pressrelease

Kobayogas.com – Dear lads, tidak pernah menyangka satu artikel ‘biasa’ yaitu Press Release (PR) milik Suzuki perihal Alarm Satria FU bisa menjadi hit dan fenomena tersendiri. Ada yang menganggapnya sebagai artikel copas-copasan antar blogger satu dengan yang lainnya ada pula yang menganggap artikel Press Release adalah merupakan artikel ‘titipan’ alias artikel ‘berbayar’ bagi para bloggers. Benarkah? Mangga digeber penjelasan dari KBY….

Press Release adalah suatu informasi resmi yang diberikan oleh pihak pabrikan kepada media, bisa berisi kegiatan, produk baru, penjualan dan lain sebagainya. Medianya apa? Ya majalah, tabloid, majalah online, tabloid online, cyber news, blog dll. Informasi resmi yang diberikan pabrikan kepada media isinya jelas sama, tidak ada perbedaan kecuali memang dibuat berbeda antara media massa dan media online misalnya.

Pilihan Menerbitkan atau Tidak

KBY yakin bahwa semua blogger memahami pilihan ini, pilihan untuk menerbitkan artikel yang didapat dari Pabrikan atau tidak. Keinginan tersebut tentunya kembali lagi ke blogger yang bersangkutan, jika dirasa perlu dan informatif ya silakan, tidak diterbitkan pun tidak ada masalah karena tidak ada kewajiban bagi para blogger yang dikirimkan artikel Press Release untuk menerbitkan dalam bentuk artikel.

Bagi KBY pribadi, artikel PR adalah satu kehormatan, kehormatan karena telah ‘dianggap’ dan ‘dipilih’ untuk mewakili suara mereka dalam bentuk artikel pada blog KBY. Hal tersebut juga merupakan win-win solution, sang blogger bisa mendapatkan berita atau info dan pihak pabrikan dapat promosi gratis dari blog, keduanya saling membutuhkan.

press release

Kesamaan Isi Tak Terelakkan

Satu hal yang tidak dapat dihindari adalah, akan adanya kesamaan dari setiap isi artikel yang dirilis oleh para blogger, kenapa sama? Karena sumbernya sama, yang mengirimkannya pun sama. Contoh Press Release Honda, Yamaha dan yang terakhir yang masih segar serta sempat menjadi perdebatan, milik Suzuki. Karena sumbernya sama, jadi akan terlihat antara blogger satu dan yang lainnya saling copas, ini sulit dihindari terutama bagi para pengunjung blog yang hanya membaca sekilas saja.

Adalah kreatifitas para blogger untuk dapat mengembangkan isi dari artikel PR tersebut, mau di pendahuluan, mau di tengah atau bahkan akhir, atau bahkan memilih untuk tidak merubahnya, ya itu terserah si blogger sendiri. Tidak dapat disalahkan pula jika ada pemirsa blog yang menyangka para blogger dapat ‘jatah’ untuk menerbitkan satu artikel Press Release, karena dari mulai blogger bintang lima sampai kelas Melati pun menerbitkan artikel yang sama! Ada apa ini? Ya seperti sudah dijelaskan di atas, tidak ada apa-apa, siapa yang ada waktu dan memilih artikel PR untuk rilis lebih dahulu ya mangga weh.

KBY sih selalu menginfokan baik pada judul atau isi jika artikelnya merupakan Press Release pabrikan.

Newsroom_Press_Releases

Kekuatan Rasa Keterikatan

Catatan tersendiri bagi KBY adalah, ini pertama kalinya pihak pabrikan Suzuki mengirimkan PR ke newsroom kobayogas.com, di mata KBY ini itikad dan awal yang baik untuk menjalin suatu hubungan erat ke depannya, itu harapan KBY. Suzuki harus berani merangkul bloggers sebagaimana yang telah dilakukan Honda sejak dulu dan belakangan ini Yamaha, karena pabrikan akan mengetahui nanti bagaimana powerfulnya suatu ikatan yang ada di diri bloggers terhadap pabrikan jika hubungan antar keduanya sangat baik. Bloggers tidak perlu diminta untuk menerbitkan artikel PR bahkan akan sangat iklas untuk menerbitkannya jika ikatan kekeluargaan sudah kuat dan erat. Contoh satu blogger yang KBY kenal dekat, rela PP dari tempatnya di luar kota untuk memenuhi suatu panggilan undangan dari pabrikan.

Thus, tidak ada itu paksaan untuk menerbitkan artikel Press Release lads, semua terserah kepada bloggernya sendiri…

 Mangga digeber lads….

Para Blogger

62 COMMENTS

  1. Tulis saja artikelnya Mas Kobay..ngga semua blogger kok infoin PR..cuman gara2 komnet 1 wewe gombel ngga bermutu sih biarin saja

  2. Ooh gitu yak….
    Memang ada artikel titipan dr APM melalui email, meskipun belum tentu ada “keuntungannya”.
    Ane pernah bbrapa kali mendapatkan email itu, terutama dr honda n yamaha….. Tp mungkin ane-nya yg bego, ga ngerti apa maksudnya….. 😀 ane anggap email itu cuma news letter biasa, macam promosi kaya macam LAZADA, berniaga.com, dll……
    trus ane juga jarang cek email karna gadget yg terbatas kemampuannya…..
    Pantesan ane ga pernah diundang test ride or launching product, mungkin karna ane ga pernah memuat artikel PR itu….

  3. Setuju..om Kobay..
    Top markotop lah..yg pnting mau artikel biasa..PR..advetorial..publikasi..or skalian iklan..psti ada manfaatnya..kcuali yg isinya ngBC..yg terakhir mah gak kan gw baca..

  4. Itulah….. Yg namanya gadget terbatas… Ngecek email aja jarang (susah)… Soalnya hp ga ada email noticenya… Ga ada bunyinya kalo ada imel masuk.
    Kacau dah…. Mestinya ane harus segera upgrade nih….

  5. Lamun urang mah terserah wae lah.. Anu penting mah bisa update inpo wae.. Lanjutkan! Juuoosss euy..

  6. peace..santai aja kang..biasalah kehidupan.mcm2 ceritax..yg penting kita yakin dgn apa yg kita kerjakan dan tdk merugikan org lain…cool.cool..tetep eksis kang

  7. PR=Artikel Titipan? Hehe..

    Tinggal kreatifitas pewarta aj…..

    Gw yang gede di ATPM beberapa produsen sering bgt ditanyain kenapa berita di A sama kaya di B, itu diamplopin ya? Padahal press release itu ya supaya pewarta bisa dapet info yang lengkap, karena kalo cuma dengerin PR yang disampein pas presscon kan bisa aj ada info yang kelewat…. Jadi jangan su’udzon n hindari black campaign suatu merk aj dah….. Sekarang fanboy n sales2 kejar target suka beda2 tipis tulisannya 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..