banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Honda CBR, sedikit sekali pencinta roda dua yang tidak tahu, atau bahkan mungkin tidak ada yang tidak kenal klan CBR. Mesin dengan performa tinggi, konsumsi bbm cukup efisien dilengkapi dengan desain yang long lasting… Ini cerita tentang review CBR 150 karbu repsol edition, motor impian KBY sejak dulu. Kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari si CBR150R karbu ini.

Sejak mengenal roda dua dari jaman SMP dulu, motor-motor kencang selalu ada di kepala, terutama 2 merek ternama, Honda dan Yamaha. Berbekal nama mendunia di MotoGP dengan NSR dan YZR, siapa yang tidak terpatri akan hebohnya dua nama tersebut, meski akhirnya KBY hanya cukup puas menikmati Alfa IIR saat SMA dan Honda Tiger 96 saat kuliah.

motor pertama KBY

Seiring waktu, Yamaha sport 4 tak memudar, dan yang teringang di pikiran adalah klan CBR, terutama saat CBR 150 CBU thailand menggila di Indonesia, menggila dalam arti untuk produk CBU, old CBR 150 karbu menjadi idaman para pemuda di jamannya, harganya pun tidak murah, melalui IU yang KBY ingat, harganya 30 jutaan.

Impian tersebut terwujud, setelah menunggu beberapa tahun lamanya, pada tahun 2012 awal KBY akhirnya dapat menebus Honda old CBR 150 karbu tahun 2004 Repsol Edition milik bro Seno. Bro Seno ini juragan motor dan mobil, beberapa motornya pernah KBY tes, seperti Ducati Diavel, CBR 250 R dan CBR 600RR.

Memiliki selama setahun sebelum berpindah ke Kawasaki Z 250 FI, membuat KBY cukup hapal karakteristik si Cibi Oren ini. Impresi yang KBY berikan untuk old CBR 150 karbu ini adalah sbb:

DESAIN

Bentuk old CBR 150 karbu ini relatif mungil dibanding motor-motor sport 150 cc saat ini, efeknya memang terlihat kecil. Dua mata alias dual keen eyes di depan membuat aura mewahnya dapat, bagaimanapun dua lebih baik dari satu hehe. Lampu rem belakang senada dengan lampu depan, dihiasi dua bulatan. Desainnya cukup mengalir sangat baik dari depan hingga belakang meski minim sudut-sudut tajam.

Sejujurnya, desain old CBR 150 karbu yang ini cukup long lasting, Delta Box silver buatan 2004 disebut sebut sebagai komposisi warna terbaik dan KBY setuju. Sayangnya, saking long lasting nya si desain, desainnya ditiru oleh salah satu merk motor. Imo sih jadi sedikit rusak ya imejnya..hal ini KBY alami beberapa kali, dari mulai satpam kantor sampai tetangga sebelah, piye perasaanmu motor kesayangan disebut salah? 😀 So, KBY tidak akan membahas lebih lanjut deh dari sisi desain.

 

PERFORMA & HANDLING

Salah satu yang terbaik!!.. Meski tidak masuk kategori luar biasa (namanya juga cuma 150 cc) namun performanya lebih dari kata cukup. Ditambah lagi cukup mudahnya mesin old CBR 150 karbu ini dimodifikasi, berikan dia karburator PE28 yang ori thailand plus exhaust aftermarket serta settingan yang tepat, maka performanya dapat meningkat cukup pesat.

Handlingnya old CBR 150 karbu masuk kategori superb, lincah meliak liuk di kemacetan, mantap diajak miying-miying dan ringan serta menurut untuk dikendalikan. Suspensi belakangnya memang KBY rasakan terlalu empuk, namun bisa diakali dengan menggantinya menggunakan shock aftermarket yang berjibun.

Spesifikasi singkat mesin old CBR 150 karbu CBU

  • Kapasitas: 149,4
  • Power: 17,1 PS @10,500
  • Torsi: 13,06 Nm @8500
  • Pendinginan: Radiator
  • 6 kecepatan
  • Bore x Stroke: 63.5 x 47,2
  • Kompresi: 11:1
  • Ukuran ban: depan 80/90/17  Belakang 100/80/17 (kecil amat yak wkwkwk)
  • Kapasitas tangki: 10 liter

KEKURANGAN Old CBR 150 Karbu dan HOW To BUY

Ini berdasarkan pengalaman ketika KBY memiliki si oren old CBR 150 karbu tahun 2004… Perhatikan hal-hal berikut jika tertarik ingin menebus randa nya..

  • Mesin enak, parts racing bejibun, biasanya jarang yang standar. Pastikan mesinnya baik baik saja, karena kalau mau balik lagi ke orisinil harganya gak murah.. (cek artikel bore up sebelah sini)
  • Radiator, namanya motor berumur, pastikan sirkulasi pendinginnya berjalan dengan baik, mau itu kipas, brush (arang) hingga selang-selangnya pastikan masih baik dan tak ada yang bocor
  • Pastikan mika lampu belakang orisinil, karena yang KW mudah butek
  • Kilometer sedikit, ini agak sulit karena bisa diakalin sih, caranya ya beli dari yang dipercaya
  • Shock depan, pastikan tak ada yang bocor
  • Kelistrikan, pastikan semua berjalan baik termasuk tombol lampu dekat-jauh
  • Kelengkapan standar; makin lengkap orinya makin baik
  • Silakan ditambahkan 😀

THE VERDICT

Kelemahan yang dirasakan selama memiliki old CBR 150 karbu adalah mudahnya mika lampu rem belakang untuk copot/ longgar, dan itu pe’er beneran…bisa diakali hanya harus sabar, salah memberikan lem maka kabut putih akan menghiasi daleman rumah lampu. So annoying!!

Selain itu, dual keen eyesnya hanya memiliki bohlam dengan watt yang ogah-ogahan, agak sulit memodifikasi old CBR 150 karbu di sektor ini, mengganti dengan watt lebih besar dapat bermasalah dengan reflektor. Alhasil kompromi terbaik adalah membiarkannya bercahaya dengan bohlam standar daripada reflektor yang menjadi korban.

Keunggulan old CBR 150 karbu lebih banyak dari kekurangannya…aksesoris dan pilihan part pendongkrak tenaga begitu banyak untuk dimiliki. Harga jualnya pun relatif stabil, hanya seperti yang KBY sebut di atas, produk copas nya cukup mempengaruhi harga second nya… Saat ini harga jual berada di rentang 14-23 juta, tergantung tahun serta kondisinya.

Mangga digeber lads…thanks sudah membaca dan membagikan artikel ini ya

No Honda No Sex

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Kobayogas channel
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

85 KOMENTAR

  1. wah kebetulan mang kobay bahas old cbr ini…waktu ane SMK sekitar tahun 2009 ane juga pengenn banget ini si CBR, dulu naksir yang merah, tapi ya namanya perekonomian ortu gak mencukupi , ya harus bersyukur sama Absolut revo, hehe, sekarang sih lagi nabung dikit” buat nebus bontot nya nih si CBR150R,

  2. Masa lalu… biarlah berlalu….
    Skrg.. aq ga mau pusing, ga mau pake kopling, injek persneling… tinggal gas langsung bablass…

  3. ane dl kepincut ne rondo ne motor….tp gara2 desain pakai minerva…ane noleh aja kagak…
    ganti pengen rondo FXR dah keburu uzur umur tu motor….

  4. One of the best faired-bike! Bahkan lebih baik dr r15 (IMHO). Saya nafsu ma fairingnya. Desainnya kalem, elegan, dan benar everlasting, ga bikin bosan walau diliat berlama-lama. Bang kobay, kira-kira itu fairing bisa di install ke NVL ga yaa, kalo secara PNP? Napsu ma fairing motor ini, apa daya adanya NVL. Hehe. Serius nanya, kadung tresno karo bajune ki. 😀

  5. aqu punya CBR 150 REPSOL 2004 original….mesin balik standar JOSS bisa meraung rpm 12.000 tanpa dropp…sport baru all YMAHA 150 CC ngk bisa ngikutin boleh di coba….salm bumi bung karno

  6. Ak masih ada brosurnya yang old ini pk tulisan jepang.. daya maksimum 18,98ps @10500rpm torsi 13,7nm @8500 yg spek diatas apa ambil dari CBR lokal ya..?

  7. Mas Bro, maaf kalau sekiranya saya sangat sangat telat soal cibi old ini. Baru ada minat untuk meminangnya setelah berjibaku dengan real life. Kebetulan sekarang ada celahnya. Kebetulan saya mau ngangkat cibi old ber kelir kuning. Semua plus minusnya sudah saya googling dan tanya sana sini. Tapi ada 1 yang masi jadi konsen, yaitu tidak adanya starter engkol(kalau ada mah merek jadi2an pabrikan sebrang ya). Tapi, menurut masbro sendiri, dengan hanya tersedianya starter elektrik, apakah malah jadi downside, atau justru jd keuntungan ya? Maksih jawaban nya

  8. Dulu anggep motor ini nanggung karena visor begitu pendek dibanding fxr, tp semakin kesini kok pas dan cakep ???

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini