image

Kobayogas.com – Berhubung ada beberapa pertanyaan seputaran pajak progresif dan tanda atau Kode yang bisa dijadikan acuan pada STNK untuk mengetahui terkena pajak progresif atau tidak, KBY coba sharing apa yang diketahui…Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi tidak masalah, mungkin juga banyak yang belum tahu ya.. mangga….

Pada STNK ada nomor Skum di kanan atas, seperti pada foto dibawah, nomor skum nya adalah 5 550 001. Berdasarkan info yang KBY dapatkan dari motor.otomotifnet.com dapat diketahui bahwa tanda atau kode kena atau tidaknya pajak progresif dari suatu kendaraan bisa dilihat dari 3 digit terakhir pada nomor skum di STNK.

image

Contoh di atas berarti tidak terkena pajak progresif karena nomornya 001. Semoga info ini membantu bagi yang belum mengetahui nya ya…

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

57 COMMENTS

  1. Om Kobay STNK saya (2 buah) dua-duanya kok gak ada isinya di bagian No SKUM nya….
    2 STNK atas nama yg sama (motor 1 mx ke 2 si “Bokek”) gak kena progresive tax donk..

      • Tadi ngobrol2 sama temen, kalau motor sepertinya belum dikenakan progresif terutama yg dibawah 250cc. Soalnya si shiro itu 002 loh.. Kena progresif. Tadi temen motornya dua nama sama 001 semua.

      • Jadi si bokek motor ke 2 blom dapet progresive nanti kalo ay ngambil R25 baru kena ya…. Gak jadi ngambil dech…… nasib.
        Om ay ada satu lagi tuch R4 gak keitung jg ya??? masih bingung apa aja kriteria yg masuk progresive tax.. Ay udah sebarin ke nyonya yg piaggio apa R25 pake nama nyonya yah biar aman.

  2. itung-itungan pajak progresifnya untuk semua provinsi di Indonesia sama ga om yogas ? … kalo ga salah kebijakan besaran PKB msg-msg provinsi kan beda tergantung pemprov nya … PKB kan pendukung utama PAD selain dari retribusi … mohon koreksi yaaa kalo salah

  3. peraturan yang berpotensi nambah dosa pemilik seken se nusantara bila ga balik nama, terutama ay nih hihiiiiiii… pas kebetulan lagi mumet, entar doa in mudahan pemilik asal bangsrut atawa moga dah rip jadi ga bisa nambah lagi buahahaaaaaa

  4. mas kalo di daerah padang sumatera barat .di kolom skum nya kodenya beda di akhiri dengan prk1 cuman di motor baru saya beli kodenya juga prk1 .apakah saya tidak terkena pajak progresif

  5. 2 Maret 2016
    Jakarta menggunakan Perda thn 2015, nomornya lupa, utk pajak progresif kendaraan bermotor.
    Yang dihitung adalah jumlah motor pada alamat yg sama, walaupun namanya berbeda.
    Kendaraan kedua sampai kendaraan ketujuh-belas berbeda persentase pajaknya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..