toyota 1st 2

Kobayogas.com – Hola lads, dulu Toyota iST sempat disebut-sebut sebagai calon pengganti Toyota Starlet, hacthback terlaris milik Toyota di jamannya..

Hanya saja, Toyota iST yang lebih lama beredar yakni gen I di Indonesia tidak pernah menjadi penerus Toyota Starlet, malahan munculah generasi Toyota Yaris hingga saat ini. Pun begitu kehadiran hatchback 5 pintu tersebut sempat booming kehadirannya dengan pembelian melalui importir umum.

Beberapa tahun lalu, sosoknya bukan hal yang aneh untuk ditemui di jalan raya karena Toyota iST memang menjadi salah satu primadona hatchback CBU di eranya. Setelah era berjayanya mobil hatchback lokal sebut saja seperti Suzuki Swift, Honda Jazz, Toyota Yaris, Hyundai Getz dll, pamor Toyota iST CBU perlahan mulai redup..

Toyota 1ST Gen I mempunyai masa bakti sejak 2001 hingga 2006 dan dibekali 2 pilihan mesin:

  • 2NZ-FE L4 1300 cc
  • 1NZ-FE mesin jadul yang ikonik 1500 cc yang masih dipakai sejak 2001 hingga saat ini.

Oleh karena itu penampakan generasi Toyota iST 2nd generation tidaklah sebanyak gen lawas, selain mungkin faktor harga yang sudah sangat tinggi melalui IU, model lawasnya bisa jadi lebih disukai oleh para pencinta hatchback. KBY baru dua kali melihat generasi terbaru ini dan yang terakhir dapat KBY abadikan beberapa waktu lalu…

Toyota 1ST gen II mulai beredar sejak tahun 2006 hingga saat ini belum lagi diperbaharui, dibawah kap mesinnya dipersenjatai dua pilihan mesin

  • 1NZ-FE L4 1500 cc
  • 2ZR-FE L4 1800 cc yang serupa dengan milik toyota Altis gen 3.

Bonus Artikel: Toyota Ipsum

Ditemui bersamaan dengan Toyota 1ST yang KBY lihat, Toyota Ipsum berjejer dan beriringan dengan sang hacthback. Bagi yang belum tahu apa itu toyota Ipsum, KBY akan berikan sedikit resume..

toyota ipsum 2

  • Toyota Ipsum masih satu keluarga dengan Toyota Picnic, Sportsvan dan Avensis Verso
  • Berbentuk MPV yang nyaman
  • Mempunyai life span sejak 1995 hingga 2009
  • Gen I memiliki 2 pilihan mesin yakni: 3S-FE 2000 cc dan 3C-TE diesel 2200 cc
  • Gen II memilik 4 pilihan mesin yakni: 1AZ-FE dan 1AZ-FSE (Direct Inj) 2000 cc serta 2AZ-FE 2400 cc dan 1 mesin diesel 1CD-FTV 2000 cc
  • Gen I wajahnya mirip Hyundai Trajet sementara Gen II lampu depannya mirip dengan Toyota Altis Gen 1, dengan sosok sepintas mirip Toyota Kijang Innova.

Semoga dapat menambah wawasan lads…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

29 COMMENTS

  1. wah toyota ist ya, jd inget dulu jaman smp temen ada yg punya ist gen 1 klo galasah. sampe sekarang liat ini mobil masih kerennn. sayang udh jarang banget keliatan di jalanan

  2. Ya gimana mau masukin IST wong Yaris aja kurang laku….gak seheboh starlet…..dan karena maksa harus pake suspensi yg kuat di jalan rusak Indonesia sekarang naik toyota bikin sakit pantat…..untung masih ada fortuner dan kaleng kembar….jadi masih laku deh….

  3. Salah 1 mobil impian dulu…tapi kayaknya harus keluar dana buat beli velg, bawaannya cuma dikasi velg kaleng

  4. 1NZFE itu mesin kuli…heavy duty..wkwkwk mknya masih eksis sampe skr..sama kayak mesinnya GL series..wkwkwk

  5. kang kobay tolong bahas toyota will ya…
    kemaren di jogja ada yang jual rp 190 juta…
    kalo gak salah buatan 2003

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.