Primavera

Kobayogas.com – Fitur pass atau passing beam adalah hal yang lumrah disematkan pada suatu kendaraan bermotor, jika fitur tersebut disematkan kepada roda dua bergenre sport, apakah menjadi suatu keharusan? Harusnya iya…

Motor lelaki alias motor kopling semestinya sudah wajib memiliki fitur ini, for safety reason certainly lah, dengan tipe kopling manual, hentakan, akselerasi dan laju roda dua sudah seharusnya lebih kencang dari motor matik atau skutik. Fitur ini sangat sangat sangat (sampai tiga kali, jadi penting bingits) berguna dan penting terutama saat akan menyalip. Tujuannya membuat aware kendaraan lain dari arah berlawanan dan tentunya bagi kendaraan yang akan disalip.

Ah kan bisa tinggal mainkan tuas lampu dekat-jauh brooo…betul, tapi “kode” pancaran sinarnya berbeda, saat tuas dekat-jauh yang dinyalakan, kedipan mata lampu akan berbeda, dan itu bukanlah kode komunikasi umum dalam hal salip menyalip di jalan raya. Dengan pass beam, posisi lampu dekat akan tetap menyala, namun sekaligus posisi lampu jauh akan menyala dengan berkedip sesuai jumlah tekanan yang diberikan rider pada tuas pass beam.

Lagipula, tuas pass beam sifatnya mempermudah, bukan mempersulit rider dalam berkomunikasi dengan kendaraan lain dalam berlalu lintas. Itu sebabnya posisi tuas pass beam jika tidak dibuat terpisah, maka akan dibuat menyatu dengan tuas low beam dengan menekannya ke bawah…sampai saat ini posisi tuas pass beam di telunjuk dianggap masih yang terbaik dari sisi kemudahan.

Tersedia pass beam
posisi pass beam pada telunjuk
MP3
Posisi pass beam menyatu dengan low beam

Β Bicara fitur pass beam, Vespa Primavera, skutik yang murah dan tidak kencang saja ada, let alone Maxi Scooter semacam Yamaha T-Max, Piaggio X9, Piaggio MP3, Vespa GTS dan Grandturismo… Nah kalau para jejeran skutik saja memiliki pass beam, kenapa sport tidak? Ooohh tidak mau disamakan dengan skutik? Oke, bagaimana dengan New Megapro FI? Megapro FI saja yang kastanya di bawah CB dan CBR ada, alasan apa lagi kira-kira?

Posisi tombol NMP PGM-FI
Posisi tombol NMP PGM-FI
Pengoperasian pass beam Primavera
Pengoperasian pass beam Primavera

Apalagi dengan dalih common parts, eces lah memakai milik Megapro FI untuk disematkan ke CBR150, lagipula, fitur ini lebih banyak manfaatnya daripada mudaratnya, setuju?

Piye perasaanmu? :D
Piye perasaanmu? πŸ˜€

66 COMMENTS

  1. Kymco gw tahun 2004 aja ada passbeam yang modelnya ditiru numegipret.. masak sport 2014 ga ada…

    Males pake nick om jonfis lagi ntar gw dituntut πŸ˜†

  2. Setuju bang kobay… Fitur penting. tp gak ada di cb n cbr150. sport bencies.hehe… Tinggal comot fitur NMP kan beres tuh.

  3. Itu namanya motor sport abal-abal alias odong-odong kang.
    NB : Motor sport tulen pasti ada pass beam dan tombol Power Off/Engine Cut di tuas sebelah kanan.

  4. motor laki 2 tak ane ada pass nya….apa ane doang ya yg gak pernah makai tu tombol …..kl nyalip biasa pake klakson ane….kl mbandel gak mau kasih jalan pke bleyeran…renggggg… renggggg….ngahahahaha….

  5. ahm kehabisan modal kali motor sport. ga pake lampu tembak atau itu ciri khas dari honda seperti di klakson di atas lampu sen di bawah. atau tutup tanki jendol ciri khas sih ciri khas tapi jangan menghilangkan fitur wajib motor sport.

  6. betul betul betul….biasanya yg dari honda tuh yg kayak gitu…kayak cbr ane….saklar engine cut off ga da…saklar lampu tembak jg ga ada…saklar lampu on off?you wish…kaga ada jg om.jaman pake scorpio aja semua yg sy sebut td ada semua padahal πŸ™

  7. Mungkin mengejar efisiensi, engine cut bisa dengan kunci, pass beam bisa geser geser lampu jauhnya πŸ˜€

  8. Dibanding tombol model on/off, saklar model push button lebih safety menurut ane, soalnya kalo liat di jalan, banyak yg lampu jauhnya on terus .. Ga matic ga sport.. Entah kepencet anaknya ,tangannya sendiri *biasanya alay2 yg kalo naik motor tangan kirinya pegangin dashboard/spion , atau ridernya bego ..
    (Maaf, ane yg berkacamata, mata minus n silinder SANGAT tersiksa kalo berhadapan dengan yg pake lampu jauh, gausah HID,cukup lampu standard+lampu jauh Udah bikin “gelap”, apalagi kalo ujan T.T)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..