CBR

Greddy Informeter: Kecil Namun Banyak Manfaatnya

Greddy Informeter

Secara singkat, Greddy informeter adalah suatu device yang dikoneksikan melalui socket OBD II pada roda empat yang sudah berteknologi injeksi. Alat ini dapat memantau kecepatan secara real, suhu intake, suhu mesin (air radiator), RPM, besaran throttle, pengapian dll…

Kobayogas.com – Tercatat sudah tiga kali KBY merasakan manfaat alat ini pada Honda Jazz 2005 alias si Kuro, terutama dari fitur info water temperature nya. Water temperature yang ada di infometer membuat kita aware akan kondisi suhu mesin kendaraan…

Contohnya, saat mesin sudah pada kondisi ideal alias siap pakai (kalau di jazz icon temperature berwarna biru akan mati) maka suhu mesin menunjukkan angka 54 celcius. Pada kondisi normal tanpa AC, angka akan bermain di 94-96 C, dengan AC aktif, temperature mesin lebih dingin, ada di 84-86 C.

Speedo Honda Jazz i-DSI

Dengan adanya angka angka tersebut, kita bisa mengetahui anomali yang ada pada seputaran mesin terutama suhu mesin. Jika dengan AC tapi angka menunjukkan lebih dari 86 celcius maka ada yang salah dengan kondisi pendingin mesin alias radiator, bisa kipasnya, airnya kurang atau sirkulasinya tidak baik.

Greddy Informeter

Ada kondisi ekstrim namun masuk kategori normal, misal dibawa keliling sentul, KBY pernah mendapati angka watertemp berada di angka 100-102, namun itu normal karena kondisi mesin yang terus menerus digeber. Kawan kawan yang sudah memasang alat serupa pun mesinnya menunjukkan suhu yang sama.

Selain itu, honda jazz dan beberapa mobil lain, memang tidak memiliki jarum penunjuk suhu mesin. Adanya icon C (cold) berwarna biru alias dingin yang akan padam saat mesin sudah mencapai kondisi ideal, dan H (cold) berwarna merah jika overheat. Apabila icon H sudah menyala dan berkedip, segera tepikan mobil di tempat aman, tunggu beberapa saat dan cek kondisi air radiator. Berdasarkan pengalaman, icon Hot pada speedometer akan menyala jika suhu pada informeter menunjukkan angka 119 C.

Alat ini selama aktif (mesin menyala dan mobil dijalankan) dapat merekam beberapa catatan seperti kecepatan maksimal, suhu mesin maksimal dan lainnya. Jadi, terdapat kecepatan aktual yang mengikuti kecepatan mobil dan juga ada catatan kecepatan tertinggi dalam periode mobil dijalankan. Catatan akan otomatis terhapus saat mesin mati.

Informeter juga mempunyai settingan alarm yang bisa diset sesuai keinginan, misal alarm akan berbunyi beep berulang kali jika kita set pada angka 110 C. Dengan begitu kita bisa lebih aware jika ada yang salah dengan sistem pendinginan mesin kendaraan kita dan bisa memutuskan apa yang harus dilakukan dengan lebih cepat sebelum terlambat. Alarm juga tersedia sebagai speed warning, KBY set pada kecepatan 120 km/jam, jika kecepatan lebih dari itu maka alarm akan berbunyi…

Greddy Informeter

Kelemahannya menurut KBY, adalah layar LCD yang kurang terlihat jelas saat siang hari walau brightness dan contrastnya sudah disetting. Bagi KBY, dengan Jazz yang mesinnya sudah mulai berumur, alat ini sangatΒ  berguna mengingat tidak adanya jarum penunjuk suhu pada area speedometer.

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3303 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

35 Comments

  1. Ditunggu bos komennya sing puedesss..sampe ngesess…si cebong alias cb150 ga jadi ikut IRS kayak biasa ngsh komen pedes beritanya YAMAHA,tatunggu bos dont forget!!

  2. mantaapppsss oms,
    makasih review nyaa..

    selain greedy infometer, ada alternatif lain ngga oms??misal pake robot ijo gitu??

  3. Wah mangstabh tuh Kang,, bisa di pasang di Mitsubishi Grandia mpi teu nya..? sabaraha Tah pangaos na..?

    • Yang pertama harus injeksi, grandia bisa, yang kedua socket OBD II nya harus support, nah ini yg kudu di tes dulu. Kadang bisa nyolok tapi gak kebaca….
      Skrg yg baru udah jarang karena keluar yg versi touch screen… dulu harga barunya 1, 2 apa 1, 6 kalau gak salah… saya beli seken dari kawan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..