wpid-kuro-in-action-lagi.jpg

Kobayogas.com – All New Jazz 2014 berkode chassis GK5 sudah resmi meluncur pada tanggal 26 Juni 2014 lalu bertempat di hotel Pullman Central Park Jakarta Barat. Yang jelas Honda Prospect Motor selaku APM Honda memberikan flash back, history Honda Jazz sejak kemunculannya di Indonesia. Begitu banyak prestasi yang di raih oleh Honda Jazz, bukan saja di dunia, namun juga di Indonesia Honda Jazz telah menorehkan sejarahnya sendiri…

Seperti apa sejarah Honda Jazz di Indonesia? Dan apa saja prestasi serta aktivitas sehubungan dengan komunitas pemakai Honda Jazz? Simak penuturan yang KBY dapatkan dari situs Honda Indonesia.

Honda Luncurkan All New Honda Jazz Generasi Ketiga dengan Desain Cool, Sporty, Luas dengan Teknologi Canggih

Jakarta, 26 Juni 2014 – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All New Honda Jazz generasi ketiga di Indonesia di Jakarta, 26 Juni 2014. Perubahan desain secara keseluruhan didukung dengan desain cool dan sporty, kabin luas serta berbagai teknologi dan fitur canggih dan semakin mengukuhkan All New Honda Jazz sebagai Hatchback terdepan di kelasnya.

Pada tahun 2001, Untuk pertama kalinya Honda Motor memperkenalkan Honda Jazz sebagai sebuah model yang benar-benar baru, yang diarahkan untuk mengisi kekosongan di kelas sub-compact hatchback. Seperti di negara-negara lain di seluruh dunia, kehadiran Honda Jazz di Indonesia pada tahun 2004 telah memicu tren baru untuk sebuah mobil hatchback di pasar otomotif secara nasional. Diperkenalkan sebagai sebuah mobil compact yang bertenaga dan hemat bahan bakar, Honda Jazz langsung diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia dan dari tahun ke tahun berhasil menjadi pemimpin pasar di kelasnya. Honda Jazz juga menjadi tolak ukur model hatchback di Indonesia dalam hal ukuran, tampilan, teknologi, dan keselamatan.

Model Gen 2, GE8
Model Gen 2, GE8

Hingga saat ini, Honda Jazz telah dipasarkan di 160 negara di seluruh dunia, dan telah mencatat penjualan sebesar lebih dari 5,16 juta unit. Di Indonesia, Honda Jazz merupakan hatchback dengan catatan penjualan terlama dan tertinggi sampai saat ini, serta mendominasi pasar hatchback Indonesia selama 10 tahun. Sejak tahun 2004 sampai dengan bulan Mei 2014 lalu, Honda Jazz telah terjual sebanyak 228.554 unit di seluruh Indonesia.

Tak hanya dari penjualan, pengakuan terhadap nama besar Honda Jazz juga terlihat dari berbagai penghargaan yang telah diterimanya. Secara internasional, Honda Jazz telah meraih lebih dari 290 penghargaan otomotif bergengsi di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, Honda Jazz telah meraih 74 penghargaan dalam periode satu dekade terakhir.

Selain sukses dari sisi penjualan, Honda Jazz juga telah melakukan banyak aktivitas yang melibatkan konsumen dalam ajang-ajang yang menunjukkan karakternya sebagai sebuah mobil sporty dan bergaya muda.

wpid-JFC-@sentrul.jpg
JFC Goes To Circuit (JGTC)

Honda Jazz menjadi pelopor ajang balap One Make Race di Indonesia lewat  Honda Jazz Speed Challenge sejak 2006 hingga sekarang. Melalui ajang balap Honda Jazz Speed Challenge, Honda Jazz menjadi satu-satunya model yang konsisten mengisi kegiatan balap Nasional sejak 2006 hingga sekarang. Honda Jazz Speed Challenge sudah menjadi salah satu agenda balap Nasional setiap tahunnya yang melahirkan para pembalap muda berbakat. Selain itu Honda Jazz juga mengikuti Indonesian Touring Car Championship sejak 2007 hingga sekarang dan menunjukkan dominasinya dengan menjadi juara umum selama tujuh musim berturut-turut di Indonesian Touring Car Championship. Bukan hanya dari dominasi di podium, namun pembalap yang menggunakan Honda Jazz di Indonesian Touring Car Championship semakin bertambah jumlahnya, bahkan hampir seluruh pembalap menggunakan Honda Jazz. Honda Jazz juga banyak digunakan para pembalap independen di ajang Slalom sejak tahun 2009 dan juga sudah menghasilkan banyak prestasi dari ajang tersebut.

Menjadi raja di ajang balap, Honda Jazz pun juga merajai ajang modifikasi di tanah air, melalui acara tahunan Jazz Tuning Contest. Acara yang telah digelar sejak tahun 2005 ini merupakan ajang modifikasi bergengsi yang dikhususkan bagi para pemilik Honda Jazz dari seluruh Indonesia. Hal ini membuktikan Honda Jazz mudah dimodifikasi tanpa mengurangi kenyamanannya. Jazz Tuning Contest telah menghasilkan 9 King of Jazz dari berbagai kota dan juga menjadi pelopor kontes modifikasi sejenis di Indonesia. Para kontestan akan melalui proses penyaringan secara ketat oleh tim juri dan akan dipilih untuk mengikuti Honda Jazz Tuning Contest di Jakarta. Dari awal diadakannya ajang ini hingga penyelenggarannya yang ke-9, telah diikuti oleh 994 peserta di seluruh Indonesia. Selain itu, masih banyak acara yang digelar Honda Jazz, yang semakin memantapkan karakternya sebagai sebuah mobil generasi muda yang dinamis, modern dan canggih.

Dari awal kemunculannya Honda Jazz selalu menampilkan terobosan teknologi-teknologi terdepan di setiap generasi pada masanya. Dimulai dari generasi pertama (2004) menggunakan mesin i-DSI yang merupakan mesin yang hemat bahan bakar. Selang satu tahun berjalan, pada 2005 dilakukan penambahan varian mesin dengan menggunakan mesin VTEC yang dapat menghasilkan tenaga lebih besar. Pada generasi kedua, Honda Jazz menggunakan mesin baru i-VTEC yaitu mesin yang menyeimbangkan tenaga lebih besar yang dihasilkan namun tetap hemat bahan bakar.

“Pengembangan generasi ketiga Honda Jazz didasarkan pada reputasi baik dan seluruh ciri khas dari generasi sebelumnya, dan juga mendorong batasan baru untuk menciptakan model yang lebih baik dari sebelumnya. Hasilnya adalah paket lengkap dari desain baru yang atraktif, fitur canggih, dan tenaga besar dengan kesenangan berkendara namun tetap nyaman dikendarai,” papar Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor.

Gen3 GK5 memang lebih sporty
Gen3 GK5 memang lebih sporty

Sementara itu, Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor menjelaskan, “All New Honda Jazz dipersembahkan bagi mereka yang berjiwa muda, ingin tampil berbeda, menjadi trendsetter, memiliki karakter dan pribadi mengagumkan yang ‘cool’. Karena itu kami merasa ‘It’s Cool. It’s You’ cocok untuk merepresentasikan konsumen All New Honda Jazz.”

Mangga digeber lads, thanks for reading…

 

44 COMMENTS

  1. pilih yaris aja.. biar di marahin ama yg punya warung (peace)… toh brubahnya yaris scr radikal hrus dpet apresiasi lebih.. wlopun enjin nya sama aja

  2. numpang tanya gan mesinnya sama saya ge8 ya koq power sama torsinya sama??trus koq yg matic kembali ke cvt??menurut saya tarikan enak yg matic ge8

    • Kalau rasa tarikan memang enak yg konvensional…tapi kenyamanan dan kehalusan kalah sama CVT…
      Tggal aktifin aja manual modenya…

      Kalau mesin memang hanya beda kode saja

Yuk Tinggalin Jejak Lads..