banner

braking

Kobayogas.com – Pernah mengerem mendadak akibat kendaraan di depan tiba-tiba berhenti? Atau karena ada kucing nyebrang? Atau karena ada kendaraan sontoloyo keluar gang maen ngebut aja? Atau karena kendaraan di depan main belok mendadak tanpa memberi sein? Atau bahkan terkejut karena ada kendaraan melawan arah?Kalau sudah seperti itu apa yang terjadi? Buritan ngepot/ kecot dan ngebuang ke kanan kiri akibat roda yang terkunci alias nge-block karena tidak memiliki fitur ABS? KBY akan sharing knowledge yang didapatkan baik dari hasil literature maupun pengalaman pribadi. Mungkin artikel ini bukan yang pertama kali membahasnya, namun for the sake of safety, tidak ada salahnya kita kembali saling mengingatkan.

ABS

Trik ini sebenarnya lebih berguna untuk kendaraan roda empat, namun bukan berarti roda dua juga tidak dapat mengaplikasikan triknya loh, hanya sedikit berbeda saja. Terdapat dua teknik/ cara yang sering dipakai pada keadaan “Panic Braking” ini….

PULSE or CADENCE BRAKING

Teknik ini lebih menyerupai kinerja ABS itu sendiri, dimana sistem rem ABS itu menekan atau mengocok tekanan kanvas rem pada bidang (cakram – teromol) berkali-kali dalam waktu singkat saat tangan menarik tuas rem atau kaki menginjak pedal rem dengan kuat atau sekaligus … Tanda ABS bekerja adalah adanya feed back berupa denyutan atau getaran yang terasa pada tangan dan kaki (untuk motor) dan kaki pada roda empat.

Jika terdapat getaran tersebut jangan serta merta tuas atau pedal rem di lepas, biarkan ABS bekerja dengan sendirinya. Lalu bagaimana yang tanpa ABS? Seperti sistem ABS itu sendiri, pada roda dua, tarik tuas rem berkali kali dengan cepat dan kemudian diimbangi tekanan yang pas pada rem belakang. Sama seperti roda dua, untuk roda empat bedanya hanya pada pengoperasian pada kaki kanan, injak pedal rem berkali-kali untuk mencegah roda mengunci.

braking2

THRESHOLD

Ini merupakan teknik favorit KBY, karena bagi KBY ini lebih mudah dilakukan dibanding teknis PULSE. Caranya adalah mengerem sekuatnya hingga batas roda akan mengunci, jika ban terasa sudah mengunci (biasanya disertai bunyi decit atau buritan terasa mulai bergeser) segera lepaskan tuas rem pada kaki dan tangan kemudian ulangi lagi mengerem dengan keras/ sekaligus hingga kendaraan berhenti (untuk roda dua). Pada roda empat, tekniknya persis sama, injak pedal rem sekuatnya hingga ban berdecit atau buritan terasa bergeser, lalu segera lepas dan injak lagi sekuatnya… Ulangi hingga kendaraan berhenti.

threshold

Kedua teknik di atas memang tidak akan serta merta bisa dilakukan, yang harus lads lakukan adalah practice alias latihan hingga kedua atau salah satu teknik tersebut dapat dikuasai dan dengan sendirinya jika terjadi Panic Braking, memory auto pilot yang ada di otak akan menggerakkan kebiasaan tersebut. Pilih yang lebih sesuai bagi lads sekalian.

Perhatikan juga faktor-faktor yang mempengaruhi jarak pengereman

* Kecepatan
* Kondisi Jalan
* Kondisi kendaraan
* Inklinasi Jalan
* Berat Kendaraan
* Kekerasan Jalan
* Ban
* Koefesien gesek
* Sistem rem
* Teknik Pengereman
* Sistem Suspensi
* Cuaca

Apakah jika telah menguasai kedua atau salah satu teknik di atas akan dijamin selamat? Sebenarnya yang sangat dikhawatirkan itu adalah kendaraan di belakang kita (jika ada), mampukah melakukan hal yang serupa? KBY mengalami dua kali ditabrak dari belakang yang lumayan parah, di saat mobil KBY lolos menabrak depan, malah belakang di hajar mobil lain… itu namanya apes lads hehe…

Yang pertama waspada, itu wajib, harus sadar bahwa tidak semua pengendara mungkin selihai kita atau sewaspada kita… at least jika kita selalu waspada, bukan kita yang harus menabrak toh? Above all, berdoa sebelum dan sepanjang perjalanan is even better…

Thanks for reading and mangga digeber lads….

94 KOMENTAR

  1. pernah juga kang ngerem dengan cara gitu depan mobil lolos dan aman ehh dari belakang bemper mobilku diseruduk motor maunya tak suruh ganti rugi tapi pasti tuh orang gak mampu ya uda deh tak biarin pergi namanya musibah kecil yg penting selamat.

  2. pernah sekali beneran “panic braking” dengan cara dikocok pake mobil all new xenia, selamet sih, cuma karena yg belakang (mungkin) kurang siap jadi yaaaaa disundul sayang deh bagian belakang 😀

    dalam hati, merasa paling bersalah gara2 bikin celaka, tapi pas turun dari kendaraan buat ngecek seberapa parah ancurnya, malah supir mobil yg nyundul merasa paling bersalah 😀

  3. om kobay, ane mau nanya ini..
    sistem ABS pada mobil bekerja ketika setir dibelokkan ya??
    kalau iya,, kenapa gitu om??

    • Gak kok… Kapan saja kok…

      Mksdnya kl dgn ABS, roda kan gak mengunci… Jadi setir bisa di belokkan guna menghindari objek di depan… Kalau roda mengunci saat diinjak dan setir dibelokkan buritan yang bergeser mendahului moncong.

      • Ooo.. gitu ya om..
        tapi pernah temen ane naik mobil innova yang type V, kok pas ngerem mendadak rodanya ngunci ya om?? padahal ada fitur ABS nya..
        apakah ada hal2 lain yang mengakibatkan fitur ABS pada kendaraan gagal berfungsi??
        mohon dijawab om,, ane seneng nih diskusi sama yang ngerti otomotif :mrgreen:

  4. Wah nabrak nih….nabrak nih…nabrak nih…bruakkk….yah nabrak beneran deh…(Pernah ngalamin fenomena seperti ini..???)

  5. kalo buat roda dua(terutama motor laki), biasanya sih pake cara rem blkg full injek trus di geol” in dikit biar kcpatannya brkurang(tp gk smpek berenti) stlah itu baru maen rem depan dkit..
    klo mau pake rem depan full(di usahakan jalan kering), hampir sama kyk stopie tp pergelangan tangan harus kuat nahan(mau jelasin caranya tp bingung bkin kata”nya)..
    mslhnya udah pernah ngelakuin rem depan full gara” kaget mobil depan mendadak berhenti sampai ban depan bunyi berdecit sebentar dan cukup efektif ngurangin kecepatan dalam waktu singkat yg tadinya lari 90 kpj jadi 10 -15 kpj dan di lanjut rem normal baru berenti..
    posisi stang jg lurus, jd rasanya kayak pakai double disc break pdhl cmn single disc brake..
    hehehehe,,,

      • sama” bang kobay..
        pernah ngerasain rem ABS scara langsung di toll pakai mobil, gara” lagi kebut”an sama temen..
        dan itu pertama dan terakhir kali nya buat ngebut gila”an di toll..
        jangan smpek ngulangin lagi deh, kapok laahh..
        hahahaha..
        aku kira sistem abs nya udh gak se joss pas tahun ’97, ternyata masih kerasa banget..
        😀
        heheheeh

  6. threshold butuh latihan, sedikit ketelitian, dan keberuntungan #pengalaman tapi surplusnya jarak stopping threshold bisa lebih pendek dibanding pulse #imho

  7. namanya panic braking, tapi ngelakuinnya jgn sambil panic, yg ada ngeblank gak tau mau dibelokin kemana tu setirnya

  8. kalo motor udh ada fitur abs tapi ngelakuin salah 1 dari metode itu gimana ya gan ? #Tolongpencerahannya

      • woduh, hrus nya kan tuh sensor kebatu gan krn si joki udh mulai pinter dalam pengereman.. hi
        ya kalo gitu jdi ketergantungan dong si joki sama fitur ABS nya.. gag berkembang kembang dong si joki.. jdi gmn ya yg udh punya motor ABS bertindak nya..

        • Buat biker/driver enthusiast mmg ABS suka dicopot, misal pembalap. Krn feelingnya jd ga dpt.

          Tp esensinya teknologi dibuat utk memudahkan…tinggal bejek rem, selesai. Hehehe

  9. Kalo saya pake yg mirip threshold. Rem sekuatnya tapi lebih banyak direm depan, sehingga potensi sliding roda belakang berkurang.
    Ketika ngerem mendadak pertama kali kedua rem digunakan tetapi seiring naiknya tekanan beban kearah depan maka rem belakang perlahan dilepas tetapi rem depan tetap atau ditambah kekuatannya.
    Tapi ini hanya berlaku pada jalanan kering atau basah bersih. Kalau berpasir, berlumpur, dan terkerikil saya tidak meromendasi teknik ini.
    Pastikan kompon ban depan itu baik kalo licin ya percuma saja.

  10. saya jg lebih cocok yg model threshold, beberapa kali panic braking yg dipakai ya metode ini, pokoknya begitu buntut mulai geol langsung lepas trus ulang lagi remnya…kayak gak lulus ujian di ulang terus…hehe

  11. kemarin ngerem mendadak pake si dark ane sudah melakukan teknik PULSE or CADENCE BRAKING,tapi setelah dipikir2 baru inget kalau si dark sudah ABS 😆

  12. sama kang,,saya pke teknik kedua juga sambil reflek liat spion tengah (mobil),, pas nginjek rem kuat dan terdengar ban sdh bunyi,mobil dibelakang udah hampir nabrak langsung gas gas lagi…#jantung dah mw copot hahaha

  13. Kl pake double cabin yg masih non-abs agak susah mang.. soalna berat sumbu depan sama belakang jomplang pisan, tetep harus sambil koreksi setir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini