komparasi

Kobayogas.com – Hola lads, pada artikel kali ini KBY berkesempatan untuk sedikit memberikan komparasi antara dua kandidat terkuat di kelas street fighter 250 cc 2 silinder di Indonesia. Kawasaki Z250 FI ditantang oleh Yamaha MT25..!

Mengapa Suzuki Inazuma tidak dimasukkan? Untuk artikel ini belum, Inazuma akan KBY masukkan pada artikel lain karena dirinya lebih berposisi sebagai kuda hitam dari perseteruan antara Yamaha MT25 dengan Kawasaki Z250 FI. Siapa peraih angka terbesar dalam komparasi awal berdasarkan desk analysis ini? Cekidot…

DESAIN dan KESAN PERTAMA

Penampilan kerapkali menjadi penentu keputusan seseorang membeli motor atau tidak, bahkan tidak jarang terjadi sangat di awal. Ibaratnya, fall in love at first sight.. Seperti memutuskan saat harus memilih LC/ PL yang masuk satu persatu ketika dilakukan beauty contest… Kesan pertama adalah langkah krusial..!! Jadi bagaimanakah kesan pertama Yamaha MT25?

Banyak yang berharap desain Yamaha MT25 akan seperti MT125, meskipun tebak tebak buah manggis di awal goretan desainnya, para pundit otomotif sudah tahu, stylenya pasti tidak akan jauh dari sang kakak, Yamaha R25.  Apalagi ketika para blogger jago sotosop turun tangan.. ambil dari sana sini, templokkin.. desainnya pun terlihat akan menggoda.

Sekarang, Yamaha MT25 sudah terlihat jelas, gak perlu ngintip-ngintip lagi.. well, guratan desainnya sebenarnya tidak terlalu jauh dari sotosop milik para blogger, hanya pada beberapa detail saja perbedaannya. Namun justru dikabarkan dari berbagai sumber, perbedaan detail tersebut yang membuat kesan sosok MT25 2 silinder DOHC ini menjadi biasa saja!

Desain adalah selera, bagi KBY sosok Yamaha MT25 ini tidak lah mengecewakan, namun bagi yang mungkin berharap lebih, tentu akan berbeda pula reaksinya. Jika dibandingkan dengan Kawasaki Z250 FI yang pernah KBY miliki dulu, hmm agak sulit, tapi mata ini lebih condong memilih sang Z 2 silinder jika dilihat dari samping.

Bagaimana dari depan dan belakang? Karena ini merupakan penilaian awal yang merupakan desk analysis berdasarkan dokumentasi yang ada dimana sektor depan Yamaha MT25 masih malu malu terlihat, untuk sementara KBY memegang Kawasaki Z250 FI. Dual headlamp yang mirip sang kakak, Kawasaki Z800 memiliki keunggulan dan kesangaran tersendiri dibandingkan single headlamp saja seperti yang dimiliki oleh sang MT25.

Untuk desain belakang KBY pikir no contest alias keduanya sama sama memiliki kelemahan yang sama. Mirip sang kakak, tidak ada yang terlalu special dari situ.

Street Fighter itu harus mengekpos bagian mesin dan sasisnya!! They say.. Oh iya, bebas saja sih, kan selera. Desainer pun memiliki alasan tersendiri mengapa pada kelas 250 cc bagian sasis dan mesin harus terbuka maupun tertutup. Half fairing pada Kawasaki Z250 mungkin bukan selera semua orang, namun pada prakteknya, itu desain laris manis tanjung kimpul dibuat KW nya oleh motor-motor di bawahnya..

Sisi ini Nilainya adalah Yamaha MT25: 7,5 dan Kawasaki Z250 FI: 8

Z250 FI

FITUR

Nah, kalau sisi ini sih gampang banget nebak pemenangnya, yup, Yamaha MT25 sudah jelas memiliki fitur segudang yang (seharusnya) diturunkan dari sang kakak… Jika itu benar adanya, maka Kawasaki Z250 FI kalah telak, karena bicara fitur speedometer saja, Z250 hanya bermodalkan, RPM, digital speedo, trip A dan B, jam digital serta eco indicator thok. Semuanya ada di sang MT25 2 silinder itumah.

Sektor fitur, Yamaha MT25: 9, Kawasaki Z250 FI: 7

Milik MT25 kemungkinan super lengkap di kelasnya
Milik MT25 kemungkinan super lengkap di kelasnya

 

PERFORMA

MT merupakan singkatan dari Master of Torque.. dimana karakteristiknya adalah hantaman torsi liar yang sudah terasa sejak RPM awal.. begitupula dengan klan Z series, mirip mirip filosofinya dengan MT Series. Jadi baik Yamaha MT25 maupun Kawasaki Z250 FI harus membuktikan mana yang paling pantas menyandang gelar Raja Torsi…

Memiliki Kawasaki Z250 FI selama setahun dan sudah membawanya keluar kota, membuat KBY paham betul karakteristik mesin sang Z. Pas dan mirip banget dengan sang kakak, berat di bawah, menggila di atas.. sungguh bukan mesin khas Z series. KBY bahkan sampai harus mencoba formula kombinasi header plus muffler pendek untuk mengail torsi baby Shiro Z di kitiran awal…

Modifikasi Kawasaki Z250 FI, Muffler Pendek Full System Untuk Mengail Torsi Bawah

Sementara Yamaha MT25 disebut sebut mempunyai settingan yang berbeda dari sang kakak, lek ari bilang torsi lebih besar di RPM bawah hingga tengah.. Jika ini benar, maka jelas pemenang yang berhak menyandang gelar raja torsi adalah sang MT25 2 silinder dari Yamaha..

Yamaha MT25: 8, Kawasaki Z250 FI:  7,5

THE VERDICT

At the moment…Keduanya saling mengalahkan.. desain dimenangkan oleh Kawasaki Z250 FI, sementara fitur dan performa untuk sementara Yamaha MT25 lah yang unggul. Untuk kualitas perakitan dan material tentu butuh analisa lebih lanjut, dan nanti akan dibahas jika mempunyai kesempatan..

Ternyata tak hanya di dua sektor sang penantang, Yamaha MT25, menang.. Dari sisi harga pun street fighter terbaru Yamaha ini memiliki harga jual yang lebih rendah dengan perkiraan Rp. 45 juta untuk area Jakarta, sementara sang juara bertahan Z250 FI terkendala statusnya yang masih CBU sehingga tidak dapat berbicara banyak dari sisi positioning harga.

Oia belum bicara 3S, dengan nama Yamaha, maka persoalan 3S bukanlah menjadi kendala utama meski tentunya tidak semua dealer atau beres Yamaha menerima servis MT25 ini nantinya. Yaa kurleb mirip dengan kondisi Yamaha R25 lah ya…

Dengan adanya new contender ini, sudah seharusnya Kawasaki melakukan pembenahan terhadap sang Z250.. bukan apa-apa, penjualan street fighter Kawasaki ini pun tidak terlalu menggembirakan jika dibandingkan Ninja 250 FI. So jika tidak ingin tambah tergilas, perubahan yang menarik seyogyanya patut dilakukan oleh Kawasaki..

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

120 KOMENTAR

  1. Apa gk lucu nnti klo ada owner mt25 modif pake half fairing atau hedlamp z250 ??? Ngahahaha

    • cendol gannn buat komen agan.. wkwkwkwkwk… gak bisa bayangkan ntar mt25 di modif jadi mirip z250

  2. kalau Inazuma powernya sebanding, MT 25 sama Z250FI ga akan dilirik llaagghh…. Inazuma modelnya up to date! Heran bikin motor sekelas Inazuma mikirin irit! satria fu aja DOHC boros lg! alasan klasik! beda segmen! segmen buat pajangan gudang dan obralan wkwkwkw….

    • imo, kekurangan inazuma justru ada pada desainnya, itu yang membuatnya termasuk memble dari sisi penjualan… Desainnya kurang diterima oleh kebanyakan bikers di sini..

  3. Disain msih unggul r25 pastinya
    Coba liat tralis yg di cat biru membuat tampilan menjadi lebih kekar dan futuristik dgn hedlam berkonde yg lagi populer di motor naked ditambah tanduk makin keren yg semua itu g di punya z250 :mrgreen:

  4. Terlalu dini menyimpulkan ah, MT25 barangnya aja blm ada, bentuknya belum jelas utuh mosok sdh dikomparasi. Tolong lain kali kalau buat artikel kayak gini sabar dikit sampai motornya benar sudah launching dan ente sudah coba atau minimal lihat langsung, itu kalau ente mau disebut blogger proffesional, bukan blogger kejar tayang artikel.

  5. sah2 aja kok menayangkan komparasi dgn saingannya…namaya aja desk analysis…baru sekedar perbandingan yg didasarkan pandangan pertama…toh nanti kalau motornya sdh keluar dan di review bisa dikoreksi…..
    good job brad….mungkin alasan bbrp org yg kecewa dengan desainnya adalah karena menyandang nama MT, berarti yg memang harus ditunggu adalah performanya….mungkin akan beda jika nama yg disandangnya adalah FZ, mungkin lhooo yaaa…hehehe

  6. Terima kasih banyak kang langsung dibuatkan artikel, jadi GR nih…. hiks hiks hiks….

    Artikel yang ditunggu banyak orang yang peasaran dan butuh informasi ttg ke 2 motor ini, Thx…..

  7. Bro…
    sorry oot
    cakram mt25 ala kadarnya smentara z250 menyengat tipe bintang
    material mt25 plastik semua
    kenalpot jauhlah unggul z250
    Finishing?tahu sendiri Yim seperti apa?
    Lalu soal harga mang kobay LUPA z250 kan import? Cbu selesih 5jt?

    • Piringan R25 lebih besar dibanding Z250 kalau model bintang ngak terlalu ngaruh lah.

      Tangki Plastik di Banyak motor Eropa itu lumrah, Honda CBR 1000 dan CBR 600 2013 juga mengaplikasi tangki Kondom Plastik begitu juga MotoGP…Nilai + nya kalau motor jatuh dan tanki pecah atau baret parah tinggal ganti + bisa2 dengan mudah Ganti2 Warna kondom + Bisa Gampang buat dimodif tangkin Kondom + Untuk R25 yang mau dijadiin MT 25 lebih gampang tinggal beli Tangki kondomnya. Nilai – nya saat dipegang kurang terlihat kokoh karena perasaan kita tahu ini dari plastik, tapi dengan waktu akan terbiasa Lihat Byson contohnya.

      Knalpot itu Selera toh nanti juga sama2 diganti Knalpot racing

      Nah Harga MT25 lebih murah 5Jt…Patut ditunggu penampakan aslinya

      • Ini yg dibandingin foto
        lihat aja piringan cakram mt25 vs z25 di foto…
        bsa gede mt25 darimana???

  8. Lucu juga ya kalo nanti owner MT25 beli fairing set R25 dan ternyata hasil jadinya ngeklop + lebih murah dari harga R25nya sendiri. Hwehwehwe.

  9. om ane setuju,,
    cuma bicara desain ane lebih prefer Z250
    dah pernah pakai turing SBY Bali hasilnya maknyus
    bedalah
    aku yakin kualitas kawasaki diatas yamaha..

  10. dilemanya sama kayak r25 lawan n250. r25 muka bagus badan biasa aja. z250 muka bagus badan gak masalah, mt25 badan biasa aja muka belum tahu. masalah torsi awal, si z250 memang masalah banget sih. mt25 belum tahu. tapi kalo misalnya harus beli sekarang ge ambil z800 sih. mwahahahaa plot twist

  11. Kecuali ada yang luar biasa di fitur atau performa dari MT25 …. rasanya sulit bagi MT25 untuk mengoyang Z250. Meski Z250 lebih mahal 6 juta dari MT, tapi dapet gagah dan moge-looknya gak rugi kan ??!

    • Ngak perlu digoyang juga Z250 wong penjualannya juga ngak mengimbirakan..MT25 ngak laku tinggal buang ke Mancanegara

    • Itulah poinnya…! Sip bro Blade-in, aye setuju dah! Auranya itu lho. Saya pernah punya R25, dan jujur aja saya cuma berasa seperti sedang mengendarai R15. Beda bener ama saat saya dulu nemplok di atas jok Ninja 250 lama dan Z250. langsung berasa wow… gue lg naik mini moge nih, wkwkwkwkkkkkk……

      • Terlalu ringan terus bagian stir r25 malah kebanyakan yamaha kok kayak ringkih..
        ane coba koq aneh sensasi riding moge gak dapat lho mang…
        inazuma atau ninja z masih dapet feelnya dibawah itu pake cb300r okelah moge feel…
        kalau r25 koq terasa.. ah enteng banget

  12. Suka Kawasaki, tapi 3S nya itu bikin mag kumat. Dari dulu gw tahan2 beli krn ragu sama 3S nya, mirip piara cbu. cmiiw

  13. motor tanggung nih.. ngebayangin aja nih. misal duduk di atas Z sama duduk diatas MT, rasa rasa gagah di Z,..

  14. Diblog pemuja honda ini mah apapun yamaha ga ada bagusnya, kasian pujaannya ga ada perbandingan 250 cc. Selamat ngumpet diketek kawasaki ya bro, spt kebiasaan fbh.

  15. yg paling saya gak suka dari desain Z adalah fairing separonya. takutnya dikira pake fairing abal-abal kayak fairing fiksyen di pasaran. hahahaha… coba kalo itu dicopot dan dibikin sasis trellis. pasti mantep

  16. Banyak celengers lepas kemari ya..
    Wah.. mulai berhama ini warung..

    Kang kobay, mun priyogi pembasmi celeng, ulah isin2 Nyarios weh ka abdi
    Keun engke ku saya tewakan

    Teu diditu teu didieu aya wae..

  17. sebenarnya yg ane ga suka dari mt25 ya bagian headlamp… mau usul ma yimm, motor udah nongol duluan….

    bagusnya headlamp pake 4 lampu cree 10watt dijejerin, kelihatan simple, sesuai tema naked bike… under cowl jangan alakadarnya, fungsinya sebagai pengarah angin harus diperhatikan…

  18. Sebelum Z250 dulu brojol juga berharap desain paling g mirip Z800 dan Z1000….setelah keluar…?? jauh dari harapan….malah pake kemben (HF)………sama dengan MT25 ini…berharap desain mirip MT125 atau MT07..setelah Brojol…yah biasa aja…..kenapa bisa begitu…?? itu karena MT25 ini brojol di indonesia…coba brojolnya di eropa sana….pasti g kan seperti itu desainnya…tapi….apa harga nantinya bisa bersaing klo di jual di mari…??

  19. Kali ini artikelnya cukup berimbang lah. Masalah desain bagus yg mana itu subyektif, tapi soal fitur & performa mana yg lebih pantas menyandang gelar klan Z atau MT itu bisa terukur. Menurut saya sendiri desain Z250 terlalu elegan, sbg motor naked street kurang nakal dan lama2 cenderung membosankan, apalagi skrg sudah banyak motor 150cc yg pakai variasi half fairing & head lamp mirip si z250 itu…. MT25 simple desainnya, mengekspose mesin yg powerfull, lebih banyak ruang bagi yg suka kreatifitas variasi utk membuatnya tampil beda dan lebih gahar tanpa meninggalkan ciri khas desain awal… *imho

  20. Yang ditunggu apakah MT25 masuk Klan MT (Master of Tourque) apa cuma R25 lepas baju sensasi mesin sama??

    Kalau bener MT25 memanjakan Torsi melimpah dibanding Z250, bisa jadi penggemar Sport Touring akan melirik MT25 kalau soal tampilan bisa dipoleslah biar tambah Ganteng, pemodifikasi kita terkenal Handal dan tangki Kondom Plastik lebih Mudah untuk Dimodif.

  21. @Pengamat….gue stuju ma luu pke banget….naked Bike tampilan yg tepat adl berotot,kompak,padet,simple….gak kya Z250 body nanggung half fairing gtu…belakang persis kakaknya nambh jdi lebh nanggung lgi(mka nya gk selaris spt N25nya)…soal headlamp relatif gk mutlak bagus…klo MT25 minus belakng aj kya kakaknya…dn head lamp kyk nya lebh elegan gk sangar…tinggal pilih sesuai selera…mau model nanggung banget kya Z25 ato MT25 yg minus belakang aja lo berbicara soal Naked bike.

  22. Satu2nya poin lebih dari si MT ini cuma di handling doang, berdasarkan pengalaman di R25. Gak terkesan sama sekali, disainnya biasa aja, ogah naksir. Saya FBK dgn aliran FFA alias Free For All, gak fanatik brand, merk apapun ok aja, buktinya saya pernah beli R25 kok, hehehe…
    Saya sebenernya jg berharap disain si naked R25 ini bakal ngerofah alike, tp susah lah ngarepin YIMM. New Fazer 250-nya mana YIMM??? Di tunggu dari thn 2008 tau….. malah dikshnya si Klingon, hufffff……cape deh…………….

  23. Mungkin desain akan ditutupi oleh tenaga sang touque kang haha tapi kl 11:12 sama z250 2cyl ane lbh vote kawasaki

  24. Kecewa sih sama design nya. Meleset dari perkiraan. Headlamp gak ngeh.undercowl tak seperti mt125 . Cuman segi harga lbih murah. Mungkin masih bisa di pertimbangkan.

  25. Nambahin Kang, Z250fi sekarang sudah aplikasi slipper clucth assist kayak kakaknya N250FI apa belum ya? Kalau sudah berarti ini juga value lebih dibanding MT25.

  26. imho, angle pengambilan gambar MT 25 kurang pas. Foto sepertinya diambil dengan handphone, dengan posisi tangan standar setinggi leher atau dada si pemotret.
    Ditambah lagi dengan ‘backlight’ yang membuat objek foto kurang menonjol karena background yang silau.
    Mungkin nanti kalo sudah ada foto yg lebih proper, akan lebih greget kalo dibikin komparasi lagi.

  27. Meskipun foto komparasi yang paling atas, angle mirip, tapi kualitas foto pengaruh juga ke kesan pertama.
    Kalo Z sih udah garang imejnya.
    Sementara ‘kekecewaan’ akan sosok MT 25 bisa jadi karena ekspektasi awal yg cukup tinggi & kesan akan klan MT series yg sudah duluan nongol. Dari yg paling gambot sampe yg cuma 125cc semuanya pada gahar desainnya

  28. Tetep bagusan z250 aku mah..
    diadakan survey juga aku berani bertaruh yg menang z250 kebanyakan akan memilih dia si z250 ug keren and sexy, dibanding motor mr25 keliatan kayak byson murahan

  29. Salam om kobay, ane silent reader blog ini, sedari ente di cap sebagai komandan fbh dibawah jenderal fbh mbah dukun satar, sampai saat ini. Sekarang sudah jauh berubah. Kesan mengagungkan merk tertentu sudah jauh berkurang, dan tergantikan dengan artikel yg lebih berimbang, elegan, dan tanpa memberi kesan menjatuhkan pihak tertentu. Buat ane, condong ke salah satu pihak wajar, tapi harus dengan cara yg elegan karena ini blog, yg meskipun berisi curhatan pribadi namun harus tetap berimbang karena dibaca banyak orang (dan salah satu alasan orang untul baca blog ente). Salut dengan evolusi dan semangatnya.
    Keep spirit dan tetap rendah hati om.

    • wahhh terkesan sekali dengan adanya komen dari silent rider hehehe.. thanks ya. Plus masukkan pula lagi..

      Sebenernya dari dulu juga imbang, cuma karena dahsyatnya provokasi dari para haters jadi membuat pengunjung percaya begitu saja bahwa ay ini FBH akut.. wkwkwkkw..

      Padahal kalau baca-baca artikel dari dulu hingga sekarang, biasa2 aja, ada yang bagus ada yang jelek, ada yang biasa2 saja…namanya produk pasti tidak 100% sempurna..

      Kendaraan roda dua pun dari jaman SMA hingga saat ini beragam, semua merek jepang sudah punya, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Honda.. smp Vespa udah pernah punya 🙂

      Sekali lagi terima kasih atas komennya yah .. appreciate it..

      Eh tapi kalau mobil saya memang HFB akut deng 😛 namun tetap pada porsi sewajarnya 😀

  30. Pret.. jelek ya jelek,bagus ya bagus,kapan nau mau indonesia kalo jelek dibilang bagus dan yg bagus dibilang jelek..
    kalo emang jelek ya jelek..
    bagi saya mt25 adalah bukan keluarga mt.. karena keluarga mt keren2..
    ini mah seperti motor biasa . Gak ada wahnya..

  31. setelah ane pehatiin foto diatas…. kok Z250 seperti pake bra yg jadi satu dgn cd ya (swimsuit)? sedangkan mt25 seperti pake cd ajah…. mungkin beda artinya dengan naked?(telanjang)

  32. Emg bener sih kalo dibilang naked, si Z250 mah ngga naked, half faired jatohnya ya. Tapi org sini kan emg pandangannya lain. Peace.

    Tinggal tunggu wujud aslinya aja bro, dan yg penting test ride, nama MT kan punya tanggung jawab Master of Torque, jd yg terpenting apakah motor ini punya Torsi edan yg bisa membuktikan dia layak diberi nama MT25.

    Ini kan yg jadi alasan Suzuki berat untuk terjun ke kelas sport 250 &150, krn mereka sangat menjaga nama GXRnya. Andai mau bikin GXR 250/150 harus benar2 bagus dan tidak menciderai klan GXR yg sudah melegenda. Inazuma jelas bukan Klan GXR. Kalo bener2 dibikin tuh gen GXR 250/150 terbaru bisa banyak yg pindah haluan. Satria yg bermesin FXR aja kenceng, gmn kalo pake Klan GXR?

    Nah, Yamaha punya klan MT, jangan smpe nih MT25 menciderai klan MT. Atau sbnrnya ini FZ25 ? Hehehe..

  33. sebener nya salah desain udah ada sejak di R25,kalo liat R series lain nya desain nya cenderung serba tajam,mengalir dan agresif. tapi kalo liat R25 desain bagian depan & belakang kaya gk menyatu, depan ingin menonjoklkan kesan sangar dengan lampu ngumpet,tp belakang nya pake buritan super lancip. gk jelek,tapi gk memgalir. coba liat R125,R6 dari depan sampe belakang enak diliat,selaras dan mengalir desain nya. bahkan R15 pun msh lebih “R series” di banding R25.

    kalo first impreson ane liat mt 25 ini jujur aje awal nya ane kira ini motor modifan. gk ada karakter nya 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..