jazz

Kobayogas.com – Setelah membahas desain, ergonomi, fitur serta akomodasi All New Honda Jazz GK5 pada artikel lalu, kini saatnya kita membahas seputar teknologi, mesin, fitur keselamatan termasuk sektor rem dan harga. Mangga digeber lads….

Honda Jazz sejak kelahirannya di Indonesia, selalu menjadi yang terdepan dalam sektor teknologi di kelasnya, meskipun salah satunya tidak dilanjutkan (discontinued) seperti mesin i-DSI karena diganti oleh VTEC dan i-VTEC yang lebih powerful namun tetap efisien.

Selain sektor mesin, transmisi yang dimilik Honda Jazz selalu berada di depan rivalnya, misal saat Honda Jazz GD3 generasi pertama menggunakan transmisi CVT 7 Speed dengan paddle shift, pertama dan satu-satunya di kelasnya untuk Indonesia.

jazz dan primavera

Dilanjutkan oleh Honda Jazz GE8 generasi kedua, mesin i-VTEC bertenaga terbuas di kelasnya, 120 PS on crank, membuat Honda Jazz menjadi langganan juara balapan. Sektor transmisi pun tidak lupa disentuh pada generasi kedua ini, meski tidak menggunakan CVT lagi, namun Honda menanamkan 5 kecepatan untuk transmisi matiknya, dengan paddle shift ala F1, lagi-lagi satu-satunya di kelasnya. Bagaimana dengan All New Honda Jazz GK5 generasi ketiga ini?

TEKNOLOGI dan MESIN

Bicara transmisi, para pencinta transmisi CVT alias Continuously Variable Transmission bisa kembali bersorak karena Honda kembali menerapkan sistem transmisi tanpa gigi ini di Honda Jazz GK5 terbaru, CVT sangat unggul dalam kehalusan berkendara, bergerak berkesinambungan tanpa hentakan membuat kualitas berkendara meningkat. Tidak lupa juga 7 tingkat kecepatan Virtual dengan paddle shift ala mobil jet darat F1 disematkan.

kembali pada CVT 7 Speed, juossss
kembali pada CVT 7 Speed, juossss
Paddle shift dipertahankan
Paddle shift dipertahankan

Dengan demikian All New Jazz kembali seperti GD3 generasi pertama, dengan perbaikan tentunya. Perbaikan tersebut adalah disematkannya teknologi Earth Dreams pada CVT-nya serta G-Design Shift untuk akselerasi yang lebih responsif.

Sistem Drive by Wire alias pedal gas tanpa kabel masih dipakai seperti pada Jazz GE8, sistem ini mengirimkan data lebih akurat seputar banyaknya bbm yang akan disemprotkan pada ruang bakar. Mesin L15Z5 i-VTEC SOHC 16 Katup menggantikan seri L15A namun masih dengan output yang identik, yaitu 120 PS pada 6600 RPM dan torsi 145 Nm pada 4800 RPM.

Mesin ini dipertahankan karena dipercaya masih mempunyai performa yang sangat baik bagi pasar Indonesia meskipun diluar sana mesin All New Honda Jazz L15B Earth Dreams DOHC 132 PS + 155 Nm sudah beredar.

Mesin baru berperforma sama
Mesin baru berperforma sama

jazz

SAFETY FEATURES + BRAKING SYSTEMS

Honda dikenal sebagai produsen mobil yang no compromise terhadap fitur keselamatan, nyaris pada semua line up-nya tersedia piranti keselamatan, begitu pula pada All New Honda Jazz GK5 terbaru ini, sebut saja Air Bags, rem dengan ABS-EBD, kap mesin dengan sistem pedestrian safe/ protection, bodi dengan G-CON + ACE yang meredam dan menyalurkan benturan hebat saat terjadi tabrakan yang tidak dapat dihindarkan, pretensioner seat belt dan immobilizer untuk pengaman mobil dari pencurian.

ABS

Side impact beam alias batang pengaman pada pintu masih dipertahankan, selain itu sektor kemudi yang memiliki penyetelan tilt (naik turun) dan teleskopik (maju mundur) seperti Jazz GE8 membuat pengemudi dapat menyetel posisi mengemudi yang aman dan nyaman.

HARGA dan AKSESORIS All New Honda Jazz

Seluruh varian All New Honda Jazz tersedia dalam 7 pilihan warna;

  • Attract Yellow Pearl,
  • Rallye Red,
  • Brilliant Sporty Blue Metallic,
  • Crystal Black Pearl, Alabaster Silver Metallic,
  • White Orchid Pearl,
  • dan Modern Steel.

Harga All New Honda Jazz dijual mulai dari harga:

  • Rp 199.000.000 untuk tipe A M/T,
  • Rp 217.000.000 untuk tipe S M/T,
  • Rp 227.000.000 untuk tipe S CVT,
  • Rp 238.000.000 untuk tipe RS M/T
  • dan Rp 248.000.000 untuk tipe RS CVT.
  • Harga yang tertera adalah harga untuk on the road wilayah Jabodetabek dan juga BBN Mobil Pertama. Harga dapat berbeda untuk beberapa warna tertentu.

Dari sektor ini, bisa dikatakan harga New Jazz masih masuk harga psikologis yaitu dibawah Rp. 250 juta, dibandingkan nemesisnya, Toyota New Yaris, maka baru kali ini seingat KBY dalam sejarahnya, mobil Honda dijual lebih murah dari Toyota. Akan KBY bahas nanti head to head kedua nemesis ini…stay tune lads…

Untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen, juga tersedia aksesoris All New Honda Jazz tipe Mugen dan Modulo Edition. All New Honda Jazz Mugen Edition menawarkan berbagai aksesoris tambahan untuk tampilan Honda Jazz yang lebih sporty. Sedangkan Modulo Edition memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih aksesoris Modulo sesuai dengan selera, untuk tampilan yang semakin elegan. Aksesoris Mugen dan Modulo bisa didapatkan di seluruh dealer resmi Honda di Indonesia dan dapat dibeli terpisah.

jazz

KBY sertakan pula dua video All New Honda Jazz GK5 saat launching beberapa hari lalu…

Thanks a bunch to Honda Prospect Motor dan my beloved club Jazz Fit Club… Keep Rockin Yooo

JFC

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

116 COMMENTS

  1. wahhh…mobil pembelaan fby ne…kan dl rame saat nvl vs cb….mesin jazz sohc power lbih gede dr yaris dohc…la secara 120 ps gitu….tp sekarang agak susah ne soale dah ada DOHC nya …power d atas lg..DOHC 132 PS + 155 Nm….

  2. pros cons matic cvt sama non-cvt apa bang yogas? kenapa honda dulu pindah ke non cvt pada semua mesinnya pada awal 2008-sekarang? apa karena cvt lebih rewel / durability kurang meski performanya lebih bagus?

    • dikarenakan orang indinesia pada djaman doeloe ga fasih sama CVT, dikiranya pake oli matic biasa padahal perlu oli khusus.. makanya seri GD mesti hati2 beli matic yang 2nd… kalo sekarang mungkin hon hon ngerasa orang indo sudah lebih up to date soal CVT (semoga)

  3. Vespa lawas yang 2 tak kan transmisi nya pakai Paddle shift juga kan mas, tuh di tangan kiri tuas paddle shift nya

  4. sorry to say om kobay….menurut gw dari bangs for bucks sekarang yasir yang lebih unggul…masih mending GE dari build qualitynya..

    ” Harga dapat berbeda untuk beberapa warna tertentu.” apa apaan ini????? jonpis kampretozz

    • untuk sensasi manual ala F1 om… jadi bisa ganti gigi ala manual, tinggal tarik aja tuasnya, asik sih kalau di tol serasa sembalap hehehe

  5. kalau dari segi harga, sama dengan GE8 sebenarnya kan? Tapi di dapur pacu sudah L15Z5, lebih membaik walau outputnya sama… Yang mbikin ngiler ini lampunya, no more fish eye ball lamp…*dance*

  6. apakah engine jazz bisa dikasih minum premium maz yogaz? klo ga bisa yaahh mending punya BMW aja, sesuai gitu:))

  7. Wuah lebih murah dari New Toyota Yaris yak ? Baru kali ini sis Yogas … pantesan istri saya pengin. Tapi kenapa yak wanita lebih suka Honda Jazz drpd Toyota Yaris ? Sis Yogas beli Jazz juga tentu krn didukung pendapat nyonya kan ? Apa krn gaul / byk dipakai temen kantor ? Kenapa ya sis Yogas ? Apakah Honda Jazz itu “sesuatu” hingga disukai para wanita ?

    Soal mesin, kapan Endonesia dpt yg mesin L15B Earth Dreams DOHC 132 PS + 155 Nm ?
    Yaa meski sudah Earth Dreams kayak New Accord.

    • Karena wanita ingin dimengerti 😂…

      Saya beli Jazz karena Hondanya dan karena tercanggih di kelasnya (smp saat ini pun masih begitu)…I love Honda..it’s so meeee… Ada tuh artikelnya 😂

      • Ooo gitu yak. Krn wanita ingin dimengerti dgn cara membelikan New Honda Jazz … hhmm. Motor memang Honda, tapi mobil Honda juga kali yak. Hhhmmm … It’s so meee ? Hmmm

        Oya sis Yogas, Mobilio juga dibahas dong … plus minusnya sbg pesain Avanza, Xenia, Ertiga dan Spin.

      • Homo Fan Boy…bhuakakakaka kaburrrr…

        beli mobilio prestige..dateng mobilnya eh nongol mobilio RS..sakitnya itu disini….

    • karena bagasinya terkenal luas dibanding rival….yang bisa nandingin luas bagasinya cuman aerio..tau kan wanita (kebanyakan) suka belanja sama naruh barang di bagasi yang banyak

  8. walaah, malah balik pake CVT. padahal matic 5 Speed di Jazz RS udah oke.
    dari sisi kenyamanan iya sih oke, tapi dari sisi performance kok rasanya masih lebih superior si AT 5 speed yah.

    based on experience aja sih di jazz GD3 topspeednya di 150 kpj sedangkan GE8 bisa 170 kpj.
    GD3 naik ke 160 kpj susye bener hihihi… kondisi sama2 standar tingting yah 😀

  9. Wah Fanboy Honda (Prospect) nih bloggernya. hahhahaa. Yg di rumah baru lunas setahun masak ganti lagi…untung bentuknya nggak kayak Civic Type R Hatchback. Kalo nggak udah gelap mata. hahaha

  10. Ganti doong jazz’y mas sm yg baru… .

    Udah usang+jadoel bngt desainnya yg fto brng vespa.. .:D

  11. cuma saran, transmisi CVT gak punya gigi tapi cuma simulasi 7-Speed pakai Paddle Shift, jadi bahasa CVT 7-Speed itu salah.

    • Secara harfiah memang gigi, tp bukan gigi adanya hehe…tp belt.

      Itu si om bilang cuma simulasi 7 speed gmn tuh? Salah jg donk? Hehhee…

  12. salam sejahtera om yogas…mau tanya apakah honda jazz gk5 untuk cvt nya dilengkapi dengan torque control??? makasi suhu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..