.
    Motornnya nampak bongsor, ridernya kayak nggak luwes menggapai setang.

  5. Rideralam says:

    Sepatunya ditinggiin tuh #eh

  6. New bonn djoovy says:

    Demenan nya om pandra motor kek gni nih

  7. skidrow says:

    Bentar, itu yg di stang bukan steering damper kan? ๐Ÿ˜ฎ

  8. armandx3m says:

    Kenapa ya YIMM gak bikin versi 225cc? Pakai mesin dan rangka Scorpio.

  9. martin says:

    wah salah 1 motor idaman ane nih (tapi kondisi non standard).
    pertama x liat pas nonton filmnya takuya kimura, goodluck (j.drama). di modif cafe racer, dan kliatan banget torsinya nampol (adegan setelah ridernya makan bareng takuya)

  10. 4nd1 says:

    Om, kalau ada yang jual, kisaran berapa ya ?

    Kalau idaman saya, CB200 American Style …..

    Serius lho saya ini …..
    ๐Ÿ™‚

  11. rdy says:

    inisialnya cbr150 lokal yaa kang gak ada pass beam dan engine kill….# upss

  12. Maculmania says:

    Hahah..nampol mana sama RD350 ane….2 tak 2 silinder , sayang dijokul buat kuliah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *