CBR K45 vs R15

Kobayogas.com – Jagoan baru telah hadir, New Honda CBR 150 K45 sang penantang terbaru di kelas 150 cc berfairing telah resmi diumumkan kepada khalayak pada hari Minggu 7 September lalu bertempat di JI-EXPO Kemayoran. Selain media, bloggers pun merasakan performa keseluruhan dari produk lokal andalan Astra Honda Motor ini…

Siapa yang ditantang? Siapa lagi jika bukan Yamaha R15, motor sport berfairing karya nemesis Honda, Yamaha. Saat ini tak pelak pimpinan penjualan kelas 150 cc berfairing dikuasai oleh Yamaha R15. Pendahulunya, sang CBR 150R CBU Thailand tak dapat berbuat banyak akibat terbentur masalah harga yang membuatnya tidak worth to buy dari sisi value for money.

Well, nuff said… kini kita menuju pembahasan yang krusial…

CBR150R K45

Mengapa KBY sebut pada artikel sebelumnya bahwa CBR 150R K45 ini lawan sepadan Yamaha R15? Karena yang utama adalah faktor harga, CBR 150 CBU bukanlah lawan sepadan dari sisi harga. Kini Honda CBR 150R K45 hadir dengan harga yang bejaban dengan Yamaha R15 membuatnya sepadan dan lebih pas untuk diadu… Dengan keduanya sudah pernah KBY tes bahkan salah satu diantaranya bisa disebut habis-habisan…kini saatnya melakukan komparasi sederhana tanpa angka angka yang rumit…

Sambut… Clash Of The Titans Ep II, All New Honda CBR 150R K45 vs Yamaha R15

DESAIN ADALAH SELERA

Bicara seputar desain, KBY out of opinion bahwa keduanya mempunyai desain yang baik dan bagus. Tidak ada yang salah disana, hanya keduanya mempunyai pendekatan yang berbeda. Honda mengedepankan identitas universal pada desain CBR 150 lokal yang berorientasi pada level tertinggi dari klan CBR Series, desainnya lebih ke Sporty Elegant dengan metode everlasting model.

CBR150R K45

Sebaliknya Yamaha, terkenal dengan kedinamisannya dalam mendesain, sporty adalah signaturenya. Nyaris semua produk Yamaha dipertegas dengan garis garis lancip yang menyiratkan aura sporty kental. R15 tentu salah satunya. Bagian buritan adalah bagian terbaik dari Yamaha R15 menurut KBY, garis yang naik ke atas lalu dihiasi dengan rem belakang LED di bawahnya, memperkental nuansa racing.

Yamaha R15 kobayogas

Mana bagian terburuk? Pada CBR 150 lokal menurut KBY ada di bagian mesin yang terlihat kopong so you can see an ant at the other side clearly. Yang kedua ada di buritan, lampu rem warna merahnya is waaayyy too massive seperti Gelora Bung Karno, lads bisa tertukar tebakan dengan Verza jika melihat dari jauh malam-malam.

lampu rem kegedean
lampu rem kegedean kaya Verza jadinya

Yamaha R15 lebih baik? Ho ho wait a minute….its facia a waayyy too wide so you can play a football there…Tangkinya juga ahhh…menciderai desain secara keseluruhan yang sudah sangat baik… tangki milik Vixion? Get outta here, mau meluk juga susah karena terlalu pendek dan kecil.

mukanya lebar :D
mukanya lebar ๐Ÿ˜€

Baik Honda CBR 150 lokal maupun Yamaha R15 juga mempunyai selera penempatan lampu sein yang buruk, lampu sein nongol keluar? Well dari sisi ini keduanya memang bukan didesain khusus untuk lokasi Jakarta, if you know what I mean ๐Ÿ˜€

Namun sayangnya, Yamaha R15 harus mengakui kekalahannya disini, loh kok bisa? Kredit wajib diberikan kepada CBR 150 lokal K45 karena berani memberikan dimensi yang lebih besar seperti kakaknya yang berkubikasi 250 cc. Efeknya, New CBR 150R lokal K45 mempunyai aura big bike yang lebih besar dibanding Yamaha R15 yang masih terlihat seperti motor kelas 150 cc. Selain itu, efek mekarnya dimensi milik CBR 150R l K45 ini, jargon A Big Bike Feeling milik AHM menjadi sahih adanya.

So pilih mana? Lads yang lebih tahu, suka sporty dan racing look kental ya Yamaha R15, atau bermain aman dengan evergreen model dengan big bike feeling dan look? Temukan pada diri CBR 150 lokal. Yang jelas keduanya tidak jelek, jelek itu… yaaa ada lah ya motor yang benar benar gak enak diliat ๐Ÿ˜€

bersambung ke halaman 2: New CBR150R K45 vs Yamaha R15

308 COMMENTS

    • Hahaha, rame ini, clash of titan jilid 2 ya kang ๐Ÿ˜€ menurut penerawangan kang kobay, siapakah yg akan berjaya dalam 3 bulan terakhir di 2014 ini? ๐Ÿ˜€

    • Berpikir rasional aja. Produk apapun yang keluar belakangan, biasanya selalu lebih bagus. Bisa dilihat dari riset produk tersebut (CBR Lokal) terhadap kompetitor lamanya (R15 dan dalam hal ini CBR Thai juga ikutan). AHM pasti mempelajari kekurangan2 kompetitornya dan memaksimalkan potensi yang sudah mereka punya (CBR Thai) untuk menelurkan produk baru yang All New dan harapannya superior. Kita juga bisa lihat sendiri pada kasus R25. Dia keluar belakangan membawa keunggulan2 yang tidak dimiliki CBR dan Ninja, bahkan R25 saya rasa berhasil menggabungkan kekuatan 2 motor tersebut untuk dijadikan kekuatannya (riding quality dan power). Yang menarik justru bagaimana langkah Yamaha selanjutnya menghadapi CBR lokal ini, padahal R15 juga baru saja muncul. Menunggu jadwal facelift atau katakanlah menelurkan All New R15 adalah sebuah “kegalauan” karena tidak mungkin meluncur dalam waktu dekat untuk mem-fight back CBR lokal. Selama masa penantian keluarnya All New R15 ini, bisa2 CBR Lokal keburu mengobrak-abrik kompetisi sport 150 cc seperti layaknya masa Beat dulu. Bukan tidak mungkin mindset sport 150 cc di masyarakat akan terlanjur terbentuk di masa penantian itu, yakni sport 150 cc fairing ya CBR 150R (kasus Mio terulang)!

      Jujur, saya ini FBY. Sedari dulu saya selalu memakai produk Yamaha dan membanggakannya. Tapi melihat review2 ttg CBR ini, ini gawat bagi saya. Saya yang FBY saja ngiler apalagi masyarakat awam. Hayoo…bagaimana Yamaha? Menelurkan produk2 sport lainnya seperti R25 naked, new byson, all new vixion, dll. mungkin bisa jadi amunisi pertahanan terakhir sebelum mindset tsb terbentuk agar masyarakat tidak terlalu fokus ke CBR baru ini.. Gampangnya mengalihkan pembicaraan orang dari produk CBR ini ke produk lainnya, meskipun beda jenis. Supaya demand masyarakat menurun. Tapi bisa jadi AHM pun telah membaca taktik Yamaha ini. Ini benar-benar tantangannya. Kalau di AHM dipenuhi orang cerdas, di YIMM harus dipenuhi orang cerdas + kreatif + inovatif. Just IMHO.

      • kelas semprot disamain sama kelas matic mio vs beat…

        gilee loe ndro…

        biarpun ini level motor semprot piring murah cuma 150cc > tapi konsumen semprot lebih smart dari konsumen matic penyayang selangkangan… ๐Ÿ˜† :mrgreen:

        ใ€€

      • Emm, saya sebagian sependapat sih, hehe…. cuma kenapa ya mas, kalo berdasarkan pengamatan saya di lapangan, saya tanya2 teman di komunitas motor apa aja, trus teman kerja yg beragam motornya, saya dapat jawaban sekitar 80% bilang akan membeli R15 daripada CBR150R baru ini bila harus memilih motor sport 150cc, itu penilaian selera doank sih ya, pada belom nyobain soalnya, hehe…. nah ini saya rasa AHM harus bisa memanfaatkan awam yg belum tahu keunggulan CBR150R ini, adakan test ride di berbagai kota yg bisa dirasakan calon buyer, pasti mereka jadi gamblang tentang kekuatan cibi, AHM punya sumber daya yg kuat untuk hal ini kan…. saya rasa sependapat dengan bang kobay, cibi akan memepet R15 walau belum menyalipnya sampai akhir tahun ini ๐Ÿ˜€

      • @Kobayogas hehehe.. biasa aja kok om kobay. Ini cuma main feeling aja

        @HendryYvcz.com & @โ—โ—‹ qwerty โ—‹โ— iya memang sih..benar juga. Tapi kalau di pepet terus lama2 nyalip juga nih. hehe kaya Marquez vs Lorenzo. Berita CBR lokal motor enak akan cepat menyebar.. Konsumen honda saya rasa juga tipikal orang yang seperti itu, mempertimbangkan membeli motor berdasarkan testimoni2 positif dari mulut ke mulut. Biarpun cara ini lebih terlihat disegmen matic dan bebek, tapi banyak juga lho calon2 pengguna motor batangan & fairing entry level seperti ini berasal dari segmen matic/bebek tsb. Mereka ingin naik motor batangan tapi yang tidak membuat capek berlebihan kalau dipakai. CBR adalah pilihan yang lebih tepat dibandingkan R15. Keren juga dapet, nyaman, kencang, dan “HONDA” lagi.. Tua muda bakal suka. Ingat mas, ini pemikiran saya sebagai FBY lho. Disinilah kita hanya bisa melihat bagaimana langkah Yamaha melalui ujian ini..

      • Betul mas, saya sependapat, mau tidak mau yimm harus bergerak bila tidak ingin disalip, hehe…. Pilihan yg cukup bijak menurut saya ganti silinder heaf sohc 4 klep jadi dohc, yamaha ngga kurang sumber daya koq untuk aplikasi ini aja kan, setidaknya pukulan ahm di kekuatan mesin bisa ditangkis yimm, hehe… Gimana menurut sampeyan? ๐Ÿ˜€

      • @Kobayogas Iya om kobay, saya mikir rasional aja berusaha tidak terikat sama fanatisme merek. Yah mencoba menjadi orang-orang diluar sana gitu mas yang jarang blogging & internetan seperti kita sekarang..

        @HendryYvcz.com Iya mas, paling tidak salah satu fight back dari yamaha adalah bikin DOHC 150 cc 4 Valve, bagus lagi 5 Valve titanium hehehehe (ngelindur).. Tapi masalahnya ada di waktu ini mas. Untuk membuat All New seperti itu paling tidak normalnya 3 tahun dari sekarang. Nah bagaimana bombardir CBR selama 3 tahun masa penantian itu mas… itu yang rawan bagi Yamaha. Gimana masukan dari mas lagi kira2 nih apa yang harus dilakukan yamaha?

      • @HendryYvcz.com sebenarnya ini salah Yamaha-nya juga sih kelamaan mendatangkan R15. Seandainya 1-2 tahun lebih awal dari sekarang, mungkin kalau keluar All New CBR 150R seperti ini, yamaha sudah bersiap dengan YZF-R15 V3 nya.

      • @ adriannoviandi, yah menurut saya mau ngga mau yimm kudu buruan keluarin V.3 dari R15 ya mesin DOHC itu, comot aja head nya WR25o kan, hehe…. ๐Ÿ˜€ Kita liat aja mas jurus yimm kedepan, pasti ngga bakalan diam, saya lagi asik nih menikmati R25, hahaha…. ๐Ÿ˜€

      • blog nya kang kobay tambah rame nih, apalagi kalo bahas ginian, yang mengcompare dua merk musuh bebuyutan ini, hehehe…. ๐Ÿ˜€ ayo para fansboy, yg giat lagi BC nya, wkwkwkwkkkk…..

      • Tapi emang tulisan artikelnya enak dibaca kang, kumplit komparasinya, seobjektif mungkin, keren, saya baca ampe abis, makin bingung menentukan pilihan di motor sarungan 150cc, hihii… ๐Ÿ˜€

  1. kalo cewek lu macem bibie julius jelas R15 menang mutlak…
    model R15 udah out of date..kecuali YIMM berani ganti headlampnya model modif R1 baru kerasa lebih seger..
    kalo CBR belum pernah ngerasain..tunggu aja..kalo yang CBU tarikannya capedes di kemacetan…

  2. banana swing arm jadi pisau bermata 2 di handling…yamaha yang terkenal handling kelas dewanya jadi keteteran lawan CBR karena swin arm panjangnya

      • kurang…mungkin dl R15 perbandinganny ama cbr thai….gak tau nya brojol cbr lokal yg risetnya d bandingin ama R15 +cbr thai…dgn ajian prolink+sumbu dperpendek jd kesimpulannya tau kan urut2an handlingny cbr thai-R15-cbr lokal (yg blakang paling superior handlingnya)

  3. ahm memang suka yang berat2
    artikel joss suhu, lebih joss lagi kalau yang kemaren itu gratis saja #eh
    btw, soal swing arm, stoplamp led, pass beam, saklar2, engine switch….yah…………… kelemahan cbr banget, namun tangki cbr josss, handling nyosss, soal power entahlah
    kayaknya persaingan seimbang antar rival abadi

  4. yach kalu facelift sich bagian buritan yg utama,

    masalahnya boleh ndak ama si jepun tuh dirubah

    mungin sudutnya dirubah, lebih landai kesampaing.

    masalah kopong mesin sich, emang ngak enak diliat, tapi fungsinya lebih baik.

  5. Kalo hati sudah kadung bermain aman dengan evergreen model dengan big bike feeling lalu telinga dengar suara knalpotnya…gimana gan…?? hemmmm

  6. nice artikel bro, bandingin dan gak takut nyebutin kekurangan, ane paling semen cbr itu tangkinya, keliatan padet , cuma ya fitur masi kalah dari r15

  7. IMHO, R15 akan berubah jadi keren dan lebih in the bike instead of on the bike jika yamaha mengganti tangki milik NVL, percaya deh om, tangkk NVL itu yg bikin desain NVL over all jadi keren.
    dan lampu depan jangan mata belo kayak sekarang.

  8. opini ani pribadi hanya dr tampilan fisik:
    *CBR kekurangannya di buntut/ekor bagus fairing depan (cbr1000 wannabe)(kalo ibarat cewek pinggang keatas paduan mata,alis,bibir,hidung n maaf breast yg cantik )
    *R15 bagus di ekor (moge wannabe)(kalo cewek ibarat pinggang bahenol,betis seksi, jelek difairing depan)(kalo cewe maaf:pantat kebawah bagus n bahenoll)
    tp overall suka desain CBR, nggak bosenin liatnya
    ngoahahahaha….

  9. oh begitu toh…menurut pandangan biker independent kayak saya..
    motor ini sudah ngga ada WOW faktornya…
    tapi kayaknya saya belum tau salah apa benar…#apaaacobagw

  10. minta tolong mas,, ukur lampu r15 sama cbr lokal. . Sebenary besar dan panjang mana sih.
    Thanks

  11. bener om.. saya pilih K45 soalnya postur 180 n mo dipake mbonceng istri, yang sopan.. ๐Ÿ™‚ Kalo menurut om Kobay weight distributionnya gmana om? soalnya pasti pengaruh banget ke handling+pengereman yg kata om ni motor manteb banget..

  12. sak karepmu lah mbah yogas…..
    ane sih baca aja….
    kl liat djln/lamer kasian boncenger r15,,,,tinggi bingitss,kyk mau dilempar kdpn kl pas rem ndadak,kyke sih tersiksa si boncenger r15 apalagi mukenya kek lele dumbo dr dpn.

    hny opini ane…. #abaikan saja… ๐Ÿ˜€

  13. halo agansemua.saya sampaikn isu semasa dimasa depan menghadang pemilik moge untk terlihat barang wah
    1.munculnya cbr150 r akn berdampak kepada pemilik cbr 1000 rr…bukan tdk mungkin untk kedepan sang pemilik cbr1000rr akn merasa sakit hati krna dikira motor cbr yg ber cc 150

    2.munculnya r15 jg akn berdampak pada sang pemilik yzf r6 …krn bukan tdk mungkin yzf r6 dri tampak belakang sudah sgt klop dgn motor r15…krn itu lama kelamaan sang pemilik r6 pun akn minder..termasuk diri saya yg memiliki klan yzf r6 dri sudut pandang pribadi sudah mulai terancam .krn nnti dikira r15

    3..munculnya ninja 250 n z250 dri brad kawasaki. .ini agak mendingan dibandingkan brand diatas.krn sang pemilik zx636 or pemilik z800 masih bisa berbangga krn motornya di masyarakat awam dikira motor ber cc 250 …inget motor 250 masih dikira wow di mata masyarakat pada umumnya…

  14. Mantap, ulasannya lengkap bang Kobay.
    Tinggal nunggu komparasi lawan abangnya, si CBSF. Meskipun naked bike, tapi basis mesin dan sasis kan serupa.

  15. aye kirain si om sukanya yg semok” pk baju ngepress ๐Ÿ˜†
    kalo dimensi gede cuma kopong kaya model kurus pk baju kegedean donks ๐Ÿ™„

  16. saya suka kalimat om dalam bahasa inggris diatas yg artinya “kamu bisa melihat seekor semut disisi lainnya dengan jelas”.
    kalimat ini begitu dalam maknanya, kalau dipahami sepertinya om benar2 tidak suka akan hal itu, wakakakakakaka….. XD

  17. yakalee melihat seekor semut (kalo kecoa mungkin masih bisa lantaran gede:D) disisi sebelahnya dari sela2 kekopongan sektor mesin, ini namanya sindiran yang sangat mendalam, hahahaha….. D

  18. Bagi yang jomblis, R15 rasanya lebih cucok, kalau ada pasangan pun rasanya malah โ€œlebih cucokโ€ lagi if you know what I mean

    Susu murni nasional ๐Ÿ˜€

  19. soal performa kayaknya masih buram, knp??
    1. kalau bicara soal data internal AHM, kayaknya kontradiksi dengan teori secara kertas. bagaimana bisa power turun 0,7 ps dengan bobot naik 5KG tapi top speed selisih 1km/h (menang)??
    2. Msh belum ada pihak independent yg ngukur secara jelas (nunggu pak hai TMC aja)

    ya takutnya kyak CB vs Vixion, d test otomotif ternyata unggul CB tapi dtest yang lain jdinya kayak gini > http://kenthoetboreup.files.wordpress.com/2013/03/226847_564412460243375_693619443_n.jpg

  20. btw sejak pertama kali baca blog ini langsung jadi favorit. karena apa adanya. hahahaa. dan kolom komentarnya nggak menyebalkan komentatornya jadi lebih tenang bacanya. walaupun nggak memihak tapi kadang2 panas juga bacanya kalo udah rusuh di blog lain. keep up the good work

  21. Chibi Chubby pilihanku ๐Ÿ˜€
    tinggal ganti stiker 150 jadi 250 ๐Ÿ˜›
    saya adalah tipikal rider yg suka touring and easy going on publik street.. pake motor sport class brapapun ccny klo lagi nyantai ksambet ama motor matic / bebek / bebek super / sport se class adem ayem ajee.. alon-alon asal klakon ๐Ÿ˜€ sing penting BBM Huemat and nyampue ke Tujuan dengan Slamat ๐Ÿ˜‰ Inget anak bini d rumah and nyak babeh d kampuang sob ๐Ÿ˜€ perjuangan masih puanjang tenan… Safe Riding otre ๐Ÿ˜‰

  22. Josss, artikelnya bang yogas. Netral. Ane suka buritan,swingarm r15, tp headlamp suka cbr k45. Trus pilih mana ya? ๐Ÿ˜ƒ
    klo soal mesin mah mesti 11,12 lah. Orang cc nya sama. Ya to.

      • blogger bintang 5 nulis artikel comparing ini, ati2..
        terlihat dari pemilihan kata & kalimat nya…
        Reader kurang dapat feel nya..

      • blogger bintang 5 nulis artikel comparing ini, ati2..
        terlihat dari pemilihan kata & kalimat nya…
        Reader kurang dapat feeling nya

  23. berhubung saya lebih suka desain dan show off
    penampilan, dan memikirkan fitur yang
    ada, maka R15 menjadi pilihan saya.. maklum brt bdan saya cm 55 kg+ tgi bdan 162 jd mlih ni motor, biar ga d ktain org bsar motor d banding org na.. dan pglaman saya mgendarainya lumayan kram tgan dpan saya untuk pmakaian yg lm karena tgan mnahan badan saya..positif na tiap kali pergi2 selalu d buntutin anak2 ninja n vixion, yg pasti juga tiap k warung slalu aja org nanya ni motor n ada aja org yg mondar mandir lihatin ni motor.. asli di pontianak langka d tmui pmakai r15.. hihihi ni lah kbanggaan laki2 mnikmati pmakaian ekslusif r15 sblum mjadi mtor seribu umat.. hihihi ni pgalaman saya gan.. jgn d bui y.. salam 1 aspal

  24. weeyyy kang kobay…pertanyaan urang can dijawab uyy di WA group ๐Ÿ˜€
    Lamun kang kobay boga duit 28 juta..rek meuli motor iyeu moal…?? jawab nya kang..hihi

  25. Ane coba menerjemahkan ya om yo…
    Pertama enak yg nungging,
    trus agak semok,
    trus yg menjepit…
    Terakhir body bisa ditekuk tekuk…. Wau…. Ini ngomongin motor kaan om?!

  26. bro kobay makin netral aja sipp.
    kritik pedas sangat dibutuhkan di dunia blogger
    cuman gimana getarannya dibanding cbr 150 cbu dan r15? itu point yg penting

  27. jujur cukup puas setelah beli r15 ketimbang cbr 150 cbu..
    getaran r15 di stang cukup ringan…
    dan mesinnya terasa mulus…. dan wusss………….

    cuman ergonomi nya kalo ga biasa bakal nyiksa bgt apalagi jalan macet.

    cuman setelah ganti ban namabah 10 lebarnya dari ori nya..
    perasaan handling jadi ga karuan…
    kayak miring2 sendiri2….
    kurang balance gitu…

    dibuat belok ya tambah berat

  28. ban depan aja… lebar plus 10 dari ori

    jadi kayak belok2 sendiri di jalan yg lurus

    any solution?

    • ooo itu akibat tapak lebar memang lebih sensitif terhadap permukaan/kontur jalan, solusinya yang pertama adaptasi, yang kedua balikin lagi ke std nya

  29. Keduanya baik di segmen 150cc, hanya ergonomi yg agak kontras standarnya, r15 lebih nunduk ya?
    Kalo di 250cc antara r25 dan cbr250 – aku vote r25 karena kebaruannya (fresh) #eh melebar he he

  30. vote cbr150 kelebihan r15 hanya swing arm seaternya kurang “jelek”menurut ane mending cbr trz modif g bgtu mahal,minus r15 tangki kecil tameng headlamp bagol footstep pipa kapasitas aki 3,5amper masih sohc pula

  31. tulisan kang kobay bagus..jujur kualitas artikel lebih baik dibanding iwb..mungkin hampir menyamai wak haji..prediksi ane kedepan akan melewati ketenaran iwb dan wak haji..kalo pertamax7 ya jelas lewat sama ente..jujur ane kurang suka sama blogger jemuran..tapi pas lihat artikel ente..kok nyaman bacanya yaa..komplit dan jujur tanpa takut2..kalo wak haji dan iwb agak takut2 tuh..heehee..sukses brooo.. ๐Ÿ˜€

    • hahahaa pertama tama saya harus minta maaf atas jemuran2 saja yang mungkin mengotori lapak si om… maklum namanya pemula bagaimana caranya biar teman-teman kenal saya ya harus berjemur…bagaimana caranya orang baca artikel saya ya berjemur hehehe…
      saya bukan artis yang dicari orang soalnya kan? ๐Ÿ˜€
      Semoga memaklumi…

      Kedua, being independent tidak terlalu mudah, tapi saya berusaha keras untuk konsisten … soal ketenaran…biarlah waktu yang akan menjawabnya…

      terakhir, terima kasih sudah berkenan mampir dan komen di blog ini ya ๐Ÿ™‚

  32. Apa daya cicilan tanah durung lunas

    Keinginan minang motor pun masih jadi angan-angan

    Alaaaheeemb

  33. Apa daya cicilan tanah durung lunas

    Keinginan minang motor pun masih jadi angan-angan

    Alaaaheeemb

    Artikelnya joozzx mas kobay lengkap bingit

  34. widih..warunge tambah rame aja mang kobay, tapi meskipun rame tetep hampir setiap yg mampir disamperin. klo nvl vs cb , ane vote nvl. klo r15 vs cbr, ane vote cbr. terus terang sebelum cbr brojol ane sempat skeptis, gara2 kualitas si cb, tapi ternyata setelah mecungul ternyata ganteng juga, ane kok langsung jatuh cinta ya, hmm….apakah aku harus……..apa yang mesti aku pilih….. #galautingkatdewa

  35. mantep ulasanny om..
    sy ud terlanjur pesen r15 nih.. hehehe..
    anyway, selera pribadi kurang suka dgn strip cbr… kesanny gmn gitu.. walaupun r15 jg tdk bagus2 bgt sih.. hehehe..

  36. kalo saran ane sbg FBL,pilih yang sporty abes,kenceng abes,nungging abes,irit abes,elegan n argonomis maka pilihanya adalah naik angkot..sambil tidur pun tiba2 nyampe tujuan

  37. Pakdhe Yogas sudah sempat cek manual book nya K45? Di situ ada tulisan : beban maksimal 129 kg (rider+boncenger+beban lain). Lha berat saya sendiri aja udah 72kg. Belum kalo boncengin bini, jadi 144kg. Kelas beraattt…. Belum lagi kalo mau turing bawa tas isi perabotan rumah…. Hadeehh… Gimana tuh padhe?

    • Wkwkwkk… Yaaa kompensasinya kalau selalu overload paling suspensi yg capek (cepat lemah)… Kaya punya mas sayur blogger dan temennya, cbr nya suspensinya lemah… Wong bawa beban terus.

      Imo, be wise aja, karena motor kek gini (cbr, r15 dan sejenisnya) memang bukan motor beban. Jadi pilih yg sekiranya cocok.

  38. ikut menambahkan, barsan baca otomotif tabloid, ternyata dengan tenaga besar cbr150r takluk di performa. tak tanggung tanggung, margin error gps – speedo juga signifikan

      • gps-speedo itu gimana?? masa dua race logic bisa beda hasil …… kalau faktor personalnya sih percaya. independensi? biar teknologi aka race logic yang bicara …..

        kalau mas lebih prefer data tabloid mana? ๐Ÿ™‚

      • Pertanyaan yang membingungkan, sayangnya saya ga bisa post yg otomotif karena gak ketemu si doel ๐Ÿ˜ข
        Paling ambil foto dari temen blogger lain.

        Dua duanya bisa dijadikan patokan… Hehe

      • barusan nyadar, satu race logic satu vericom. tapi harusnya tidak ada perbedaan…… atau seperti dynotest, satu dan lain merek/varian beda hasil???

      • Bisa beda hasil… Oia untung diingatkan, kalau saya lbh prefer hasil vericom vc3000… Media internasional 2 tahun belakangan ini pakainya itu…

  39. klo buat harian go to office and weekend, prefer yg mana gan KBY….. oh y ane lupa, tubuh ane jg besar alias berisi gtu..wkwkwkwkw.. so, bebanya agak brt gan…
    thanks

  40. aku pengennya fitur oke, engine oke, desainnya oke, harganya jga oke buat mahasiswa. kira” kpan ada yg kya gtu?

  41. Alhamdulillah sudah dapat Warna Merah
    inden 5 hari langsung dapet
    harga 29.2 jt untuk Wilayah Kota Malang bulan Oktober Akhir.

    Performa untuk kelas 150 CC cukup dibilang Lumayan.

    ada yang bilang, kalo CBR Lokal Mesin sama persis dengan CB150 SF. hanya ganti Baju Doank..bahkan Rangka dan yg lain di bilang sama.
    ternyata itu hanya Asumsi Pendapat Pribadi saja, terutama yg sudah memiliki CBR 150 CBU.
    kalo rangka memang sama, ukuran dan bentuk mesin juga sama. tapi untuk daleman Mesin pasti jelas Berbeda. Honda adalah salah satu Pabrikan Motor terbesar, tidak mungkin menciptakan Tipe berbeda dengan Model berbeda tetapi Performa sama.
    setahu saya, Tipe CB adalah Hasil Downgrade dari Model CBR, walaupun hanya kecil.
    tapi dalam Hal Tekonologi, sekecil apapun yg di rubah, maka performa juga akan berubah.

    hampir setiap minggu, saya selalu perjalanan dari SIdoarjo – Malang PP.
    kebut kebutan ama CB150SF milik temen jam 4 pagi ( jalan Sepi ).
    ternyata CBR Lokal Cukup Responsif..JUJUR, CB150SF gk bisa ngejar, malah tambah jauh jarak.
    TOP SPEED baru merasakan 137 km/j. maklum jalanan Kota..jadi belum tau Persis Top Speed sebenernya berapa.
    atau mungkin memang 137 sdh jadi batasan TOp Speed saya juga gak tau..hehehe

    • wah thanks sharingnya, tes di trek lurus panjang sepi bisa 145-148 di speedo, GPS 135… mangga disimak artikel test ride CBR k45 saya hehe

      • Ok sama2 Gan.
        wah bisa sampe 145 km/J.
        150 CC Standart segitu udah Amazing gan.
        tapi saya Pribadi, Top Speed bukan Acuan.
        karena saya tidak pernah ke Sirkuit..hehehe
        yang saya butuhkan cuma Akeselarasi saja..maklum..luar Kota butuh Respon cepet Nyalip kendaraan Besar, seperti BIS, TRUK GANDENG, dan KONTAINER.
        terutama Mobil Pribadi yang ugal ugalan…susah buat nyalip kalo pake Motor Matic / Bebek biasa, ( Kecuali Bebek Super .hehhee )
        TOp Speed rawan kecelakaan gan…apalagi pas ada orang / Kucing nyebrang..Jantung alamaaakk.. dag dig dug jika di Jalan Umum.

        kalo pengen lebih responsif pengennya MOGE, tp apa mau di kata, semua tergantung isi Dompet dan kebutuhan yg lain..hehehe

        salam Knalpot Gan.

      • iya betul gan..Nampol Banget…..dengan bobot diatas 140kg…bisa Greget…maknyussss…..

    • Buat saya semua ada plus minusnya, tinggal kita sebagai buyer pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan mengakomodir keinginan…maaf masuk spam

  42. ane bru pnya cbr 150 yg serie repsolnya,mantab bos aman nyaman n ga cape bawa jauh nya n powernya aaajip bener

  43. Tulisannya cool bro, menggelitik untuk sisi positif dan negatif masing2 motor, semoga ulasannya bisa begini terus en objektif..Terus terang aja saya suka sama produk Yamaha tapi saya suka banget sama CBR yang dulu (2009)

    • makasih bro, yang suka pasti bilang netral, kalau yang berat sebelah pasti komen dari salah satu pihak..hehe..
      Tq dan sori kalau ada yang kurang ya

    • saya juga suka desain fairing Old CBR150 lebih ramping.
      Pas ke dealer honda saya lihat dijejerin tuh Old dan New CBR 150 kelihatan banget bedanya.. (btw dealernya banting harga buat Old CBR diskonnya gede banget mungkin mau habisin stok gudang kali yah gara-gara ada Old CBR150)

      kira2 bisa gak ya New CBR150 pake fairingnya Old CBR150? tapi kalo headlamp jelas bagusan dual keen eyes new CBR150 lah..

  44. numpang nempel…. saya punya R15… blum lama… 1 bln… enak dibawa kmn2… irit… soal berkendara nyaman… peforma (mungking karena SOHC) enak, maknyos… di rpm tinggi terasa bnget… top speed yg saya pernah capai itu 139km/j itupun blum capai maks RPM… yaa karena jalanan kota… srng diadu dngn cbr lokal pnya tmnku… cbr repsol… yaa yamaha semakin didepan.. ditrack 200m motorku didepan perbandingannya 1 banlah… R15 jangan dianggap remehlah… soal mesin SOHC atau DOHC itu perbedaannya nggak terlalu jauh.. 11-12 lah.. mmng R15 maks powernya 16,8ps dan CBR 150 lokal mals powernya 17,1ps… tergantung dari ridernya… tapi alangkah baiknya kita yg make R15 or CBR150 lokal itu saling berteman… saling mengangkat nama satu sama lain… motor 22 diatas itu standart..
    salam RIDER R15

  45. kalo ane jujur saja pilih cbr150 lah.. kalo performa mah seimbang lagian mau ngebut dimana sih?
    yamaha jeli kalo dilihat dari desain r15 yg nunduk abis alias sangat tidak nyaman buat touring jarak jauh bikin cepet pegal dan capek sudah kelihatan berarti yamaha maunya jadikan r15 ini buat di perkotaan aja yg banyak stop and go dan ngumbar akselerasi makannya cukup pake mesin vixion yg diupgrade.
    sedangkan cbr150 emang sport touring fairing gede stabil membelah angin jadi nyaman saat jalan jauh. namun di perkotaanpun cbr150 bisa meladeninya.

    kalo liat boncengernya aduhhh….
    maaf aja boncenger R15 kaya orang lagi berak nungging abis dan gak cocok buat orang kurus karena pasti akan ada gap antara setanger dan boncenger lucu kliatannya.
    sebaliknya boncenger CBR150 pas enak banget kalo mau mepet2an dan serasi.
    jadi kalo jomblo silahkan pilih R15 kalo pengin boncengan yang nyaman ya CBR150 menang telak.

    kalo dilihat sorot lampu depan..
    CBR150 menang telak lagi nie.. karena 2 lampunya kanan kiri menyala semua
    sedangkan R15 kaya bajak laut cuma sebiji doang mirip kaya ninja series. kalo yang gak familier sama moge bisa mengira lampu satunya putus/mati tuh hehehehe…

    BELI MOTOR ITU YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DAN LOGIS.

    BELI MOTOR ITU BUKAN CUMA BELI SWING ARMNYA DOANG.

  46. saya hanya bisa nyimak aja. soalnya mau beli juga masih nabung2 gan. oh iya saya cenderung suka ke R15 karena memang saya ndak hobby balapan. tp kata beberapa temen ane posisi stang nx bikin capek pas perjalanan jauh itu apa iya gan?.
    ane belon pernah pegang langsung sih soal nc ๐Ÿ™‚

  47. ane pernah test head to head CBR K45 vs R15 di puncak, kalo soal tanjakan, R15 loyo banget ketinggalan jauh sama K45, trus di test berkali 2 di trek lurus datar R15 masih kalah juga,

Yuk Tinggalin Jejak Lads..