Jazz

10 tahun sudah Honda Jazz menguasai pasar kelas Hatchback 1500 cc di Indonesia, diperkenalkan sejak tahun 2004, Honda Jazz tetap memimpin dan tetap yang terbaik di kelasnya… Kini All New Jazz hadir dengan full model change dengan kode bodi GK5.. masihkah yang terbaik?

Kobayogas.com – Terima kasih kepada Honda Prospect Motor yang konsisten mengundang komunitas Jazz Fit Club (JFC) sehingga sekali lagi dapat menyaksikan dan melihat langsung acara dan produk all new jazz 2014. Seperti apa All New Honda Jazz yang akrab disebut ANJ di kalangan pencinta Honda Jazz di mata KBY?

JKT48

Acara launching ini diselenggarakan di hotel Pullman Central Park di bilangan Jakarta Barat. Para petinggi HPM yang hadir ada Presdir Tomoki Uchida serta Marketing and After Sales Director Jonfis Fandy. Selain acara yang dimeriahkan oleh brand ambassador all New Honda Jazz yaitu JKT48, makan malam yang disediakan juga makyos dan beragam… yummyyy….

Artikel ini merupakan opini pribadi KBY ya dan bukan merupakan opini perwakilan dari klub JFC, no no no… setiap orang punya opini berbeda tentunya. Langsung saja lads, proudly present All New Honda Jazz 2014 code name GK..!!

DESAIN

1. Eksterior

Dari sisi desain All New Honda Jazz sebenarnya lonjakannya cukup drastis, pun demikian nafas dan DNA Jazz masih tetap ada di sana, jauh jika dibandingkan antara Toyota Yaris yang benar-benar berbeda dari gen sebelumnya dengan yang sekarang. Sisi sporty lebih ditekankan pada desain terbaru ini, terutama sisi depan yang fokus pada center facia alias wajahnya.

Hal tersebut terlihat dari bentuk headlamp yang lebih pipih dan sipit serta dual keen eyes dengan LED Projector + reflektor (tipe RS). Wajah All New Honda Jazz GK5 dari depan terlihat seperti Civic Euro, bahasa universal baru produk Honda terhadap produk-produknya

Sedangkan bagian sisi dan belakang All New Honda Jazz menurut KBY justru terlihat lebih chubby, terutama bagian sisi walau Honda mencoba menyamarkan dengan garis yang naik ke atas dari atas side skirt menuju over fender belakang. Namun ‘gemuknya’ bodi All New Jazz bagian sisi masih terlihat sehingga lebih terkesan MPV daripada Hatchback.

Bagian buritan yang mewah dan elegan sedikit mengaburkan sisi sporty All New Honda Jazz, lampu panjang dari atap sampai brake lamp menyerupai Honda All New CRV sehingga lagi-lagi kesan MPV dan SUV cukup kuat disini.

Tidak ada yang salah, desainnya tetap bagus, kembali ke selera masing-masing. Sepertinya Honda membangun persepsi bahwa meskipun Honda Jazz GK5 adalah hatchback namun kemampuan akomodasi setara dengan MPV. Menurut beberapa pendapat pengunjung katanya desain masih terlihat lebih sporty Jazz GE.

2. Interior

Desain bagian dashboard All New Honda Jazz menurut KBY menganut asymmetric desain, alias tidak beraturan, modern namun terlihat kurang berpola, lagi-lagi masalah selera. Buat KBY sih tidak masalah. Walau tidak plek-plek serupa dengan saudara tuanya yaitu All New City yang sudah launching sebelumnya, namun bentuk serta tata letak dashboardnya mirip mirip.

FITUR, GIMMICK dan AMENITIES

Honda Jazz GK5 kini diperkaya oleh fitur serta gimmick yang sebelumnya belum pernah diterapkan pada Jazz generasi GD dan GE, antara lain:

  • Cruise Control*
  • Audio steering switch*
  • Tombol Start Stop*
  • LED Projector + Integrated DRL with auto levelling*
  • Audio 6.1″ yang lebih lengkap termasuk DVD player*
  • Eco Assist
  • Smart Entry *
  • Front Center Arm Rest*
  • Driver’s cup holder
  • Front and Rear trim cup holder
  • Tether untuk jok anak kecil

*tersedia di tipe RS

Namun demikian, ada beberapa kekurangan All New Honda Jazz yang sejatinya diharapkan oleh para pencinta Jazz, seperti;

  • AC Digital dan Auto CLimate Control
  • Pengoperasian AC melalui Air Gesture (Touch Screen) seperti pada New City
  • Adanya tombol pengoperasian MIL/ MID pada steer
  • Laci depan tetap dua

ERGONOMI, KENYAMANAN dan AKOMODASI

Untuk yang ini tidak perlu diperdebatkan, ergonomi alias driving position Honda adalah salah satu yang terbaik, dan tidak berubah sebagaimana khas Honda sejak dulu. Joknya yang semi bucket membuat pengemudi bergeming di tempatnya saat harus bermanuver.

Jok belakang juga masih split 60:40 dengan pelipatan yang mudah. Jok belakang yang dapat reclining alias direbahkan seperti pada Jazz GE masih dipertahankan sehingga posisi duduk penumpang belakang bisa lebih nyaman terutama untuk perjalanan jarak jauh.

Konfigurasi pelipatan bangku Jazz yang disebut ULTRA SEAT masih yang terbaik, tidak ada satupun di kelasnya yang mempunyai fitur ini, alas dan penopang jok belakang bisa dirubah untuk mengoptimalisasi akomodasi interior, dari Utility mode, Long Mode, Tall Mode serta Refresh Mode. KBY dan keluarga sering kali memanfaatkan fitur ini, baik dalam mengangkut barang atau melipat jok belakang menjadi rata sehingga berubah menjadi kasur bagi anak-anak.

Kapasitas bagasi merupakan terluas di kelasnya, dengan metode perhitungan VDA (Verband Der Automobile Industries) kapasitas bagasi All New Jazz adalah sebesar 363 Liter.

Okey lads, sudah terlalu panjang sepertinya, akan KBY teruskan di Part II guna membahas Teknologi, Performa (Mesin), Pengereman dan Harga… Thanks for reading, mangga digeber….

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

80 COMMENTS

    • Ecosport bukannya SUV mang? Ecoboost sbnrnya kurang selevel walau dari harga jual memang mirip2…

      Kalau bicara teknologi, ecoboost bisa dipilih… Tapi kalau paket lengkap antara akomodasi serta mesin bisa dipilih jazz atau yasir…

      Ecoboost kalah di fungsional dan akomodasi yang terbatas

  1. mnurut selera sy, new jazz ini terlihat lbih hatchback dibanding new yaris…moncong yaris kyknya lbih panjang,”sedan bgt”. new jazz bagus belakang, tapi depan kurang,trlalu sipit matanya

  2. foto no 4 kayanya lepas banget tu senyum

    sayang yaris overhang depan terlalu gede mirip roadster cobra
    kalau jazz pas chik cantik mirip yg disebelah foto no 4

  3. ngimpi Mobilio aja tapi pake gardan belakang, gimana bro Yogaz, mantab kan, kalo mobilio pake garda belakang?!? :))

    • Kenapa dengan gardan belakang?
      Saya udah coba di trayek yg penuh tanjakan
      Nggak ada masalah dengan fwd.
      Mana yg saya coba versi matik lagi.
      Mesin 1500 ccnya bener mantap.
      Mesinnya nggak meraung-raung.
      Beda sama avanza, xenia.

      • Spansah seniah akan meraung jelas wong perbandingan giginya besar-besar (kasar) karena diset agar kuat untuk menarik beban. Jadi saat lari 100 km/ jam mesin sudah meraung dan RPM ada di 3800 pada gigi 5… pasti berisik lah 🙂

  4. review di kaskus bilang penurunan kualitas interior jadi kayak brio dan juga engine bay yang sekarang berantakan

  5. Warna plastik dashboard kalo menurut saya tidak bagus, sama dgn CR-V. Masih bagusan Veloz sis Yogas, warna hitam kalem utk mobil kelas menengah. Sama Yaris baru apalagi, jauh … Jazz menang merk Honda dan features doang. Utk Facia dan desain, lebih berani Toyota dlm melakukan perubahan. Kalo desain Jazz lebih ke minor change. Bagusan Jazz lama. Penurunan malahan ini. Piye sis Yogas, fans Jazz. CR-V pun ndak seperti di luar negeri ada Sunroof-nya. Ampun sis Yogas di Endonesia semua dipangkas, harga justru dimahalin drpd Eropaahhh … nasibbbb….

    • Sama Veloz gak setuju, veloz pintar cari warna aja jadi keliatan material plastiknya bagus. Sama Yasir gw gak berani ngemeng, lom sempat liat2 plastik trim Yasir, tapi kalau masih kaya dulu (Yasir lama), gw berani bilang Jazz masih diatasnya sedikit).

      CRV skrg emang parah plastik dashboardnya. Desain Jazz Full Model Change, bukan minor, karena emang beda sama yang lama. Kode sasisnya pun berubah jadi GK bukan GE lagi, kalau face lift atau minor, kode sasis gakan berubah…

      Bicara fitur, gada yang gak dikebiri di Indonesia hehehe… mau merek apapun kecuali harganya selangit

      • Setuju emang semua material plastik. Itu yg new Jazz emang kusam / kena Flash Nikon sis Yogas yak dashboard-nya ?

        Soal harga, merk Honda (baik motor dan mobil) emang lebih mahal. Cuma soal market share sih kebalik. AHM = TAM, sedangkan YIMM = HPM.

  6. katanya murah karna kandungan lokal nya yg meningkat drastis.. dari 40 an% ke 72% untuk tipe ke 3 dan di produksi di sini juga.. yg jadi pertanyaan.. ini mobil di ekspor gak ya ama HPM ke luar negeri

  7. mobil ini ga cocok buat saya, kalo buat kerumah saya itu Ranger, Pajero Sport atau Fortuner 😎

    #bukan salah mobilnya, tapi salah komentatornyanya tinggal didesa, dalane jeblok :mrgreen:

  8. gini bro, setau ane (sorry, lupa sumbernya) mobil gardan depan/FWD kalo buat jalan nanjak di pegunungan emang no problem klo yg naik cuma 1/2 orang aja, yg jadi problem klo full penumpang dan barang katanya akan cenderung sliding roda depannya, karena pas nanjak, distribusi bobot pindah ke belakang, bagian depan jadi lebih ringan, dampaknya roda depan terasa ngambang/kurang dapat traksi ke aspal. (maaf jika salah). lagi pula mana ada bus / truk yang pake gardan depan, semua pake gardan belakang kan, hehehehe…. 😀

    • Sori baru balas, soal truk dan bus memang tujuannya menghela beban (dan atau penumpang banyak), dalam hal ini RWD memang sangat berguna, tak diragukan, yang jadi masalah, sesering apa mobil ber RWD digunakan di tanjakan? dalam arti mobil MPV/ SUV berpenggerak RWD?

      Disini keputusan calon buyer berperan, jika memang trek hariannya dipenuhi oleh jalan tanjakan terjal panjang dan berliku serta selalu bermuatan penuh, jelas dia salah memilih mobil dengan FWD, RWD lebih tepat untuk di pilih. Tapi kalau hanya sebulan sekali, jelas RWD akan mubazir tidak akan sering terpakai di tanjakan.

      Untuk beberapa jenis mobil FWD memang memiliki kelemahan di tanjakan terjal, baik karena pengemudinya yang kurang lihai, atau memang perhitungan weight distribution dari mobilnya sendiri kurang baik.

      Jazz saya FWD, kondisi beban full, tidak pernah ada masalah di tanjakan yang cukup terjal… matik pula. Mau start dari berhenti atau rolling, alhamdulillah selalu lancar.

      Untuk lebih jelasnya silakan search artikel saya tentang FWD atau RWD…

  9. manteepp nice reviewww kang
    tp kok interior nya gue lbh suka yg GE yaa hmm (karena bnyk yg d pangkas2 🙁 )
    ato karena lom punya yg GK hahhaa

  10. hai para user All new HOnda jazz generasi terakhir kami ingin mengundang diskusi sesama user …. dapat cash money 500.000 sbg penggnati transport daerah jakarta…. mhon bantuannya… buat minggu depan..contac : Debby (0816-17090752) ditunggu bantuannya y…gbu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..