Yamaha R25 decal

KobaYogas.com – Hola lads… Jenis perekat pada stiker setau KBY memang berbeda beda bahan campuran kimianya, konon stiker yang baik itu tidak merusak permukaan cat saat dikeletek. Bagaimana dengan kasus yang ini?

Membaca postingan Mang Jejen Macantua di sebelah sini yang berasal dari postingan lek IWBSpeed, membuat KBY menjadi heran, bertanya-tanya serta penasaran. Kasus yang terjadi adalah ikutnya cat (ngelotok) dari Yamaha R25 saat sang pemilik bro Putu Arif mencoba membuka stiker lama yang sudah menempel pada fairing motornya – sekitar 2 bulanan dari motor masih kinyis-kinyis – yang baru dibeli dari salah satu familinya. Simak ceritanya yg KBY kutip dari artikel lek IWB…

…..Menurut perkiraan saya bahannya bukan merk oracal, dan kualitas lemnya tidak sebaik dan sekuat oracal. Setelah resmi jadi milik saya, tentu aja hal pertama yang saya lakukan setelah membawa motor ini pulang adalah melepas stiker-stiker yang nggak sreg dan nggak berkenan dihati, termasuk stiker Hayabusa itu. Saya klentek dah tuh stiker mulai dari fairing sebelah kiri, dan setelah tiba waktunya nglenteki yang bagian kanan, maaaak jegeeeeeerrrrrrrrrrr….

Saya kaget mas, bener-bener kaget karena cat difairing itu nempelllll di stikernya mas. Seumur-umur baru kali ini saya nglepas stiker terus cat motor ikut nglentek. Apalagi ini motor relatif baru karena usianya masih 2 bulan. Dan saya yakin sekali kalo stiker Hayabusa itu terpasang bukan untuk menutupi baret yang ada di fairing. Karena setelah saya liat emang semua cat yang terkelupas itu menempel utuh dibagian dalam stiker….

Sebaga bukti langsung aja itu stiker yang masih ada lemnya saya masukin plastik mas. Memang sih keliatannya sepele, tapi jujur aja saya kecewa karena tunggangan catnya udah gak 100% sempurna lagi mas. Yang ingin saya tanyakan ke mas apakah hal ini bisa diklaim utk mendapatkan fairing yg baru gak mas?. Karena setahu saya nggak ada garansi untuk body. Dan apakah memang seburuk itu build qualitynya Yamaha mengingat ini adalah produk global yang diproduksi di Indonesia??…..

DSC_0041

Pirtinyiinyi, ini stiker yang edan sifat adhesive nya, sang pemilik yang salah dalam membuka stiker atau cat Yamaha R25 yang … You know lah what i mean… Jika hal ini terjadi pada motor seharga di bawah Ninja, R25 atau CBR 250 mungkin masih dipikir masuk akal walau agak-agak tidak wajar juga sih…masa cat sampai ikut terkelupas.

Apakah pernah ada kasus yang serupa pada motor yang selevel? Karena KBY belum pernah mengalaminya dan melakukan pelepasan stiker pada bodi kendaraan baik roda empat atau roda dua. Rata-rata KBY melakukannya terhadap stiker yang menempel pada permukaan kaca dan memang ada stiker yang sulit untuk diangkat… Dinanti ya sharing dan pengalamannya. .

DSC_0039

DSC_0042

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com

KobaYogas from WordPress for Android

93 COMMENTS

  1. Gw punya R25 ga bgitu bae2 aja…… pegimane ngleteknya? Cara lepas stickernya? Atau sticker model apaan?? Hayabusa?? Byk yg laen jg dilepas stickernya ga ngapa2…. apes aja ntu mah…

  2. Biasanya sih gara” panas berlebih & bahan fairingb yg dari plastik yg buat cat kurang nempel..
    Di mobil juga sama pas bagian hood yg sering kena panas mesin & bagian pintu belakang yg dari plastik (gak tau namanya) pernah dipasang wrapingb sticker sm tmn. Bgitu dibuka bagian cat yg di plastik & hood ada yg ngelupas, tp bagian yg lainnya aman..

  3. Waaah waah kok bisaa ya
    ane pengalaman di mobil full body wrap pake oracal pas d cabut ga ada yg lepas2 tuh catnya
    cutting sticker di motor jugaa ga pernah ada yg ngelotok catnya, padahal ane udah 5 kali ganti sticker
    apes mungkin?

  4. Saya ada sdikit pengalaman melepas sticker ori vario125, cukup gampang, hanya modal kuku panjang aja. Padahal ntu motor usianya udah 15 bulan, dan hasilnya tidak berbekas sama sekali, padahal sebelumnya ada keraguan jangan-jangan setelah stiker dilepas bakal menimbulkan bekas, ternyata enggak

  5. Ane kagak percya ahh msa motor selevel dewa mahabarata bisa ngelontok cat nya..

    Punya ane aja ninin udah gnti full body 2 kali aja kagak gitu2 amat.. mlah terliht kinclong saat di lepas tuh stiker

    Behahahaahahaha

  6. kalo cat pilok pinggir jalan pasti ngeletek gan…
    lah ini motor dewa yang paling hueboooohhhh saat launching masa catnya kalah ama stiker yang baru ditempel 2 bulan.

  7. Tinggal pake touch up paint beres ko. NVL saya pake stiker motif karbon (beli dipingir jalan) udah setaun pas diklentek aman” aja cat-nya.

  8. Saya rasa sifatnya kasuistis artinya bpm bs menggambarkan bahwa semua cat R25 begitu …..
    kecuali sdh banyak yg komplain san masalahnya sama tentu ada yg kurang mengenai kwalitas cat ……
    kita tunggu pernyataan resmi dari pihak yimm ….

  9. Pengalaman nempel stiker pada bahan plastik akan merusak cat, minimal pudar jika stiker dilepas. Tapi kalau pada bahan logam, misal tangki (bukan kondomnya lo) berkali-kali ganti stiker no problemo. Kesimpulan, ada reaksi kimia antara plastik, cat dan lem stiker. Sekarang gak pernak nempel stiker pada bagian motor yang terbuat dari plastik, kapok.

  10. nah, mungkin ga pakai cat dasar kali tuh? mungkin juga kualitas ngecatnya ga bagus? Biasanya sih gitu klo cat ngelotok di bahan fiber.. Nah lalu klo bahan plastik biasanya cat agak lebih lengket menempel, tapi ini? Klo bahan cat sih menurut saya kurang lebih sama aj yg penting teknik mengecatnya aja.. hmm.. mungkin krn yamaha kejar timeline produksi.. produksi cepat

  11. Wakakak cakaran bini…kocak nih…. BTW bro threeazz komennya bener juga soal thinner, kompon,dll tapi stiker sih juga bisa narik cat hingga terkelupas namun hal itu trjadi krn catnya tipis dan “kurang lengket” . Ngaco nih motor 50 jt catnya kalah ama sepeda mainan anak..hahaha kayanya lapisan pernisnya kurang bagus yak?

  12. Setau ane mah soal cat mau dicat dimana aja di besi, ditembok, plastik, fiber, kayu, dll, asal teknik ngecatnya tepat, jamin ga bakal ngelotok kog. Misalnya lapisan tebal/tipis catnya lalu lapisan pernish-nya juga butuh beberapa lapisan biar kuat. IMHO

  13. motor kejar setoran pantes dong, cuman sayangnya si mas yang ngelet stiker lagi apes aja itu wkwkwkwkw 😆

  14. beli scotlight aja lagi, trus tempel n tarik dengan cepat! nglotok semua nga? klu nglotok berarti percobaan berhasil, silakan lakukan hal berulang2 sampe semua cat habis nglotok. jika udh bersih, silakan bawa ke bengkel deko setempat untuk dideko kembali! masalah beres… hehehe piss

  15. Bagian yg di kasih sticker hayabusa sebelumnya g di cat ulang kan..? Kalo memang g dicat ulang melepas strikernya baiknya jg diikuti hairdryer dan panasin dikit sticker biar agak lentur sambil di tarik pelan2..perlu kehati2an buka stiker kalo yg di cat bahannya plastik…apapun motornya contohnya di nvl bagian shroudnya yg rawan…jangankan cat, di crome pun kalo bahannya plastik jgn coba2 mainin sticker.

  16. kemungkinan cara mengkeletnya salah, sticker klau sudah menempel beberapa hari pasti sudah mengeras dan menempel permanent, jadi sebelum di kelet harus di panaskan agar lentur dan mudah di kelet. dan itu bukan termasuk asuransi lagi karena kesalahan buyer,

  17. Pengalaman dulu nglepas scotlite dimotor abs.revo yg udah nempel 1thn nggak smpe nglotok tuh,cuman pudar catnya, pdhl kualitas cat motor ngondah itu dibwh yamuha lho

  18. kata mbah darmo fby itu kaya, kalo cuma gitu mah gampang, tinggal buang fairing nya beli baru,, kalo perlu ganti motor baru sekalian
    ga perlu dipermasalahkan
    itung2 nambah untung yimm

  19. ===============================
    Cuman apsa aja tuh…..
    Tukang catnya br aj makan pisang goreng,
    lupa ngelap tangannya lgsg pegang fairing yg akan dicat.
    yahhhh….cat jd gak nempel sempurna tuh.
    ===============================

    • ===============================
      Cuman apes aja tuh…..
      Tukang catnya br aj makan pisang goreng,
      lupa ngelap tangannya lgsg pegang fairing yg akan dicat.
      yahhhh….cat jd gak nempel sempurna tuh.
      ===============================

  20. dari dulu gue emng gasuka yamaha pasti gininih banyak kekurangan ga keker mendingan ninja deh-_-

  21. Awas hati hati y punya Rhoembeng15 rijek india… yang mata beloknya di scotlet aka di lakban hanya karena pngen keliatan ganteng dikit. ntar stiker di lepas malah matae tambah mecotot… MuooooooooooooDhar..Moo

  22. motor baru 3 bulan cat udah ngelotok ngelotok… la kl 3th bisa meleleh tu fairing plastik kena panas mesin… Seeeeeeemakin di depan (katanya)

  23. sial dan apes, padahal biasanya cat yamaha lebih bagus dari honda lho, lepas stiker body motor yamaha biasanya lbh mudah dr pada honda

  24. perlu diselidiki nih…. masa motor global kualitas dipertanyakan….
    kalo ga salah yimm pernah bilang kualitas cat menyesuaikan iklim yg ekstrim…

  25. Mungkin QC saat paintingnya yang ga kuat. Soalnya kalau bagus, lem adhesive sticker yang terkenal kuat aja ga sampai ngangkat cat.

  26. Kang Kobay,,,,,,, itu kenapa poto ilustrasinya punya Zerografix??? kahade ah bilih aya salah persepsi
    Sticker/decal yg dipakai rata2 adhesivenya TIDAK LEBIH KUAT DARI STIKER YANG BAWAAN PABRIKAN
    sebut saja RITRAMA, ORACAL,3M, MAGTAC, DCFIX dll… jadi alangkah balakacanornya kalau CAT ketarik sama adhesive sticker/decal/vinyl tersebut
    saya yakin ini karena kualitas catnya…. (edun sampe cat nya, bukan cuma penisnya…maaf maksudnya pernis) namanya produksi massal ya, ada aja lah reject….kebetulan si mamang korban lagi ga hoki dapt motor kualitas catnya reject..saya pernah ngalamin di tank NVL tapi yg kena penisnya aja(lapisan gloss) ga sampai cat,,,umur stiker belum lama,,, itu terjadi pada bagian tertentu aja,,,
    saya juga pernah nyabut stiker standar bawaan pabrik punya CBR 150R built up tricolor,,, edun teuas,atos,liat…. ngapus lem yg ketinggalan di fairing nya aja hampir ngabisin bensin satanki jupiter Z
    tapi cat and pernis tetapa Chaantik
    pokona CAT CAT CAT

    • punteeennn kena modarasi dan nembe dicek hehehe…
      punyanya Victory pemanis aja sih hehehe…mudah2an gak salah persepsi…

      siap, sae pisan opinina mang!!

  27. Sekedar info aja,vario ane stiker bawaan ane copot tpi sebelumnya di panaskan dulu pke hairdryer gpp tuh,yamaha r15 tmen ane jg dgn cara yg sama gpp tuh,cm g tau r25 ya,cuma share aja.. Oiya yg r15 dh tempel cutting stiker,trus dbuka lagi,ttp dgn cara yg sama,tpi gpp kok mas bro kobay

  28. sialan,. kemaren ane pasang sticker oracal di CMS setiabudi, pas dicabut sticker R25 fairing kirinyanya ngelotok,. terus ga bisa ditutup kata kru CMS nya takut ngerembet, bady belakang atas knalpot juga aga mulai kusam karena panasnya knalpot,. duhh body R25 parah banget qualitasnya SIALLLLLLL!!!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..