banner

image

Kobayogas.com – Ninja 2 tak dikenal mempunyai senjata rahasia yang dapat memboost tenaganya seketika saat aktif di rentang RPM tertentu… Super KIPS namanya, bagaimana sensasinya saat di jalan raya yang kosong dan panjang?

Ninja 2 tak memang bukan lah motor 150 cc 2 tak terkencang yang pernah hadir di Indonesia, sebut saja kompetitornya macam NSR SP, Suzuki RGR dan Yamaha TZM sanggup melayaninya. Namun Ninja 2 tak saat ini memang yang terkencang karena tidak ada lagi kompetitornya yang masih dijual secara resmi.

Menggunakan Ninja RR milik adik ipar yang bungsu, KBY berkesempatan mencoba si RR di jalan raya, kebetulan KBY ada janji ketemuan dengan sahabat jaman kuliah di rumahnya daerah Pasir Impun Bandung.

Desain
Dalam keadaan standar, RR cukup menarik dilihat walau sudah mulai terlihat usang desainnya. Ninja RR adik KBY ini sudah dipreteli, menyisakan fairing bagian atas saja, prihatin lihatnya. Belum lagi ubahan ban cacing milik ‘kaum alay’ yang membuat tampang RR secara keseluruhan jauh dari kesan tampan.

Speedometer pun dicopot sehingga KBY tidak bisa mengetahui kecepatan aktual dan pada RPM berapa si Super KIPS aktif. Untunglah lampu depan masih dibiarkan menyala, berabe kalau tidak karena pulang dari rumah sahabat ya sudah malam 😀

image

Handling Dengan Ban Cacing
Ban depan belakang sudah diganti dengan velg yang lebih ramping dan ban ukuran ramping pula, depan 80/80 dan belakang 90/80… Bagaimana rasanya?

Nyaris seperti naik becak saat berjalan di atas jalan yang tidak rata, namun yang cukup mengejutkan, saat di jalan mulus, feelnya tak ubahnya skutik, dalam arti tidak melayang dan cukup stabil. Bahkan saat KBY coba melepas tangan pada kecepatan 40 km/jam (kira-kira, kan speedonya tidak ada), si stang masih lurus dan bodi motor masih berjalan stabil.

Namun saat mencoba agak kencang di tikungan, barulah terasa handling yang aneh, bodi terasa ogah dimiringkan, maunya lurus terus, kalaupun sukses miring, bodi terasa bergeser. Wajar, wong ban cuma selebar bungkus rokok, bahkan masih besaran bungkus rokok.

Ergonomi
Kaki menapak sempurna, RR standar memang relatif rendah, ditambah setang dan shock depan yang sudah di turunkan, tidak ada masalah sama sekali dengan ketinggian.

Setang, ini dia yang bikin sempurna dalam penderitaan, sudahlah rendah, ditambah menekuk ke dalam, menurun pula… Jelas tumpuan badan semua ada di depan, membuat cepat pegal lengan dan telapak tangan. Ampun deh….

Performa
Ini dia sensasi sebenarnya dari sebuah mesin 2 stroke, tenaga yang biasa-biasa saja bahkan cenderung lemot di RPM bawah, akan terbayar tuntas saat gas diputar lebih dalam dan RPM meraung hingga membuka katup Super KIPS yang legendaris… Sedjatinya ini merupakan kali kedua KBY mencoba si RR, namun saat itu jarak dekat dan tidak berkonsentrasi pada performa.

Suara knalpot yang cempreng dan brebet di kitiran bawah dipadu siulan karburator tanpa filter berubah menjadi raungan ribuan tawon terbang ditelinga, merdu dengan ciri khas tersendiri, mungkin tidak semerdu dua, tiga atau empat silinder, tapi suara dan sensasi performanya menurut KBY berada satu level di atas 2 silinder 250 cc!!

Perpaduan suara antara treeengg dan nguuukkk saat berakselerasi full throttle hingga batas nyali atau batas jalan sepi membuat KBY teringat akan film-film Andy Lau serta GP 500 dan seakan akan KBY yang berada di film tersebut :D!! … Percayalah, jika direkam suaranya tidak akan semerdu saat kita berada di atasnya.

Sensasi jambakan syaiton yang legendaris bukanlah isapan jempol belaka, beberapa kali menemui jalan lurus mulus saat pergi dan pulang, membuat KBY mempunyai kesempatan memutar gas pol hingga Super KIPS aktif…dan ini lah yang membuat 2 stroke 150 cc Super KIPS berbeda dengan 250 cc 2 silinder…

Jika 2 silinder tenaga cenderung merata dari tengah hingga atas, RR dengan Super KIPS KBY ibaratkan seperti mesin standar dengan tambahan Turbo, biasa dan datar di bawah namun tiba-tiba melesat bagai pelor saat Turbo aktif!! This is so bloody exciting…

Safety equiment:
– Helmet Airoh Miro XRP
– Glove Fox Bomber
– Respiro Panama R3 Jacket
– Nike ACG Salbalier Mid

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

94 KOMENTAR

  1. bahaya.. mlebihi standard itu yg bagus, tp klo mngurangi standard ban bgitu ya ngeri lah.. resiko kcelakaan n resiko di tilang.. ha.. utk jd anak racing ga perlu pake ban cacing atuuhh..

  2. paling tidak suara treng, teng, tengnya lebih merdu dibanding motor 4 tak (1 silinder) yg pake knalpot racing

  3. Ninjanya modis Om………
    inget dua tahun lalu,sempet punya yang Bulid Up 2005. Keasikan lari dijalan kosong,liat spedometer tau-tau udah 180an aja……
    😀
    buat motor ke 2 masih layak lah.(just for 2 stroke lovers).

  4. kawasaki Serpico 150 Thailand om asli manteb banget, deltabox-nya guede(lebih gede dari Ninja R), ngga kayak Ninin 150RR yang masih pakai sasis pipa ledeng “double craddle”.
    mesin juga lebih powerfull^^

  5. ninja 2 tak emang mantap om.. jambakan setannya itu lho bikin ketagihan, dan sensasinya cm bisa di dpt di motor 250 cc ke atas ninja 2 cylinder pun nggk akan bisa memberi sensasi jambakan setan seliar ninja 2 tak, ane pernah coba om tp bkan rr melainkan ninja L (yg lmpunya gede kyk nmp, “bkn yg lmpu bulet”) bayangin aja om boncengan aja gear 3 gas blm mentok kec.100 kpj on speedo aja mudah digapai.. temen ane ada juga yg pernah coba, juga boncengan gas blm mentok 170 kpj on speedo mudah di gapai.. makanya ada yg pernah bilang “kalau pingin naik dengan sensasi seperti naik moge tp dngn dana murah beli ninja 2 tak”.. ane ketagihan om naik ninja 2 tak, tp sayang punya temen ane udh di jual, dan dia nya ganti sm z250..

  6. Mungkin “jambakan setan” ini yang tak tergantikan sehingga upaya KMI mengganti RR dengan RR mono terlihat kurang berhasil.

  7. stang sudah ganti variasi, pantesan nggak enak.. kalo orinya nggak separah itulah om.. dipake sendirian jarak jauh masih enak..

  8. ahh eneg sy lihat stang model jembut ginian, nekuk, kadang hampir nyatu..apalagi klo di satria.
    klo malam bisa jadi gerobak siomay
    klo ban cacing mah, lama kelamaan masih bisa nrima lah..hihihi

  9. Masbro. n’ dulur2 skalian, ane mu
    sdkt crita ni.
    dri dlu Ninja 2tak mtor impian ane kang,
    dan stlah ane bca2 artikel mas IWB,
    Kobayogas, Yudhadepp, MotorSeo, TMC,
    Pertamax7, semisena, wongserut, dll, sya
    tambah yakin kang buat nebus tuh jaran
    wesi racikan Si kawak.
    Stlah mlanglangbuana brsama si vega R 08
    kpunyaan abang ane, akhirnya di tgl 6
    maret kmaren alhmdlah 1 unit Ninja L
    wrna Hitam trparkir di garasi ane kang. .
    .di sumedang. ane sndri krja d Tangsel.
    Jd crita y wlopun ane krj d luar kota, ane
    ttep bli mtor di daerah mzbroo!!
    Stau ane kang..knsumsi BBM ninin standar
    itu 1; -+30 dan utk Oli smping irit bngtt,
    bsa 1 btol : 2000-2200 km.(info dri tmen2
    yg dah prnah nyemplak ninin)
    .Smbri nnggu Stnk tuh jaran wesi ngangur
    d rumah gk da yg make. .KM y jga bru 3KM
    dlm wktu 2 blan.(mklum cuma d pke 1X
    ma sepupu doang buat ngnter nyokap k
    rumah sodara).
    dan kamis kmaren sodara ane yg d tangsel
    mudik ke sumedang, skalian dah ane ttip
    si vega biar pulkam dan bwa sininin
    kemari(tangsel) mnemui empu y.
    jarak tempuh Sumedang-BSD -+300 Km
    kang.
    yg ane tau kan tuh ninin knsumsi olsam y
    1; -+2500 km. jadi ane bekelin aja sodara
    ane 1 botol Eneos 2T city yg hrga y cuma
    38rbu.
    Pikir ane cukup lah malah sisa y bnyak. .
    Tapi pas sodara ane OTW (Sumedang-
    BSD) kmari nyemplak ninin. . .bru nyampe
    daerah Puncak bogor klomter bru -+200
    tuh olsam udah abis, lampu udah nyala. .
    .Etttdaaah ngowos amatt. . .Mana subuh
    lg, gk da bngkel buka. . .IMHO!!
    untung y bbra mter ada bngkel bru buka. .
    .dan sial y cuma ada oli Evalube 2T jaso
    FB doang hrga y cma 18rb. gk da yg lain. .
    .ninin kan minimal Jaso Fc.
    .akhir y dgn trpaksa jajal aja tuh evalube
    dri pada ninin ane kena TBC. .dan stelah
    nyampe kosan ane di tangerang(Daerah
    BSD city) tuh KM tembus 319 KM. . .
    dan ane cek tuh oli d tangki y. . buset udh
    tgl stengah. . .
    .pikir ane ni kuda boros amat ya. . .olsam
    y.
    Dan itu yg bkin nubi GeGaNa (kata anak
    alay)xixixi. . . .
    apa iya ninin sboros itu, ato setingan y
    gak pas.
    .stelah ane baca info dr blog y ninja. .
    .Menurut Bro Knc bayu. .
    Untuk ninja baru pabrikan sengaja
    menyetel olisamping pda posisi boros. .
    .tujuan y untuk masa inreyen krna piston
    msih bru dan btuh plumasan bnyak. .
    .hngga mncapai 5000 km.
    stelah msa inreyen slesai. .setingan olsam
    bsa d kmblikan lg ke pssi standar (1; 2500
    an).
    Apa benar itu mas Iwb. pabrikan sengaja
    ngeborosin setingan olsam y..apa ada
    kelainan d ninin ane.
    Mohon pencerahan ny y suhu2 yg lbh tau…
    nubi bth bgt inpooh y, nubi takut salah
    kaprah. . .
    Oke dah udh kpanjangan. . .
    trmkasih.
    salam low smoke dan kip breeedehuud!!!!

    • Kayaknya gak gitu deh Kang KBY dan Kang Alun.
      Konsumsi oli samping KRR ini tidak dibuat boros pada awal, kayaknya ini ada kesalahan setting oleh bengkel, coba pindah bengkel resmi nya aja dulu, trus ngasih tau soal borosnya ini
      soalnya sempet miara nih 150SS aman terkendali kok oli sampingnya meski secara setting sendiri (setting lari gile) pada kec. 40 kpj, boros bensinya bisa 30km/l

  10. hehehe sensasi moge oeiiii…..aku punya rr dan er6….rr ga ada apa2nya….loe bilang naik rr sensasi moge?pernah naik moge ga?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini