beat pop

Kobayogas.com – Hola lads, tidak aneh jika belakangan ini semua produk otomotif selalu saja dihubung-hubungkan dengan efisiensi alias kehematan konsumsi bbm.. harga BBM seperti jungkat jungkit, naik turun gak jelas! Begitu juga dengan skutik terbaru Honda sempalan Beat series ini yang dilakukan secara test ride Honda New Beat Pop ISS. So berapa konsumsi BBM Honda New Beat Pop ISS eSP ini?

Gagal total lads!! Maksudnya gimana kang KBY? Gini, awalnya KBY berniat melakukan hal yang sama dengan blogger senior seperti TMC dan Ari Pispot dalam mengukur konsumsi bbm si New Beat Pop ini, yaitu kuras dan masukkan 1 liter saja. Sayangnya, namanya kuli, waktu luangnya kurang euy.. Akhirnya metode yang sudah-sudah saja dilakukan, full to full lads… berapa konsumsi BBM-nya?

Honda New Beat Pop ISS terbaru datang ke kediaman KBY pada tanggal 9 Maret 2015 lalu dengan keadaan bensin full tank… Konyolnya KBY baru ingat menjepret jumlah kilometernya pada saat sudah sampai parkiran kantor 😀 Ya sudah, kilometer di kantor menunjukkan 744 km, jarak rumah ke kantor adalah 11 km, jadi kilometer awal bisa dipastikan ada pada angka 733 kilometer

kilometer awal
kilometer awal

METODE PENGETESAN NEW BEAT POP

Metode pengetesan New Beat Pop di jalan bagaimana? Ah gada itu yang namanya gas dipirit-pirit, biasa aja, buka throttle secara gradual alias perlahan jika jalanan cukup padat, tidak disentak sentak, karena bukan tipikal KBY suka menyentak-nyentak gas lalu kemudian mengerem… riding style seperti itu bakalan bikin boros bbm banget!

Saat jalan kosong, tau lah ya, gak bisa lihat jalan lurus apalagi kosong hehe, gas pollll walau tetap gas tidak disentak sekaligus tapi dapat dipastikan throttle New Beat Pop KBY bikin sampai mentok pada akhirnya. Oia ISS (Idling Stop System) selalu On kecuali ketika Mang Vandra yang bawa waktu adu test drag di Makaliwe vs Jupe lek Ferboes.

KONSUMSI BBM NEW BEAT POP ISS

Jarak terjauh New Beat Pop adalah ketika KBY bersama tamu dari Cikampek, komentator lek Setyawan Ninja150SS berboncengan sowan ke blogger juragan ikan, lek Ferboes Richardson. Jarak tempuh PP rumah ke Jl. Makaliwe Grogol adalah 60.8 km (30,4 x 2). Total selama 6 hari berada di tangan KBY, skutik unik andalan Honda ini sudah menempuh jarak 117 km (kilometer akhir 850 km – kilometer awal 733 km).

Ketika New Beat Pop kembali diisikan full tank hingga leher, KBY hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 15,000 dan didapatkan literan sejumlah 2,17 liter (1 liter premium = Rp. 6,900). Menghitung jumlah konsumsi bbm adalah sebagai berikut: total jumlah jarak tempuh dibagi jumlah liter sehingga hasilnya adalah 117 km/ 2.17 l = 53,91. Artinya konsumsi bbm si Honda Beat Pop ini 1 liter untuk 53,91 kilometer..

Kupas Tuntas dan Serba Serbi Honda New Beat Pop ISS eSP, Spesifikasi Umum

Boros? Entahlah, bagi KBY si New Beat Pop ISS 2015 ini sih irit, wong motor di rumah boros kabeh kecuali Sniego si New PCX wkwkwkk… Yang jelas porsi berboncengan lebih banyak, setiap pagi dari rumah ke sekolah si sulung berboncengan (bobot 70 + 45, lalu dari rumah ke lek Ferboes juga berboncengan (bobot 70 + 60).

Kupas konsumsi BBM New Honda PCX 150 Dengan Metode Full To Full

Konsumsi BBM Honda Scoopy FI dengan Ban Belakang Michelin M45 Ukuran 110

konsumsi bbm beat pop
konsumsi bbm beat pop

TOP SPEED NEW BEAT POP

Bahkan saat berboncengan menuju Makaliwe, New Beat Pop biru terbaru ini sempat membukukan kecepatan maksimal 98-99 km/jam dalam kondisi jalanan kosong dan memang panjang (Kuningan hingga Komdak Jakarta), sementara ketika sendirian juga mencatat kecepatan yang ± sama karena treknya tidak sepanjang ketika berboncengan.

New Beat Pop ini juga sempat disiksa untuk iseng-isengan adu drag dengan Jupiter burhan milik lek ferboes dengan joki mang Vandra vs si empunya Jupe sendiri…(artikel di sini dan di sana) Jadi konsumsi BBM-nya gak dijaga deh, brutal pokoknya tapi tertib, halahhh…

Test Ride Honda New Beat dan New Beat Pop, Performa dan Top Speed

adu drag beat pop vs jupiter

THE VERDICT

Dengan penggunaan New Beat Pop apa adanya, bagi KBY pribadi angka konsumsi BBM sebesar 1:53,9 bisa dikatakan irit. Klaim AHM untuk konsumsi bbm Beat Pop ISS ini ada pada 1:58,5 (ISS Off) dan 1:63 (ISS On) dengan menggunakan metode ECE R40..

Mengenal Metode Perhitungan BBM ECE R40, Mendekati Riil?

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

57 COMMENTS

  1. cc segitu mah udah wajar…gak begitu jauh juga ama klaim pabrikan
    menurut ane malah sekarang gak begitu ngaruh soal irit bbm atau gak…pertimbangan nomer sekian lah buat minang motor…wong orang juga udah paham kalo metic itu emang “agak” boros dibanding bebek

    • Semoga lama-lama pemikiran itu jadi lebih luas, bukti meningkatnya pasar skutik adalah faktanya ya… dulu dihindari karena boros (pake banget) karena selalu dibanding bandingkan dengan bebek (semi manual)

  2. 11-12 dengan mx135 sekitaran 54-55km/liter dan lbh irit dikit dari gt125 yg dpt 47-48km/liter dengan metode pengetesan yg sama full to full.

  3. dibonceng ghost rider deg deg ser lads….
    untung gk bw mtr sndr,iso ktinggalan&nyasar coy…

    hasem diapusi,katanya ke makaliwe 20 kiloan,eh aslinya 30kiloan 😆

  4. beda beda tipis sama beat fi ya mang… coba kalo nmp karbu ay bisa tembus segitu, isi bensin bisa jarang2 nih wkwkwk

  5. pop es..pop es..pop es nya bu?..dua rebuan ajah….pop es..pop es…aaaahh..beate gua…kok si paryo mulu yg dilirik..emang ganteng sih..meski matanya aga siwer

  6. selama mantengi warung semeliar umat wak aji jarang ato bahkan gk ada poto bareng sama anaknya, beda ni klo warungny mang kobay sm lek iwan jagoanny slalu eksis poto bareng dgn tunggangannya

    • tiap orang punya kebiasaan atau bisa dibilang karakteristis masing2 heheh.. kebetulan saya sama lek IWB mirip2, cuma kalau lek IWB ibam doang yang eksis kekekeke…

  7. ya itulah kemajuan teknologi Om,,yg dulu ribet soal konsumsi BBM,kemudian teknologi mesin,,skrg yg dibahas soal harga plus fitur & kualitas produk
    entah apalagi nanti

Yuk Tinggalin Jejak Lads..