banner

Z250

Kobayogas.com – Satu email masuk ke news room Kobayogas.com, pertanyaannya menarik sehingga membuat KBY merasa bermanfaat andaikata pertanyaan ini dilempar ke blog, selain dapat masukkan dari KBY, rekan pengunjung blog pun dapat ikut menyumbangkan sarannya…

Selamat malam kang kobay,
Perkenalkan saya haekal dr bandung, mau minta sarannya nih kang..sy rencana pengen beli motor cm bingung antara beli vespa primavera,vespa GTS150, z250 atau ninja 250 Fi..menurut akang mending yg mana ya? Atau ada saran lain?

Saya perlu motor yg…
1. Enak dipake di dalam kota, tapi sekali2 enak buat dibawa kerja ke daerah garut/ ciwidey..
2. Enak dipake boncengan sama istri
3. Speed cukup kencang 80-100 km/h
4. Keliatannya elegan
5. Terlihat lebih mapan (karyawan saya ada yg pake r15 soalnya kang, saya ga mau kalah..skr saya pake suzuki hayate)
6. Keliatan mahal di semua segmen masyarakat.

Dl sempet pake pcx 150 yg versi sebelum akang punya, cm dibeli sama bapa saya..
Berdasarakan pengalaman kang kobay yg sudah sering berinteraksi dengan berbagai jenis dan merek motor, saya mohon sarannya kang..
Nuhun
Salam,
Haekal Pirous

Interaksi berbagai jenis motor…aduh bikin helm gak muat aja nih 😀 Ini dia yang KBY sebut bahwa faktor gengsi pun ada dalam pemilihan semua produk, dalam hal ini motor. Mang Haekal ingin motor yang dibelinya nanti terlihat ekslusif dan mengeluarkan aura mahalnya. Tidak ada yang salah dengan faktor gengsi ya, yang salah itu kalau nyolong atau merampok 🙂 So dari penjelasan di atas, begini jawaban KBY:

1. Primavera: Bentuk baru, mesin perkembangan baru, fitur cukup lengkap; jam, odometer digital, ada trip A dan B, pas beam, DRL; getaran lebih halus dari LX/S/LX-V, bagasi lebih luas. Minus: batch 1 ada trouble pada engine. Saran KBY mending ambil Sprint aja.

Vespa Primavera Biru Azzurro Marechiaro

2. GTS 150: Bentuk masih GTS, besar, bagasi lebih luas, suspensi dual, cakram dual, ada foot step, fitur: jam digital, harga terjangkau untuk klan GTS, suspensi lebih lembut. Minus: Speedo dan tombol-tombol mirip LX, tanpa radiator.

piaggio-vespa-gts-07

3. Z250 (asumsi yang FI bukan SL). Ergonomi lebih nyaman, dua silinder, mesin serupa ninja FI yang powerful, desain mirip Z800, fitur lengkap, lebih nyaman untuk turing/ jarak jauh. Minus: Batch 1 banyak trouble, torsi serupa Ninja FI yang lemah di bawah.

z250

4. Ninja FI: Powerful ala dua silinder yang enak di atas, desain masih modern, aksesoris bejibun dan terjangkau, fitur lengkap. Minus: Batch 1 banyak trouble, sudah terlalu mainstream, kurang nikmat dibawa jarak jauh.

wpid-detail-ninja-250r30.jpg

Sebenarnya KBY pun bingung karena antara Vespa dan Kawasaki gak ada nyambung-nyambungnya hehe… Kalau untuk aktualisasi diri, Vespa lebih masuk ya, meskipun di mata orang ini motor banyak troublenya, namun tidak ada yang menyangkal jika Vespa mempunyai karakter yang sangat kuat dan juga sejarah yang sangat panjang. Jadi yang punya Vespa itu mindset-nya pasti ‘seseorang’ dengan karakternya yang unik, sedangkan Kawasaki lebih kepada mindset mapan saja.

Namun jika mantap memilih Vespa, pastikan sudah siap mental ya, hehe… aksesorisnya itu loh, nggilani… pilihan KBY lebih ke Vespa Sprint. Sedangkan untuk saran lainnya, KBY rekomen new PCX, lebih baik beberapa langkah dari old PCX hehhe…atau kalau mau sabar, tunggu penampakan NMax aja, biar gak penasaran.

Ada pengunjung blog ingin menambahkan atau sekedar beropini? Mangga digeber lads….

105 KOMENTAR

  1. 1. Enak dipake di dalam kota, tapi sekali2 enak buat dibawa kerja ke daerah garut/ ciwidey..
    2. Enak dipake boncengan sama istri
    3. Speed cukup kencang 80-100 km/h
    4. Keliatannya elegan
    5. Terlihat lebih mapan (karyawan saya ada yg pake r15 soalnya kang, saya ga mau kalah..skr saya pake suzuki hayate)
    6. Keliatan mahal di semua segmen masyarakat.

    1. kalo pilihannya cuman itu aja sih susah. dalem kota enak vespa. tapi dibawa ke garut atau ciwidey pasti boros dan rada ngeden karena kontur jalannya banyak nanjak
    2. pake vespa boncengan kalo ke ciwidey atau garut musti pinter2 urut gas. kalo enggak boros iya, nanjak ngerayap 😀
    3. speed kenceng, vespa kenceng tapi kayaknya ngeri deh pake ring12 kenceng-kenceng
    4. elegan menang di vespa. pilihan lain kalah telak
    5. vespa lebih mapan. ninja 250? dulu ada yg demo kenaikan gaji buruh juga ada yg pake ninja kan? :mrgreen:
    6. vespaaaa

    kok jadi vespa semua ini ya. abis ngebandinginnya skuter sama sport yg beda kelas. gak apple to apple 😆

  2. Lihat foto nya kang kobay boncengan sama istri naik Z250 jadi teringat semalam saya baru baca artikel mengenai posisi boncenger R15 di blog nya ipan, hahahaha. Kalau buat saya sih poin nomor 2 itu sangat penting, boncengan sama istri, dan pastinya vespa lah yg lebih nyaman.

    • saya pernah nanya di blognya om Rudi SL sang empunya R15, bagaimana testimoni boncengan jarak jauh bersama istri (boncenger)? Di jawabnya, gak rekomen!! Heehe…

  3. Kalau saya mending ambil Vespa Sprint/Primavera atau PCX yang baru, terlihat mewah, elegan, bagasi besar, gak pasaran (jarang yang pakai), dilampu merah mungkin banyak yang lirik, Kawasaki dah banyak yang pakai.

  4. In my sotoy opinion
    si fulan ini agak butuh banget pembuktian diri ya..saran ane sih ambil kawak250fi..banyak komunitas nya jadi gak gampang bosen sama motor..ngeblend jadi satu soul sama motornya dan sama klubnya

    Hadehhh..jadi pengin hunting puma ducati lagi buat koleksi
    *oot*
    Mas yog itu ducati atau ferrari ya?

  5. Hhhhmmmmmmm,,ninja 250???coba dulu baru comment,,
    Dalam hal kenyamanan saya setuju sama kang KBY,,vespa lbh pas.nuhun

  6. Sebenernya jawaban yg paling pas sesuai kriteria” yg diberikan adalah suzuki inazuma. Namun jika harus memilih dari opsi yg dilemparkan, sy vote ninja fi.

  7. 1. Enak dipake di dalam kota, tapi sekali2 enak buat dibawa kerja ke daerah garut/ ciwidey..
    2. Enak dipake boncengan sama istri
    3. Speed cukup kencang 80-100 km/h
    4. Keliatannya elegan
    5. Terlihat lebih mapan (karyawan saya ada yg pake r15 soalnya kang, saya ga mau kalah..skr saya pake suzuki hayate)
    6. Keliatan mahal di semua segmen masyarakat.

    ===============================================

    dari kriteria diatas, vespa lebih masuk daripada kawasaki ninja….
    kalo masih demen kawasaki, ya estrella lah yang paling sesuai dengan 6 kriteria diatas…
    pilihan lain yang masuk hona pcx dan suzuki brugman 200

  8. pilihan yg mudah….kl anak buahnya aja pake motor palue R15 ….berarti pilihannya yg pas ya ER6N…..murah(untuk ukuran bos)…powerfull….perawatan mudah + murah(untuk moge)

  9. Vote Z250 Bro !!!!
    Dari semua harapan mewakili kecuali no 2 karena Z250 agak nungging, tapi gak masalah lah kalo bonceng istri bisa nemplok. 🙂

    Untk Point 6, pendapat saya untuk Vespa gak dapet, kalo sasarannya semua lapisan masyarakat karena gak semua kenal vespa, malah (maaf) sebagian menganggap vespa motor gembel karena komunitas vespa banyak yg modifnya urakan nyimpen segala macem sampah di motor.

    Nah dari semua calon, buat yang gak ngerti motor, dari sisi tampilan, Z250 lah yang paling terlihat mahal

  10. Ikut komen ya gan..
    Z250 kl pilihan ku,, kenceng,luxury,dalam kota ok,luar kota ok.posisi boncenger jg mantep.kl yg fairing sih ga nyaman buat boncenger.supirnya aja pegel abis.kl ak pribadi kapok dah beli yg full fairing.enak dipandang doang.

  11. Mang Kobay, PCX jelek ya kok ngga dinominasikan? Kan Honda tuh, bandel ngga ada matinya tuh…

    • saya mencoba untuk tidak keluar konteks pertanyaan om hehehe…
      kalau masukan dari komentator sih bebas…

      tapi kalau bisa diedit, saya mau bilang PCX highly recommended 😀

  12. sebenernya kalo menjawab beberapa pertanyaan diatas bisa dijawab dengan jawaban Z250 FI double cyl. dengan merubah stang model fatbar beserta raiser agar menambah kenyamanan ergonomic sang pengendara

    tapiiiiiiiiiii
    Z250fi gak bisa menjawab pertanyaan nomor 2 yaitu nyaman boncengan sama istri. karena apa? gen sport Kawasaki memang tidak di buat nyaman sang boncenger. kecuali dengan penambahan (syukur2 bisa mampir ke builder motor ngubah seat agar lebih lebar Dan tebal sang busa. dijamin nyaman) kalo Sudan. 250 edisi naked dijamin jawaban Dari semua pertanyaaaaan. mewah, nyaman Dan gak gengsi sama bawahan xixi

  13. jwban sy diluar pilihan: ER6N!
    enak buat boncengan, tenaga lumayan, dalamluar kota oke, kalo anak buahnya ada yg beli r25 msh unggul…….

  14. bro Haekal bilang: “..menurut akang
    mending yg mana ya? Atau ada saran lain?”
    menurut om Kobay kalo disaranin yg lain apa ya?

  15. Saran ane sih satu.. kan udah jadi bos.. beli aja vespa sprint dulu.. nti kalo udb kluar ninja 250 yg 4 silinder beli lagi.. jdi 2 motor.. tinggal lake deh sesuai keperluan.. hahahaha

  16. Tetep pake hayate tapi di garasi nongkrong pajero sport/fortuner.mobil dibawa saat2 tertentu saja 🙂
    Sama bawahannya pasti di cap, bos gue low profile orangnya, dijamin respek langsung didapat … Hehehehehe.

  17. bandung skg dh mirip jakarta, macet, panas,, matic premium cocok sob,, yamaha nmax 150i (sabar aja bentar lg muncul), new pcx 150i led (dh mulai pasaran), suzuki burgman 200i..tuk motor sport’y, kawasaki vulcan s650 tuk rider novice jg cocok..taun depan tp..

  18. Walah… skrg pake Suzuki Hayate, berarti sama dong ama saya, dan berarti jg hrs sama juga ama saya yg punya Z250, wkwkwkwk….. Dilema berlema2 itu mah, kriterianya itu loh… saling bertolak belakang. Skrg tergantung boncengannya sering banget kaga tuh? Kl gak sering2 ya udah pilih si baby Z aja, Z250. Lagian Z250 gak sepopuler dan populasinya gak sebanyak Ninja 250 FI yg udah pasaran, dan blm lg Z250 lbh lincah drpd Ninja 250 FI. Kalo mau sport berfairing sih saya saranin pilih R25 aja, emang lincah kyk bawa skutik, bagi saya lho ya, wkwkwkwk… Aye vote: Z250! Semuanya dpt kecuali gak nyaman buat boncenger.

  19. apaa? boncengan sama istri mau pake ninja/z250? keliatannya sih waaw bingits, keren. Tapi, coba ditanya dulu istrinya kuat ngga nahan posisi yg super pegel bgtu + jok semvit 😀 udah gitu rutenya dalam kota. Pegelnya dimana sodara2 ??? (Nunjuk B*kong). Mau kenceng bawa Vespa? well….ini kayanya bukan tipe breed to race deh. setiap garis lekuk2 di tubuhnya terlalu mubazir untuk diajak beradrenalin ria (deuh bahasa naon yeuh). Sebenernya sih Vespa OK aja, tapi kalau diintip dari value, My opinion stands with kang Kobayogas (Komunitas Bajay o Gas 😀 “o” nya pemanis ) New PCX 150 sangat worth. Elegan, Berkelas, kecang, Modern, Nyaman. Kalau dulu punya PCX125 psti udah tau gmn kualitasnya, Nah, yg 150 ni jauh lebih Worth it lagi.

  20. *garuk2 kepala* ini kok minta sarannya ga nyambung gini yah hahahaha… well… klo memang sudah punya istri ya mending ngambil vespa. biar bisa dipake istrinya juga

  21. izin kasih pendapat sok tau 😀

    1. tergantung treknya, kalo jalanannya banyak bebatuan, ane saranin mendingan pake z250 dah, sakit hati dah elu pake vespa di jalan bebatuan 😀

    2. Vespa sih enak, selama gak dipakein backrack aja 😀 (nyokap ane sering ngedumel, karena susah naiknya)

    3. Speed cukup kencang 80-100 km/h? hampir semua motor bisa 80-100, tapi yang “fun to ride” sih z250, vespa standaran, lumayan lama buat sampe 100 (kondisi standar ya)

    4. Keliatannya elegan? definisi elegan sih beda beda tergantung wilayah yang agan tempatin dan status sosial sih. Contohnya diwilayah ane, Pulogadung, Jakarta Timur, Vespa itu “enggak banget deh”, tapi kalo di daerah jakarta bagian pusat, vespa lebih “dipandang” dari motor lainnya (moge pengecualian ya 😀 )

    5. Terlihat lebih mapan? ini sih tergantung wilayah juga ya,

    6. Keliatan mahal di semua segmen masyarakat? Vespa GTS sih

  22. Waduh makasih banyak kang kobay dan teman2 semua atas masukannya..motor yg dinominasikkan udah dpt acc dari istri kang…sempet kepikiran burgman, cm istri kurang suka sama bentuknya, istri lebih suka kymco downtown, cm ngeri aftersales nya..terima kasih banyak ya semua…

  23. aye lebih mending bang kobay beli pespa aja , kayaknya lebih enak naik vespa daripada ninin . jangan beli ninin atau z lah dah banyak di jalan ga ekslusif jadi ga kayak mapan , kalo hati masih muda ninin juga ga papa , atau malah r25 :p

  24. hmmm…
    kayaknya lebih menjurus ke inazuma deh…
    secara dia dari body udah kekar lebar, jok nya juga gak nyiksa buat para boncenger, 2cylinder pula cuman masih SOHC tpi gk masalah lah, diajak lari 100kpj jg gak lama” amat, klo ganti ban depan belakang jadi kliatan tambah kekar lagi, harga?? yaa cukuplah, mau diajak di jalan yg radak rusak pun masih ayok aja..
    hehehehe…
    😀
    jujur aja, klo liat langsung si inazuma itu keren..
    apalagi klo udah ganti velg sama ban yg besar”, bikin ngiler~
    🙁

  25. Mengingat para pengunjung Kobayogas banyak yg sudah berkeluarga, tentunya aspek boncenger sangatlah wajib diperhatikan. Bahkan ketika kita semua akan membeli sebuah motor sport sekalipun. Untuk santai jelas Vespa pastilah Numero Uno. Tapi utk motor yg bisa sport, touring jarak menengah dan mudik, nyaman buat boncengers tapi kencang itu apa ya mas Yogas ? Ada rekomendasi motor itu ? Terima kasih mas Yogas.

    • Si sMarquez, kamuh obatnya abis ya? tumben lempeng kekekke…

      setelah kayang barusan, saya pikir semua sport dengan ergonomi agak bungkuk tidak akan pernah benar2 nyaman bagi keduanya (utk jarak jauh), terutama kalau boncengernya yang gak terlalu paham bagaiman dibonceng yang baik…alhasil tiap ngerem semua badannya ditubrukin ke kita, apa gak mencret pergelangan tangan dan bahu nahan beban? hehee

      So ada dua pilihan menurut saya, 1. Suzuki Inazuma, 2. Kawasaki Z250 (namun stangnya harus diberi raiser agar lebih nyaman)

      ini pertanyaan yang berbeda dari artikel kan?

  26. Permisi om,suhu,sepuh dan teman2 smuanya.
    Maaf nih bukan memberi pendapat tentang pokok bahasan di atas.
    Justru ini,sy mw minta pendapat n pencerahan dr suhu n sepuh smua.
    Sy berencana mw beli motor di bulan maret ini,tp lg bimbang mw beli nmax abs atau vespa LX 150 atau vespa sprint.
    Dgn pertimbangan nyaman di pake untuk Pribadi,nilai prestige,resale value,BBM,perawatan dan suku cadang.
    Mohon wejangan nya suhu sepuh smua.Terimakasih

    • Misi kang kobay mau bantu jawab pertanyaan ndru..
      Kalo diliat dari nilai prestige mendingan GTS Super. kalo resale value sepertinya gak bakalan jauh beda. Bbm kayanya masih irit NMax. Kalo perawatan sama suku cadang lebih mahalan GTS Super pastinya.
      Intinya sih ane ngerekomendasiin GTS Super. Insya Allah gak nyesel.

  27. misi om kobay.. apa bener neh kalo vespa sering masalah alias rewel, rencana saya mo beli sprint neh motor rencana dipakai jarang2 nah yg saya baca kalo aki nya sering soak kalo lama ga dihidupin trs blm lagi service nya juga masih sedikit.. mohon percerahan ya kang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini