wajahnya kini mirip sang kakak
wajahnya kini mirip sang kakak

Kobayogas.com – Hola lads… Pada helatan Parjo 11-12 April 2015 lalu, terdapat sesi test drive mobil. Sebagai blogger otomotif, tentu menjadi kesempatan yang baik untuk mengeksplor suatu produk. KBY memilih New Mazda 2 sebagai pilihan pertama, bagaimana impresinya?

Lokasi pengetesan adalah seputar Gelora Bung Karno dengan trek yang sudah disusun sedemikian rupa oleh para panitia test drive.. jaraknya dalam satu putaran mungkin sekitar 200 m, memiliki batasan berupa kun-kun yang diatur agar dapat melakukan zig-zag atau slalom, kemudian ada artificial polisi tidur sebagai simulasi kenyamanan, sementara trek lurusnya minim.. artinya, bicara performa kita tidak dapat berbicara banyak. So kelincahan, kemampuan akselerasi jarak dekat, torsi serta kenyamaan berkendara menjadi fokus test drive kali ini..

DESAIN

Di sektor ini, baik New Mazda 2 maupun para kompetitor bisa dikatakan relatif mirip-mirip, hanya faktor kesukaan saja yang nantinya menjadi putusan. New Mazda tidak lah berubah secara radikal meski desainnya masih sangat corporate signature dari Mazda itu sendiri. Kini sektor fascia nya lebih mengentalkan bahasa universal produk Mazda.

Simak grill, bumper, headlamp yang pastinya akan mengingatkan kita pada teknologi skyactiv Mazda pertama kali, betul, Mazda CX-5. Bentuk seperti itu diterapkan pada New Mazda 2 tidaklah buruk sama sekali, malah sebagaimana halnya Toyota New Yaris, bentuk kap mesin yang panjang mengesankan lebih ke sedan instead of hatchback.

INTERIOR NEW MAZDA 2

Jika bertarung di kelas sengit dan merasa kalah pamor dari sisi nama, maka harus lah memiliki value dan nilai jual yang mumpuni di satu sektor. Menurut KBY, New Mazda 2 memiliki aura kemewahan terbaik di kelasnya. Material kabinnya 90% di dominasi oleh kualitas yang sangat baik dibandingkan kompetitor.

Penerapan soft pad pada dashboard adalah salah satunya. Inilah nilai jual New Mazda 2 yang tidak dimiliki rival-rivalnya.. luxury! Sebuah standar baru kemewahan sebuah hatchback.

New Mazda 2

AKOMODASI

Bicara akomodasi dan kelapangan interior, cukup disayangkan meski ada perubahan dimensi termasuk wheel base, namun New Mazda 2 masih belum dapat berbicara banyak.. Honda New Jazz masih menjadi raja di raja di sektor ini diikuti oleh Toyota Yaris. Interior yang lapang dan fleksibilitas kabin serta daya angkut (bagasi) yang mumpuni memang masih menjadi pekerjaan rumah New Mazda meskipun dia masih lebih baik dari rival yang berasal dari Amerika.

Garis bahu meninggi ke belakang sebenarnya sangat lah sporty dan itu hal yang baik terutama dilihat dari luar, namun bagi yang claustrophobic interior New Mazda 2 dengan garis bahu tinggi akan terasa seperti kungkungan.

FITUR NEW MAZDA 2

Yang menarik bagi KBY dari New Mazda 2 ini adalah adanya fitur i-STOP, Dynamic Stability Control (DSC) dan TSC (Traction Control System), sangat lengkap untuk ukuran sebuah hatchback!! i-STOP yang juga dimiliki oleh Mazda CX-5 ini fungsinya sama dengan Idling Stop System pada skutik Honda, yaitu akan mematikan mesin sesaat ketika ECU membaca mesin idle terlalu lama dan rem diinjak sekian detik. Usaha go green yang sangat baik dari Mazda.

Sektor ini juga menjadi nilai juang yang sangat signifikan bagi New Mazda 2. Simak beberapa fitur kelas atas yang dimilikinya.

  • DSC dan TCS
  • i-STOP
  • Emergency Stop Signal System (jika rem mendadak hazard on, cmiiw)
  • Hill Launch Assist
  • Advanced Blind Spot Monitoring (A-BSM) plus Rear Cross Traffic Alert (RCTA) – hanya pada tipe GT
  • Smart Cuty Brake Support (SCBS) – hanya pada tipe GT
  • Sisanya seperti ABS, EBD, BA, EPS dll tentu ada

PERFORMA MESIN dan HANDLING

Sebagaimana mobil baru, ya pasti mesin halus lah. Transmisi otomatis 6 speed non CVT nya sehalus CVT padahal New Mazda 2 masih menganut transmisi konvensional. Akselerasinya juga memukau. Mesin 1500 cc Skyactiv G DOHC 16 Valve dengan dual S-VT (Sequential Valve Timing) dan Electronic Control Throttle mampu memuntahkan tenaga sebesar 115 PS/ 6000 dan torsi 141 Nm/4000.

Torsi cukup besar yang di raih pada RPM rendah secara teori berarti memudahkan New Mazda 2 bergerak lebih awal. Kompresinya sama dengan Mazda CX-5 yaitu 13:1.

Sementara handlingnya sangat baik, gejala body roll terdeteksi cukup minim bagi driver ketika dicoba melakukan slalom dengan kecepatan sedang.. Intervensi dari Traction Control System (TCS) membuat ban berdecit berkali-kali ketika setir diputar cepat melewati kun-kun yang disediakan.

HARGA

New Mazda 2 tersedia dalam 5 varian, simak harganya di bawah ya:

  • V-MT Rp. 223,100
  • V-AT Rp. 233,100
  • R-MT Rp. 244,200
  • R-AT Rp. 254,200
  • G-AT Rp. 277,800

(warna merah tambah 3 juta lads – sumber Mazda.co.id). Jika lads tertarik bisa hubungi Mas Ismail Aji di 0813 1025 7057

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

102 COMMENTS

  1. hatchback yg paling value for money, kompresinya jg bikin gak nahan -_-
    sayang msh bnyk org yg brand minded.

    • Yoi… Brand minded, sesuatu yg sangat susah dilenyapkan, hahhaha…
      Bagi sy utk kategori hatchback Mazda 2 is the best. Bagi yg ngerti mobil, Mazda lah brand Jepang yg paling spesial, aura dan sensasinya beda banget ama brand Jepang lainnya, lbh ke european taste. Mdh2an kesampaian move on dr Swift ke Mazda2.

      • udah nyoba swift sport? ga bakalan jadi pindah lho..mumpung diskon 50 juta kemaren… mobil yang pas untuk purist ….sensasinya kek honda jadul yang suka teriak di rpm tinggi

      • coba om,sumpah nih enak nih mobil apalagi yang manual…modal charming aja pas TD ke dealer….. kalo bwt pure it ane sarankan ambil H tegak eh….

  2. foto dashboard tumben ngeblur om.. soalnya selalu penasaran sama penampakan dashboard utuhnya.. 🙄
    oiya itu HU yg bentuknya mirip smartphone nggak seperti HU pada umumnya ya?
    skyactive manteb sih.. tapi 13:1.. walau pertamax sudah ada di daerah tapi bagi orang kebanyakan angka segitu tinggi banget.. 🙄

    • seperti biasa di sini paling diturunin dulu 🙂
      pake kamera HP, DSLR masih dibiarkan rusak 🙁
      iya itu screennya.. pake MMI kaya di Audi

  3. Inilah mobil HB dg fitur menggila tp jualannya msh kalah sama tetangga…

    Tanya kenapa??… wkwkwk…

  4. paling nanti kurang laku lagi
    di Indo itu,,sisi akomodasi jadi hal penting
    mini cooper aja bela2in buat 5-doors buat pasar Indo

  5. ya, khan berbagi platform sama Ford Fiesta…, yg di ajak ke WRC (walau jeroanya bukan aslinya – regulasi WRC yg aneh, harusnya apa yg di jual dan fitur apa yg ada itu yg di lombakan, masa FWD masuk reli jadi AWD?)

    • di atas kertas alias spesifikasi, 115 PS itu lebih besar dari Yasir yang 109 HP tp lebih kecil dari Jazz yang 120 PS…
      Harusnya sih dengan teknologi yang ada, kirain bisa bikin 132 PS kaya Jazz earthdream engine…

  6. Ini baru yg namanya hatchback safety.
    Gak kyk sebelah ngakunya safety tp fitur ketinggalan beberapa generasi 😅

    Kalo banding fiesta gmn kwalitas interiornya, trus jok belakang sm luas kabin sama kyk mazda 2 lama gak?

  7. Saya dulu juga sempat kesengsem, hanya mazda 2 yang bisa dikategorikan sebagai lawan berat ford fiesta. Interior cakep dan HUD nya itu lho… keren buangettt… Dengan harga yang nggak beda jauh dgn fiesta, akhirnya performa dual clutch yang membuat saya menentukan final decision 😛
    Bagi yang nggak demen sama merk eropa & amrik, saya sangat recommend mazda 2 yang mewakili pabrikan japs.

      • Saya ambil type sport A/T (type S) yg 1500 cc (bukan yg ecoboost), untuk + dan – ada di tuas persneling. Mestinya paddle shift di setir lebih bagus kayaknya, tapi menurut saya dgn knob + dan – di tuas persneling lebih mendekati feel kopling manual.
        Kalau sudah pernah ngerasain dual clutch dijamin bakal ketagihan deh… enak banget buat ngebut…. he..he..
        Shifting gear hampir tidak terasa, gear 4 bisa nyampai 120 kpj, gear 6 paling banter pernah 180 kpj cuma sekali aja habis itu nggak pernah lagi (masih ingat di rumah ada yang nungguin). Yang jelas manuver dgn kecepatan tinggi sangat stabil.

      • Fiesta emang enak sih, dapet nyoba punya tmn yg ecoboost. Tarikan ya ngejambak bgt dari rpm 1500
        Serasa naik diesel & konsumsinya irit bgt 1:16-1:18

      • oia kalau gakj salah Fiesta sekarang udah gada yang 1.6 ya? dulu kan cuma di 1.6 aja opsi DCT itu pun gada pilihan MT mode…

    • DCT emang enak buat balapan, cuma engga cucok dengan iklim dan macetnya indo..
      DSG nya VW aja KO 😉

  8. Hah? Kompresi 13:1? mesti V power donk?

    Garis bahu itu yg mana, maskobkob?

    Btw yg gue suka dari mazda sekarang ini krn fiturnya melimpah nan mewah di harga segitu! Pun gak ribet skenario harganya, gak kaya Honda. Simple, mudah, all in walau lebih sedikit. Untuk interior jazz kalah, tapi soal akomodasi iya jazz menang terutama ultra seat, mutlak honda menang. Tapi gue sih prefer mazda 2, fiturnya gak sopan.

  9. Salam buat salah satu benchmark mesin dan finishing yang harus dicontoh pabrikan lain…material getar dan area mesin ga dicat? Mati aja lu jon!

    Banyak yang ga tau kalo m2 lebih panjang daripada jazz 😆

  10. Bang kobay….kalo i stop nya bekarja Ac nya hidup apa mati bang? Kan rmsinnya mati.
    Kalo AC nya tetep jalan dapat suply tenaga dari mana ..kan mesin mati? Maturswun bang kobay..ssalam dr semarang smoga bang kobay sehat slalu..amien

    • AC tetap nyala apabila disetting pada suhu sekitar 22 derajat atau lebih, dibawah itu i-STOP tidak bekerja karena mesin harus memaintain kinerja suhu AC.

      Mesin mati tapi kontak On AC akan selalu berkerja. kalau si om apal, coba aja kontak ke On ga usah di start, nyalakan AC maka blowernya akan nyala 🙂

      Amiennn makasih doanya ya

      • Kalau suhu >22 ya nggak dingin dong, apalagi di kota saya tinggal panas banget….

      • resiko hehehe.. tapi gini, ay lupa berapa persisnya suhu minimum yang bisa diatur, kalau BMW 16 derajat, anggaplah 18 derajat ya berarti 21-22 deh baru aktif i-STOP nya

  11. Bang kobay…kalo i stopnya aktif gimana AC nya bisa hidup.ato ikut mati? Kalo hidup ac nya dari mana suply powernyan kan.mesin mati..kalo mengandalkan baterry apa kuat untuk narik kompresor ac…mengingat ini bukan mobil hybrid..matur swun bang..

  12. emang kl mazda, msh inget 323 hatchbacknya g pak kobay? mbahnya mazda 2 neh, teknologi & fiturnya terbaik di kelasnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..