airbags 1

Kobayogas.com – Hola lads, membaca atau mendengar kata airbags, pasti teringat akan fitur yang ada pada kendaraan roda empat. Namun ternyata roda dua pun sudah ada yang memilikinya..

Menyambung pada artikel sebelumnya tentang “jika harus memilih lebih perlu mana ABS atau Airbags?” kini KBY mencoba berbagi seputar teknologi akan kantung udara alias airbags yang ternyata sudah diimplementasikan juga pada kendaraan roda dua alias motor.

Mengingat cukup banyak pembaca blog yang bertanya adakah airbags yang dipasang atau diinstall pada motor, KBY pun mencari dan berkelana sepanjang dunia maya untuk menemukan apakah ada kantung udara (airbags) yang sudah diimplementasikan pada motor atau roda dua, jika ada pada motor apa dan bagaimana cara kerjanya.

AIRBAGS PADA MOTOR

Mencari dan menelusuri melalui mbah google, KBY diberikan link tentang roda dua alias motor yang sudah memasang airbags, yaitu Honda Gold Wing, mencoba mencari lagi ternyata KBY hanya mendapatkan motor Honda Gold Wing saja yang sudah mengimplementasikan Airbags pada motor. Jika lads menemukan link lain tolong infokan ya agar artikel ini dapat di update.

Jadi, Honda Gold Wing sudah menggunakan airbags motor sejak tahun 2006. Dimana Honda memperkenalkan teknologi airbags motor tersebut satu tahun sebelumnya, yakni tahun 2005. Honda Gold Wing tahun 2006 tersebut disebut sebagai world’s first motorcycle airbag alias motor pertama di dunia yang menggunakan sistem airbags. Honda sendiri sudah melakukan riset berkepanjangan sejak tahun 1990 seputar implementasi airbags pada roda dua.

gold wing

BENTUK AIRBAGS MOTOR

Di awal, KBY sempat berpikiran apabila airbags ada pada motor, apakah ridenya tidak akan mental ke belakang setelah menghantam airbags? Nah ini lah jawabannya, tentu para insinyur sudah menghitung dan mengkaji sedemikian rupa dengan melakukan test seakurat mungkin sehingga rider yang mengalami crash tidak kembali mental ke belakang.

Tentu hasil riset tersebut berlaku semantara hanya pada Honda Gold Wing, mengingat mungkin karena posisi duduknya seperti pada mobil sehingga dirasakan hanya pada Gold Wing saja airbags motor bisa efektif bekerja, pada motor jenis lain? Ya bisa jadi ridernya terpental ke belakang 😀

Airbags pada Honda Gold Wing berbentuk V, dibuat berdasarkan hasil riset, studi serta tes dari hasil kecelakaan serta kondisi dan prediksi ketika sebuah motor mengalami insiden atau celaka. Dikabarkan, kecelakaan roda dua lebih banyak dari sisi frontal collision alias tabrakan frontal depan. Oleh karena itu, Honda meriset airbags motor terutama untuk insiden dari sisi tabrakan depan.

airbags motor kobay

BEKERJA HANYA PADA FRONTAL COLLISION

Dikatakan pada website Honda worldwide, sensor yang ada hanya mendeteksi insiden dari depan, jadi, airbags motor ini tidak akan bekerja jika terjadi tabrakan samping, belakang maupun jika terjatuh. Selain itu disebutkan pula bahwa Airbags motor juga akan berkembang jika motor mengalami tumbukan keras seperti misalnya masuk lubang yang cukup dalam mengakibatkan sensor airbags motor berfungsi.

airbags motor kobay 3

Caution

The Motorcycle Airbag System only deploys in a severe frontal collision when forces over a preset value are detected. In principle, it should not deploy during collisions from the side or rear, nor during falls. Because a collision may involve a variety of factors, such as angled impact or the motorcycle getting wedged under a truck, the airbag cannot help lessen the severity of injuries in all cases. The airbag may also deploy due to a strong shock caused by the front wheel falling into a large hole or ditch, or in a collision with a curb or other object.

By the way, solusi termurah airbags daripada membeli Gold Wing mungkin bisa dengan membeli jacket atau wear pack yang kini sudah tersedia airbags di dalamnya, tapi harganya juga bisa dapat Kawasaki RR Mono atau Z250 FI hehehe..

Catatan: Apakah dengan adanya airbags maka rider akan pasti selamat? Belum tentu, semua technology safety sifatnya hanya mencegah dan kemudian jika sampai terjadi insiden, membantu mengurangi fatal injuries atau cidera fatal saja.

Semoga bermanfaat…

Sumber: Honda Worldwide

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

50 KOMENTAR

  1. Melindungi sampai ke b*ji hehehehehe.
    Sepertinya lebih efektif kalau ditambah jaket airbag, resiko tabrakan motor adalah jatuh setelah tumbukan terjadi, ga lucu kalau pas tumbukan selamat habis itu ndlosor di jalan luka2 (ga semuanya jatuh ke aspal lho) karena nyemplung got atau sawah.

  2. Sy lagi mbayangin…. pas naik motor trs jeger… ridernya terbang nyium aspal, tp airbag kebuka, nglindungi apa tu? Xixixi….

  3. peraves mono tracer juga pake airbag om,make seatbelt 3 titik juga malah

    lebih kumplit n nyaman dari the overpriced honda goldwing

    • Sudah liat tadi oke juga, hehe. Tapi pendekatannya sepertinya berbeda, Peraves lebih kepada motor yang ingin jadi mobil atau mobil sekompak motor.
      Kalau soal kenyamanan pasti yang tertutup biar gmn juga lebih nyaman yah hehe harga 50rb pounds ..

  4. paling aman sbenernya tuh kursi pelontar, kaya jet tempur.

    enaknya itu naik goldwing kaki selonjoran sambil dangdutan di motor ..

  5. Pesannya adalah Honda Goldwing itu canggih karena sudah ada Air Bag dari 2006 hihihi canggih kalau sampai tabrakan baru air bag ngembang.
    Kobayogas galau habis ngubek ngubek google mencari tandingan ABS pada motor NMax, ee ketemunya Air Bag di Goldwing ya sudah ini saja jadi bahan perbandingan aihihihi.

  6. Itu yg d video demo mobilnya volkswagen kan dr depan kyk logo vw
    gila tuh mobil kuat banget d tabrak dr samping honda gold wing sampe hancur dpannya malah pintu mobilnya ketekuk gak terlalu dalam
    ._.
    Made in eropah emg topcerr

  7. sensornya di ban depan ya, kayaknya kalo bawa honda gold wing di indonesia malah jadi serem ya 😀
    Tau sendiri jalanannya gimana, ntar kena lubang yang rada dalem airbang langsung ngembang lagi wkwkwkwk

  8. Sensornya di spakbor ban depan ya, kok kayaknya malah serem ya jadinya bawa honda gold wing di indonesia.
    Tau sendiri kondisi jalannya gimana, hantem lubang agak gede dikit ditambah beratnya goldwing G-force gede pasti, ntar tau” airbagnya kebuka lagi wkwkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.