CBR

Test Drive Nissan Juke Revolt @Parjo 2015 – Strategi Bertahan Ala Nissan

CAMERA

Kobayogas.com – Hola lads… Adalah hal lumrah jika suatu pabrikan melakukan penyegaran terhadap produknya untuk mengantisipasi serangan kompetitor. Seperti yang dilakukan Nissan terhadap Juke nya ini..

Lokasi pengetesan adalah seputar Gelora Bung Karno dengan trek yang sudah disusun sedemikian rupa oleh para panitia test drive.. jaraknya dalam satu putaran mungkin sekitar 200 m, memiliki batasan berupa kun-kun yang diatur agar dapat melakukan zig-zag atau slalom, kemudian ada artificial polisi tidur sebagai simulasi kenyamanan, sementara trek lurusnya minim.. artinya, bicara performa kita tidak dapat berbicara banyak. So kelincahan, kemampuan akselerasi jarak dekat, torsi serta kenyamaan berkendara menjadi fokus test drive kali ini..

DESAIN

Sepengetahuan KBY, Juke Revolt ini sudah melenggang sejak akhir tahun 2014 lalu. Model nyeleneh atau unik memang simalakama, suka atau benci.. Bentuknya khas, membuat setiap orang bakal tahu kalau itu adalah Nissan Juke, bukan yang lain. Dari depan modelnya mirip makhluk amphibi dengan dimensi berkali kali lebih besar.

Ditambah lagi dengan mata buaya yang disebut Nissan sebagai Alligator Hood Lights.. memang seperti kepala buaya yang sedang mengambang di air 😀 Yang unik Nissan juga menyebut bagian console transmisi terinspirasi dari tangki Italian Sport Bike, masa sih? 😀

Seperti halnya New Mazda 2, garis bahu milik Nissan Juke ini meninggi ke belakang, membuat pilar C nya tebal tanpa kaca kecil. Yang unik, lads tidak akan menemukan handle pintu belakang pada bodi, betul karena adanya di pilar pintu..unik kan, ya mirip Honda HR-V.

Tipe Revolt ini lebih menjual tampang, balutan body kit di depan, spoiler atap belakang, samping hingga belakang plus garis stiker pada tengah bodi membuat aura sportynya makin kencang. Inilah salah satu cara Nissan Juke bertahan dari gempuran kompetitor.

BLIND SPOT PILAR A

Masuk ke dalam kabinnya, nuansa sporty kental menyapa. Nissan Juke Revolt yang KBY tes adalah tipe Red Interior, sehingga di dalam interiornya ada gradasi maupun padu padan nuansa warna merah dan hitam. Mengesankan semangat dan eklusifitas.

Ketika bermanuver (berbelok) terasa jika pilar A milik Nissan Juke ini terlampau besar, kita harus melihat/ melongok sedikit keluar untuk memastikan bahwa tidak ada trotoar ataupun jarak ke trotoar masih cukup disebelah kanan. Salah-salah kena bumper depan kan bisi mengkeret hati hehehe..

Pilar A besar Nissan Juke juga membuat titik blind spot, jika berada di tikungan, sepeda motor bisa saja tidak terlihat dari arah berlawanan, artinya sang driver harus lebih beradaptasi lagi.

kental nuansa merah
kental nuansa merah

PERFORMA

Tak dapat dipungkiri bahwa yang paling mengasyikkan dari Nissan Juke adalah settingan performa mesin yang disebut Nissan sebagai I-CON. D-Mode memungkinkan kita sebagai pengemudi memiliki 3 pilihan berkendara;

  • Eco untuk mode berkendara hemat/ efisien
  • Normal untuk berkendara normal
  • Sport untuk berkendara lebih agresif

Apakah Sport mode pada Nissan Juke Revolt menaikkan tenaga? Tidak lads, ini bukan piggy back, konsepnya kurang lebih seperti mode Sport pada transmisi, respon gas dan transmisi dibikin lebih sigap lagi dan perpindahan gigi diset pada RPM lebih tinggi, begitulah kurang lebihnya.

Ketika KBY coba ketiganya, memang yang sangat terasa adalah respon throttlenya, ketika ECO mode diaktifkan, maka injakan pedal gas harus lebih dalam lagi agar Juke Revolt mau bergerak, sementara mode Normal ya seperti biasanya, tetap responsif.. dan ketika Sport mode di aktifkan, respon throttle menjadi lebih responsif lagi.. toel dikit ngacir istilahnya.

Performa sebesar 114 PS  dan torsi 150 Nm yang keluar dari mesin HR15De 1500 cc DOHC dual injector nya mumpuni untuk membuat Juke ‘terbang rendah’ di atas aspal.

HANDLING DAN KENYAMANAN

Sebagaimana halnya khas Nissan, suspensinya termasuk nyaman, ketika Juke Revolt ini dicoba melakukan slalom melalui kun-kun yang disediakan panitia, body rollnya (bagi driver) masih dalam taraf toleransi.

Kemudinya cenderung berat, bahkan jika dibandingkan dengan saudaranya, Nissan Serena. Kalau diperhatikan sepertinya akibat pengaplikasian diameter setir Juke Revolt yang lebih kecil dari mobil lain cmiiw plus pemakaian rim 17″…Namun tidak sampai mengganggu aktivitas berkendara.

Ergonomi jok Nissan Juke mendekap tubuh dengan baik, transmisinya pun halus, maklum memakai CVT lads.. Sayang pengaturan setirnya tanpa teleskopik, hanya bisa naik turun.

AKOMODASI NISSAN JUKE

Sementara itu, konsep yang dibuat Nissan untuk Juke adalah cross over dengan garis desain mobil kupe (dua pintu), alhasil silhouette yang mirip Nissan Fairlady memang membuat ruang interior terkesan sempit namun kental nuansa sporty.

Selama lads tidak mengidap claustrophobic maka semuanya akan fine-fine saja… Jok belakang akan sempit jika diisi 3 orang dewasa, sementara ruang kaki penumpang menyisakan ruang cukup selama driver nya bukan tipe berkaki panjang 😀

Dengan ubahan pada Nissan Juke yang ada saat ini dengan tambahan varian revolt, dapatkah dirinya mempertahankan diri dari serangan kompetitor terutama Honda HR-V yang laku keras?

HARGA

Harga Nissan Juke CVT RX 15 Revolt Red Interior adalah Rp. 294.900.000 (per April 2015). Artinya ini merupakan tipe Juke termahal dan harganya sudah mepet dengan Honda HR-V 1.5 E CVT (Rp. 291.000.000) dengan kelengkapan yang sedikit lebih banyak dari Juke ini.

THE VERDICT

Secara sederhana, Nissan Juke merupakan pilihan terutama bagi anak muda atau keluarga kecil dengan anak satu, karena bicara akomodasi bukanlah merupakan andalan dari cross over Nissan ini. Sementara fiturnya sudah lebih dari cukup, kualitas material interior dan keasyikan berkendara serta ergonominya juga baik.

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3365 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

68 Comments

  1. kodok bangkong yang cuma laku dimarih :p

    yaah mungkin khusus untuk orang2 nyentrik aja kali yah. bahkan Juke GTR pun ane gak tertarik. mendingan mazda kotak sabun isi 2jz – gte deh kayaknya.. 😀 😀 😀

  2. Blind spot pilar A memang parah bgt, lbh parah dari inova

    Kalo yg yg nyetir kasian bgt yg duduk di belakang sopir, sempit abis 😂

  3. Mahal amat mending beli outlander harga hampir sama tenaga lebih besar tampilan lebih garang. lebih ganteng lah pokoknya

  4. wedyan mahal.. di jogja berapa ya.. soalnya HRV E CVT udah 300 juta nggak ada diskon.. 🙄
    subyektif sih, juke bagian depannya bukan seleraku.. walau sebenernya dari belakang apik dan dari samping masih proporsional.. 🙄
    nissan model grillnya juga satu cetakan ya.. kenapa mobil sekarang kayak gitu semua.. beda sama pendahulunya.. di mazda juga gitu.. honda walau nggak mirip mirip antar tipenya tapi ada seperti garis dasarnya.. 😐

  5. Om, mintol bikin artikel buat jelasin kenapa swing arm d wsbk dan motogp (kecuali yg side single/mono/gulf model) itu yg terbalik sepeti ninja rr? Dan kenapa produk masalnya bahkan yg homolotipun eh homologasinya masih yg banana? Klo gak salah, motogp awal juga masih banana gak koalik kek sekarang. Apa bedanya om?

  6. pertama liat ni juke revolt,,langsung illfeel liat fog lamp-nya (itu fog lamp apa bukan Om),,
    bisa bulet gede gitu…dikira mau nyinarin di sawah buat nyari kodok

  7. Dari awal ini mobil di desain lucu & unik,jadi kalau dipaksain jd sporty kayak gini ya rasanya aneh aja, itu menurut selera saya…kalau bagi yang suka ya monggo dibeli, hehehe

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengupas Fitur Bejibun Milik Chevrolet Trax Turbo, Punya Apa Saja? [Part II] | KobaYogas.COM
  2. New Nissan Juke, Terlihat Lebih Proporsional Dan Modern.. - KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..