CBR

Official Test Ride Eklusif: New Honda Blade 125 PGM FI 2014 – Motor Juara!

DSC_0376

Honda Blade adalah salah satu cub andalan dari Honda dengan mengusung tema Sporty, kali ini, New Blade datang dengan amunisi sistempengabutan bahan bakar injeksi dan kubikasi yang naik menjadi 125 cc.. Bagaimana performanya?

Kobayogas.com – Bersamaan dengan test ride New Honda Vario 110 PGM-FI Sabtu tanggal 29 Maret lalu, New Honda Blade 125 FI pun ikut diacak-acak oleh para blogger. Dalam satu run, terdapat 6 motor, terdiri dari 3 New Blade dan 3 New Vario, artinya dalam satu kala run, 6 blogger berjalan bersamaan mengitari sirkit mini milik dealer Wahana Jatake Tangerang.

DSC_0381

Kali ini, Astra Honda Motor mencoba merefresh produk sporty cub-nya di tahun awal tahun 2014. Seperti halnya Vario 110 FI, tidak banyak ubahan pada desain, hanya sedikit bermain pada kombinasi warna. Red White Blue (RWB) adalah warna baru dan menjadi warna favorit KBY, lucunya saat tes, KBY lupa memilih warna itu πŸ˜€

Run pertama, KBY justru menumpak Blade terlebih dahulu (kok artikelnya Vario duluan? Ya kepengen aja πŸ˜€ ). Dibelakang KBY adalah sahabat blogger kenamaan, Kang Haji Taufik TMC, baru mau maju ke garis start, sama beliau ditahan, kirain mau didoain, ternyata diminta pasang tali kamera Go-Pro.. “barokah loh”, kata beliau, bisa aja dah πŸ˜€

Desain

Tidak banyak ubahan, atau memang tidak ada secara kasat mata, tetap sporty dan galak menurut KBY, kental sekali aura kencangnya. Salah satu desain terbaik dari Honda.

DSC_0542 DSC_0553 DSC_0552 DSC_0543 DSC_0551

Fitur & Teknologi

Tidak banyak yang bisa diambil dari Honda New Blade ini, praktis hanya perubahan speedometer dan kubikasi mesin serta pengabutan injeksi saja yang jadi andalan sporty cub Honda ini. Tujuannya jelas, mengedepankan performa dari bentuk yang sudah sporty. Opini KBY sih memang sudah seharusnya kencang, tampangnya sudah intimidatif kok…

  • 4 liter tangki bahan bakar dengan Fuel Cap Holder
  • Tambahan disc brake belakang
  • Auto Secure Key Shutter
  • Muffler yang tidak pakai chrome lagi

Ergonomi

Jujur saja, KBY lebih merasa nyaman dan pas dengan Blade ini, posisi duduknya dan mengendarainya terasa lebih sporty dibandingkan saudaranya yang sama-sama mengusung 125 cc, Supra X 125 FI. Intinya dari cub satu ke cub lainnya, baik pengguna Blade atau bukan, tidak akan sulit beradaptasi. Posisi footstep pun somehow buat KBY lebih enak Blade ini instead of Supra X, dalam menaikkan maupun menurunkan gigi, lebih mantap Blade.

DSC_0431 DSC_0436 DSC_0429 DSC_0437

Β Performa & Efisiensi BBM

Saat run test, di lap kedua, KBY sempat berhenti di garis start dan mencoba sprint, benar saja, bodi yang lebih enteng namun tenaga sama dengan Supra X membuat Blade mudah dibuat wheelie… akselerasinya cepat untuk ukuran cub non kopling… kecepatan maksimum di gigi satu sebelum tercekek limiter ada di sekitar 45 km/jam (videonya menyusul).

Mesin ini memang serupa dengan milik Supra X 125 FI, menghasilkan tenaga 10,1 PS pada 8000 RPM. Andai saja dibangun dengan memakai mesin CS1, alamat bisa meraja deh di indoprix.

DSC_0443

DSC_0460
Mas Didik NH, setia memotret rekan-rekan blogger, josss…

DSC_0383 DSC_0384

Kenyamanan & Handling

Ini kedua kalinya KBY membawa Blade, dulu pernah pinjam punya staff bengkel kawan ke mart terdekat, gak enak, salah gigi mulu πŸ˜€ … dan hentakan tiap giginya terasa apalagi kalau turunin gigi, engine brake nya berasa bingit, khas bebek. Mungkin juga karena sudah cukup lama motornya ya. Nah di New Blade ini perpindahan tiap giginya lebih halus dan engine brakenya tidak sampai mendorong tubuh ke depan. Mungkin saja karena masih baru ya?

Suspensinya cukup lembut, tapi sepertinya itu lebih karena aspalnya yang mulus… yang jelas buat nikung cepat cukup mumpuni, buritan tidak bergeser.. meliak liuk sepanjang trek juga lincah… tapiii somehow KBY lebih nyaman menikung dan meliak liuk memakai Vario, lebih cepat juga menikungnya… gak terbiasa cub kali ya? Pandra MM Blog pun sepemahaman dengan KBY.

DSC_0448 DSC_0446 DSC_0464

Pengereman

Performa rem depan New Blade sangat mumpuni untuk menghentikan bobotnya, praktis KBY yang memang terbiasa mengandalkan rem depan, hanya sekali dua menggunakan rem belakang sebagai pendukung saat akan menikung.

Harga

Apakah harga Rp. 15,350,000 sepadan dengan unit yang dibeli? Menurut KBY sih YES ya walau kurang mantap YES nya soalnya fiturnya minim, mungkin karena sporty oriented.

Fakta

Tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Special Racing Edition, Sporty RWB dan Winning Red. Untuk tipe Single DIsc Brake hanya tersedia untuk RWB dan Winning Red.

*special thanks: Pandra MMblog atas foto2nya πŸ™‚

Bonus

featuring Aan Kiye Tegean Blog
featuring Aan Kiye Tegean Blog
About Kobayogas 3437 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

67 Comments

  1. harusnya bagian mika lampu ritingnya dibikin agak smoke biar lebih garang. Selain itu juga biar ada sedikit perbedaan dengan versi yang lama.

  2. Kalo berdasar pengalaman saya, bebek honda paling pas buat saya itu New Blade 110. dibanding supra125 dan supra helm-in, masih enak New Blade. Posisinya menyenangkan, gak terlalu santai dan gak terlalu kaku. Handling dan rem mantab (dibanding bebek honda lainya, jgn bandingkan dengan merek lain apalagi kawasaki hehhhe). pokoknya riding quality diatas rata-rata bebek honda. Minusnya cuma di mesin yg cuma 110 sebenarnya cukup sih kalau buat komuter, krn akselerasinya lumayan nampol, tp kalo sudah masuk 70-an kmh mulai berat, jadi kalo pas jalan sepi malah bikin emosi hahha. Mungkin karena alasan ini honda mengganti mesin New Blade. Karena hampir semua aspek sempurna, kecuali sektor pembangkit daya. Dan kenapa knalpotnya malah diganti ya? padahal bentuk dan suaranya lain dari yg lain.

    fyi spek saya TB 176 BB 72. πŸ˜€

  3. Hadeeeehh ternyata di Jatake tho?! Tau gt nyelinap masuk, gara2 3 hari menutup mata & hati dr two wheels blog jd ketinggalan bingiiit πŸ™

    Ehh suara senalpotnya masih suka maki2 orang ga oom (bunyinya : goblok..goblok..goblok.. gitu terutama pas engine braking), kl bodi emg uda dr dulu dikasihtau kalo gada refreshment, mukanya masih katak pohon aja, wkwk

  4. Hahahaha….. Alhamdulillah dapat batangan kayak gini…. STNK cus keluar 17 April 2015. Langsung impressive Bekasi – Monas 26 April 2015 (Keliling gak jelas Gatsu – Tebet), sayang sih pembangunan FO Kuningan yg bikin nyeselin, gak serasa seperti dulu. Padahal kemarin nembus 101 km/j di Gatsu tuh (GPS 95 km/j-an, Speedo sepeda tau dah, wkwkwkwk)…..

    Tinggi Badan 158cm, Berat Badan 120kg. Kalau ngatur throttlenya pas, bisa nembus 110 km/j dengan berat segitu. Bisa buat konvoi-konvoian tuh.

    Barengan touring cus Bekasi – Semarang via Banyumas yuk bareng ane om.

  5. Aslinya emang enak nih motor .. tampang, livery Repsol-nya, sadiss cokπŸ‘πŸ‘ tarikannya juga lumayan .. jambak tapi gak bikin kesentakπŸ‘πŸ‘

9 Trackbacks / Pingbacks

  1. Acara khusus blogger "Ridding Experience New Blade 125 FI dan New Vario 110 FI” - MotoBikerz.com
  2. Ekslusif…Video Official Test Ride – New Honda Vario 110 FI dan New Honda Blade 125 FI | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  3. Video: Riding With Vespa Primavera 2014 | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  4. Kehadiran Yamaha MX King Akan Dilawan Dengan Honda Super Blade 150?? | KobaYogas.COM
  5. Test Ride Honda CBR 150R K45: Bye Bye CBR CBU, R15 Inilah Lawan Sepadanmu…! | KobaYogas.COM
  6. Bebek Sport 150 Dari Honda, Performa Super Dengan Desain Sporty.. Katanya | KobaYogas.COM
  7. Bebek Super Dari Honda Itu (Konon) Dinamakan Supra X150! | KobaYogas.COM
  8. Kenapa Honda Supra X 150 Memilih Posisi Lampu Utama Di Setang? | KobaYogas.COM
  9. Email Pembaca: Ingin Pertahankan Motor Bebek, Karena Lebih Tangguh.. | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..