INK Duke tampak depan
Kobayogas.com – Pada perhelatan Indonesia Motorcycle Show pada 29 Oktober – 2 November 2014 lalu, terdapat berbagai macam booth helmet dari yang namanya belum familiar di telinga, hingga yang sudah mendunia. Kali ini sahabat blog, bro Oktafa alias Ark ingin berbagi pengalamannya saat meminang helmet INK…cekibrot

Assalamualaikum Om Kobay, saya komentator nickname ark ingin berbagi informasi dari hasil kunjungan IMoS 2014.Langsung aja Om, niat saya mengunjungi IMoS kemarin (29/10/14) memang ingin membeli helm baru mengingat helm saya KYT RC7 sudah berusia 5 tahun. Sebelumnya saya sudah browsing dan menetapkan pilihan pada KBC V Solid white dengan alasan sbb:

  1. pinlock ready (untuk antifog, musim ujan Om..)
  2. sistem pengikat double d ring
  3. sesuai budget

Sewaktu di IMoS kemarin ternyata KBC tidak membuka booth, jadi saya iseng melihat-lihat booth helm lainnya, siapa tahu ada referensi baru. Di pojok booth KYT, INK dan MDS, dalam sebuah kotak kaca, di-display helm INK warna putih polos dengan desain yang menarik bagi saya. Dengan bagian depan (janggut) tirus, bagian belakang agak tebal (lonjong/panjang ke belakang) mengingatkan saya pada desain AGV Pista GP (behh.. cukup mimpi aja).

Saya lihat dengan cermat nampak ada antifog yang telah terpasang, kemudian saya meminta untuk mencoba helm tersebut. Nah ini, ternyata helm ini ga boleh dicoba, saya malah diambilkan helm KYT vendetta 2. Setelah saya perhatikan, memang outter shell vendeta 2 dan INK ini mirip, sedikit beda pada desain ventilasinya saja. Dijelaskan singkat oleh karyawati di sana bahwa helm ini baru dipamerkan di ajang IMoS 2014, namanya Duke (di situs PT. Tarakusuma pun belum ada) dan hanya 4 unit yang dibawa.

Saya tetep kekeuh pengen nyoba karena memang sudah kepincut modelnya, dan dengan alasan ingin tahu beratnya dan kenyamanan paddingnya alhamdulillah diperbolehkan. Display kotak kaca dibuka, helm diambil dan akhirnya saya tambah kepincut karena ternyata sistem pengunciannya sudah double d ring. Saat dicoba terasa sedikit lebih ringan dibandingkan KYT RC7 (murni pake perasaan), padding di bagian telinga lebih lapang (bukan longgar lho) dan terakhir, deviasi pada visor utama (akibat kaca visor cembung) sangat minim bahkan hampir tidak ada.

Dengan harga 800 ribu rupiah, saya bawa pulang INK Duke dengan fitur:

  1. antifog sudah terpasang
  2. penguncian double d ring
  3. sun visor (kayaknya bakal jarang kepake)
  4. main visor lock (saat visor utama ditutup, ada sistem penguncinya)

Demikian Om Kobay, menurut Om Kobay sebandingkah harga yang dipatok dengan fitur yang disajikan oleh INK Duke ini? (terlampir penampakannya Om, maaf hanya kamera hp)

Wassalamualaikum

INK Duke antifog Raleri
sudah ada anti fog Raleri

Waalaikum salaamm… Thanks buat bro Ark, komentator yang sudah kopdar di Panahan tempo hari atas reviewnya terhadap produk terbaru dari helmet INK yaitu yang disinyalir bernama DUKE…  Menurut KBY cukup worthy lah ya harga segitu dengan fitur berlimpah termasuk anti fog walau bukan merek pinlock, soal desain sih selera. Sepertinya kalau bisa berada di 600-700 bisa lebih worthy lagi, patokannya tentu harga KBC yang namanya sudah lebih mendunia plus fitur DD Ring… Tapi yang lebih penting lagi, nyaman dan aman untuk kepala toh?…

What d ya think lads? Mangga digeberrrrr

 

contact me: kobayogasblog@gmail.com

88 COMMENTS

  1. Kira2 mereka jual antifog-nya aja gak ya?

    Btw ini yang dapat antifog ini barang display aja atau semua unit? Kalau semua unit lumayan value nih…

  2. 🙂 makasih dijadiin artikel Om Kobay.. foto seadanya itu.
    helmnya sendiri udah kujual Om di kaskus 😀 gara-gara fitur sun visor dan visor locknya mubazir bagi saya.
    o iya maaf Om saya ralat, anti fognya yg langsung tempel di visor, ga pake pinlock.

  3. besok ngirim ah artikel ke mang kobay….helm TRX hadiah matic ane….biar d jadiin artikel…:-D
    helm ink….pasnya naik yamaha R15….kalo capek krn keberatan bisa nunduk sampai nempel tangki…lumayan ngurangi berat tu helm…hahahaha

  4. beratnya berapa?

    visibilitas luas gak ya?

    tapi budget masih masuk kbc dan nyaman sama kbc dari berat, halusnya kain + busanya masih empuk meskipun ukuran xxl 🙂

  5. wah 800 ribu harganya kemahalan, entah apa spesialnya sih merk ink dibanding kyt ampe harganya lebih mahal ink -_-
    lagian bosen keles bikin helm double visor mulu

    • bukan spesial merknya masbro, tipe yg ini udah terpasang anti fog. Raleri fog stop sekitar 300ribuan kalo beli sendiri, cmiiw.

      • dari review web luar, untuk fungsi sama efektifnya sih Om. Pemasangannya aja, kalo visor udah pinlock ready enak, bisa disetel pinlocknya (diputar) biar ga ada celah antara dinding anti fog dengan visor. Kalo belum ready harus dibor. Kalo Raleri tinggal tempel aja karena pake lem di dinding anti fognya.

  6. embun terjadi saat partikel uap air menyentuh permukaan visor. material anti fog yg terbuat dari plastik yg mampu menyerap kelembapan (tegangan permukaan rendah) menangkap partikel uap air agar tidak membentuk butiran air yang besar. CMIIW.

  7. Om perbedaan antifog pinlock dan raleri itu apa ya?barang X bisa dijelaskan bwt nambah2 pengetahuan tentang helm.Makasih om..

    • Setau gw, pinlock gak tahan goresan, terus efek pantulan cahaya lebih parah dari raleri

Yuk Tinggalin Jejak Lads..