Ninja FI refreshment

Kobayogas.com – Hola lads… Banyak yang mengindikasikan di dunia maya termasuk KBY sendiri, bahwa akan munculnya Ninja Facelift dan Full Model Change adalah merupakan bentuk respon Kawasaki Indonesia (KMI) terhadap Yamaha R25 benarkah demikian?

Tidak sepenuhnya salah jika kita beranggapan demikian, karena yang terlihat memanglah seperti itu adanya. Jelas Kawasaki tidak ingin bulan madu Ninja 250 FI sang pelopor 250 cc 2 silinder di Indonesia terganggu oleh kehadiran Yamaha R25 sang Tsunami andalan kelas 250 cc 2 silinder dari Yamaha.

Bahkan, hasil dari perhitungan penjualan kelas sport 250 cc sendiri mengarah kepada apa yang diindikasikan, yaitu R25 akan menjadi pemimpin pasar di kelas 250 cc 2 silinder. R25 saat ini memang belum menyalip penjualan sang Ninja FI, namun prediksi ke arah sana sudah semakin jelas terlihat.

Ninja ZXR_2

KAWASAKI MEMANG WAJIB BERBENAH

Sampai sini, jelas saja respon KMI dengan niat menggelontorkan Ninja 250 FI baru adalah upaya untuk menjegal Yamaha R25 merebut tampuk pimpinan penjualan. Kelihatannya memang demikian, namun percayakah lads jika respon KMI tersebut sebenarnya adalah antisipasi terhadap gebrakan Honda, dalam hal ini AHM?

Ini memang hanya merupakan hasil diskusi dengan beberapa sahabat di socmed facebook, namun arah pembicaraan tersebut terdapat benang merahnya lads… Kita mungkin sudah mengetahui bahwa Honda tidak pernah menganggap Kawasaki sebagai rival beratnya, nyaris di sisi manapun! Apapun gerakan Kawasaki, bisa dikatakan Honda menanggapinya dengan dingin dan woles.

NEMESIS ABADI

Siapa nemesis Honda? You got it damn right lads, Yamaha!! Kekhawatiran Kawasaki bukanlah tanpa alasan, jika Yamaha R25 bisa melenggang nantinya dengan menjadi pimpinan pasar sport 250 cc, hampir bisa dipastikan Honda akan gerah melihatnya, efeknya apa? Akan terjadi counter attack dari Honda. Jika hal tersebut benar terjadi maka bukan hanya Yamaha saja yang akan terhantam, Kawasaki pun akan terkena getahnya!

Jika misalnya nanti Yamaha R25 bisa dilibas, bagaimana nasib Ninja 250 FI? Itulah sebabnya Kawasaki merasa wajib melakukan antisipasi sejak awal, dengan harapan Ninja 250 FI baru yang akan hadir nantinya cukup kuat menahan terjangan Honda dengan produk terbarunya… Paling tidak, jika R25 tergilas, Ninja masih berada pada posisi dua klasemen penjualan…

Well, ini hanya obrolan ala warung kopi saja lads… Benar tidaknya efek domino ini belum tentu menjadi nyata…meskipun secara teori, bisa saja terjadi dengan catatan Honda all out melakukan perlawanan terhadap Yamaha di sektor 250 cc nanti. Karena jika model dan mesinnya masih seperti CBR yang sekarang, ya sulit menjadi pimpinan pasar.

Brace yourself Kawasaki..for Honda could be not just standing and watching. Oia benahin tuh 3S-nya ya 🙂

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

73 KOMENTAR

  1. masuk akal…..kalo AHM ngamuk masak yo suzuki diam aja….
    ane mah malah gemes ama si powerfull engine(suzuki)…knapa gak latah ikut rekan2nya….

  2. Jum’at minggu yg lalu liat stand Ymh di Masjid PI kok ngenes dikit yg ngunjungin padahal bawa R15 dan R25. Disebelahnya stand Kawak malah rame padahal gak bawa Ninja, cuma ngandelin 200NS yg bisa buat test Ride. Finalnya dateng z1000 dibawa sales ke stand.. 🙂 udah tau donk kelanjutannya……..

  3. wah artikel brojol tengah mlm,gk bs mengamankan jemuran deh.

    bnr yg jd lamunan mang yogas,sbnre honda baek2 aja sm kawak tp kl dibikin mrh yamaha,kawak jd kena imbasnya,pdhl gk bermaksud ngricuhin kawak mgkn.

  4. Daripada main yang ga jelas untungnya, resiko dicacimaki…. mending main skutik dan bebek… jelas untungnya….. ribuan unit sebulan dibanding jutaan unit ra ngefek …. begitu isi batin penguasa pasar :mrgreen:

  5. Persaingan Tahun 90-2000 an juga seperti itu, dan selalu Honda yang berhasil mengobrak-abrik persaingan dengan Produk2 nya.

  6. bisa jadi…bisa jadi…wow analisa nya jeli bingits..bwt kmi tong khawatos…sing penting kluarin produk baru yg lbh maknyos..sparepart terjangkau..3s nya dibenahin…makanya minta sm prinsipal di jepun sono bwt lakalin prduknya di cibitung wae…biar hrg trjangkau

  7. klo dpikir2 emang bner jg lamunan analoginya kang, krn utk type metik saja contoh konkritnya & sport bru saja dimulai…, so udah jadi kebiasaan ahm jika berperang tak akan berhenti sblm bener2 sulit utk berkembang lg ( pelan tp merobohkan sampai akarnya ) & hal yg paling susah adalah strategynya isa kebaca tp gak isa ditiru it lho yg mnjadikan sulit utk diprediksi alias gak uforia pasar sesaat ajah…..so mnurut ane analisa sketsa plan jangka panjang kawasaki emang juuoooozzzzz gandooozzzz…….

  8. Betul, semenjak kawasaki ninja 250 keluar, honda mengeluarkan CBR 250 hanya sekedar pengisi kelas seperempat liter saja, bukan untuk head to head secara langsung karena berbeda jumlah silinder. Tapi ketika Yamaha dengan V-xion nya merajai kelas sport, honda gerah akhirnya ngeluarin CBSF.

  9. ah honda mah lambat, buat jangka pendek mending face to face dulu sama yimm, tapi kalo jangka panjang ya, nggak tau deh. secara resourcenya honda mendukung banget kalo mau R&D 250cc yang bisa nandingin ninja & r25

  10. produk CBR sudah terbukti punya nama besar di dunia, untuk versi 2 cylinder masih digodok tetapi bongkahan mesin sudah ada di pabrik pusat Sunter Jakarta Utara.
    (sorry saya bukan fan boy tapi hanya berbagi story). Peace Love, Keep Safety Riding 😀

  11. yaaaa bener jg sih..
    secara sbnernya bnyak jg yg nunggu kapan HONDA bakal pnya motor 250cc 2cylinder..
    dari segi penampilan, CBR jg gak jelek” banget cmn mesinnya aja yg dirasa masih kurang buat ngikutin 250cc yg lainnya..
    hehehehehe..
    😀

  12. kalo menurut ane, om koboy ada benernya… TAPI…. ahm masih trauma ma CBR built up nya itu, jadi sementara jualan tetep matik dan bebek…. kwek kwek kwek….

  13. Kelas 250 cc adalah kelas primadona buat street legal di Indonesia ……..favorit biker , batu loncatan sebelum geber moge. Wajar sebagai first mover Ninja 250 khawatir thd kompetitor yg mulai tertarik di kelas ini . KMI harus all out untuk menghadapi kompetitor yg mempunyai nama besar di dunia otomotif roda dua khususnya. Apalagi kompetitor memakai nama besar CBR dan YZF-R . Sdh saatnya Kawasaki memakai nama Ninja ZX dng konvigurasi engine 4 cyl inline jika tak mau dilibas kompetitornya.

  14. halah
    kawasaki klo mau moncer benerin dulu lah para oknum selesnya yg belagu, pengalaman pernah beli ninja, selesnya ga ngerti tentang motornya 🙁 kadang malah ada yg sombong, padahal kan konsumen seharusnya dibaikin

  15. sebenarnya ini udah ane prediksi dgn comment2 diwarung lek iwb sama wak haji… kawasaki memang akan bikin motor 4silinder segaris hanya karena memang SEPERTI ITULAH STRATEGI KAWASAKI, YAITU MAIN DI BLUE OCEAN….sewaktu yimm dgn r25 keluar, mereka sudah siap dgn update ninja250fi di mesin (kawasaki gk senang jika kalah disektor ini) dan modelnya. tetapi mereka sudah TIDAK SIAP JIKA AHM juga bermain dikelas 2silinder…makanya dibuat planning ke 2.yaitu selain mengupdate (lebih keupgrade) si ninja250fi, mereka jga bakal rilis nijazx250 untuk menciptakan pasar baru…. dengan base produksi di indonesia, masih logis jika harga direntang 80jtaan..duke aja masih 1 silinder 200cc harga hampir 70jta…
    diakhir 2015 ahm bakal rilis sport 2silinder SEGARIS 250cc..bukan vtwin!!!! MODEL SKETCH MIRIP CBR600R.. bingung jadinya, r25 katanya jga mirip honda cbr600r…yg kloning jadi siapa neeh?hehehe….
    tiger masih lama bro, masih 2017…
    sekian dulu

  16. Kalo AHM mau maen disekmen 2 silinder harus banyak2 lobi ke pusat. Cuma masih ada kemungkinan dgn engine vtr yg sudah ada + produksi lokal. Bisa dipastikan KMI khawatir….

  17. Gimana klo AHM ngamuk.. truss nanti ada CBR 250RR reborn, si legend itu lho, bakalan geger Indonesia.. atau klo ngga minimal 2 cylinder 250cc inline dengan tag line baby CBR600RR?? , klo V-twin kyak nya potensinya kurang bang klo d Indonesia.. (lamunan org yg lagi ngopi) ?.. klo Honda all out d kelas seperempat liter.. Vario saya jual deh buat dp ?

  18. dan kalo emang honda bener2 all out di kelas 250/moge, gw siap jual motor gw ama tanah warisan.. wkwkwkwkwkk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..