image

Biasanya Carbon Cleaner itu berbentuk kaleng penetran (penyemprot) yang berisi zat kimia yang sanggup merontokkan kotoran karbon/kerak/jelaga di ruang bakar…

Kobayogas.com – Tapi berbeda dengan Yamalube Carbon Cleaner (YCC) ini, dia berbentuk cairan yang dicampurkan ke dalam tangki bensin. Seperti apa petunjuk dan kegunaannya berdasarkan keterangan pada botol?

Carbon cleaner yang KBY kenal sejauh ini penggunaannya adalah disemprotkan ke ruang bakar, bisa melalui throttle body, bisa melalui lubang busi, atau lubang vacuum yang menuju ruang bakar. Makanya agak aneh juga ketika mengetahui Yamalube Carbon Cleaner ini kok dicampur ke dalam tangki, biasanya yang sistemnya seperti ini namanya intake valve clean system, fuel cleaner system, octane booster, injector cleaner dan sejenisnya.

image

Pas lagi jalan-jalan ke Buaran, saat melewati dealer Yamaha, sekalian aja KBY mampir buat beli Yamalube Carbon Cleaner ini mumpung masih buka. Simak petunjuk penggunaannya:

image

image

Pada botol Yamalube Carbon Cleaner disebutkan: Fill one bottle into 3,5 – 5 litres. Jadi 1 botol berisi bersih 75 ml itu untuk 3,5 s.d 5 liter bensin.
Fungsinya Yamalube Carbon Cleaner sendiri adalah:
– Clean Up Inside of Engine
– Recover Original Engine Performance

Catat: Yamalube Carbon Cleaner Mengembalikan performa asli mesin anda… Jadi tidak menaikkan tenaga, kalau terasa enak ya berarti itulah performa asli mesin kendaraan lads dalam keadaan sehat hehhee…

Tes aaahhaaahh Yamalube Carbon Cleaner ini ke SkupiFI nanti kalau mau isi bensin. Lumayan buat bersihin ruang bakarnya. Kebetulan kapasitas tangkinya pas 3,5 liter nih …. Nanti KBY share deh performa yang dirasakan dari produk seharga 23 ribu ini.

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

116 COMMENTS

    • 3,5 liter tepatnya… Hehhe. Baru baca bukmannya. Beat karbu 2,5-an .. Masih angka itu yg keingatan… Colek kalau salah.

      Sip kalau 3,5 bisa sekali tuang nih

  1. Just check it out @honda scoopy manual book…. Kayanya ga ada produk motor honda sedunia yg tangkinya cuma 2,5liter.
    Fyi ajah @honda karisma n supra fit ane tangki bbmnya = 3,7liter.
    Honda revo fi yg jauh lebih irit dr scoopy fi=4liter naik dari revo karbu yang 3,7liter…..

  2. pernah coba sekali waktu harga masih 21rb. kerasa beda di mesin lbh enteng tarikannya,kl dah habis bensin di tank yg di campur car cleaner +-3 harian.

    kl rutin 1bulan sekali pasti jozz mesin tuhh.

  3. selama bensinnya terjaga (bukan oplosan apa kotor) sih gak berefek mas
    terlebih klo pengguna pertamax,,

    gw dulu make di motor yg biasa diminumin pertamax gak ngefek sih,,,
    gak tau klo dipake di motor yg biasa make ngisi di bensin pinggir jalan, atau misal salah penyetelan karbu (terlalu kaya) atau motor yg speknya harusnya pertamax tapi diminumin bensin biasa

    oia, penggunaan lebih baik menjelang pergantian oli mesin mas, soalnya penggunaan PEA (bahan dasar yamalub cleaner ini) berpengaruh ke kinerja pelumas, biasanya kerak2 yg kotor luluhnya ke oli,,,

    jadi setelah habis tangki bnsinnya tinggal ganti oli yg baru

    • Ooo ngaruh ke kualitas pelumas juga ya? Lucu juga yak. Walau belum kena logikanya sih.. Kalau masukkin dr fuel system yang kehajar sepemahaman ay ya jalur bensin, injector (kalau injeksi), lalu intake karena bbm disemprot ke sana, lalu ke valve dan piston…
      Kotoran rontok turun ke oil carter keknya unlikely karena langsung terbakar kembali dan terbuang melalui katup buang menuju exhaust….

      Kalau carbon clean yang disemprot langsung ke ruang bakar, bisa jadi mungkin turun ke ruang pelumas karena kan didiamkan dulu beberapa saat…lelehannya bisa mengkontimasi oli walau sedikit.

      Colek kalau salah yak… Hehhhee

    • Apa hubungannya !!!
      Ni orang ga tau siklus pembakaran kayaknya
      Masa pembakaran nyambung ke oli, kalo kaya gitu motor loe berasap WKWKWK karena pembakarannya campur kena oli kan katanya kerak2 kotor luluhnya ke oli…lewat mana coba?? wong abis siklus pembakaran, gas buang di buang ke knalpot ga ada sangkut pautnya sama oli mesin !!!
      WKWKWK

  4. sudah nyoba buat stream 2005, km sekitar 90rb-an, isi 10 botol buat pertamax full tank. Hasilnya bagus, gejala mesin pincang hilang.

    • 10 x 23rb … mahal amat om jadinya.
      kenapa gak beli yang 100 ribuan sekalian yang buat mobil… redline misalnya… gumout, griffone dlsb

      • saya fby mas, dari rumah cuman 200 meter ke bengkel yamaha. kalo beli buat mobil harus ke mall, udah jauh, kalo anak istri ngikut nambah juga ongkosnya, he..he..

  5. lebih murah 2 ribuan, lumayan dapat parkir motor 2 kali.
    Bulan ini lagi sibuk banget pak, ngurus persiapan siswa uan, ngurus proyek lah (bisnis di luar ngajar). entar ada artikelnya deh

  6. Harga asli d website yamaha msh 21rb bro. Lebih dari itu upping price dealer nakal. Kalo dealernya gak percaya harganya 21rb. Suruh cek sendiri k websitenya!

  7. carbon clear’a top dah tapi baru kerasa setelah jalan 100km .. maklum motor percobaan udah berumur 10 taun km 81042 .. sblm pake mau naek ke 65km/jam usah banged tp setelah jalan 100km, mau naek ke 85km/jam gampang banged (jalan datar & bukan jalan turun)..

  8. sesuai namanya berarti peruntukannya buat yg kira2 kandungan karbon di chamber udah setebel kulit badak dong ya? trus kalo buat motor baru bijimane om? ataukah ada advise pemakaiannya setiap berapa ribu kilometer gitu tak? #verylatecomment

    • gak yakin kalau carbonnya sudah cukup tebal bisa terkikis dengan maksimal. tetap kudu semprot chamber/ TB.

      Justru ini buat bersihin yang masih tipis tipis, ya maintenance lah

  9. ane pakek buat mtor ane yg sering kompresi ilang dikasih 2x @5000km abis kompresi aman
    selanjutnya ane kasih nan* energizer biar tambah jos krna udah bersih ama ycc
    kadang ada yg salah kaprah dikira penambah oktan/octan booster padahal cuman bersihin aja
    motor ane minum premium, isi pasti di pom tp tetep aja ada masalahnya kayaknya yg pakek pertamax ngga perlu dah

  10. Kalau PAk Dhe sih, milih Carbon Cleaner yang murah dan teruji. Jauh lebih Murah dari CC produk Yamaha. Dan hasil pembersihannya juga terasa banget, terutama di konsumsi bbm yang berubah. Truss, saat pemakaian, terasa ada peningkatan akselerasi, mirip dengan efek CC-nya Yamaha

    Bukannya pomosi atau black kampaign, semata-mata memilih produk yang relatif lebih murah untuk fungsi yang sama, dengan pengalaman nyata.

    Mau baca pengalaman Pak Dhe? ayo buka link berikut ini

    http://pakdhe8068.blogspot.com/2014/12/supra-x-pakai-carbon-cleaner-mobil.html

  11. ะœฬฃฬฃฬฅฬ‡ฬŠaฬถฬฒฬฅฬ…ฬŠรผ ฦ‡ฮฆฦ„ะด in aah buat kuda besi mx king าจวšฮญ

Yuk Tinggalin Jejak Lads..