VVA

Kobayogas.com – Hola lads, crystal clear it is, Yamaha NMax positif menggunakan teknologi atau sistem pengaturan katup variable yang dinamakan Variable Valve Actuation alias VVA…

Oh tidak, tenang, KBY tidak semahir kang Haji TMC dalam mengolah data yang confusing alias bikin njelimet ke otak hehe, itu sudah ranahnya beliau lah. Jadi KBY tidak akan memberikan gambar yang bikin bengong kepada para pembaca, karena KBY pun bukan ahlinya :D. Menarik untuk disimak bahwa teknologi sederhana namun canggih seperti pengaturan katup dapat disematkan ke dalam mesin Yamaha Nmax berkubikasi 155 cc, ini suatu kemajuan teknologi lainnya selain blue core atau enhance Smart Power (eSP).

Sederhana Namun Efektif

Nyatanya, VVA memang bisa diterapkan pada mesin kecil, dan itu menjadi jawaban mengapa di atas kertas output dari Yamaha NMax bisa cukup signifikan berbeda dengan output milik Honda PCX, padahal keduanya hanya berselisih 2,1 cc saja. Yamaha NMax memiliki output sebesar 14,8 dk dengan torsi 14,4 Nm, sementara Honda New PCX memiliki ouput 13,4 dk dengan torsi sebesar 14 Nm.

Artinya dari Yamaha NMax terdapat defisit tenaga sebesar 1,4 dk dan 0,4 Nm diantara keduanya dan itu cukup jika bicara dalam keadaan standar meski seharusnya sih dengan teknologi VVA milik Yamaha NMax defisitnya bisa lebih besar lagi, tapi semuanya kan tergantung desain ruang bakar, desain chamber air filter dan lain sebagainya.

spek Nmax

Wajib Diexplotasi

KBY beropini, bahwa VVA haruslah dapat porsi besar dari sisi advertorial agar masyarakat lebih paham dan kenal apa itu VVA. Ibarat DOHC, VTEC, VVT-i, CVVT, SKyactive dan seabreg teknologi lainnya yang berada di roda empat dan mendapat tempat khusus di bodi mobil agar mudah terbaca/ terlihat, maka VVA Yamaha NMax pun sudah seharusnya mempunyai porsi yang sama dibanding menempelkan Forged Piston dan Diasil Cylinder yang sudah lama dikenal.

Bahkan, silakan berjejer bersama emblem bluecore jika perlu.. Ingat teknologi 3 valve milik Piaggio yang setia menempel di bodi Vespa series dengan nama 3V-ie? Tak ada salahnya Yamaha juga melakukannya untuk Yamaha NMax. It’s  a good thing though..

Floormat Primavera
emblem 3V-ie pada Vespa Primavera. Yamaha tempel juga donk..

Prinsip Kerja VVA Mirip VTEC Honda

VVA Nmax

Mengutip apa yang ada di blog Kang Sayur Wahid Jayapura sbb:

Saat putaran di  atas 6000 rpm akan memakai kem berbeda. Walaupun
SOHC, ada dua pofile kem berbeda untuk pasokan udara dan bahan
bakar. kem pertama untuk low speed cam  bekerja di bawah 6000 rpm.
High speed cam akan bekerja di atas 6000 rpm,” ujar M. Abidin, General
Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Lebih dijelaskan, “Akan ada actuator bergerak secara elektrik yang
menekan pin yang menggabungkan antara rocker arm low speed dan high
speed. Profile kem high speed lebih besar dan bukaan lebih lama. Bukaan
klep akan lebih lama dan lebih jauh, sehingga menghasilkan performa
tenaga di berbagai putaran selalu terisi penuh.

Adakah alasan Yamaha menggunakan VVA pada Yamaha NMax yang bekerja mirip VTEC Honda dibandingkan memilih kinerja VVT-i milik Toyota yang notabene sister company mereka? KBY beropini, hal tersebut lebih dikarenakan prinsip kerja VTEC yang relatif sederhana namun terbukti efektif. Toh tidak ada keharusan satu sister company wajib menggunakan teknologi sister company lainnya.

Prinsip kerja Variable Valve Actuation (VVA) Yamaha NMax tersebut mirip – jika tidak ingin dikatakan sama – dengan prinsip kerja Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC) milik mesin Honda. Apa yang dikatakan M. Abidin, ya seperti itulah prinsip VTEC Honda bekerja. Intinya, saat bekerja di RPM bawah, maka kinerja mesin dan teman-temannya (waktu pengapian, derajat bukaan katup, gerakan camshaft dan lain sebagainya) akan bekerja normal serta efisien.

Namun ketika dibutuhkan akselerasi atau tenaga spontan, misal putaran gas ditambah lebih banyak, maka pada RPM tertentu (tergantung settingan), akan ada pin yang terdorong dan mengunci gerakan rocker arm sehingga ‘daging tambahan’ yang menempel pada camshaft akan aktif terhadap semua rocker arm. Aktifnya ‘daging tambahan’ tersebut membuat semua rocker arm bekerja bersamaan dalam membuka katup lebih tinggi, akhirnya pasokan udara yang masuk ke ruang bakar Yamaha NMax pun lebih banyak.

Berikut ada gambar sederhana dari kinerja VTEC yang KBY percaya kita semua dapat memahaminya.. “Daging Tambahan” = Hi Performace Camshaft.

VTEC-Sys

Jadi apakah itu berarti Yamaha NMax meniru teknologi VTEC milik Honda? No No… KBY tidak akan menyebutnya seperti itu. Terinspirasi mungkin, karena kesederhanaan teknologi VTEC namun terbukti efektif yang dirasakan cocok oleh Yamaha sehingga prinsip kerjanya cocok digunakan pada mesin kecil seperti Yamaha NMax.

Lagipula, riskan lah jika mencontek, mengingat VTEC sepertinya sudah dipatenkan oleh Honda, berabe kalau kesalahan sekecil itu jadi masalah mah…

The Verdict

Bagi KBY, mantap sekali VVA diterapkan pada Yamaha NMax, meskipun ada catatan seharusnya tenaganya bisa berlimpah lagi. Lalu apakah KBY tertarik? Tell you all the truth, yes, sepertinya asik ada Sniego dan Yamaha NMax berdampingan. Tapi KBY lebih tertarik untuk saving karena mengincar sport batangan lagi hehe.. Tapi jika ada rejeki lebih, kenapa tidak? Toh Yamaha NMax ini skutik yang oke kok.

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

226 COMMENTS

      • Hahahaha klo yg pertama bisa jadi sebagai kelinci percobaan . . Apalagi kayaknya di paksa kan bgt . . Buat penetrasi pasar skutik s nggak nya konsumen jadi makin bingung . . VVA berhasil apa gk ya tergantung konsumen pertama yg beli . . Dan akan terus di kembang kan teknologi VVA biar makin efisien

      • Jadi kelinci percobaan yamaha tetep lebih baik daripada jadi kelinci percobaan honda. Inget kasus cebong? Hwehwehwe.

      • ini si arif sales honda yak?

        gue perhatiin komen nya persis sales

        n stau gue batch pertama yamaha lbih bagus drpd batch pertama ahm

        ahm : kepepet kompetitor-> percepet waktu launch n produksi -> problem dimana2 pas di konsumen

        😀 😀

      • Dikasi teknologi baru takuttt, dikasi yg gitu2 aja dibilang jadul..
        Dikasi cbs kawat jemuran, stater senyap n otomatis engine off dibilang cuaanggiihhh….

        Wkwkwkwk

      • hus jangan di salahin lah………. si arief kan sdang ngomongin produknya ahm yang kejar tanyang ampe klotok klotok itu wkwkwkwkwk
        sakitnya tuh di mana ya………………..???? silahkan jawab sendiri 🙂

      • Sakitt nya d otak ente om klo msh berotak tapi
        Tiap hari ente kudu bece bwt urusan perut,
        Miris bingiit

  1. Teknologi kayak gini malah diumpetin sama yimm alias nggak koar-koar. Coba klo pcx pake vtec, pasti dikasih emblem stiker segede bagong ngoahahahaha.

    Jangankan vtec, lha teknologi iss / esp / cbs aja digembor2ken. Canggihnya dimana coba?

    esp? perasaan metik sebelah dari dulu nggak pake fitur bluetak-duorr.
    iss? kalo mau ngirit bensin saat berhenti ya tinggal matiin mesin manual juga bisa.
    cbs? apa lagi dah. Sistemnya manual bingit. Masih pake kawat. Nggak ada canggih2nya blass.

    ealah…

    • Lah mau dikenal pa gak VVA nya? eSP dkk bisa dikenal ya karena disosialisasikan…krn memang itu tujuannya. Biar dikenal.
      VVA ini menurut ay harusnya lbh diutamakan drpd stiker diasil dan forged loh.

      • Nah disitulah kamsud dari komentar saya pak. Berarti kan memang sedari awal yimm nggak berniat mempopulerkan VVA. ya kan? di spek brosur aja nggak tertulis.
        Nggak cuma itu. Nmax beneran pake 4 valve? jika iya yimm kan juga nggak gembar-gembor di spek brosur (cmiiw).

        Bandingken dengan strategi gimik marketing pabrikan sebelah yang gayanya cenderung eksplosif. (memang kamsud saya komen untuk membandingken)

        Soal mau dikenal atau tidak, ya mangga ditanyaken kepada yimm atau rumput yang bergoyang.

      • Wkwkwk betul juga. Justru knp saya tekankan utk diekploitasi, lah forged smaa diasil aja digembor gemborin.. Pdhal dari sisi level advance, jelas VVA dan 4 valve lebih juoss..

        Yaaa gak tau lah apa alasannya, cuma gak kena aja gitu..

    • Tak kenal maka tak sayang, dari mata turun ke hati.
      Yang namanya jualan seharusnya memberi segala informasi produknya ke konsumen, karena mau tidak mau konsumen pasti membandingkan suatu produk dan memilih yang terbaik menurutnya.

      • Sejak kapan jualan LOW PROFILE dianggap keren?

        Orang lebih suka denger High Profile tapi tetep Loe cost.

        Fitur canggih harga murah lebimh banyak yang mau beli dibanding diem2in kemampuan harga segitu

        Pembeli mana ngarti kalau ada teknologi keren kalau gak dikasih tau. Aneh

  2. VVA berarti bisa diterapkan di motor2 sport 150cc milik Yamaha kalau mau … Vixion SOHC 4 klep VVA … kapan?

      • kalau masyarakat memberikan nilai positip pasti mereka mau merubah basisnya … kan yg mau beli masyarakat … bukan untuk pameran … nanti kan yg punya DOHC bisa pakai VVT atau apalah namanya ..

      • Tentu akan diperhitungkan cost dan benefitnya…jika demandnya memang sangat besar, hitungan profit kena, pasti jadi…

    • Kalau sohc 4 klep vixion bs dipasangin VVA maka performa bisa aja menyamai atau bahkan melampaui dohcnya cb series.. Kasus jazz vs yasir bs terulang.. Maaf bwt mang kobay pens TAM…

  3. Ane cuma ngiler satu aja!! not VVA, V-tec, VVt-i atau apalahhh….. tentu ABS coyyy tp harganya murah!! 😀

  4. kalo ada yg bilang apa canggihnya fitur iss.
    brrti doi blom pernah nyobain motornya yg kalo di starter ga ada suara dan getaran sama skali

    di merk Y bijimana pake stater dinamo yg bletak dooorrr buocor

    nah kalo ada yg bilang apa sih canggihnya ESP coba ente pikir (sales or fb Y) apa sih canggihnya YMJETFI yg skarang di ganti buocor….

    • Hwehwehwe.
      Sori broh, motor Y kagak ada fitur bletak door kayak pabrikan si hondongo. Starternya walopun konvensional tapi halus.

      • yah halusnya beda kali om stater yamaha ama ACG stater..
        nerima ato ngak, itulah kenyataanya..

      • tapi anehnya fitur itu jadi beat laris, kaya fitur alarm gratis gitu.

        saya idupken mesin mio gen 1, ngak alus-alus amat om.

        beda ngak sampe 1 dB om

    • “kalo ada yg bilang apa canggihnya fitur iss.
      brrti doi blom pernah nyobain motornya yg kalo di starter ga ada suara dan getaran sama skali”

      Setau ane yang bikin suara starternya senyap itu ACG starter dan bukan ISS. Apa ane yang ketinggalan info ya kalo ISS yang bikin suara saat starternya jadi senyap?

    • YMJET-FI yaitu yamaha mixture jet fuel injection.mixture artinya percampuran antara bahan bakar dan udara yang sngt efisien/irit.itulah knp yang pakai ymjet-fi semprotan injeksi seperti kabut.beda klau injeksi biasa semprotan injeksinya seperti kucuran air hujan.makanya ymjet-fi lbh irit drpada injeksi konvesional.kemudian ymjet-fi mempunyai sensor yang di nmakan IAPS(intake air presure sensor) dan IATS(intake air temperature sensore)jadi intinya motor yang pakai IAPS dan IATS biarpun di taruh di kutub utara masih bs hidup..

      • Jd untuk bro bandot.knp yamaha tdk meneruskan YMJET-FI?karena indonesia beriklim tropis.jd tdk perlu lg menggunakan IAPS dan IATS.karena tanpa kedua sensor itu motor injeksi msh bs hidup klau di indonesia.tp tanpa kedua sensor itu klau motor di gunakan di tempat dingin di bawah nol derajat maka motor akan susah hidup.

    • bro bandot.saya pernah baca di buku garansi produk honda beat.tulisannya begini…BILA MOTOR DI PAKAI DI KETINGGIAN 2000 METER HENDAKNYA DI SETEL ULANG DULU DI BENGKEL RESMI AHAS.berarti injeksi honda akan ada masalah klau di ketinggian di atas 2000 meter…karena tidak adanya IAPS dan IATS tadi….

  5. Sblumnya prassaan dlu prnah ada yg comment deh klo VVA di NMAX itu TGTBT, hahaha?… *ngacirrrr

  6. karena komen “wiiih canggih” itu sudah terlalu mainstream, jadi saya komen “udah lapor SPT tahun ini ?” wkwkwkwkwkwkwk

  7. Sayang banget gak ditemplokin d bodi VVAnya. Padahal teknologi ini yg pertama dipakai di motor kcl kan.
    N jg kata wak haji taufik efeknya terasa banget ngejambak dikecepata 40km/jam.

  8. Perasaan kemaren dikertas buram ada yg bilang….”nmax pake vva??? Ngimpi…”wkwkwkkwkw aku cuma ngulangin aja ya…klo udah penyakit akut susah ya…hadewwww tambah ngikik….wkwkwkkw

  9. Yang masih ane pikirin ampe sekarang, ini biaya sekali service berapa nih motor ya?

    VVA,ABS,Bluecore,4 SOHC dll…

    Tmbh byk teknologi tambah puyeng, alamat gak kepake bengkel non resmi nih 😛

    • Yamaha itu canggih. Tinggal cek pake diagnostic tools, kalo ga ada masalah ya ga diapa2in. Paling cuma bersihin filter & ganti oli. Jangan dibandingin sama tetangga, metode servisnya aja udh jauh ketinggalan. Yang 1 pake laptop, yang 1 pake obeng.

    • Selalu ada trade off dari yg namanya pengembangan… Apakah berarti dalam hal ini Honda lebih peduli pada sisi kemudahan? Jika lihatnya sisi itu ya mungkin aja. Sperti Satria FU yang keukeuh pake karbu…

      • ooo gw paham, karena gw bales gak dari web tpi langsung dari notifikasi gw ga tau maksud perkataan lo itu diajukan dari pertanyaan bro RS84.
        Gw pikir statement lo itu standing alone, based on related article yang bahas VVA compare to VTEC (Honda), itu kenapa gw jawab sure why should i’m not…

        Oke sehubungan dengan pertanyaan bro RS84, gw emang blm mau jawab karena gw emang gak tau. Bahkan kalau ditanya berapa biaya servis PCX gw, ya gak tau juga wong masih gratis… 😀

      • Sure. Ente tu cherry picking banget. Bro rs84 tanya kemungkinan bengkel bisa nggak menangani mesin motor ini, dengan teknologi yang relatif baru. Yang kita bahas ini NMAX yaa om, tapi ente ga bales pertanyaanya, justru mengalihkan pembicaraan ke Honda, which is not being discussed at all.

        Oke, ente bilang Honda lebih peduli dari sisi kemudahan? lalu fitur fitur “canggih ” Honda yang ente banggakan kemarin ilang kemana? ISS, ESP, whatever. Emang Bengkel pinggir jalan yang nggak terlatih bisa tu nanganin fitur – fitur itu kalo rusak? terus matik yamaha selama ini gimana, yang notabene lebih minim fitur? apakah selama ini yamaha juga nggak “lebih peduli pada sisi kemudahan?”.

      • Itu tuh ngejawab yg pake laptop dan obeng… Yg harusnya berarti mengarah ke PGM-FI vs YMJet-FI.
        Kan sering banget dibahas kalau honda cukup pake obeng sementara yamaha pake laptop.
        Jadi atas dasar obeng vs laptop lah ay menyimpulkan kemudahan utk bengkel pinggiran..
        Bengkel pinggiran = obeng
        Bengkel resmi = laptop.

        Btw pertanyaan ente yg mana yak?

      • haha, nice.. kirain jawab bro rs84, anyway harusnya pake @username ya om, biar jelas, komen blog ente nggak bertingkat soalnya.

        oke, gue jawab. menurut gue pabrikan nggak mikir kek gitu deh. itu cuma masalah cost & benefit aja. pake diagnostic tools, biaya agak mahal, tapi service bisa lebih cepet. Pake obeng, cost cutting peralatan & ecu mesin..
        Bengkel jalan? go to hell.. asumsinya kalo service injeksi ya di beres.

  10. armada conquistador yimm, medan tempurnya thailand ama vietnam..
    No contest dmari

    Copas dari web astra.. pcx150
    Daya Maksimum
    9,67 kW (13,1 PS) / 8.500 rpm
    Torsi Maksimum
    13,1 N.m (1,34 kgf.m) / 5.500 rpm

    Om kobay selisihnya bukannya 1,7 dk ama 1,3 nm ya,,,,?

  11. Siiiip Kang Yogas,,, ooh mas sayur blog, yg jpr1. Namanya mas Wahid, yg rambutnya aga gondrong di ikat, naek CBR 250 warna merah itu. Manstap analisa dan pencerahanya.

  12. harus nya emblem VVA di tempel di cover mesin ky di mobil

    emblem yamaha n blue core nya di body aja

    jadi bisa ketauan premium nya

    😀 😀

  13. “Adakah alasan Yamaha menggunakan VVA yang bekerja mirip VTEC Honda dibandingkan memilih kinerja VVT-i milik Toyota yang notabene sister company mereka? KBY beropini, hal tersebut lebih dikarenakan prinsip kerja VTEC yang relatif sederhana namun terbukti efektif”

    ———————————

    alasannya karena VVT yang cara kerjanya merubah timing tidak bisa di aplikasikan ke SOHC, karena SOHC yang cuma punya satu kem tapi bekerja untuk 2 klep inlet dan outlet, kalo kalo pake VVT merubah timing yang inlet, yang outlet juga otomatis ngikut jadi ngaco.

  14. Daripada ribet bikin vva mendingan mesin xeon blukor dibore up 150 ditempelin ke bodi nmax dijual dibawah 20jt.
    #ngarep

  15. sales embekha dangdutan diatas dek rata variem 150cc..
    sales beruk dangdutan slonjoran didek nmx
    pilih dek rata aja biar bisa angkut” galon n tas kalo mau ngojek jg bisa

  16. IMHO, buat yang berpikir “yimm humble banget ih bro ampe ga gembar-gemborin VVA tech d motornya,ga kayak pabrikan sebelah bla bla bla..”, kenapa yimm ga ngasitau teknologi vva di brosurnya/masang gede2 tulisan VVA di NMAX, soalna patent yamaha untuk VVA HANYA UNTUK MESIN DOHC..
    Dan prinsip kerja VVA di NMAX juga mirip dengan VTECnya honda, jadi ada alasan untuk itu..

    IYKWIM

    Tapi ya biar lebih jelas tungguin aja penjelasan masalah VVA dari pihak yimm

    just my two cents

  17. Sifat asli serigala suatu saat pasti akan keluar walau telah lama berbulu domba..
    Bukan begitu kang Kobay?? 😉😉
    -berdasarkan isi passage terakhir artikel ini-

    • ymjet-fi gagal itu cuma tafsir fbh aja om wkwk :mrgreen:
      sistem mirip ymjet-fi masih dipake di mobil kok :mrgreen:

      cuma ongkos produksinya sedikit lebih mahal jadi gak dipake lagi, makanya yg 125 harganya bisa sama dengan yg 110 karena gak pake ymjet lagi

      • kalo YMjet gagal gak mungkin petinggi AHM protes ke Detik.com gara2 Beat FI kalah irit dari Suzuki Nex dan Mio J waktu di tes wkekek :mrgreen:

        Mio J dulu kalah irit dari Nex karena memang mesin Mio J itu mesin mio lama yg dikasih roller rocker arm dan injeksi tapi belum offset silinder seperti mesin modern sekarang, juga karena Mio lebih berat dari Nex, nah di Mio 125 ini mesinnya total bener2 baru

        YMjet-FI itu kalo dimobil namanya (VIM) Variable Intake Manifold
        http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/10/variable-intake-manifold-vim.html

      • gagal secara teknologi sih tidak om,

        cuma gagal dalam effesienya aja, effesiensi harga produk

        konsumen beat kagak ada yg proyes kok om,

        wong dah tau tuh motor iritnya 11-12 kok,

        buktinya tetep plg laku khan?

        toh konsumen tdk liat cuma irit/sedikit irit.

        banyak faktor dilapangan yg mempengaruhi konsumen

      • gagalnya terbukti di penerimaan pasar yang rendah, mau irit tapi kalo kudu jalan ngesot 60 kpj malah merepotkan..

        sukurlah kalo harga 125cc sama dgn yg 115 cc bukan karena downgrade, kasihan yang beli mas..

  18. Salesnya jg harus ditraining yg bener om…saya pernah punya pengalaman dgn sales toyota, dia gak tau vvt-i itu apa, saya aja yg mau beli tau, masa dia yg jual gak tau

  19. Paduli teuing akh :Dijal mah mung apal.
    rek VVA
    rek BBVA
    rek ISL
    nu penting iyeu PCX saya can ge kasetoran kabeh ges rek aya lokala-na 🙁
    eurrggggghhhhhhh sakit mang kobay :'(

  20. ga ditemfelin stikerna karena susah buat orang sunda bacana : PePeA ntar jadi bahan bully lagi 😀

  21. teknologi yang sudah mulai ditinggalkan Honda karena beralih ke i-vtec yang lebih advance. tapii, secara prinsip memang bikin mesin jadi punya dua dunia.
    kalo yang punya ngantornya jalanan kosong terus dan rpm diatas 6000, lupakan irit. karena katup lift tingginya aktif terus. dikendaraan, teknologi mobil emang 10 langkah lebih maju hehehe…

  22. Kok VVA terus ya yg diangkat…. Kok ndak ABS nya??? ndak ada ya.. moto ABS seharga segitu…

    • ABS sih udah umum om, bukan barang baru.. kalau dari harganya sih jelas oke banget lah…

      VVA ini yang baru, makanya diangkat biar saya tambah pinter… sukur sukur ada masukkan atau diskusi yang bermanfaat…

  23. PCX gratis berapa kali service om Kobay?
    Maksud ane ini lho, terkadang motor macam ini mutlak cuman untuk prestige satu perusahaan, karena rasanya kue ekonomi or lakunya juga gak bakal terlalu banyak, mungkin sih…

    Nah motor 30jtaan, wajib pake pertamax plus agaknya, parkir rada mikir kalo ke mall,biaya service rutin tadi kalo ternyata ada walaupun cukup pake diagnostic tool, apakah free?

    Nilai keekonomianya untuk rakyat Indonesia kebanyakan juga belum dapet, tapi jelas brand image Yamaha jadi naik, first VVA and first premium matic di Indonesia.

    Tapi mengingat ini motor go internasional, mgkn memang resiko kali ya, all out to the max…

    Another big Question, kenapa gak ditempel tuh VVA emblem or sticker or what so ever di bodynya NMax?macam blue core, ymjetfi,abs,esp,pgmfi, dll…what was wrong?

    • Now we’re talking hehe…
      1. PCX 3x service free, satu kali free oli di awal. Saya baru sekali servis.
      2. Sepaham, setiap perusahaan pasti mempunyai “jagoan” dalam upaya mendongkrak Imej nya…
      Bicara skutik, Suzuki sepertinya sih Burgman, Honda dengan PCX dan kini Yamaha dengan NMax-nya.
      Produk2 ini yang memang menjadi icon prestige dan tidak terlalu memikirkan laris atau tidak.
      Prediksi saya Yamaha SEtelah ini akan berkonsentrasi kepada low level skutiknya, karena pesan utamanya sudah disampaikan ke khalayak.
      3. Pemilik kelas ini kebanyakan sudah sangat aware dengan tetek bengek yang akan mengikutinya, misal bensin minimal pertamax, biaya servis di atas rata-rata, aksesoris harga takjub dlsb. Bagi yang mengeluh, menurut saya sih belum siap ya…
      4. Pertanyaan terakhir itu sama yang ada di benak saya. Jika saya menjadi produsen dan memiliki kartu truf yang dahsyat, saya akan berkoar koar agar dunia mengetahuinya.. Karena itu hasil kerja keras saya dan tim, dan tim berhak mendapatkannya

  24. Mantab ulasannya kang Kobay. Buat pembaca yang sudah menyampaikan opini dan pendapat berdasarkan data2, terima kasih, karena jadi menambah pengetahuan. Honda dan Yamaha, uhuuyy..saya mah, primavera ajah!

  25. Sudahlah mio m3 modelnya nyontek/mirip honda beat, eh sekarang nmax teknologi vva njiplak persis teknologi vvt mobil honda juga? Owalah yamaho, kreatif dikit napa sih?

    • wkwkwkw, saya suka ketawa ngakak kalau ada yang bilang gini.. kadang juga suka bilang dalam hati, apa iya smp gw harus beli Yamaha biar predikat itu ilang? Gak enak soalnya wakakakaka…

      Tapi kalau dibilang HFB saya tunjuk tangan 😀

      • wajar lah om dibling jendralnya FBH,

        siapun yg punya opini berbeda dari fb smart dan fby,

        maka disebut FBH

        kebetulan om lebih sering punya opini berbeda dri mereka

        dan punya simpinan printilan .

        karena om punya mobil jazz dan PCX,

        maka om pantes jadi jendaral FBH yg mayoritas kismin-kismin

        becanda om

      • Ahay kenapa banyak FBH mikirin VVA? sukur ada NMax lokal jauh lbh murah dr PCX import. Open MIND sob. Jgn kau lihat motor AHM trlihat inferior lalu lari ke mobil HPM. Apa yg kau banggakan cuma mobil tua Honda yg terbilang wah tuk FBH kebanyakan.

      • Yang tua kan mobil saya dan itu saya yg punya, makanya saya bangga, situ punya apa wahai yg cuma numpang lewat gak berani nampilin nama 😇

        Dan dgn komen situ, terlihat skali kalau situ gak terima kalau NMax mmg memakai teknologi yg mirip dgn kompetitor, pdahal liat dan baca dgn seksama wahai cuma numpang liwat, adakah saya jelek2an disitu? Adakah? Cuma yg pikirannya pendek doang yg mengira sperti itu.. Dan saya prihatin banget kekkekeek..

  26. itu bukan mirip vitec honda om… lha emang semuanya gitu,, klo kontruksi SOHC,, yg di bikin variable,, lift..nya.. klo mau di bikin kayak VVTI.. mesti bikin konvigurasi DOHC,, krna yg di bikin variable,, Timingnya,, ntar klo kontruksi SOHC dibikin Kyak VVTi,, bisa ngk ad variasi overlaping,, krna satu CAm,, nah kalo mau di atur keduanya,, toyota jg bikin tuh yg namanya Doble VVTi..
    .. berlaku juga untuk semua jenis mesin dari pabrikan lain

  27. sprtinya kacung oonda bikin artikel seolah2 smart tntang vva,spya tdk kliatan bego kek rekannya si cakil wakakakkkka..tp kliatan ms nyanjung2 onda jg wakakakakak #jd fbh itu hak ente tp jgn fanatik buta..nnti bahas sohc dan dohc lg 😀

  28. pcx semakin gimanaaaa gitu. lha fitur2 pcx diturunkan di matic entry level. praktis pcx ‘hanya’ kebagian bodi gambot doang. seperti tidak ada yang istimewa lagi dari pcx. imho

  29. Wedyan

    Kacung2 honhon emang juozzzzz

    Kejang2 berjamaah kalo liat yimm jauh lebih jozzz

    Dibilang pamer lah,apa lah itu ℓã◦°˚ª˚°◦aђ

    Bedha kelas memang sm blogger kondang kek tmcblog,iwb,leopold

    Namanya jg kacung

    Lanjutkan tugas kalian cung,nasi aking dari plant bantargebang gunung api siap meletus dh [m̲̅][a̲̅][u̲̅] ϑ¡ delivery kegubuk2 kacung2 honhon

    Ngoahahahahahahahahaa

  30. Eh yogas pekok,ente ntu dah punya istri

    Emang gk malu apa elu sm istri elu

    Kerja jd kacung honhon yg diwajibkan BC yimm n penggiringan opini

    Ane yakin,kalo istri elu tahu kalo elu itu tukang BC,menggiring opini,istilah agama “tukang dzalim” pastri istri elu jg jijik sm elu

    Tobat gas yogas

    Yg elegan dikit kyk TMCBLOG,IWB,n leopold

    Independent,jd banyak pabrikan yg lirik atas kenetralanya,tambah rejeki banyak

    Tiru mereka,mereka selalu ngambil yg baik2 dr suatu objek,n gk pernah menggiring opini

    Maka dari itu,mereka makmur n disukai semua pihak

    Kasian istri elu gas

    Ngoahahahahahaa

      • Bener bgt kang kobay, komentator kayak gitu cuma bisa komen ga mutu. Kalau emank dia lbh baik, bikin artikel tandingan, jgn cma nyampah di blog orang. Tetap semangat kang kobay…

    • s7 ane,,kasian sohibnya si cakil abis mukanya lebam,bonyok dikamplengi sana sini wakakakaka.emang kacung honhon idiot akut,haram jadah..# mknya ane lbh suka baca dr blog,tmc,iwb,pertamax,leopold,aripitstop asik2,dan jg blog tntng brbagi tips2 mtr dr blog trntu jg enak2 dibaca

  31. heran sama fby mendewa-dewakan teknologi vva sama sistem injeksi karena disetting dengan laptop kayak vva, sebenarnya yang penting bagi pemakai motor itu fasilitas dan manfaat dari teknologi yang diberikan jangan mau dibodohin dengan label teknologi canggih doang.

    okelah vva memang terobosan baru oleh yimm di mesin motor cc kecil, bisa memaksimalkan power dan torsi dengan mengorbankan bensin yang boros kalo mau irit ngesot 40 kpj…

    terus sama teknologi injeksi make laptop itu malah kalo mau setting apa2 harus ke bengkel, dan bengkel pun harus beli laptop, beda kalo settingnya make obeng kapan saja dan di mana saja bisa disetting dan itu mudah, kalo laptop sekarang anak sd juga dah make tapi kalo bikin setting motor repot buat apa???

  32. bang kobay
    Prinsip kerja Variable Valve Actuation (VVA) Yamaha NMax tersebut mirip – jika tidak ingin dikatakan sama – dengan prinsip kerja Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC) milik mesin Honda.
    =============

    alus tenan bahasa ne wkwkw

    teringat
    lari pulsar 200 ns di putaran bawah ini smooth bgt bila tdk mau dikatakan lemot ..kwkwkw

  33. 61. fby tulen – 11/02/2015
    Eh yogas pekok,ente ntu dah punya istri

    Emang gk malu apa elu sm istri elu

    Kerja jd kacung honhon yg diwajibkan BC yimm n penggiringan opini

    Ane yakin,kalo istri elu tahu kalo elu itu tukang BC,menggiring opini,istilah agama “tukang dzalim” pastri istri elu jg jijik sm elu

    Tobat gas yogas

    Yg elegan dikit kyk TMCBLOG,IWB,n leopold

    Independent,jd banyak pabrikan yg lirik atas kenetralanya,tambah rejeki banyak

    Tiru mereka,mereka selalu ngambil yg baik2 dr suatu objek,n gk pernah menggiring opini

    Maka dari itu,mereka makmur n disukai semua pihak

    Kasian istri elu gas

    Ngoahahahahahaa

    ————————————

    Kobayogas – 11/02/2015
    ga usah bawa bawa bini bro… woles 🙂 tar malah elo yang keliatan pekok sama pengunjung2 yang laen, malu lahhh… hehehe

    =======================
    =======================
    =======================

    kalo menurut saya kobay adalah salah satu blogger yg pola pikir nya cukup independen…

    dgn terang2 an dia mengatakan beberapa kelemahan suatu produk yg bermanfaat bagi rider sbg bahan pertimbangan,,,
    cara dia mer review juga cukup bagus,,, dan cukup complete.

    GOOD JOB kobay lanjutkan.

  34. Kobayogas – 11/02/2015
    wkwkwkw, saya suka ketawa ngakak kalau ada yang bilang gini.. kadang juga suka bilang dalam hati, apa iya smp gw harus beli Yamaha biar predikat itu ilang? Gak enak soalnya wakakakaka…

    Tapi kalau dibilang HFB saya tunjuk tangan 😀
    ===================

    kalo urusan kenyamanan honda tiada tandingan nya di mobil jepang

    tdk perlu beli yamaha,,
    jujur yamaha desain memang memikat..

    tapi kalo mio vs vario ya jelas liat tabel total penjualan..

    vario rule…

    kalo vixion memang aku akui.. mtr nya ngacir di putaran bwh dan tengah, enak buat stop n go..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..