Suzuki RGV R 250 gamma
Suzuki RGV 250R SP Gamma

Suzuki RGV 250R Gamma SP VJ23 dibuat untuk bertarung dengan lawan-lawannya yang sudah mapan seperti Honda NSR 250 dan Yamaha TZR 250, sukseskah?

Jas Merah, Jangan Sekali-sekaliΒ  Melupakan Sejarah… Motor modern dan mahal sesuai perkembangan memang terus menerus hadir hasil dari tuntutan pasar yang dinamis, ketinggalan sedikit, market share taruhannya.. Namun dibalik motor-motor modern dan mahal, pencinta roda dua mesin 2 tak knalpot ngebul tetap setia mempertahankan dan memelihara dengan kasih sayang motor-motor yang pada eranya memiliki pertalian sejarah dengan dunia balap. Salah satunya adalah Suzuki RGV 250R SP VJ23 ini

Honda NSR, pencinta dan pemerhati roda dua mana yang gak tau motor tiga abjad tersebut? Kentjang, handling superb dan nama besar Honda, 3 faktor juara pada sebuah produk. Bagaimana dengan Suzuki? Mungkin KBY bisa sedikit mengingatkan – meskipun KBY bukanlah ahli historical bike unlike mang Eno ANderson – tau seri RGV 250R Gamma? Juara dunia tahun 1993 dan 2000 bersama Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Jr? Ring you lads a bell?

RGV 250R SP VJ23

Oke, RGV 250R adalah motor kentjang dan pernah jadi juara dunia GP500, sudah itu saja yang KBY tahu sebagai orang awam. Tapi apakah cuma itu? Semua berubah (tepatnya bertambah) ketika KBY berkesempatan menunggangi si RGV R 250 SP berkode VJ23 lansiran tahun 98 milik juragan kayu pencinta 2 tak asal Bandung, kang Arie “Ovie” Noviana (nuhun pisan kang sudah diperkenankan tes ride).

RGV 250R SP Tak Kalah Dengan NSR!

Honda NSR 250 MC28 mungkin saja kencang dan handlingnya friendly, hampir semua orang tahu itu, namun ternyata KBY berani berucap bahwa RGV 250R VJ23 ini berada pada level yang sama bahkan pada beberapa poin berada di atasnya! There’s always a first time for everything, dimana di awal KBY hanya tahu RGV 250R itu kencang thok, tapi kini KBY tahu bahwa ternyata tak hanya sosoknya yang menawan, namun handlingnya pun luar biasa! Kini KBY jadi tahu seperti apa RGV 250R itu, performanya, handlingnya, ergonominya dan sosok lengkapnya…

RGV 250R
Red line? Ecesss…awas gigi 3-nya – tangan kanan KBY putar gas pol..videonya menyusul

Like I Always Said, Testing is Believing

Apa yang lads harapkan dari sebuah motor sport berfairing dengan spek balap? Kencang? Ergonomi bersahabat? Tampilan memukau? Handling superb? Apa? Hemat? Please, are you kidding me? πŸ˜€ Jika lads bosan dengan Honda, maka Suzuki RGV 250R adalah jawabannya (I reserve my opinion about Yamaha TZR 250, karena emang belum pernah tes). RGV 250R SPΒ VJ23 itu kencang, handling mantap luar biasa, menikung sehebat sebuah NSR dan lads akan nyengir kesenangan ketika melakukannya. Selesai? Belum..

Dibalik sosoknya yang terlihat besar, RGV 250R SP memberikan bonus berupa ergonomi yang lebih user friendly bagi mereka yang memilihnya. Kaki menapak sempurna, setang – meskipun underyoke – percayalah, lads akan jingkrak kegirangan begitu mencoba meraih setangnya, masih nyaman!…Bermasalah dengan perut? No worries, tangki RGV penuh pengertian πŸ˜€ Tuas kopling kering – yang berbunyi khas ketika ditarik – juga masuk kategori lembut. Secara singkat, this is a legendary fast bike that you can ride to your college or office, everyday, yes everyday and i meant it.

Soal handling, baca dari referensinya Eno, si RGV 250R ini katanya masih kalah dari NSR dan TZR, entahlah, yang jelas KBY rasakan menikung dengan RGV 250R SP ini masih sedikit lebih enak dibanding NSR 250 MC28 yang sudah KBY tes juga sebelumnya. Mungkin juga karena faktor lain seperti kondisi ban, suspensi dll.

Nikung? Wuenaakk
Nikung? Wuenaakk

RGV 250R The History Flash Back

RGV 250R SP (VJ23) Gamma diperkenalkan pertama kali di Pasar Roda 2 Jepang pada medio tahun 1997-1998 an . Motor ini didaulat untuk bersaing dengan Motor 2-Tak 250cc yang sangat superior seperti Yamaha TZR250 & Honda NSR250SP & Kawasaki KR1s. . Pada awalnya Motor ini hanya diperjual-belikan untuk pasar domestik jepang saja.

Namun lambat laun akhirnya diimport juga ke Beberapa Negara Eropa, Australia dan juga Masuk secara β€œBlack Market” ke Amerika. . . Didaulat untuk bersaing dengan Motor-motor Super tadi, tentunya Sang RGV 250R SP ini haruslah mempunyai kelebihan yang nyata dibanding Kompetitor. . . Hasilnya sungguh mengejutkan, , Suzuki memberikan Desain yang menawan (bahkan hingga kini) dan Part motor yang memakai material High-Tech & Mesin 250 cc Beringas, no doubt about it.

RGV 250R

RGV 250R – The Technology

Frame & Chassis, Suzuki Menyematkan Special Alumunium Alloy Beam Twinspar Frame & Swing-Arm Banana yang eksotis layaknya NSR250SP MC22 di motor ini. . Shockbreaker Depan Upside-Down dan Shockbreaker gas belakang Full Floater ala Suzuki yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara pun ditambahkan ke si VJ23 ini. . . Walhasil Bobot Kosong si RGV 250R SP VJ23 ini pun hanya 134Kg saja lads !! Atau ibaratnya Mirip seperti bobot New MegaPro FI dan New PCX tapi mampu digeber lebih dari 210 Km/h.

Mesin berteknologi Suzuki Advanced Power Control (SAPC), Electronic power valve dengan ignition timing control. Mesinnya dibatasi hanya sebesar 40-45 hp untuk produk domestik Jepang dengan konfigurasi V-Twin 70 derajat engine layout mirip seperti motor GP 500 dan juga menggunakan kopling kering, close ratio gearbox dan 2 buah karbu Mikuni special berukuran 32mm.

Lads tidak akan menemukan kick starter pada sisi sebelah kanan mesin RGV 250R VJ23 karena dia menggunakan electric start serta mengaplikasikan ram-air technology. Tanpa adanya batasan, mesin RGV R 250 SP VJ23 dapat menghasilkan tenaga sebesar 70 HP!! Sayangnya, angka tersebut hanya membuat RGV VJ23 ini hanya menyamai generasi sebelumnya, RGV VJ22, namun settingan barunya membuat tenaganya kini lebih terisi pada kitiran tengah.

RGV 250R SP
awas bentuk besar menipu

The Verdict

Sejak menaikinya, bahkan sebelum jalanpun KBY merasa, ini motor really has a lot of things to offer, ergonomi yang lebih nyaman adalah poin kedua. Poin pertama adalah penampilannya, gak Suzuki banget deh, cakep!! Entah kemana para desainer Suzuki yang membuat RGV ini hingga lupa bahwa mereka pernah memiliki motor secantik ini… make another two or three please!

Poin berikutnya adalah all about the riding itself! Dengan ergonomi yang lebih baik bagi kebanyakan orang asia dibandingkan NSR, joki RGV 250R akan lebih pede menungganginya. Meliak liuk dikepadatan jelas keunggulannya dari NSR MC28 yang telah KBY tes sebelumnya. Kemudian, bantingan suspensi full floaternya juga bersahabat, mampu mengejwantahkan semua feedback dari jalan menuju (maaf) bokong. Suspensi depan USD somehow lebih mantap tapi tetap lembut ke setang tanpa getaran berarti.

Bicara performa? aihhh, speechless.. dari bawah hingga tengah yang KBY rasakan performanya mirip-mirip NSR 250 MC28, berisi walau belum seperti 250 4 tak. Gigi 1 dan 2 KBY berani geber hingga redline karena sikon memungkinkan. Pada fase tersebut, NSR 250 MC28 unggul, gigi 2-nya sudah bisa membuat MC28 melejit bak anak panah. Namun begitu si RGV KBY oper ke gigi 3 dengan RPM masih berada di sekitar 10,000…edaaaannn!!! Mana NSR? Mana? Serta merta seluruh tubuh bagaikan dihempaskan sekaligus..!

Mesin RGV 250R melengking dahsyat dengan sangat merdu, kedua tangan menggenggam erat setang, suasana menjadi blur seketika, hanya lampu merah saja yang bisa menghentikan si RGV VJ23 ini.. Addicted lads! Begitu kembali ke Kios Bikers, tangan KBY gemetaran, bukan karena beban atau getaran motor, namun akibat adrenaline rush dan excitement! Tak ayal, ini memang lawan sepadan NSR dan (mungkin TZR).

Catatan minus RGV 250R, itupun jika ingin disebut minus, adalah performa rem depannya yang dari Tokico agak kurang mantap, NSR MC28 sedikit baik, jangan dibandingkan dengan Aprilia RS250 yang pakai Brembo, cukup sentuhan lembut si RS sudah siap berhenti kapanpun. Kedua, wajahnya dari depan bukan selera semua orang plus bentuk lampu rem belakangnya, aihhh Thunder banget, mentang-mentang kakaknya πŸ˜€

sumber : http://www.rgv250.co.uk/index.html/_/articles/vj23-info-r20 juga thanks to Enoandersonpidia berkat dirinya KBY gak susah nyari spek dan histori lengkap dari sang Suzuki RGV R 250 VJ23 hehehe… some words quote dari artikel eno.

Very very special thanks: Kang Arie Ovie buat RGV-nya, juragan Kios Bikers atas pinjaman Arai-nya, dan Ivan Vanzmotoblog atas foto-fotonya.

Spesifikasi Suzuki RGV 250R Gamma 250 SP VJ23

Model : RGV 250R (Sport Production) VJ23
Tahun Pembuatan : 1997-1998

Engine : 2-Tak, Liquid-Cooled, 70 Degree V-Twin 2 Silinder, Suzuki AEC System
Bore x Stroke : 56 x 50,6 mm
Kapasitas Silinder : 249 cc
Rasio Kompresi : 8,0 : 1
Penyuplai BBM : Karburator Mikuni TM32 Special Edition
Max Power :
– 62,95 HP @ 11.000 Rpm (Europe Version),
– 70 HP @ 11.000 Rpm (Some Europe Version with Suzuki Race Kit),
– 67 HP @ 11.000 Rpm (Italian Version)
,
– 40 HP @ 10.500 Rpm (Japanese Version)
Max Torque : 39 N.m @ 10.000 Rpm
Top Speed :
– 240 Km/h (Real Topspeed),
– 215 Km/h (Restricted)
,
– 205 Km/h (Japanese Version)
Akselerasi 0-100 Km/h : 3,67 Detik

Rangka : Alumunium Alloy Beam, Twinspar Frame
Suspensi Depan : Upside Down Cartridge
Suspensi Belakang : Single Adjustable Shockbreaker with Stylish Alumunium Alloy Swingarm
Rem Depan : Double 300mm Cakram Hidrolik, Kaliper 4 Piston
Rem Belakang : Single 210mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 110/70 – 17
Ban Belakang : 150/60 – 17

Panjang : 1,965 m
Lebar: 0,695 m
Tinggi : 1,095 m
Tinggi Jok : 0,765 m
Jarak Sumbu Roda : 1,330 m

Berat Kosong : 134 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 17 Liter

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

109 COMMENTS

  1. Edass, Motor Super Rare iki…. Aku hanya terdiaamm….
    Soal handlingnya, saya baca dari CycleNews edisi 90-an (kalo gak lupa), dibawah NSR tapi diatas KR-1 Series… Desainnya & Material mah asli spechlessssss, David Lancaster manaaaa inii sijukaaaa ?? dipecatkah ?? wkwkwk πŸ˜€

  2. plus bonus ne mesin d pake d aprilia 250 yg juara mulu d GP 250…dgn rider max biaggi ….mkany kl d intip d mesin si aprilia rs250 malah bermerek suzuki

  3. mesin rgv ini juga dipakai aprillia rs 250 kang kobay….
    jadi aptrillia cuma buat rangka doang sementara mesin beli dari suzuki….

    si roy pasti tau
    πŸ˜€

  4. Entah kenapa tulisan di bawah foto saklar kanan tertulis kick starter, bukan tombol starter. Sadis juga mencet tombol starter dengan cara ditendang (kick) ditendang. πŸ™‚

  5. oke om kobay bilang enakan rgv buat nikung karena ga ada yg ngeganjel antara perut dan tangki.

    kesimpulannya : yg langsing pilih nsr biar perfect tengkurepnya, yg perut atw dada nya besar pilih rgv ..
    πŸ˜€

  6. kl dr rivalnya, ne mtr paling kenceng, karena aturan yg membatasi besarnya HP, akhirnya tenaga RGV disunat..drpd pamor jatuh..suzuki akhirnya stop produksi RGV..tp mesinnya msh dipake sm aprilia ..setahu sy gt

  7. klo saya pribadi bicara masalah riding position utk sport fairing suzuki msh lbh friendly dibandingkan motor lain klo gak percaya coba aja gxs series dgn cbr series msh lbh enakan gsx series klo masalah handling kan tergantung sikontol panjang kang alias situasi kondisi toleransi pantauan dan jangkauan hehehehehehhehe……. πŸ˜†
    tapi klo handling bisa karna bawaan ridernya sendiri dmn dia menemukan kenyamanan posisi riding saat berkendara walaupun sebagian org blg klo motor tsb handlingnya kurang mantap dibanding kompetitornya

  8. top speed nya kurang tuh. kalo race bike bisa tembus 270kpj di GP 250. kalo standar 210kpj an.

    RG 500 Barry Sheene aja tembus 187mph tuh di Silverstone Practice. gw ada video nya

    wkwkwkwkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.