KTM RC200 2

Kobayogas.com – Hola lads, setelah pada artikel lalu membahas komparasi antara KTM RC200 vs kembarannya yang tidak identik yakni Kawasaki Pulsar 200NS, kini RC200 dihadapkan dengan Kawasaki RR mono yang berkapasitas 50 cc lebih banyak…

Mengapa dikomparasikan dengan Kawasaki RR Mono? Selain harga yang lebih mendekati, kapasitas yang berbeda 50 cc dan sama-sama 1 silinder, menurut tabloid Motor Plus (M+) KTM RC200 juga disebut-sebut mempunyai performa setara mesin 250 cc 1 silinder… benarkah demikian? Tidak ada salahnya kita simak bersama…

RIDING POSITION

Menurut M+ meski keduanya mengusung tema sport tulen, namun Kawasaki Ninja RR Mono lebih mempunyai cita rasa sport yang lebih kental akibat ergonomi yang racy banget dibandingkan KTM RC200. Pada artikel sebelumnya dikatakan meski RC200 sudah mengaplikasikan setang jepit, namun bentuk setangnya lebih melebar ke luar.

Sementara itu, Ninja RR Mono bentuk setangnya merapat ke dalam, sehingga posisi mengendarainya memang terasa lebih mantap alias sporty sekali dibanding RC200 yang masih agak kental cita rasa motocross/ dual purposenya karena lengan lebih ‘mengangkang’ ke arah luar. Akibatnya, untuk trek lurus dan hi-speed, RR Mono masih lebih mantap untuk ‘dipeluk’.

Ergonomi RR mono memang lebih nunduk daripada sang kakak, Ninja 250 FI seperti yang pernah KBY bahas secara singkat sisi ergonominya di artikel Ninja RR Mono beberapa waktu lalu.

Merunduk lads
Merunduk lads

PERFORMA

KTM RC200 disebut-sebut mempunyai karakter mesin mendekati 250 cc, nyatanya Ninja RR Mono mempunyai karakter mesin yang meledak-ledak di kitiran bawah akibat pengaplikasian mesin milik KLX 250. Torsinya galak sejak dari bawah hingga menengah dengan karakter mesin milik motocross.

Sementara RC200 jusru lebih smooth, dalam hal ini sang KTM lebih cocok atau lebih user friendly bagi bikers yang ingin naik kelas karena tidak meluap-lupa sehingga tidak membuat kaget bagi bikers pemula yang baru jajal kelas sport. Dari sisi ini ada baiknya perbedaan karakteristik menjadi pertimbangan dalam memilih salah satu diantara kedua produk tersebut.

KTM vs RR Mono

THE VERDICT 

Dengan harga yang nyaris dua kali lipat dari Ninja RR Mono, jelas KTM RC200 lebih menjual fitur daripada performa mesinnya. Simak saja apa yang menempel pada sekujur tubuhnya, bodi yang eksotis out of the box, kaki-kaki depan menganut paham Up Side Down Suspension dan fitur yang super lengkap pada speedometernya.

It’s Your Call lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

40 COMMENTS

  1. Waduh… 22nya kesukaan aye nih. Btw, gak tau kenapa untuk motor 250cc lebih suka single dibanding double silinder. Kecuali 250cc 4 silinder, baru beda cerita. Nguuuiiing nguuuiiin :mrgreen:

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.