New PCX

Kobayogas.com -Hola lads, selamat siang… Setelah dijejali artikel-artikel dari All New Honda PCX 150 2014 sebelumnya, KBY harap lads tidak merasa bosan, karena tematis New PCX ini belum akan selesai, masih banyak yang bisa di eksplore 😀 Seperti artikel kali ini… mangga digeber..

Membahas desain serta fiturnya sudah, membahas konsumsi BBM via MID dan versi hitung manual sudah, membahas performa lampu depan LED-nya sudah juga…bahkan komparasi dengan old PCX pun sudah KBY ungkapkan untuk lads agar lebih tahu dan paham terutama seputar New Honda PCX LED. Lalu apa kali ini? Pembahasan dari sisi pengendaraan belum ya?

ERGONOMI

Duduk di atas jok New PCX 150 LED dan membenamkan (maaf) bokong di jok landainya adalah kenyamanan tersendiri, tentu penilaian kenyamanannya kita batasi di kelas maksimal 150 cc karena di kelas 200 cc jok milik Suzuki Burgman KBY akui lebih nyaman/ empuk.  Desain joknya menurut KBY sudah baik dari previous PCX, mengerucut di depan agar sesuai dengan lekuk kaki saat mengemudi, shape yang sama dengan jok Vespa Primavera namun dengan busa lebih tebal dan lebih empuk dibanding Primavera.

Jarak pijak kaki ke tanah bisa jinjit bisa pula tidak, tergantung posisi duduk kita sedang di sebelah mana, jika dibelakang (tengah) tepat pada lumbar support, maka rider bertinggi 165 cm ke bawah harus rela jinjit saat menurunkan kakinya. Jika duduknya agak depan, kaki bisa menjejak bumi dengan aman.

Lumbar support (penyangga bokong/ pinggang) kini lebih lebar meski tak kasat mata karena terbungkus cover jok. Efeknya duduk berlama-lama kini lebih baik dan nyaman lagi, klaim Honda yang menyebutkan adanya peningkatan 36% pada kualitas berkendara ternyata bukanlah isapan jempol belaka…

klik artikel ini untuk tahu spesifikasinya: Spesifikasi teknis New PCX

PERFORMA & HANDLING

Meski afdalnya menggunakan peralatan untuk mengetahui sahihnya kenaikan performa New PCX, namun dari feeling pun sudah terasa perbedaannya. Old PCX butuh sedikit “nada kasar” pada throttle untuk membangkitkan torsinya, apalagi jika berboncengan. New PCX sedikit berbeda, sentuhan lembut pada gasnya sudah dapat membuat Sniego bergerak, karakternya jadi mirip Primavera.

Namanya skutik (matik), ada momen-momen tertentu yang kadang tenaga seperti kopong sesaat, nyaris tak terasa memang, sehingga kondisi saat berakselerasi pada kecepatan menengah membutuhkan putaran gas lebih banyak..namun jika momennya sedang pas, dalam keadaan rolling speed, tidak butuh banyak putaran gas untuk menambah akselerasi, langsung ngacir.

KBY belum mencoba menyiksa Sniego pada kondisi full throttle, nanti lah kalau sudah 1000 km, namun geber sih sudah dicoba, hanya beda di perlakuan putaran gas saja, lebih sopan, tambah sedikit demi sedikit, biarkan torsinya mengambil alih untuk kemudian horse powernya yang berbicara…yaaa 100 km/jam (on speedo) bukan hal yang sulit bagi Sniego. Pernah iseng ngetes gak pake ngotot dapat 95 km/jam di GPS Ulysse…

Handlingnya sih sebenarnya ringan, tapi bodi yang panjang seperti kano plus wheel base yang melar jelas mengebiri kelincahannya dalam bermanuver. Saat menikung pada tikungan patah, gejalanya lebih ke understeer alias moncong maunya lurus terus. Posisi terbaik untuk menanggulangi hal ini (menikung cepat ditikungan) badan geser sedikit ke depan dan agak membungkuk, hindari menikung cepat dengan bodi masih berposisi santai apalagi kaki selonjoran.

New PCX

sempat iseng ngukur
sempat iseng ngukur

klik artikel ini untuk tahu spesifikasi mesinnya: Spesifikasi teknis New PCX

KENYAMANAN BERKENDARA

KBY pikir, suspensi belakangnya sudah lebih baik, ternyata masih mirip seperti yang lama, cukup keras jika harus melewati jalan rusak. Performanya membaik saat ada boncengan, kenyamanannya justru terangkat saat kondisi berduaan. Saat bertemu jalan mulus, New PCX berjalan sangat nyaman dan halus, nggeleser seperti permadani terbang 😀

Posisi berkendaranya masih seperti yang lama, rileks dan santai dengan banyaknya pilihan topangan untuk kaki, mau nekuk atau selonjoran? Lads yang memegang control… Nikmat untuk menjelajah santay menikmati perjalanan tanpa harus kekurangan tenaga pada mesinnya.

Getaran masih ada, namun sudah jauh membaik dibanding old PCX, ini perbandingannya New PCX Sniego vs Old PCX 2013 om Adit yang kinyis kinyis karena jarang dipakai. Getaran pertama saat idle, getaran kedua saat menarik gas di awal, dari dua getaran itu KBY pastikan New PCX membaik secara cukup signifikan dari Old PCX.

Bagi boncenger, jok belakang yang kini lebih lebar (old PCX mengecil di ujung) juga ternyata meningkatkan kualitas duduknya. 3 responden sudah memadai untuk mendapatkan testimoni sebagai boncenger…dan ketiganya satu suara, New PCX ini paling nyaman dibanding motor lain yang pernah KBY coba untuk berboncengan.

HARGA

Perihal harga, KBY dulu pernah menyebutkan bahwa previous PCX itu overpriced dan itu sesuai jika dibandingkan antara harga dengan fitur yang di dapat. Dengan harga terakhir berada pada Rp. 37,9 juta, value for money nya sangat lah minim, karena Vario 125 mempunyai semua yang ada di PCX kecuali tripmeter. Namun untuk All New PCX ini, KBY kasih dua jempol untuk kebijakan harga yang diberikan oleh AHM selaku importir resmi All New PCX. Dengan harga Rp. 38,8 juta dan hanya terpaut 900 ribu saja dari yang lama, lads akan dimanjakan dengan fitur-fitur yang lebih banyak dan lebih fungsional dari previous PCX.

Pada artikel All New PCX sebelumnya, tercatat oleh KBY ada 13 fitur baru yang disematkan Honda pada PCX terbarunya. Bayangkan, 13 fitur baru diluar sentuhan mesin serta desain baru dan lads hanya menambah Rp. 900 ribu saja!! Apa tidak sangat value?

THE VERDICT

Saran KBY, jika lads tertarik kepada All New PCX ini, budget ada dan rela inden, segera saja dipinang deh, melihat value for moneynya yang sangat tinggi, KBY pesimis AHM akan mempertahankan harga 38,8 juta ini dalam waktu lama. Feeling mengatakan harga baru akan diset tidak lebih dari Rp. 40 juta. Kapan itu? Bisa saja segera…Karena Senin harga naik 😛

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

60 COMMENTS

  1. overprice banget, belum abs bla bla harga segitu… giman kalo nmax harga dibawah dikit dari itu tapi dah abs cakram belakang dll… garep tuku nmax jadi punya pcx dan nmax apa jual pcx beli nmax?

  2. Setuju Om Yogas, baru 2 hari nih nyemplak All New PCX, tapi kalo dibilang suspensinya keras, ane rasa nggak juga. masih lebih nyaman dibanding CBSF yg ring 17, atau Vario 125 yg jedak jeduk

  3. Getaran berkurang, karena karakter v-beltnya berbeda dengan old pcx, giginya ada dua…. Dalam-luar….
    Ane udah pake ini berserta seluruh part pcx new (led) d vario 125 ane….. PnP semua…..

  4. Jangan percaya sodara sodara 😀 Karna setelah maxi scooter yamaha lahir januari tahun depan.. Niscaya harga pcx ini akan anjlok seanjlok2nya sampai menyetuh diharga 32 juta bahkan bisa beda tipis dengan harga yang dinegara asalnya sana 😀

  5. kemarin dah nyoba punya tmn om, dibanding sm pcx125 2011 saya, masih mirip feelnya.. enak dibawa dan tidak capek..
    cuman ya lebih futuristik dari segi tampilan dan fitur.. yang sama adalah….. sama2 ga bisa liat spatbor depan wkwkwkw

    kalau ada yang bilang vario125 sm pcx sama, suruh jalan jauh bareng.. pakai vario125 lebih capek 😀
    kenyamanan adalah harga mati pcx

    tulisanotomotif.wordpress.com

  6. Wah maknyus…
    Lengkap banget…

    # Foto Nude # Foto Tanpa Make Up # Foto Ciuman # Foto Seksi # Foto Lingerie # Foto Worst
    Intip Seksinya Jessica Mila, dari pakai busana elegan sampai Bikini bahkan tanpa Busana.
    FOTO SEKSI Jessica Mila HOT Busana Pink.
    >>>> VisitNow : http://fyf-pics.com

  7. Om Kobay udah coba Air filter Ferrox untuk PCX 150 belom? ane baru saja ganti hari ini, wuiihh mantebz euy tarikannya biar masih reyen dan gas di urut tapi jadi galak euy, asli nih gak rugi lagi sekali tebus harganya 325rb bisa pake seumur motor.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.