banner

cbr k45

Kobayogas.com – Di sisi lain hingar bingar seputar mandeknya tenaga milik Yamaha R25 pada RPM 10,500 serta hasil dyno yang berbeda antara unit prototype dengan mass pro, terselip satu berita yang cukup bikin penasaran semesta blogsphere…

Berita tersebut apalagi jika bukan dari Honda K45 alias CBR lokal yang menyeruak diantara berita lain dan sukses menjadi tajuk utama di beberapa media belakangan ini, apa saja berita tentang Honda CBR Lokal tersebut? Mangga digeber lads…

Prediksi Peluncuran

Yang pertama adalah timeline pengenalan produknya yang sudah dapat diperkirakan lebih mengerucut lagi, yaitu diprediksi antara tengah atau akhir September 2014 dan bisa saja memanfaatkan momen pameran dua tahunan Jakarta Motorcycle Show yang terakhir diadakan pada tahun 2012 lalu.

Walaupun bukan momen terbaik karena diprediksikan masyarakat penggemar roda dua baru recover dari habis-habisan saat hari raya iedul fitri namun diharapkan sisi finansialnya sudah membaik dibandingkan jika K45 atau CBR lokal diluncurkan pada bulan Agustus. So apakah akan sesuai prediksi?

Indonesia Sebagai Basis Global?

Yang kedua, rumor yang menyebutkan bahwa Astra Honda Motor akan menjadi basis produksi untuk pasar global bagi kelas sport 150 cc khususnya CBR 150. Jika benar demikian maka ke depannya sasis CBR 150 akan berbasis tube-framed, tidak akan berbasis twin spar lagi. Semoga rumor ini benar adanya, karena setelah Kawasaki yang pertama menjadi kebanggaan Indonesia atas produk Globalnya (RR Mono dan Z250 SL), lalu disusul Yamaha dengan YZF R15 dan YZF R25, Honda akan menyusul menjadi yang ketiga dengan line up CBR150 nya. Semoga pabrikan lainnya dapat menyusul prestasi ini, karena berarti kesempatan kerja bagi penduduk Indonesia makin terbuka.

Harga Yang Percaya Diri

Sebagai pemuncak sekaligus penutup adalah setting harga yang sudah disinyalkan oleh Honda, angka yang diberikan cukup membuat kejutan, karena dalam pandangan KBY, Honda cukup berani memposisikan CBR Lokal ini berada di atas Yamaha R15 dengan mematok harga berada di atasnya.

Tidak terlalu salah sebenarnya dengan sikap percaya diri Honda ini, mungkin saja dengan mengusung teknologi dari sisi mesin yang lebih advance dan kompleks dibandingkan R15, Honda pede menset harganya. Memang disebutkan harganya masih berada di bawah angka psikologis Rp. 30 juta, sehingga jika dikerucutkan, K45 akan berada di rentang harga Rp. 28, 5 juta s.d Rp. 29,5 juta.

Mungkin ini adalah jawaban dari mengapa harga CBR 150 CBU begitu tinggi, upaya memproteksi proyek lokal yang sudah dimulai lama? Masuk akal. Karena jika dari awal harga CBU diset pada kategori terjangkau maka mindset CBU akan terpatri kuat sehingga dapat membunuh proyek lokal yang sudah dibuat oleh Honda.

Fitur Setengah Hati?

Nevertheless, secuil info yang masih samar adalah seputar fiturnya, jika menggunakan common part dan fitur seperti pada CB150 Street Fire, maka bisa dipastikan fungsi-fungsi seperti engine Run-Off dan Passing Beam tidak akan ada pada CBR 150 lokal. Belum lagi swing arm konvensional yang masih kalah modern dari sisi penampilan seperti banana arm milik Yamaha R15. Mungkin ada secercah harapan pada bagian kunci kontaknya menggunakan milik CBR 150 dengan magnetic shutter key.

Jelas jika diekpose dari sisi tersebut, maka best price Honda K45 adalah  PAR atau di bawah dari harga Yamaha R15. Plus minus memang, Yamaha R15 mengandalkan penampilan absolute racy sedangkan Honda K45 berkonsentrasi pada sektor mesin yang lebih advance. Jadi tidak sabar menunggu kehadirannya, penasaran detailnya lads…

Mangga digeber lads….

artikel terkait Honda K45:

81 KOMENTAR

  1. Honda harus all out di segmen ini, mengingat dari segi penampilan, terutama swing arm r15 sudah menggunakan tipe banana..
    Paling tidak honda bs mengembangkan potensi mesin dohc secara maksimal sebagai fitur denjata utama melawan r15

    Kalau mau motor 150 kencang pilih cbr
    Kalu penampilan yg racy pilih r15

  2. Ngga peduli kang, hehe…. Masalahnya R25 blom dateng2, ditelpon orang dealer jg blom ada, suram!!!

  3. Di tulungagung, jawa timur…harga r15 dah 29,2 jt…
    Jadi kalo cbr dipasang 29 ato 30 jt masih imbang lah…
    Dengan asumsi produk baru biasanya harga belum naik…

  4. mesin R15 bukannya juga advance
    4 valve/ klep per silinder sama seperti teknologi 2 cam, dyasiil cylinder, forged piston dll ???
    bukannya malah mesin cbr yg konvensional …hhhehe

    cbr dah nyerah terKill dgn kawasaki 150, yzf R15, dll ????
    hingga cbr thailand di stop dan didowngrade di Indonesia…honda lg memutar uang dgn jual cbr lokal buat pengembangan kedepan …hhehe tunggu 5 thn kedepan aja
    semoga sukses cbr lokal nya dah…

  5. OOT dikit nih, di blognya bang kby gambarnya selalu burem kalo buka pake wordpress reader for iOS
    Kalo bs sih gambarnya yg tajem biar enak diliatnya ?

  6. Opini pribadi IMHO. .

    Dari bentuk model fitur R15 win
    Dari sektor performa mesin 11 12 cbr 150 win
    Dari sektor durability sama
    Dari sektor konsumsi harian R15 win
    Dari egronomi cbr150 win

  7. asalkan material2 nya ada di atas r15 nggk masalah om harganya diatas r15 dikit.. harapan ane sih ada pass beam sm engine run off nya sih nggk begitu ngarep, tp kalau ada ya syukur dah.. dan semoga nggk ngecewain om, dah keluarnya lm masak ngecewain, kan nggk lucu om..

  8. Setelah nyoba dua2nya ane bisa bilang CBR menang di riding comfort dibanding R15….baik untuk ridernya ataupun boncengernya.sama2 dibawa jarak jauh R15 bakalan lebih cepet kerasa pegel,plus posisi duduk boncengernya menjulang…jd disinyalir orang2 dgn tinggi badan dibawah 165cm perlu dingklik buat duduk di pillion seatnya 😀

  9. IMHO
    CBR150 lokal ini mau dpasang harga d atas atau dbawah R15 tetap saja terlihat “wajar”. Bila lebih murah dr R15 maka R15 wajar aja, karena valuenya aku pikir lebih banyak ketimbang CBR150 lokal. seperti Deltabox Frame, Swing arm aluminium, led stop lamp,model racy. dan fitur itu tidak ada pada CBR150 lokal. Sementara bila berada d atas R15, tetap saja wajar, karena itu membuktikan bahwa mesin DOHC memang mahal ketimbang mesin SOHC. tinggal bagaimana konsumen memilihnya saja. karena konsumen itu unik, bisa saja memilih motor sport yang paling mahal, bahkan bisa saja alasan murah, sehingga banyak yang mampu beli,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini